Apa saja kumpulan lagu Makassar yang paling populer dan disukai oleh seluruh masyarakat Makassar? Simak daftarnya dalam artikel di bawah ini!

Lagu daerah memang selalu abadi. Penggemar dan penikmat lagu daerah selalu setia dan tumbuh setiap saat. Apa sebab yang mempengaruhi hal tersebut? Tentu saja karena ikatan kedaerahan dan kedekatan persoalan yang diangkat dalam lagu daerah. Jika tidak membahas tentang keindahan kampung halaman, tema lagu daerah pasti seputar asmara dan percintaan.

Begitu juga yang dialami oleh lagu lagu Makassar. Sebagai salah satu daerah atau kota besar di Indonesia yang berada di selatan pulau Sulawesi, lagu daerah Makassar merupakan salah satu lagu yang banyak diminati. Selain itu, banyak perantau yang berasal dari Makassar yang mengadu nasib di setiap kota di Indonesia.

Hal ini juga yang mendorong begitu populernya lagu Makassar. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas daftar lagu Makassar populer, beberapa terdiri dari lagu daerah Makassar Iwan Tompo. Apa saja daftar lagunya? Sedulur bisa langsung simak di bawah ini!

Baca Juga: 30 Makanan Khas Makassar Paling Favorit & Tempat Belinya

Daftar Kumpulan Lagu Makassar Terpopuler

1. Bunting Berua

1. Bunting Berua
baaca.id

Lagu Makassar berjudul Bunting Berua dinyanyikan oleh Iwan Tompo, penyanyi lagu daerah Makassar yang paling kondang. Dalam daftar lagu dari Makassar yang berbahasa daerah Makassar yang terpopuler, Bunting Berua selalu muncul dalam urutan pertama. Hal tersebut menunjukan kepopuleran lagu ini. Bagi yang rindu berdendang lagu Bunting Berua, bisa langsung mendengarkan lagunya di bawah ini:

2. Anging Mammiri

2. Anging Mammiri
makassarmetro.com

Anging Mammiri adalah lagu Makassar yang begitu populer. Kedalaman maknanya selaras dengan merdunya melodi lagu ini. Lagu ini juga merupakan lagu pengiring bagi Tarian Anging Mammiri, tarian khas Makassar. Lagi ini merupakan lagu daerah yang wajib diketahui secara nasional. Oleh karena itu, ketika SD kita semua pasti pernah belajar lagu ini.

Penyanyi dari Makassar seperti Iwan Tompo, Arshinta Aziz, dan Nurdi Taqwa pernah membawakan lagu ini dengan aransemen masing-masing. Sementara itu, lagu ini sendiri diciptakan oleh Bora Dg. Ngirate, pencipta lagu daerah legendaris dari Makassar.

3. Pakarena

3. Pakarena
tribunnews.com

Secara harfiah, Pakarena sendiri berarti Penari. Lagu Makassar ini diciptakan oleh Arsyad Basir dan dinyanyikan hingga populer oleh Aulia Anas dan Salma Rani. Lagu ini merupakan lagu kebanggaan orang Makassar, menceritakan tentang bagaimana orang Makassar begitu bangga terhadap adat istiadat yang mereka pegang. Mulai dari lagu, hingga tariannya. Lagu ini juga merupakan lagu wajib yang pasti diketahui oleh setiap orang Makassar.

4. Tondok Kadadianku

4. Tondok Kadadianku
lagutoraja.com

Tondok Kadadianku merupakan daftar lagu Makassar selanjutnya yang populer. Terutama bagi orang Makassar, lirik lagu ini sangat bermakna dan bisa diartikan begitu dalam. Lagu makassar lirik ini menceritakan tentang kondisi budaya masyarakat Makassar yang memegang teguh adat istiadat.

Adat istiadat di setiap daerah berbeda-beda, ada yang memegang teguh adat istiadat. Ada daerah yang sudah sangat modern dan termarjinalkan dari adat istiadat. Semantara Makassar, merupakan salah satu kota yang masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat, sebagaimana yang digambarkan dalam lagu satu ini.

5. Minasa Riboritta

5. Minasa Riboritta
palontaraq.com

Lagu Makassar satu ini sebenarnya dinyanyikan oleh Ridwan Sau, namun pada versi lainnya juga dinyanyikan oleh Iwan Tompo. Versi Losquin dari Iwan Tompo untuk lagu ini kemudian populer dan disukai oleh masyarakat Makassar. Selain itu, lagu ini juga sangat dalam maknanya. Terutama bagi orang Makassar yang merantau.

Minasa Riboritta berarti ‘Harapan untuk Negeri Kita’. Lirik lagu ini menceritakan tentang hidup seorang rantau yang jauh dari kampung halaman, namun tetap memikirkan kampung halaman dan memikirkan kemajuan tentang kampung halaman. Oleh karena itu, sudah pasti para perantau Makassar menjadikan lagu ini sebagai salah satu list wajib dengar di perantauan.

