Simak cara cek tagihan dan bayar PDAM Makassar di bawah ini. Proses mudah dan singkat!

PDAM merupakan perusahaan daerah yang dimiliki pemerintah yang mengatur masalah kebutuhan air bersih masyarakat. Hampir di setiap kota, tersedia PDAM bagi masyarakat. Termasuk juga di Makassar, kota besar yang ada di pulau Sulawesi. Tidak bisa dipungkiri, bahwa masyarakat hampir tidak bisa menjalani hidup tanpa pasokan air bersih.

Agar PDAM bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, sebagai pengguna dan juga sebagai masyarakat yang taat sudah seharusnya kita membayar tagihan PDAM secara rutin dan tepat waktu. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan bagaimana cara cek dan bayar tagihan PDAM Makassar. Agar bisa menuntaskan kewajiban dengan mudah dan singkat.

Selain tarif PDAM Makassar berbeda-beda setiap pengguna, terdapat beberapa alternatif cara yang bisa digunakan untuk membayar tagihan. Termasuk bagi Sedulur yang berada di Makassar, wajib mengetahui informasi ini. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah singkat dari PDAM di kota Makassar terlebih dahulu.

-->

Baca Juga: 3 Aplikasi Cek Tagihan PDAM Online Terbaik 2021

Sejarah Singkat PDAM Kota Makassar

Sejarah Singkat PDAM Kota Makassar
pdamkotamakassar.com

Keberadaan PDAM di Kota Makassar bisa dilacak pada masa penjajahan oleh Belanda. Ketika Indonesia masih dijajah oleh Belanda, pada tahun 1924, pemerintah penjajahan Belanda membangun instalasi pengelolaan air di Makassar. Instalasi pengelolaan air tersebut diberi nama Waterleiding Bedrijf, atau memiliki nama lain yaitu Hamente Waterleiding Makassar (Instalasi Pengelolaan Air Kota Makassar).

Berawal dari instalasi pengelolaan air tersebut, PDAM Kota Makassar hadir. Ketika masuk masa awal kemerdekaan, Presiden Soekarno banyak melakukan naturalisasi atau mengambil alih segala aset yang dimiliki oleh penjajah Belanda menjadi aset milik Indonesia, salah satunya adalah Hamente Waterleiding Makassar yang diubah nama menjadi PDAM Kota Makassar.

Setelah mengetahui sejarah singkatnya di atas, mari kita langsung masuk ke pembahasan utama yaitu cara cek dan bayar tagihan PDAM Kota Makassar di bawah ini

Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Makassar Juli 2021

1. Cek Tagihan PDAM Makassar Online

1. Cek Tagihan PDAM Makassar Online
antaranews.com

Cek tagihan PDAM Makassar bisa dilakukan dengan langsung mengunjungi website resmi PDAM Kota Makassar, berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Kunjungi website http://pdamkotamakassar.co.id/info-tagihan
  • Kemudian Sedulur akan diminta untuk memasukkan nomor sambung dan nama pelanggan
  • Klik cek info PDAM Kota Makassar hari ini
  • Tunggu beberapa saat, akan muncul kode PDAM Makassar milik Sedulur beserta tarif air PDAM Makassar yang harus di bayar

2. Mendatangi Langsung Kantor PDAM Kota Makassar

2. Mendatangi Langsung Kantor PDAM Kota Makassar
lapan6online.com

Bagi Sedulur yang kesulitan mendapatkan akses online, Sedulur juga bisa langsung mendatangi kantor PDAM Kota Makassar untuk mengetahui tagihan yang harus dibayar bulan Juli ini. Kantor PDAM Kota Makassar beralamat di Jalan Prof. Abdurahman Basalamah No. 3, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

Namun, di masa pandemi Covid-19 saat ini banyak kantor pemerintah yang memberlakukan kerja di rumah atau work form home. Dan Sedulur pun akan diarahkan kembali melakukan cek tagihan dan pembayaran secara online.

Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Pelanggan PDAM yang Hilang

3. Narahubung PDAM Kota Makassar

3. Narahubung PDAM Kota Makassar
hipwee.com

Sedulur juga bisa melakukan cek dengan menanyakan langsung kepada narahubung atau call center PDAM Makassar. PDAM Kota Makassar bisa dihubungi ke nomor (0411) 444717. Sedulur juga bisa melakukan pengaduan pelayanan dengan menghubungi nomor resmi PDAM Kota Makassar tersebut. Pelayanan bisa Sedulur lakukan di jam kerja dan di luar jam kerja, bergantung dengan keluhan terkait pelayanan PDAM yang Sedulur alami.

4. Kendala Umum Berkaitan Tagihan PDAM

4. Kendala Umum Berkaitan Tagihan PDAM
kompas.com

Sebagai informasi, Sedulur sebagai pelanggan PDAM juga wajib mengetahui apa saja kendala-kendala yang biasa dihadapi saat proses pembayaran tagihan PDAM. Berikut ini terdapat dua kendala yang umum dialami oleh masyarakat pelanggan PDAM;

  • Pembayaran berhasil dilakukan, tetapi nomor tagihan PDAM masih muncul seakan kita belum melakukan pembayaran. Permasalahan ini umum terjadi, namun jika Sedulur telah membayar dan terus muncul tagihan, Sedulur bisa mengabaikan tagihannya. Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti pembayaran, karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan, bukti pembayaran bisa digunakan sebagai alat bukti.
  • Ketika hendak melakukan pembayaran pun, biasanya ID pelanggan PDAM yang kita miliki tidak ditemui. Hal ini wajar belaka, kesalahan sistem selalu terjadi pada tingkatan apapun. Jika hal ini terjadi, Sedulur bisa langsung menghubungi call center PDAM Kota Makassar.

Paling penting kita bisa melakukan pembayaran di rumah saja, tanpa harus keluar rumah.  Semoga cara cek tagihan PDAM Kota Makassar yang telah diulas di atas bisa membantu Sedulur yang membutuhkan. Khususnya yang tinggal di Kota Makassar, karena air merupakan kebutuhan dasar umat manusia yang penting dan begitu dibutuhkan.

Bagi masyarakat Makassar juga jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Klik di sini download Aplikasi Super. Pelajari secara seksama dan dengan teliti segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super, termasuk cara daftar Aplikasi Super.

Agar Sedulur masyarakat Makassar bisa mendapatkan kemudahan dan keuntungan super. Saat ini Aplikasi Super sedang memulai pelayanan di Kota Makassar, agar setiap masyarakat di Kota Makassar bisa mendapatkan keuntungan dan kemudahan dari Aplikasi Super itu sendiri.