Rak sepatu adalah salah satu furnitur wajib yang perlu ada di rumah kita. Ia berfungsi untuk menyimpan koleksi sepatu dan juga menjaganya agar selalu awet dan tidak rusak. Pada artikel ini, terdapat beberapa rekomendasi rak yang dapat menjadi pilihan Sedulur untuk menyimpan koleksi sepatu kesayangan.

Selain bisa membantu menjaga agar sepatu tetap apik dan awet, keberadaan rak sepatu juga perlu dipertimbangkan secara baik. Hal ini karena rak sepatu bisa menjadi interior rumah yang juga turut memperindah susasana. Penasaran? Simak terus pembahasan selanjutnya, ya!

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terbaik yang Bermanfaat

1. Sassy Shoe Cabinet

rak sepatu
acuan.id

Sassy Shoe Cabinet merupakan sebuah tempat penyimpanan sepatu yang berkonsep seperti lemari pakaian. Rak sepatu muat banyak kapasitas hingga 24 pasang. Sassy Shoe Cabinet memiliki desain yang modern dengan warna putih mendominasi. Ia memiliki cermin tinggi yang berada di tengah kedua pintu agar kita dapat mengecek ulang penampilan kita sebelum keluar rumah. 

Selain itu, aspek unik lain dari Sassy Shoe Cabinet adalah pintu rak yang tidak memiliki gagang sama sekali. Untuk membukanya, Sedulur hanya perlu menekan pintu karena ia menggunakan sistem magnet.

Rak ini sangat cocok bagi siapapun yang menginginkan furniture minimalis, aesthetic, tetapi masih tetap mengutamakan fungsinya. Dominasi warna putihnya semakin menambah kesan elegan dan mewah. Tidak heran apabila di beberapa toko online, Sassy Shoe Cabinet dibanderol dengan harga yang agak mahal, sekitar Rp650.000.

2. Offo Living, Lemari Sepatu Minimalis

rak sepatu
acuan.id

Lemari sepatu minimalis keluaran Offo Living menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Sedulur. Material yang digunakan sebagian besar berasal dari particle board. Particle board sendiri merupakan jenis papan yang dibentuk dari kumpulan serat-serat kayu. Ia menjadi alternatif karena memiliki taraf kekokohan yang hampir sama dengan kayu utuh, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, ia juga tidak mudah keropos dan anti jamur.

Offo Living menghadirkan lemari sepatu besar dengan 7 susun yang setidaknya dapat mengakomodasi total 28 pasang sepatu. Setiap susun raknya terdiri dari beberapa batang alumunium yang sangat kokoh dan menjaga agar sepatu tidak berjatuhan. Pintu dari rak Offo Living ini juga terbuat dari kaca bening yang memberikan kesan cantik dan efisien ketika Sedulur hendak memilih sepatu. Selain itu, terdapat laci di tengah-tengah rak yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam alat perawatan sepatu, seperti lap, semir, sikat gigi, dan sebagainya.

Di beberapa toko online, Offo Living Lemari Sepatu Minimalis dibanderol dengan harga sekitar Rp650.000.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepeda Anak Perempuan Terbaik & Berkualitas

3. Calista Comic, Rak Sepatu 3 Susun

rak sepatu
acuan.id

Merek Calista memang terkenal sebagai produsen furnitur-furnitur berbahan dasar plastik.  Merk rak sepatu Calista pun tentunya tidak mau ketinggalan produsen lain untuk menghadirkan tempat penyimpanan sepatu yang berkualitas. 

Rak buatan Calista tersebut terbuat dari plastik yang berbahan tebal, sehingga dapat menopang sepatu-sepatu yang berbobot agak berat seperti sepatu kulit ataupun sepatu boot. Pemasangan raknya pun sangat mudah karena ukurannya yang tergolong kecil.

Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang dapat diandalkan, rak Calista Comic sangat cocok bagi Sedulur yang sering berpindah-pindah tempat tinggal, seperti anak kost atau penghuni apartemen. Calista Comic menjadi salah satu rak yang paling laris di beberapa toko online, dengan harga Rp32.900.

4. Cubic, Rak Sepatu GENIO LSO 60

acuan.id

Salah satu produsen furnitur terkenal di Indonesia, Cubic Home & Living, ikut mengeluarkan rak sepatu andalannya. Dengan model GENIO LSO 60, rak tersebut memiliki desain yang minimalis dan juga modern. Ia didominasi oleh warna coklat, terdapat 4 susun rak dengan batang-batang aluminium yang berfungsi untuk menopang sepatu. 

