lagu daerah

Lagu daerah adalah lagu yang populer dan dinyanyikan masyarakat suatu daerah. Lagu ini dapat dikatakan mirip dengan lagu kebangsaan, namun hanya sampai tingkat daerah. Lagu daerah biasanya dipelajari dan disebarluaskan secara lisan karena sang pencipta sebagian besar bersifat anonim.

Ciri lagu daerah dapat dikenal dari bahasa daerah yang sesuai dari mana lagu tersebut berasal. Lagu ini biasanya menggambarkan budaya masyarakat suatu daerah dan musiknya juga menggunakan sistem musik sendiri atau menggunakan alat musik daerah. Alunan melodi dan irama lagu ini bersifat sederhana dengan menunjukkan ciri khas kedaerahan. Selain itu, lagu daerah juga memiliki tema dan visi yang sesuai dengan adat istiadat di daerah tertentu, serta diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya.

Lagu daerah dapat dimainkan secara individu atau bersama-sama. Lagu ini tidak hanya digunakan sebagai lagu untuk permainan ataupun ajang kumpul warga masyarakatnya saja, akan tetapi juga memiliki makna filosofi yang dalam. Beberapa fungsi lagu daerah adalah sebagai sarana komunikasi, sarana pengungkapan dan ekspresi diri, sarana ekonomi, pengiring tarian, dan sebagai salah satu bagian dari upacara adat (ritual) dan keagamaan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai lagu di seluruh daerah Indonesia, berikut adalah daftar lagu daerah dan asalnya yang dapat Sedulur ketahui.

BACA JUGA: 12 Alat Musik Papua Beserta Penjelasan dan Contohnya

1. Bungong Jeumpa

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Aceh. Lagu Bungong Jeumpa merupakan judul lagu daerah  Aceh yang artinya bunga cempaka. Lagu ini akan dinyanyikan pada acara-acara kesenian, seperti acara pertunjukan peringatan hari kemerdekaan, pertunjukan di perpisahan sekolah, lomba menari daerah, dan dinyanyikan sebagai pengiring perhelatan yang penting seperti pernikahan dan upacara adat.

2. Macepat-cepetan

Merupakan lagu yang berasal dari Bali. Lagu ini menceritakan tentang penduduk daerah Bali yang selalu cepat dan tegas dalam mengambil tindakan

3. Dayung Sampan 

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Banten. Lagu Dayung Sampan menggambarkan salah satu aktivitas laut etnis Banten yang ada hubungannya juga dengan perdagangan yang dilakukan melalui laut oleh orang Banten

4. La Berage

Merupakan lagu yang berasal dari  Bangka Belitung. Berage merupakan sebuah istilah yang berasal dari masyarakat belitung. Makna berage artinya makan bersama.

BACA JUGA: Tari Legong: Sejarah, Jenis, Makna, Keunikan dan Propertinya

5. Ke Pice

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Bangka Belitung. Lagu ini mengisahkan tentang sebuah bendungan atau dam yang disebut oleh warga setempat dengan sebutan ‘Pice’. Aliran air sungai yang dibendung oleh Bendungan Pice menghasilkan suara gemuruh dan buih-buih air.

6. Sungai Suci

Merupakan lagu yang berasal dari Bengkulu. Lagu Sungai Suci ini berisi tentang keindahan sungai suci yang menjadi sebuah tempat wisata di Bengkulu. Dari syairnya menggambarkan kedamaian dan keindahan tempat tersebut.

7. Suwe Ora Jamu

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Lagu ini termasuk lagu daerah pendek karena liriknya yang pendek dan mudah dihafalkan oleh semua kalangan.

8. Caping Gunung

Merupakan lagu yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Lagu ini juga dimaknai sebagai bentuk kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Meski belum bertemu dengan anaknya, ia tetap bersyukur karena di gunung atau desa tempat tinggalnya tidak merasakan kesepian.

