alat musik papua

Alat musik Papua adalah salah satu kebudayaan tradisional masyarakat di wilayah bagian Timur Indonesia yang digunakan untuk kepentingan adat. Musik sendiri awalnya merupakan kesenian yang tercipta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hiburan. Namun bagi masyarakat Papua, keberadaan alat musik lebih digunakan untuk merayakan ritual adat.

Papua sendiri memang terkenal sebagai daerah Indonesia yang kaya akan budaya dan adat tradisional. Dimana mayoritas kebudayaan masyarakat di sana terlihat dari keberagaman alat musik Papua yang terdiri dari banyak jenis. Setiap alat musik pun diciptakan dengan fungsinya masing-masing.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama apa saja daftar alat musik Papua yang dimaksud. Tanpa berlama-lama, yuk kita simak penjelasan di sini!

BACA JUGA: Mengenal Suku Asmat Asli Pedalaman Papua yang Khas & Unik

-->

1. Pikon

alat musik papua
Bukalapak

Pertama adalah alat musik Papua Barat yang berasal dari Suku Dani. Pikon sendiri berarti bunyi dalam bahasa Baliem, berasal dari kata pikonane. Biasanya, alat musik ini digunakan dan dimainkan oleh kaum laki-laki Suku Dani.

Suara yang dimunculkan oleh pikon sendiri sangat sumbang dan akan mengganggu pendengaran orang-orang yang tidak terbiasa mendengarnya. Pikon digunakan pada waktu senggang atau sekedar mengisi waktu atau sarana hiburan para kaum laki-laki setelah melakukan berburu atau bekerja seharian dan dilakukan secara bersama-sama di rumah adat Honai.

2. Triton

Jubi

Alat musik Papua yang kedua adalah triton. Alat satu ini cukup mencuri perhatian karena keunikan material pembuatannya yang berasal kulit kerang. Alat musik ini sangat sederhana, dimainkan hanya dengan ditiup langsung oleh mulut. Alat musik tradisional triton biasanya ditemukan di daerah pesisir pantai Papua, hal tersebut jelas karena banyak kulit kerang tersedia di sana.

Alat musik ini dikabarkan menjadi salah satu instrumen budaya yang sangat tua. Konon, Triton pada zaman dahulu digunakan sebagai alat untuk sarana komunikasi dan memanggil bantuan. Namun pada masa sekarang triton digunakan hanya untuk sarana hiburan semata. Tedapat cerita dan mitos yang melatarbelakangi alat musik ini, Sedulur bisa menyimaknya di akhir penjelasan agar lebih mengenal alat musik unik satu ini.

3. Yi

alat musik papua
Alat Musik

Yi merupakan alat musik Papua selanjutnya. Dimana Yi termasuk alat musik Papua dan cara memainkannya memang cukup mudah. Kita cukup meniup alat musik ini pada bagian ujung yang berukuran kecil dan alat ini akan langsung mengeluarkan suara. Yi adalah instrumen musik yang memiliki bentuk seperti suling yang terbuat dari kayu dan bambu yang memiliki warna coklat gelap.

Yi digunakan sebagai pengiring tarian adat dan suara yang dihasilkan nya pun cukup unik. Namun sangat disayangkan Yi pada masa sekarang sangat susah sekali ditemukan dan terbilang langka. Walaupun Anda mencari di perpustakaan digital pun informasi dan asal-usul Yi sangat susah ditemukan.

4. Kecapi mulut

Wikiveria

Selanjutnya adalah kecapi mulut yang merupakan alat musik Papua Tengah, kecapi mulut memiliki bentuk dan cara memainkan yang mirip dengan alat musik tradisional seperti karinding dari Jawa Barat. Alat musik dari Papua satu ini begitu unik, terbuat dari bahan bambu wulu. Untuk ukurannya pun tidak terlalu besar dan terlihat sangat sederhana. Kendati demikian kecapi mulut memiliki teknik dalam memainkannya.

Untuk dapat memainkan alat musik tradisional dari Papua ini, terdapat beberapa teknik yang bisa dimainkan. Teknik-teknik tersebut yaitu dengan menjepit menggunakan bibir, lalu meniupkan sambil menarik talinya. Kemudian Sedulut tinggal memainkannya sesuai dengan dentuman irama.

Alat musik satu ini juga merupakan alat musik yang berasal dari Suku Dani yang berdiam di Lembah Baliem, Papua. Alat musik ini dipamerkan di Museum Loka Budaya, Universitas Cendrawasih. Sedulur bisa memainkan alat musik satu ini di sana.

5. Fuu

alat musik papua
Cendana News

Daftar alat musik Papua selanjutnya yaitu Fuu, yang merupakan alat tiup dan terbuat dari bambu dan kayu. . Alat ini digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil penduduk dan juga digunakan sebagai pengiring tari-tarian tradisional suku Asmat.

