lagu makassar

Lagu daerah memang selalu abadi. Apalagi penggemar dan penikmat lagu daerah selalu setia serta tak pernah hilang walaupun terjadi perubahan zaman. Apa sebab yang mempengaruhi hal tersebut? Tentu saja karena ikatan kedaerahan dan kedekatan persoalan yang diangkat dalam lagu daerah. Jika tidak membahas tentang keindahan kampung halaman, tema lagu daerah pasti seputar asmara dan percintaan. Dan salah satu lagu yang terkenal memiliki sejarah panjang di nusantara adalah lagu Makassar.

Sebagai salah satu daerah atau kota besar di Indonesia yang berada di bagian selatan pulau Sulawesi, lagu daerah Makassar merupakan salah satu lagu yang banyak diminati. Selain itu, ia menjadi sarana nostalgia bagi para perantau asal Makassar yang sedang mengadu nasib di berbagai kota di Indonesia.

Hal ini pula yang mendorong begitu populernya lagu Makassar di daerah lain. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas daftar lagu Makassar populer, beberapa terdiri dari lagu daerah Makassar legendaris ciptaan Iwan Tompo dan lainnya. Lalu apa saja daftar lagunya? Sedulur bisa langsung simak di bawah ini, ya!

Daftar kumpulan lagu Makassar terpopuler

Berikut ini merupakan daftar 10 lagu Makassar terpopuler dan paling legendaris. Yuk, cari tahu apa-apa saja lagu dan kisah menarik di baliknya berikut ini!

-->

1. Bunting Berua

lagu makassar
Ian Konjo

Lagu Makassar berjudul Bunting Berua dinyanyikan oleh Iwan Tompo, penyanyi lagu daerah Makassar yang paling kondang. Dalam daftar lagu dari Makassar yang berbahasa daerah Makassar yang terpopuler, Bunting Berua selalu muncul dalam urutan pertama. Hal tersebut menunjukan kepopuleran lagu ini.

2. Anging Mammiri

lagu makassar
BuddyKu

Anging Mammiri adalah lagu yang begitu populer. Kedalaman maknanya selaras dengan merdunya melodi lagu ini. Lagu ini juga merupakan lagu pengiring bagi Tarian Anging Mammiri, tarian khas Makassar. Lagi ini merupakan lagu daerah yang wajib diketahui secara nasional. Oleh karena itu, ketika SD kita semua pasti pernah belajar lagu ini.

Penyanyi dari Makassar seperti Iwan Tompo, Arshinta Aziz, dan Nurdi Taqwa pernah membawakan lagu ini dengan aransemen masing-masing. Sementara itu, lagu ini sendiri diciptakan oleh Bora Dg. Ngirate, pencipta lagu daerah legendaris dari Makassar.

3. Pakarena

lagu makassar
Indonesia Kaya

Secara harfiah, kata ‘pakarena’ sendiri berarti penari. Lagu Makassar ini diciptakan oleh Arsyad Basir dan dinyanyikan hingga populer oleh Aulia Anas dan Salma Rani. Lagu ini merupakan lagu kebanggaan orang Makassar, menceritakan tentang bagaimana orang Makassar begitu bangga terhadap adat istiadat yang mereka pegang. Mulai dari lagu, hingga tariannya. Lagu ini juga merupakan lagu wajib yang pasti diketahui oleh setiap orang Makassar.

4. Tondok Kadadianku

lagu makassar
Suara Lidik

Tondok Kadadianku merupakan daftar lagu selanjutnya yang populer. Terutama bagi orang Makassar, lirik lagu ini sangat bermakna dan bisa diartikan begitu dalam. Lagu makassar lirik ini menceritakan tentang kondisi budaya masyarakat Makassar yang memegang teguh adat istiadat.

Adat istiadat di setiap daerah berbeda-beda, ada yang memegang teguh adat istiadat. Ada daerah yang sudah sangat modern dan termarjinalkan dari adat istiadat. Sementara Makassar, merupakan salah satu kota yang masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat, sebagaimana yang digambarkan dalam lagu satu ini.

5. Minasa Riboritta

lagu makassar
Tagar

Lagu satu ini sebenarnya dinyanyikan oleh Ridwan Sau, namun pada versi lainnya juga dinyanyikan oleh Iwan Tompo. Versi losquin dari Iwan Tompo untuk lagu ini kemudian populer dan disukai oleh masyarakat Makassar. Selain itu, lagu ini juga sangat dalam maknanya. Terutama bagi orang Makassar yang merantau.

Minasa Riboritta berarti ‘harapan untuk negeri kita’. Lirik lagu ini menceritakan tentang hidup seorang rantau yang jauh dari kampung halaman, namun tetap memikirkan kampung halaman dan memikirkan kemajuan tentang kampung halaman. Oleh karena itu, sudah pasti para perantau Makassar menjadikan lagu ini sebagai salah satu list wajib dengar di perantauan.

