cara menghitung tarif pdam

Sama seperti listrik, air merupakan kebutuhan utama masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang menggunakan layanan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air di rumah. Dengan menggunakan layanan PDAM, secara otomatis masyarakat dibebankan kewajiban untuk membayar tagihan di setiap bulannya. Oleh sebab itu, penting bagi Sedulur memahami cara menghitung tarif PDAM.

Kabar baiknya, pada artikel kali ini Super akan menjelaskan cara menghitung tarif PDAM yang akurat di tahun 2022 ini. Untuk melakukan cara menghitung tarif PDAM, terlebih dahulu Sedulur harus menguasai cara menghitung meteran PDAM. Lantas, bagaimana cara menghitung tarif PDAM? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, langsung disimak informasi lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Cek Nomor Pelanggan PDAM Online, Cukup dari Rumah

Sekilas tentang PDAM

Kabar24 – Bisnis.com

Sebelum mencari tahu cara menghitung tarif PDAM yang benar dan akurat, tak ada salahnya Sedulur menyimak terlebih dahulu uraian tentang PDAM. Nah, apakah Sedulur sudah tahu apa kepanjangan dari PDAM?

-->

PDAM merupakan singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. Sesuai dengan namanya, PDAM adalah perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memberikan layanan penyelenggaraan kemanfaatan di bidang air minum.

Dilansir Kompas.com, perusahaan air minum milik pemerintah ini ternyata sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Tepatnya perusahaan ini berdiri pada tahun 1920-an dengan nama Waterleiding yang kemudian pada masa penjajahan Jepang berganti nama menjadi Suido Syo.

Adapun kini PDAM berperan sebagai perusahaan daerah penyedia kebutuhan air bersih untuk masyarakat. PDAM sendiri berada di bawah pengawasan aparat eksekutif maupun legislatif daerah.

BACA JUGA: Info Lengkap Lakukan Pengaduan PDAM Surabaya

Cara menghitung tarif PDAM

Terdapat beberapa langkah yang perlu Sedulur cermati untuk menghitung tarif PDAM. Dihimpun dari berbagai sumber, langkah-langkah tersebut meliputi membaca meteran PDAM, mengenal golongan tarif PDAM, serta menghitung tarif dan kemudian melakukan pembayaran. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian lengkap tentang cara menghitung tarif PDAM yang dapat Sedulur simak.

1. Cara membaca meteran PDAM

cara menghitung tarif pdam
99

Agar dapat melakukan cara menghitung tarif PDAM, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca meteran PDAM. Karena, melalui meteran tersebut Sedulur bisa mengetahui jumlah penggunaan air setiap harinya.

Salah satu meteran air yang umum digunakan adalah meteran mekanikal. Cara membacanya sangat sederhana, Sedulur hanya perlu melihat angka meteran yang menggunakan warna hitam dan warna merah. Warna hitam menunjukan penghitungan tagihan, sedangkan warna merah merupakan alat ukur untuk menunjukan satuan liter penggunaan air.

BACA JUGA: Cara Bayar Pajak Motor Online, Praktis Bisa Dari Rumah

2. Mengenal golongan tarif PDAM

Kompas Properti

Tidak selesai dengan mengetahui cara menghitung meteran air, Sedulur juga harus mengetahui golongan tarif PDAM yang Sedulur gunkanan. Golongan tarif PDAM yang banyak digunakan adalah golongan tarif 2A3 yang diperuntukan bagi rumah tangga menengah.

Untuk penentuan tarif beban tetap air sendiri di setiap daerah, kota dan kabupaten berbeda-beda. Misalnya tarif PDAM Surabaya sebagaimana dilansir CNN Indonesia pada Oktober 2022 adalah sebagai berikut.

  • Tarif batas atas = Rp 17.202 per meter kubik
  • Tarif batas bawah atau tarif dasar = Rp 2.659 per meter kubik
  • Tarif rata-rata = Rp 3.619 per meter kubik

3. Cara menghitung tarif PDAM

cara menghitung tarif pdam
Liputan 6

Setelah mengetahui cara membaca meteran dan mengetahui golongan yang digunakan, selanjutnya adalah cara menghitungnya. Adapun cara menghitung tarif PDAM sangatlah mudah, yakni cukup membaca angka konsumsi air yang tertera di meteran dan kemudian dikalikan dengan tarif dasar yang dibebankan. Total iuran air per bulan biasanya sudah termasuk dengan biaya-biaya lain di luar pemakaian air.

Agar lebih paham, simak contoh hitungan tarif penggunaan PDAM sebagai berikut.

  • Penggunaan air satu bulan : 20 m3
  • Biaya Beban Tetap Air : Rp. 7.450
  • Biaya Pemakaian Air : 20 x Rp 7.450 = Rp 149.000
  • Biaya Pemeliharaan Meter : Rp 4.400 (penentuan harga setiap daerah berbeda-beda)
  • PPN : Rp 1.195
  • Biaya Materai : Rp 3000
  • Total Tagihan : Rp 157.595

Perhitungan tarif PDAM yang Sedulur gunakan adalah sekitar Rp. 157.595 dalam setiap bulannya. Maka setelah mengetahui jumlahnya Sedulur bisa menyiapkan uangnya dan membayarnya secara rutin setiap bulannya. Namun, jika Sedulur ragu, Sedulur juga bisa memastikan dengan cek tagihan PDAM secara online.

BACA JUGA: Promo Menarik di Aplikasi Super yang Wajib Sedulur Tahu!

4. Lakukan pembayaran

NU Online

Setelah mengetahui jumlah tagihan PDAM, kini Sedulur dapat melakukan pembayaran tagihan. Umumnya setiap pelanggan memiliki batas waktu atau jatuh tempo pembayaran. Ada baiknya Sedulur membayar tagihan secara tepat waktu sebelum batas jatuh tempo tersebut.

Adapun untuk pembayarannya, Sedulur dapat langsung mendatangi kantor PDAM terdekat. Pembayaran tagihan PDAM juga bisa dilakukan di kantor pos maupun aplikasi e-commerce yang memiliki fitur pembayaran PDAM. Tak hanya itu, kini Sedulur juga dapat membayar tagihan PDAM menggunakan Aplikasi Super.

Ingin tahu bagaimana cara membayar tagihan PDAM dengan Aplikasi Super? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

5. Cara membayar tagihan PDAM melalui Aplikasi Super

Toko kelontong modern
Aplikasi Super

Setelah mengetahui cara menghitung tagihan PDAM, Sedulur bisa langsung membayarnya dengan menggunakan Aplikasi Super. Sebab, saat ini Aplikasi Super telah menyediakan fitur untuk layanan membayar tagihan secara online, mulai dari membayar listrik, internet, hingga membayar tagihan PDAM.

Cara membayar tagihan PDAM menggunakan Aplikasi Super pun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, unduh (download) dan install Aplikasi Super di smartphone Sedulur.
  • Kemudian buka aplikasi dan lakukan pendaftaran akun dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada aplikasi.
  • Setelah selesai membuat akun, Sedulur dapat langsung mengunjungi menu “Air PDAM” yang tersedia di beranda aplikasi.
  • Selanjutnya, masukkan lokasi dan nomor pelanggan.
  • Lalu ikuti prosedur pembayarannya hingga selesai.

Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung tarif PDAM. Semoga informasi mengenai cara menghitung tarif PDAM di atas bisa membantu Sedulur untuk menghitung jumlah tagihan sendiri. Jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.