BACA JUGA: Not Balok: Pengertian, Sejarah, Jenis-jenis & Cara Membacanya

9. Injit-injit Semut

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Jambi. Lagu Injit-Injit Semut adalah lagu yang sering digunakan untuk bermain anak-anak. Maknanya supaya siapapun yang menyanyikannya bergembira dengan menyanyi Injit-Injit Semut bersama-sama.

10. Tokecang

Merupakan lagu yang berasal dari Jawa Barat. Lagu ini mengingatkan manusia agar tidak menjadi orang yang rakus dan serakah. Serta menjadi orang yang senantiasa mau berbagi dengan sesama.

11. Gambang Suling

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu tersebut bercerita tentang rasa kagum seorang dalang yang bernama Ki Nartosabdo tentang sebuah alat musik tradisional yaitu seruling. Lagu Gambang Suling sendiri diciptakan oleh Ki Nartosabdo atas dasar rasa kagum.

12. Jula-juli

Merupakan lagu yang berasal dari Jawa Timur. Lagu ini biasa dinyanyikan ketika pertunjukan ludruk dimulai. Lirik-liriknya berisi tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari, perihal muda-mudi yang ingin menikah atau apa saja yang tentang keseharian.

BACA JUGA: 16 Kumpulan Puisi Tentang Alam yang Menyentuh & Bermakna

13. Binde Biluhuta

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Gorontalo. Lagu ini menceritakan makanan khas dari gorontalo yaitu binde biluhuta, yaitu sup jagung yang dibuat dari jagung dan ikan atau udang.

14. Cik-cik Periuk 

Merupakan lagu yang berasal dari  Kalimantan Barat. Lagu Cik Cik Periuk bermakna tentang sindiran dari masyarakat Sambas pada zaman dahulu kepada masyarakat luar yang datang ke daerah Sambas.

15. Kalayar

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Kalimantan Tengah. Lagu ini memiliki makna perjuangan sebagai media untuk membangun semangat rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia secara bersama-sama.

16. Indung-indung

Merupakan lagu yang berasal dari Kalimantan Timur. Indung-Indung merupakan lagu daerah yang memiliki makna atau nasihat agama bahwa tiada upaya maupun daya selain berserah diri kepada Allah SWT. 

BACA JUGA: 50 Contoh Tari Tunggal dan Daerah yang Tersebar di Indonesia

17. Ampar Ampar Pisang

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Kalimantan Selatan. Lagu ini termasuk ke dalam lagu daerah terkenal karena memiliki lirik yang mudah dihafalkan dan sering masuk ke dalam materi buku kesenian sekolah.

18. Gunung Incung

Merupakan lagu yang berasal dari  Kalimantan Utara. Lagu ini menceritakan tentang salah satu wisata yang ada di Kota Tanjung Selor Kalimantan Utara.

19. Bebilin

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Kalimantan Utara. Lagu ini mengandung pesan untuk mengutamakan persatuan dan menghindari perpecahan serta seorang harus memiliki jati diri sekalipun ia tidak memiliki harta tetapi ia akan dihormati.

20. Selayang Pandang

Merupakan lagu yang berasal dari  Kepulauan Riau. Lagu bertemakan cinta ini bercerita tentang seseorang yang merayu pasangannya. Ia memuji kecantikan pasangannya dan memendam rindu terhadapnya.

BACA JUGA: 20 Daftar Lagu Religi Terpopuler di Bulan Ramadhan

21. Cangget Agung 

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Lampung. Lagu ini berisi tentang ajakan untuk menjaga kekayaan adat istiadat dan melestarikannya bersama-sama

22. Lipang Lipang Dang

Merupakan lagu yang berasal dari Lampung. Lagu ini  menceritakan tentang percintaan bujang dan gadis, dalam bahasa Lampung yakni muli dan mekhanai.