6. Ati Raja

TNI AU

Ati Raja adalah lagu yang diciptakan oleh seorang bernama Hoe Eng Djie. Lagu ini bisa dikatakan sebagai salah satu lagu religi daerah. Karena lirik dari lagu ini sendiri yang menceritakan tentang Tuhan Yang Maha Esa, Sang Pencipta Alam Semesta.

Lagu ini menceritakan tentang rasa syukur manusia kepada Tuhan sebagai Sang Pencipta. Dalam lirik lagu juga ditegaskan bahwa Tuhan itu hanya satu dan sangat agung. Masyarakat kota Makassar yang sangat religius sangat menyukai lagu satu ini. Ati Raja, ‘Raja’ yang dimaksud dalam judul Ati Raja ditujukan kepada Tuhan Sang Pencipta Alam.

7. Ammac Ciang

Indonesia Kaya

Lagu selanjutnya adalah Ammac Ciang. Lagu ini menceritakan tentang suasana kota Makassar beserta dengan segala hiruk pikuk kota dan masyarakatnya. Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh orang Makassar yang sedang merantau karena lantunan irama dan lirik lagunya bisa sedikit mengobati perasaan rindu kepada kampung halaman di Kota Makassar. Yuk, mari kita sedikit berdendang dan melepas rindu dengan mendengarkan lagunya di bawah ini!

8. Alosi Ripolo Dua

Siap Nikah

Alosi Ripolo Dua merupakan lagu daerah Bugis Makassar. Lagu ini sangat populer dinyanyikan di resepsi pernikahan atau hajatan lainnya di Makassar. Baik dalam format band, karaoke, biduan,atau qasidah, lagu ini pasti dibawakan di setiap acara dengan meriah.

Secara harfiah, Alosi Ripolo Dua berarti ‘pinang dibelah dua’. Lagu tersebut berkisah tentang sepasang kekasih yang saling mencintai dan memiliki kecocokan satu sama lain. Seakan mereka ditakdirkan untuk bersama, ibarat pinang yang dibelah menjadi dua. Lagu ini juga melambangkan keharmonisan rumah tangga, oleh karena itu menjadi salah satu lagu wajib di setiap pernikahan yang ada di Makassar.

9. Tena Ruanna

SINDOnews

Lagu dari Makassar yang populer selanjutnya berjudul Tena Ruanna, dinyanyikan oleh penyanyi kondang Makassar yaitu Anci Laricci. Lagu daerah Makassar Anci ini diciptakan oleh pencipta lagu daerah Makassar yang bernama Abidin Syam. Banyak lagu daerah di Makassar yang populer hasil ciptaan Abidin Syam.

Lagu daerah Makassar ini belum lama rilis, lebih tepatnya pada tahun 2011 yang lalu. Lagu ini merupakan salah satu single terbaik dari Anci Laricci dari album yang berjudul I Kau Tonji. Masih dengan tema tentang percintaan dan menyampaikan perasaan kepada kekasih yang sangat dicintai.

10. Pantai Losari

Piknik Wisata

Lagu terpopuler yang terakhir masih dinyanyikan oleh Anci Laricci, yang berjudul Pantai Losari. Sebagaimana yang kita ketahui, Pantai Losari merupakan ikon dari Makassar dan pantai kebanggaan Makassar. Kebersihan dan keindahan Pantai Losari sangat terjaga. Tidak heran jika Pantai Losari diejawantahkan menjadi sebuah lagu daerah yang populer.

Lagu ini menceritakan keindahan Pantai Losari yang bisa membuat setiap pengunjung lupa akan persoalan hidup untuk sejenak, menikmati pantai dan segala hal yang ada di sekitar pantai. Pada intinya, lagu ini ingin menyampaikan ketika merasakan penat hidup, salah satu hal yang tepat untuk dilakukan adalah dengan mengunjungi Pantai Losari.

Beberapa lirik dan chord dari lagu Makassar lainnya

Bagaimana, apakah ada lagu asal daerah Makassar favorit Sedulur di daftar sebelumnya? Nah, tentunya jika membahas tentang lagu-lagu legendaris kita tidak boleh melewatkan perkara lirik dan chord-nya. Lirik dan chord tersebut akan sangat berguna terutama bagi Sedulur yang gemar berkaraoke atau sekedar ingin mendendangkannya diiringi petikan gitar yang sangat merdu.

Di bawah ini sudah dipilih beberapa lagu kebanggaan daerah tersebut yang dilengkapi lirik dan chord lengkapnya. Penasaran apa saja lagu-lagu tersebut? Mari simak ulasannya bersama-sama!