Rak GENIO LSO 60 dari Cubic ini berbahan dasar particle board yang kokoh dan awet. Rak jenis ini dapat menjadi alternatif Sedulur apabila rekomendasi rak modern sebelumnya seperti Sassy Shoe Cabinet tidak terlalu masuk ke budget dompet. Cubic GENIO LSO 60 ini dihargai sekitar Rp185.000 di toko-toko online ternama Indonesia.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Meja Aquarium untuk Mempercantik Interior

5. Amazing Shoe Rack

acuan.id

Sedulur sedang mencari tempat penyimpanan sepatu yang ringan, muat banyak, tetapi tetap kokoh? Coba pertimbangkan untuk membeli Amazing Shoe Rack ini. Amazing Shoe Rack adalah jenis rak yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana dan mampu mengakomodasi setidaknya 30 pasang sepatu dengan 10 tingkat susunan rak. 

Material utama yang digunakan oleh Amazing Shoe Rack adalah pipa alumunium dan plastik tebal. Alhasil, bobot rak tetap ringan tetapi dapat menopang berat dari puluhan sepatu kesayangan Sedulur. 

Tertarik ingin membelinya? Coba cek Amazing Shoe Rack di toko-toko online kenamaan, harganya berkisar pada Rp45.500 saja.

6. Starlight, Rak Gantung dan Sepatu

rak sepatu kekinian
acuan.id

Rak Gantung dan Sepatu dari Starlight sepertinya menjadi salah satu rekomendasi yang paling menarik dalam bahasan kali ini. Desainnya yang tidak biasa dan juga material aluminium yang kokoh menjadi nilai tambah tersendiri. 

Bagaimana tidak, ia memadukan gantungan serbaguna dengan tempat penyimpanan sepatu. Gantungan di atas dapat digunakan untuk menggantungkan kunci, topi, tas, jaket, dan sebagainya. Sementara itu, di 4 tingkat bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan sepatu favorit. Kapasitas sepatu yang dapat disimpan oleh Starlight Rak Gantung dan Sepatu adalah sekitar 12 pasang, atau bisa menjadi 15 pasang apabila rak bagian atas tidak digunakan untuk meletakkan barang-barang.

Di beberapa toko online, Starlight Rak Gantung dan Sepatu dihargai mulai dari Rp169.000.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik untuk Main di Rumah

7. New Style S1, Rak Sepatu 4 Susun

acuan.id

Ingin memiliki rak sepatu sederhana, ringan mudah dipindah-pindah, tetapi tidak mau terlihat mainstream? New Style S1 mungkin dapat menjadi pilihan Sedulur. Bentuk rangka rak yang berbentuk zig-zag menjadi fokus desain yang menarik perhatian setiap mata yang melihat. 

Material yang digunakan masih berupa plastik, tetapi bukan sembarang plastik. Plastik ABS (Acrylonitrile butadiene styrene) digunakan New Style S1 untuk menopang beban sepatu-sepatu. Ia memiliki komposisi yang lebih kuat dan awet ketimbang plastik biasa. Warna-warna yang tersedia pun bermacam-macam, mayoritas didominasi oleh warna earth tone yang sedang trending di kalangan anak muda sekarang. Dengan warna dan juga bahan dasar yang awet, New Style S1 dapat juga dijadikan rak sepatu outdoor.

Di marketplace online, New Style S1 Rak Sepatu 4 Susun dijual mulai dari Rp43.000 saja lho. Murah bukan?

8. Modular Shoe Organizer

acuan.id

Modular Shoe Organizer merupakan rekomendasi rak selanjutnya bagi Sedulur. Ia menjadi rak yang praktis dengan tampilan sederhana untuk menyimpan sepatu-sepatu kesayangan. Bahan utama dari Modular Shoe Organizer adalah plastik PP (Polypropylene) yang disebut-sebut dapat menopang beban lebih berat ketimbang jenis plastik lain. Tempat penyimpanan sepatu ini juga didesain untuk mudah dipasang dan dibongkar, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir kesusahan membawanya apabila sering berpindah-pindah tempat. Pintu rak yang transparan juga akan semakin memudahkan Sedulur untuk memilih sepatu tanpa harus membuka rak terlebih dahulu.