6. Ati Raja

6. Ati Raja
mediasulsel.com

Ati Raja adalah lagu Makassar yang diciptakan oleh seorang bernama Hoe Eng Djie. Lagu ini bisa dikatakan sebagai salah satu lagu religi daerah. Karena lirik dari lagu Bangkeng Accini sendiri yang menceritakan tentang Tuhan Yang Maha Esa Sang Pencipta Alam Semesta.

Lagu ini menceritakan tentang rasa syukur manusia kepada Tuhan sebagai Pencipta. Dalam lirik lagu ini juga ditegaskan bahwa Tuhan itu hanya satu dan sangat agung. Masyarakat kota Makassar yang sangat religius sangat menyukai lagu satu ini. Ati Raja, Raja yang dimaksud dalam judul Ati Raja ditujukan kepada Tuhan Sang Pencipta Alam.

Baca Juga: 9 Resep Es Pisang Ijo Spesial Khas Makassar, Segar & Lezat

7. Ammac Ciang

7. Ammac Ciang
lagudaerah.id

Lagu makassar selanjutnya adalah Ammac Ciang. Lagu ini menceritakan tentang suasana kota Makassar beserta dengan segala hiruk pikuk kota dan masyarakatnya. Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh orang Makassar yang sedang merantau. Karena lantunan irama dan lirik lagunya bisa sedikit mengobati perasaan rindu kepada kampung halaman di Kota Makassar. Yuk, mari kita sedikit berdendang dan melepas rindu dengan mendengarkan lagunya di bawah ini:

8. Alosi Ripolo Dua

8. Alosi Ripolo Dua
malucana.blogspot.com

Alosi Ripolo Dua merupakan lagu daerah Bugis Makassar, lagu ini sangat populer dinyanyikan di resepsi pernikahan atau kondangan lainnya di Makassar. Baik dalam format band, karaoke, biduan atau qasidah, lagu ini pasti dibawakan di setiap acara pernikahan atau kondangan.

Secara harfiah, Alosi Ripolo Dua berarti Pinang Dibelah Dua, lagu ini berkisah tentang sepasang kekasih yang saling mencintai dan memiliki kecocokan satu sama lain. Seakan mereka ditakdirkan untuk bersama, ibarat pinang dibelah dua. Lagu ini juga melambangkan keharmonisan rumah tangga, oleh karena itu menjadi salah satu lagu wajib di setiap pernikahan yang ada di Makassar.

9. Tena Ruanna

9. Tena Ruanna
kompas.com

Lagu dari Makassar yang populer selanjutnya berjudul Tena Ruanna, dinyanyikan oleh penyanyi kondang Makassar yaitu Anci Laricci. Lagu daerah Makassar Anci ini diciptakan oleh pencipta lagu daerah Makassar yang bernama Abidin Syam. Banyak lagu daerah di Makassar yang populer hasil ciptaan Abidin Syam.

Lagu daerah Makassar ini belum lama rilis, dirilis pada tahun 2011 yang lalu. Lagu ini merupakan salah satu single terbaik dari Anci Laricci dari album yang berjudul I Kau Tonji. Masih dengan tema tentang percintaan dan menyampaikan perasaan kepada kekasih yang sangat dicintai.

https://www.youtube.com/watch?v=el_9J01HRL8

10. Pantai Losari

10. Pantai Losari
kompas.com

Lagu Makassar terpopuler yang terakhir masih dinyanyikan oleh Anci Laricci, yang berjudul Pantai Losari. Sebagaimana yang kita ketahui, Pantai Losari merupakan ikon dari Makassar dan pantai kebanggaan Makassar. Kebersihan dan keindahan Pantai Losari sangat terjaga, tidak heran jika Pantai Losari diejawantahkan menjadi sebuah lagu daerah yang populer.

Lagu ini menceritakan keindahan Pantai Losari yang bisa membuat setiap pengunjung lupa akan persoalan hidup untuk sejenak, menikmati pantai dan segala hal yang ada di sekitar pantai. Pada intinya, lagu ini ingin menyampaikan ketika merasakan penat hidup, salah satu hal yang tepat untuk dilakukan adalah dengan mengunjungi Pantai Losari.

Sekian daftar lagu Makassar terpopuler, semoga lagu di atas bisa menemani kita di rumah selama pandemi ini. Bagi orang Makassar yang sedang di rantau dan jauh dari kampung halaman, daftar lagu Makassar bisa jadi pelipur lara. Satu kabar penting yang merupakan kabar baik, Aplikasi Super saat ini telah bisa dinikmati dan dimanfaatkan di Makassar.

Bagi Sedulur yang berada di Makassar, bisa menggunakan Aplikasi Super sebagai solusi cerdas untuk kebutuhan sehari-hari. Karena, Aplikasi Super menyediakan setiap bahan kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan dapur dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, kita bisa dengan mudah mendapatkan setiap kebutuhan sehari-hari bersama Aplikasi Super. Bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian dan kebutuhan rumah tangga. Dijamin untung super melimpah!