1. Apamo Anne, karya Ridwan Sau

Intro:

Em D Em

D Em D

Em D Em

 

Em

Apamo anne kassisa’la tojeng maki

D Em

Kissi bokkoi lanri terasatta

D

Se’reji kupala, se’re ji ku pangandroang

C

Kimassing te’neja

B

Kimassing te’neja (2x)

 

Em

Bella tojengmi anne dakkana bangkengku

D Em

Assimbellai minasangku maliang

D G

Manna mamo anjo, manna nakamma mamo

B Em B

Tulitonjako antu, tulijako antu, tuli ku’urangi

 

Em

Appare’ma lagu, nakukelongangmo anne

D Am

Kelong-kelong rera karru atingku

B

Mannanjo nu cella mama kamase

Em B

Kate’ neang tommi anne laguku

 

Em

Sikabellai tojengmaki, anne baule

D Am B

Kissibokkoi ritallasatta, bajina nania

Em

Kelong kamase, ku pannumpassai ri susa nyawaku

Am Em

Rampe mama golla, kurampe ko kaluku

B Em

Lontamo anne tassirurungang

2. Tena Ruanna, karya Anci Larici

Intro:

A# D# A# F

A# F

 

A#

Kusareang mako anne

D# F A#

Nyawa sierang tubuna

F

Lanri lantang na

F A# F

Pangngaingku ri kalennu

 

A#

Alle mi naku patanro

D# F A#

Datunna cinna cinikku

F

Poro ikau

F A#

Tunggala tena ruanna

 

D#

Massing mammolikki nakku

F A#

Kisi pammaling-malingi

F

Sikatutui

F A#

Se’re kana niruai

 

D#

Kuatiammi janjinnu

F A#

Kutojengang mi kanannu

F

Sorong biseang

A# F

Sorongi ri mangeanna

 

A#

Alle mi naku patanro

D# F A#

Datunna cinna cinikku

F

Poro ikau

F A#

Tunggala tena ruanna

 

D#

Massing mammolikki nakku

F A#

Kisi pammaling-malingi

F

Sikatutui

F A#

Sere kana niruai

 

D#

Kuatiammi janjinnu

F A#

Kutojengang mi kanannu

F

Sorong biseang

A# F

Sorongi ri mangeanna

G F

Sorong biseang

F A#

Sorongi ri mangeanna

3. Assi Nacera, karya Anci Larici

Intro:

Am Dm F E

 

Am

Nia Tojeng Paleng Anrong

Dm

Palla’ Riana’ Jarina

E

Na Rapang Racung

F E

Moncong Mata Ri Cini’na

 

Am

Tena Baji Nalilikang

Dm

Nabossarang Mange Mange

E

Napakatuna

F E Am

Natambungi Pangngakkali

 

Dm

Manna Kicalla Kodiku

E Am

Boli Tommi Ri Nyawata’

Dm E

Riboko Sallang

F E

Tunalele Katte Tonji

 

Am

Manna Ero’ Kibissai

Dm

Sitamparang Tamallannyiing

E

Assi Na Cera’

F E Am

Tena Pasisa’lakanna

4. Biseang Tamattamparang, karya Udhin Leaders

Intro:

Am E Am

Dm F E

 

Am Dm

Tu’guru je’ne matangku

E Am

Sikarapi tassunge’nge’

Am E

Pacce nyawaku

F E

Punna tuli ku u’rangi

 

Am Dm

Ca’dia sa’gengku rungka

E Am

Nakatuo allo bangngi

Am E

 

Ritallasa’na

F E Am

Tuli sarro ngamaseang

 

Am Dm

Kodi paleng kasia’na

G C

Punna anrommo taena

Am E

Sanrapang tongki’

F E

Biseang tamattamparang

 

Am Dm

Oh Karaeng malompoku

E Am

Pammopporangi dosana

Am E

Anjo ammakku

F E Am

Sare tongi ri te’nea

 

Outro:

Dm F G C

Am E F E

Sekian daftar lagu Makassar terpopuler, semoga lagu di atas bisa menemani kita di rumah selama pandemi ini. Bagi orang Makassar yang sedang di rantau dan jauh dari kampung halaman, daftar lagu Makassar bisa jadi pelipur lara. Satu kabar penting yang merupakan kabar baik, Aplikasi Super saat ini telah bisa dinikmati dan dimanfaatkan di Makassar.

Bagi Sedulur yang berada di Makassar, bisa menggunakan Aplikasi Super sebagai solusi cerdas untuk kebutuhan sehari-hari. Karena, Aplikasi Super menyediakan setiap bahan kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan dapur dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, kita bisa dengan mudah mendapatkan setiap kebutuhan sehari-hari bersama Aplikasi Super. Bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian dan kebutuhan rumah tangga. Dijamin untung super melimpah!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.