23. Ayo Mama

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Maluku. Lagu ini bercerita tentang bujuk rayu seorang anak kepada sang ibu supaya jangan dimarahi. Sang anak memberi penjelasan kepada ibunya bahwa ia tidak membuat sesuatu di luar batas norma.

24. Waktu Hujan Sore-sore

Merupakan lagu yang berasal dari  Maluku. Lagu ini menggambarkan suasana keramaian dan kebersamaan dalam sebuah pesta.

BACA JUGA: 10 Lagu Makassar Pilihan Terpopuler

25. Borero

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Maluku Utara. Lagu Borero ini menggambarkan tentang seseorang yang ingat akan kekasihnya yang entah dimana.

26. Bolelebo

Merupakan lagu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Bolelebo mempunyai makna tentang kerinduan seseorang pada kampung halamannya.

27. Tebe Onana

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Lagu ini bercerita tentang kesehatan.

28. Pai Mura Rame

Merupakan lagu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang situasi dimana dua insan ingin merasakan kebersamaan dengan perasaan yang lebih lepas.

BACA JUGA: 20 Lagu Anak Anak Terpopuler dari Dulu Hingga Sekarang

29. Yamko Rambe Yamko

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Papua. Lagu ini mengandung cerita sedih yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat Papua yang dulunya sering terlibat perselisihan antar suku ataupun peperangan melawan penjajah Belanda

30. Apuse

Merupakan lagu yang berasal dari  Papua Barat. Lagu Apuse mengisahkan tentang perpisahan seorang cucu dengan kakek neneknya. Cucu tersebut berpamitan karena hendak pergi merantau, yaitu ke Teluk Doreri di Manokwari.

31. Soleram

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Riau. Lagu Soleram menceritakan petuah dan amanat untuk menjaga kehormatan dan harga diri serta amanat untuk mempertahankan malu sebagai orang yang berbudaya.

32. Tondok Kadadingku

Merupakan lagu yang berasal dari  Sulawesi Selatan. Lagu ini menceritakan tentang keindahan Tana Toraja yang dikenal dengan keindahan alamnya.

BACA JUGA:Arti Belanga yang Jadi Lirik Lagu Tulus Hati-hati di Jalan

33. Tana Wolio

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Lirik dalam lagu tersebut menceritakan tentang daerah Wolio yang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya.

34. Tope Gugu 

Merupakan lagu yang berasal dari Sulawesi Tengah. Lagu Tope Gugu ini memiliki makna perjuangan.

35. O Ina Ni Keke

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari d Sulawesi Utara. Lagu tersebut memiliki makna sangat menarik, yaitu tentang kedekatan seorang anak perempuan dengan sang ibu.

36. Pulo Karampuang 

Merupakan lagu yang berasal dari  Sulawesi Barat. Lagu ini menggambarkan keindahan pulau di depan Kota Mamuju, Pulau Karampuang yang artinya rembulan atau bulan purnama.

BACA JUGA: Mengenal Profil Sandiah Ibu Kasur Pencipta Lagu Anak Anak

37. Kampuang Nan Jauh di Mato

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari  Sumatera Barat. Lagu ini menceritakan kerinduan seseorang terhadap kampung halamannya yang jauh di sana, jauh dari pandangannya.

38. Ayam Den Lapeh

Merupakan lagu yang berasal dari Sumatera Barat. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang kehilangan sesuatu yang disimbolkan dengan seekor ayam.

39. Cuk Mak Ilang

lagu daerah
iStock

Merupakan lagu yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Lagu Cuk Mak Ilang menceritakan perasaan-perasaan cinta muda mudi

40. Sinanggar Tullo

Merupakan lagu yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Lagu  ini termasuk juga ke dalam lagu daerah Batak, yang mempunyai makna dan bercerita tentang orang tua yang sedang menasehati anaknya.

Sekian informasi mengenai lagu daerah yang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Sedulur untuk semakin mencintai budaya bangsa yang sangat beraneka ragam tersebut.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.