Fuu memiliki bentuk perpaduan antara bentuk suling dan tabung karena memang bentuknya yang gempal dan terdapat lubang di ujung alat ini. Fuu seringkali dimainkan dengan alat musik Papua yang lain seperti tifa atau kelambut, dan menghasilkan irama musik yang menarik dan khas daerah Papua itu sendiri.

6. Tifa

Kumparan

alat musik Papua tifa agaknya merupakan alat musik yang paling dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tifa sendiri merupakan alat musik Papua yang dipukul, bentuk dan hasil suara yang muncul sedikit mirip dengan gendang atau marawis yang juga merupakan alat musik pukul tradisional.

Pembuatan tifa sendiri menggunakan kayu besar yang diambil isinya (dikosongkan), kemudian selanjutnya diberika kulit rusa pada bagian sisi. Kulit rusa yang digunakan adalah kulit rusa yang sebelumnya telah dikeringkan. Kulit rusa sendiri memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai penghasil suara yang dipukul.

Kulit rusa sendiri bukan satu satunya pilihan yang digunakan oleh masyarakat Papua untuk membuat tifa, pada kenyataannya banyak kulit hewan lain yang digunakan, seperti kulit babi ataupun kulit kambing. Tifa sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Tifa jekir
  • Tifa dasar
  • Tifa potong
  • Tifa jekir potong
  • Tifa bas

Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat dan juga sebagai pengiring lagu dansa saat ritual api unggin. Pada sejarahnya, tifa zaman dahulu digunakan oleh masyarakat Papua sebagai alat untuk mengiringi peperangan atau pemburuan agar memunculkan semangat.

7. Paar & Kee

alat musik papua
Pinterest

Paar dan kee merupakan alat musik Papua selanjutnya. Dua alat musik ini saling melengkapi, oleh karena itu tidak dapat dipisahkan dan menjadi satu kesatuan. Ibarat surat dan perangko atau siang dan malam, dua hal yang saling melengkapi.

Paar sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari labu, sedangkan kee terbuat dari burung kasuari. Selain sebagai alat musik, paar dan kee biasa juga digunakan sebagai penutup kemaluan laku-laki. Ketimbang seperti alat musik, paar dan kee lebih terlihat seperti sebuah kalung.

Ternyata cara memainkan pare dan kee dengan cara digunakan oleh penari, dilingkarkan dipinggang mereka. Ketika para penari bergoyang, paar dan kee akan menimbulkan alunan suara. Perlu kalian ketahui juga, alat musik paar dan kee ini berasal dari Suku Waris yang berada di Kabupaten Kerom.

8. Krombi

Falderfans

Alat musik Papua selanjutnya adalah krombi atau disebut juga kerombi merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Alat musik ini pada umumnya digunakan dalam perayaan upacara adat, salah satunya dalah pesta adat. Cara memainkan krombi yaitu dengan cara dipukul menggunakan kayu kecil, sehingga mengeluarkan suara yang begitu khas.

Selain dimaikan sendiri, krombi dapat juga dipadukan atau dikolabrasikan dengan beberapa alat musik lain, seperti;

  • Piko
  • Nailavos
  • Fuakuika
  • Karapra

Tidak jarang juga dalam beberapa kesempatan, krombi dimainkan dengan alat musik tradisional Papua Nugini. Saat ini kita dapat menemukan krombi di daerah Kampung Seremuk, Sorong Selatan, Provinsi Papua.

9. Butshake

alat musik papua
Horeg Wamena

Butshake adalah alat musik Papua selanjutnya dengan bentuk yang unik dan memadukan bambu dan buah kenari. Jika dimainkan alat musik ini akan menghasilkan suara mirip dengan gemercik. Untuk memainkannya sendiri yaitu dengan cara dikocok ataupun diayunkan menggunakan tangan.

Pada umumnya alat musik buthshake ini digunakan untuk mengiringi tarian tradisonal, atau upacara-upacara tertentu. Alat musik satu ini memiliki sedikit kemiripan dengan alat musik modern, yaitu marakas. Pada dasarnya suara yang dihasilkan oleh bitshake merupakan hasil tabrakan antara biji kenari.

Butshake diperkirakan berasal dari daerah Muyu Kabupaten Merauke, hingga saat ini masyarakat setempat masih menggunakannya.

10. Atowo

Cak Bagus

Alat musik Papua selanjutnya adalah atowo, yang saat ini sudah sangat jarang ditemui dan masuk dalam alat musik tradisional yang sangat langka. Hampir semua suku di Papua mengenal alat musik tradisional Papua satu ini, memiliki bentuk bulat lonjong dan dimensi yang tidak terlalu besar menjadikannya sebagai alat musik yang relatif ringan.

Atowo dimaikan dengan cara dipukul menggunakan satu tangan, sedangkan satu tangan lainnya memegang badan atowo. Alat musik tradisional ini memliki irama dan suara yang khas, sehingga tidak jarang masyarakat setempat menjadikan atowo sebagai hiburan.