Tertarik dengan Modular Shoe Organizer? Di beberapa toko online, ia dibanderol dengan harga mulai dari Rp158.000.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Perosotan Anak untuk Bermain di Rumah

9. Kotak Sepatu Transparan

rak sepatu
acuan.id

Kotak Sepatu Transparan adalah salah satu tempat penyimpanan sepatu favorit bagi beberapa orang. Pasalnya, kotak tersebut terbuat dari bahan plastik yang tebal serta memiliki banyak variasi warna yang cerah dan lucu. Kotak Sepatu Transparan dapat menjadi pilihan untuk Sedulur yang sedang mencari rak sepatu untuk ruangan sempit. 

Desainnya yang transparan juga menambah efisiensi dalam memilih sepatu. Ia dijual terpisah, dalam artian satuan kotak saja. Hal tersebut juga mempermudah Sedulur untuk menatanya sesuai selera. Satu kotak dibanderol dengan harga Rp6.000 di toko-toko online Indonesia.

10. Rak Sepatu Gantung Plastik

acuan.id

Rekomendasi terakhir adalah Rak Sepatu Gantung Plastik. Jenis rak ini tepat bagi Sedulur yang kehabisan ruangan dalam kamar atau rumah untuk menyimpan barang. Agar koleksi Sepatu Sedulur tidak berantakan, tempat penyimpanan sepatu ini dapat menjadi solusinya. Hanya dengan menggantungnya di dinding, koleksi sepatu tampak rapi tetapi juga tidak akan memakan banyak tempat. Rumah atau ruangan Sedulur tetap dapat terasa lapang dan luas. Rak sepatu plastik hadir dalam 9 susun, dengan dibanderol sekitar Rp29.500 di toko-toko online kenamaan Indonesia.

Cara merawat sepatu agar selalu awet

Depositphotos

Penting bagi Sedulur untuk mengetahui cara merawat sepatu kesayangan agar selalu awet dan tidak mudah rusak. Memiliki rak yang bagus dan melindungi sepatu pada saat tidak dipakai ternyata tidaklah cukup untuk mencegah kerusakan. Maka dari itu, dibawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Sedulur coba untuk menjaga  sepatu agar tetap awet.

1. Perhatikan bahan sepatu

Cara yang pertama adalah perhatikan bahan sepatu. Terdapat bermacam-macam bahan yang digunakan untuk membuat sepatu, dan setiap bahan tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Contohnya seperti sepatu yang berbahan dasar kulit. Sepatu kulit tidak boleh dicuci dengan merendamnya dalam air. Selain itu, ia juga tidak boleh dijemur langsung di bawah matahari karena akan langsung merusak tekstur kulitnya. Sedulur dapat mengetahui jenis bahan dasar yang digunakan dengan memperhatikan label yang terdapat pada kotak sepatu atau mencari informasi melalui internet.

2. Jangan simpan sepatu dalam keadaan basah

Ketika sepatu tidak sengaja terkena air, entah itu terkena tumpahan minuman atau terkena air hujan, jangan langsung memasukkan sepatu ke dalam rak atau lemari. Kondisi sepatu yang basah kuyup dan lembab dapat membuat jamur berkembang biak dan bau yang tidak sedap muncul. Apabila sepatu dalam keadaan basah, sebaiknya dikeringkan dulu dengan cara diangin-anginkan, dijemur, diletakkan di belakang kulkas, atau gunakan hair dryer.

3. Bersihkan langsung saat kotor

Salah satu esensi utama dari sepatu adalah untuk melindungi kaki dari kotoran lingkungan sekitar. Ketika sepatu kotor, cara untuk menjaganya agar tetap awet adalah dengan membersihkannya langsung setelah terkena kotoran tersebut atau setelah sampai di rumah. 

Kotoran yang menempel pada sepatu dapat menempel dan lengket apabila tidak langsung dibersihkan. Alhasil, sepatu kesayangan Sedulur akan kehilangan warnanya atau bahkan sepatu menjadi tidak enak dipandang karena terdapat noda yang membandel. Semakin lama kotoran tersebut dibiarkan, semakin susah juga kotoran tersebut untuk dibersihkan.

4. Cuci menggunakan detergen lembut

Secara garis besar, detergen dapat membuat warna bahan sepatu Sedulur menjadi cepat pudar. Tidak semua sepatu dapat dicuci dengan detergen baju biasa. Tetapi, jika Sedulur tetap ingin menggunakan detergen, Sedulur dapat mencoba detergen pakaian bayi yang komposisinya lebih lembut atau mild.

Mild detergent mengandung kadar kalsium karbonat yang dapat mencegah noda kekuningan membandel pada sepatu kesayangan Sedulur. Selain menggunakan mild detergent, gunakan juga air hangat pada saat proses mencuci.

