cara mengetahui nomor pelanggan pdam

Apakah Sedulur pernah lupa dengan nomor pelanggan PDAM milik sendiri? Jika iya, Sedulur tidak perlu khawatir dan panik dengan hal tersebut. Ada beberapa cara mengetahui nomor pelanggan PDAM yang bisa Sedulur lakukan dengan mudah cukup dari rumah.

Cara-cara berikut ini dapat Sedulur simpan jika sewaktu-waktu mengalami hal yang tidak diinginkan. Ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak ulasan cara mengetahui nomor pelanggan PDAM berikut ini, ya!

BACA JUGA: Cara Bayar & Cek Tagihan PDAM Online – Mudah, Aman, Cepat

1. Cara cek nomor PDAM pakai struk pembayaran bulan sebelumnya

Kompas

Sebenarnya, jika suatu saat Sedulur lupa dengan nomor pelanggan PDAM, cara pertama untuk mengetahui nomor tersebut adalah dengan cara mengetahui nomor pelanggan PDAM di struk yang letaknya ada di deretan paling atas surat tagihan.   

-->

Cara paling mudah untuk memastikan nomor ID pelanggan PDAM adalah dengan mengecek di surat tagihan setiap bulannya. Sedulur pastinya memperoleh surat tagihan per bulannya. Hal ini karena pada struk pembayaran bulan sebelumnya, tercantum nomor pelanggan PDAM yang Sedulur miliki.

Oleh karena itu, menyimpan struk pembayaran tagihan PDAM adalah hal yang wajib dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini karena struk tersebut dapat digunakan sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan, termasuk salah satunya adalah masalah lupa nomor pelanggan PDAM.

2. Cara mengetahui nomor pelanggan PDAM di meteran air 

Lamudi

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan mengecek nomor pelanggan PDAM pada meteran air. Jika Sedulur lupa untuk menyimpan struk pembayaran tagihan PDAM bulan sebelumnya, Sedulur tidak usah khawatir, karena melalui meteran air PDAM, nomor pelanggan PDAM milik Sedulur bisa diketahui secara mudah.

Biasanya, pada meteran PDAM tercantum nomor ID pelanggan. Memang, letaknya dalam setiap meteran berbeda-beda. Namun, Sedulur bisa mencarinya di dalam lingkaran meteran yang terlindung kaca. Tapi dalam beberapa kasus, nomor yang ada di dalam meteran kadang bisa hilang karena termakan usia atau telah luntur, Sedulur bisa menggunakan cara lain selanjutnya.

BACA JUGA: PDAM Makassar – Cek & Bayar Tagihan Murah

3. Cek nomor pelanggan PDAM online melalui akun resmi 

cara mengetahui nomor pelanggan pdam
iStock

Jika cara mengetahui nomor pelanggan PDAM melalui meteran air tidak bisa ditemukan karena sudah luntur dan termakan usia, Sedulur masih bisa mencari tahu nomor pelanggan PDAM milik Sedulur dengan menghubungi akun media sosial resmi milik PDAM.

Cara ini menjadi salah satu cara mengetahui nomor ID pelanggan PDAM yang sangat mudah untuk dilakukan. Sedulur dapat menghubungi melalui akun Twitter, Instagram, dan Facebook resmi yang dimiliki oleh PDAM.

4. Hubungi call center PDAM melalui telepon

cara mengetahui nomor pelanggan pdam
iStock

Setiap kantor dan instansi pemerintah pasti memiliki call center yang bisa melayani kebutuhan pelanggan. Jika setelah bertanya pada akun media sosial resmi PDAM tidak kunjung ada balasan, Sedulur bisa menghubungi call center PDAM melalui telepon sebagai cara mengetahui nomor pelanggan PDAM yang hilang.

Jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu nomor call center PDAM di sekitar wilayah Sedulur. Hal ini karena biasanya setiap kantor pelayanan PDAM memiliki nomor call center yang berbeda-beda.

BACA JUGA: Cara Menghitung Tagihan PDAM dengan Benar & Akurat

5. Cek melalui website PDAM secara online

cara cek nomor pelanggan
iStock

Cara mengetahui nomor pelanggan PDAM secara online juga bisa dilakukan melalui website resmi PDAM. Jika menggunakan cara ini, biasanya Sedulur akan diminta untuk mengisi identitas seperti nama dan alamat lengkap. Data tersebut nantinya akan digunakan oleh website untuk melacak nomor pelanggan Sedulur.

Di tengah kemajuan teknologi digital saat ini, segala sesuatu dapat dilakukan secara online. Terutama setelah mengalami masa pandemi Covid-19, setiap aktivitas dapat dilakukan secara online dari rumah saja.

Namun, kantor PDAM Sedulur bisa jadi belum memiliki layanan PDAM secara online dan belum memiliki website resmi atau belum semua website resmi PDAM berjalan dengan baik. Jika begitu, Sedulur bisa langsung saja mendatangi kantor layanan PDAM terdekat.