11. Amyen

alat musik papua
Dictio

Amyen adalah alat musik Papua yang bisa dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan musik yang khas. Sekilas bentuknya memiliki kemiripan dengan seruling, hanya saja terlihat lebih gemuk, dimana pada ujung yang ditiup lebih kecil dibandingkan dengan ujung lainnya.

Amyen digunakan oleh masyarakat setempat sebagai pengiring upacara atau tarian-tarian tradisonal. Sedangkan pada zaman dahulu, amyen digunakan untuk memberikan tanda bahaya kepada penduduk. Berdasarkan beberapa keterangan, amyen ini berasal dari Suku Weeb, Kabupaten Keerom, Papua.

Alat musik tradisional memang sangat erat kaitannya dengan ritual adat, karena alat musik dan memunculkan suasana dan meningkatkan kesakralan sebuah ritual adat. Oleh karena itu, biasanya alat musik tradisional akan menghasilkan suara yang khas dan berbeda dengan alat musik kontemporer yang populer.

12. Guoto

fimela

Alat musik Papua yang terakhir adalah Guoto. Guoto terbuat dari bilah bambu yang bagian atasnya disayat hingga menjadi senar. Senar tersebut ditumpu kayu sehingga dapat menghasilkan bunyi. Bentuk guoto sekilas mirip dengan alat musik tradisional Sunda, celempung.

Namun, cara memainkannya berbeda. Guoto dimainkan dengan memetik senarnya. Sementara itu, celempung dimainkan dengan memukul senar tersebut dan memainkan lubang yang ada di bagian sampingnya. Guoto biasanya dimainkan untuk menyambut tamu, mengiringi tarian atau ritual.

BACA JUGA:  Mengenal Keunikan Rumah Adat Honai Asal Papua & Jenisnya

Setelah Sedulur mengetahui daftar alat musik papua di atas, terdapat beberapa cerita rakyat atau mitos yang menjadi latar belakang sejarah alat musik Papua itu sendiri. Carita rakyat tersebut begitu istimewa dan melekat pada hati dan kepercayaan masyarakat Papua itu sendiri. Berikut ini adalah mitor yang dimaksud:

1. Mitos dua orang saudara

alat musik papua
Kafe Sentul

Mitos pertama terkait alat musik Papua adalah tentang dua orang saudara. Mitos ini begitu dipercaya oleh masyarakat pedalaman di daerah Biak. Mitos ini berkaitan dengan alat musik tifa, dahulu kala hidup dua saudara bernama Fraimun dan Sarenbeyar.

Fraimun sendiri berarti alat perang, sementara serenbeyer berarti busur panah. Keduanya berkaitan dengan alat perang yang digunakan untuk membunuh lawan. Pada suatu ketika kedua saudara ini memutuskan untuk pergi meninggalkan desa mereka, dan setelah itu menemukan desa baru, yaitu Wampemyer dan menetap di sana.

Suatu malam mereka berdua pergi ke luar untuk berburu, dan pada malam itu mereka menemukan pohon opsur. Tidak lama setelah itu, tepat keesokan harinya mereka berdua memutuskan untuk menebang pohon opsur tersebut, kemudian dilubangi dan ditambahkan kulit ular pada bagian sisinya.

2. Mitos orang pengunungan tengah

Neprona

Mitos kedua terkait alat musik pikon, masyarakat Papua percaya bahwa pada masa lalu ada seorang bapak yang dibunuh karena perang. Akibat dari pembunuhan tersebut, pada kahirnya bapak tersebut diusir oleh saudaranya. Kemudian ia lari ke hutan, di sana ia memutuskan untuk mencoba berkomunikasi dengan hewan, namun sayangnya tidak ada satupun hewan yang bisa berkomunikasi dengannya.

Si bapak dengan inisiatifnya membuat alat musik dari sebuah tongkat yang dibawanya. Tidak disangka alat musik ini dapat menghasilkan suara nyaring indah yang dapat menirukan berbagai suara hewan.

3. Mitos kulit kerang teluk triton

alat musik papua
Neprona

Mitos terakhir seputar alat musik Papua adalah terkait kerang di teluk Triton, dan mitos ini berkaitan dengan alat musik triton itu sendiri, alat musik yang terbuat dari kerang. riton sendiri adalah sebuah daerah di Papua dengan keindahan alam yang luar biasa, memiliki pemandangan mempesona dan biota laut yang sangat beragam.

Masyarakat setempat dahulu membuat triton sebagai alat komunikasi, namun saat ini digunakan sebagai alat hiburan. Sebagaimana penggunaannya sebagai alat musik seperti saat ini.

Nah, itulah daftar seputar alat musik Papua beserta dengan latarbelakang sejarah dan mitos yang mengitarinya. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur lebih paham lagi tentang alat musik tradisional yang menjadi kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia itu sendiri. Sebagai bangsa yang kaya akan budaya, kita harus bangga dan turut melestarikan warisan budaya yang diberikan oleh leluhur dan nenek moyang kita.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!