5. Gosok menggunakan sikat gigi

Sikat gigi menjadi salah satu alat yang wajib digunakan pada saat membersihkan sepatu. Bulu-bulu sikat gigi tergolong lebih halus dibanding bulu sikat cuci biasa. Maka dari itu, sikat gigi lebih dapat menjaga keawetan dari tekstur bahan dasar sepatu ketimbang sikat cuci biasa.

6. Pilih rak sepatu yang tepat

Pemilihan rak yang tepat juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi awet atau tidaknya sepatu-sepatu Sedulur. Contohnya ketika Sedulur memiliki sepasang sepatu favorit yang setiap hari digunakan. Nah, dengan situasi tersebut, Sedulur disarankan untuk menggunakan rak sepatu yang terbuka. Rak model terbuka dapat membuat sirkulasi udara pada sepatu menjadi lebih lancar, alhasil ia tidak mudah lembab dan berjamur karena keringat dan kotoran yang menempel. Sepatu pun terhindar dari bau-bau yang tidak sedap.

Tips memilih rak sepatu yang tepat

rak sepatu
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih rak sepatu yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi awet atau tidaknya sepatu-sepatu kita. Yuk, simak beberapa tips lanjutan untuk memilih rak yang tepat di bawah ini!

1. Pilih ukuran sesuai kebutuhan

Tips pertama untuk memilih rak sepatu adalah dengan melihat ukurannya. Apabila Sedulur memiliki jumlah sepatu sekitar 4 sampai 5 pasang, maka rak dengan ukuran kecil saja kemungkinan sudah cukup untuk mengakomodasi sepatu-sepatu Sedulur. 

Tetapi, apabila jumlah pasang sepatu yang dimiliki lebih dari 5 pasang, maka pertimbangkan untuk mencari rak sepatu besar. Menyimpan sepatu haruslah sesuai dengan raknya, jangan ditumpuk-tumpuk agar tetap menjaga keawetannya.

2. Pilih model sesuai selera

Kedua, Sedulur dapat mulai memilih model rak mana yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan rumah atau kamar. Terdapat bermacam-macam model rak sepatu yang telah diulas sebelumnya. Dari rekomendasi-rekomendasi tersebut, carilah rak yang masuk ke budget Sedulur dan juga dapat menambah keindahan dan estetika ruangan.

3. Pilih bahan rak sepatu

Setelah memilih model rak, hal selanjutnya yang perlu menjadi pertimbangan Sedulur adalah memilih bahan dasar rak tersebut. Di pasaran, terdapat beberapa bahan rak yang lazim ditemukan, seperti alumunium, kayu, dan juga plastik. Setiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Sebagai contoh, rak kayu dapat menahan beban sepatu yang banyak dan berat. Apabila Sedulur memiliki koleksi sepatu kulit dengan hak yang tebal, maka rak kayu cocok sekali untuk menjadi tempat penyimpanannya. Tetapi, tidak semua rak kayu memiliki kualitas yang prima, beberapa dapat dijangkiti rayap dan membuatnya keropos. Selain itu, rak kayu terkadang memiliki harga yang agak sedikit menguras dompet ketimbang rak-rak lainnya.

Terdapat juga pilihan lain yang lebih ekonomis, rak berbahan dasar plastik contohnya. Harganya yang relatif murah serta bobot rak yang ringan menjadi daya tarik tersendiri bagi rak tersebut. Tetapi, karena berbahan dasar plastik, keawetan dari rak tersebut tidak bisa disandingkan dengan rak yang berbahan kayu atau alumunium.

4. Teliti ulang apabila membeli online

Seiring dengan berkembangnya zaman, membeli rak sepatu dapat dilakukan melalui marketplace yang tersebar di internet. Konsumen dapat dengan mudah memilih dan membeli rak tersebut tanpa harus repot-repot keluar rumah. Tetapi masalahnya, membeli secara online berarti konsumen tidak secara langsung melihat dan mencermati kualitas dari rak tersebut. Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian dalam memilih toko, membaca review produk, dan juga meneliti deskripsi produk dari rak yang akan kita beli.

Nah, di atas merupakan 10 rekomendasi rak sepatu yang paling banyak diminati masyarakat saat ini. Selain membahas tentang rekomendasi, sudah disebutkan pula beberapa cara untuk merawat sepatu kesayangan agar tetap awet, dan juga cara memilih rak yang tepat untuk sepatu-sepatu Sedulur. Semoga pembahasan tadi dapat membantu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!