6. Mendatangi kantor PDAM terdekat

cara cek nomor pelanggan
iStock

Cara satu ini merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh masyarakat. Namun, mengunjungi kantor layanan PDAM untuk mencari tahu nomor pelanggan yang hilang atau lupa membutuhkan waktu dan tenaga untuk mendatanginya.

Tanyakan langsung ke customer service PDAM untuk kembali mengetahui nomor pelanggan PDAM Sedulur. Biasanya, jika melakukan kunjungan langsung ke PDAM terdekat tidak akan memakan waktu terlalu lama, hal ini karena saat ini setiap kantor pelayanan pemerintah telah mengalami peningkatan dalam kinerjanya.

BACA JUGA: Info Lengkap Lakukan Pengaduan PDAM Surabaya

Alternatif cara lainnya

cara mengetahui nomor pelanggan pdam
iStock

Segala keluhan dan pertanyaan juga bisa Sedulur tanyakan melalui email resmi PDAM. Cari tahu alamat email resmi PDAM di wilayah Sedulur untuk mengetahui nomor pelanggan PDAM yang lupa atau hilang. Hal ini bisa dilakukan karena terdapat tim khusus yang melayani pertanyaan dan keluhan melalui email dari PDAM.

Selain itu, biasanya email resmi PDAM juga akan menghubungi email Sedulur jika Sedulur melakukan pembayaran secara digital melalui berbagai platform yang menyediakan layanan pembayaran PDAM.

Keuntungan menggunakan air PDAM

Setelah Sedulur mengetahui lengkap bagaimana cara cek nomor pelanggan PDAM di atas, terutama jika nomor PDAM Sedulur hilang, tidak perlu khawatir karena Sedulur bisa mengetahuinya dengan cara di atas tanpa harus keluar rumah.

Bukan hanya itu, Sedulur yang berlangganan air PDAM juga harus tahu apa saja keuntunggan menggunakan air PDAM. Ada beberapa keuntungan menggunakan air PDAM, di antaranya yaitu:

  • Air PDAM sudah pasti bersih dan layak untuk dikonsumsi, baik untuk mencuci maupun untuk minum. PDAM biasanya mengolah air yang berasal dari waduk besar atau sungai di wilayah tersebut, kemudian disalurkan ke rumah warga melalui pipa yang telah mereka pasang sebelumnya.
  • Menggunakan air PDAM dapat menghemat waktu dan tenaga. Ya dibandingkan menggunakan air sumur akan membutuhkan waktu untuk mengambilnya jika menggunakan ember, namun sekarang sudah lebih mudah yaitu menggunakan mesin pompa air.
  • Untuk kota besar seperti menggunakan air PAM/PDAM dirasa lebih murah karena jika menggunakan air sumur atau air tanah akan dikenakan pajak. Pajak tinggi dikenakan karena pengambilan air tanah secara besar-besaran telah mengakibatkan penurunan muka tanah, 6 sampai 12 cm per tahun! Tak heran, banjir yang melkamu ibu kota semakin tinggi.
  • Untuk daerah atau lokasi yang air tanahnya buruk, air PDAM merupakan pilihan yang tepat untuk sumber air keluarga Kamu. Jadi sebelum membuat sumur bor pastikan terlebih dahulu kualitas air tanahnya bagus atau tidak. Jika tidak, maka segera ambil opsi air PDAM.
  • Di musim kemarau, pengguna air PAM tidak akan merasa bingung, karena sumber air PDAM sudah ditanggung oleh Perusahaan Daerah. Sehingga perusahaan akan berusaha mati-matian untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan PDAM. Sedangkan untuk air sumur, pada musim kemarau biasanya air akan menjadi keruh bahkan sumur pun bisa mengering.
  • Kualitas air PAM/PDAM akan selalu terjaga. Jika menggunakan air sumur, kualitasnya akan berubah sesuai musim. Pada musim hujan, air akan menjadi keruh menyesuaikan dengan air di sekitarnya, sedangkan pada musim kemarau masalah terbesar adalah kekeringan.

Kekurangan menggunakan air PDAM

Selain keuntungan di atas, ada beberapa kekurangan jika Sedulur menggunakan air PDAM. Berikut ini beberapa daftarnya, yaitu:

  • Pengguna air PAM atau PDAM perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membayar tagihan air setiap bulannya.
  • Biasanya dalam proses pendistribusian banyak terjadi “kebocoran” yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas air PAM. Bisa dibilang kekurangan air PAM atau PDAM adalah debit air PDAM kadang kecil yang disebabkan karena pemakaiannya sekaligus oleh banyak orang. Apalagi jika terjadi kebocoran pipa, bisa dipastikan aliran air ke rumah kita akan terhambat untuk beberapa waktu, apalagi jika harus diperbaiki.
  • Meskipun PDAM telah menjamin kualitas dan kejernihan airnya, terkadang saat musim kemarau aliran air PAM terkadang juga keruh dan berbau kaporit.
  • Untuk daerah tertentu masih banyak yang belum terakses air PAM/PDAM.

Demikian informasi mengenai cara cek nomor pelanggan PDAM online yang bisa dilakukan dari rumah saja. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang kehilangan data nomor pelanggan PDAM. Selamat mencoba dan semoga berhasil!