Cara Bayar & Cek Tagihan PDAM Online – Mudah, Aman, Cepat

Cara cek dan Bayar PDAM online sekarang jadi jauh lebih mudah dan praktis, bisa lewat HP dengan Aplikasi Super, dijamin tanpa ribet.

Cara bayar PDAM online dan cek tagihan PDAM online oleh sebagian masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan ada sebagian masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan PDAM untuk kebutuhan air di rumahnya.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara bayar PDAM online dan juga cara cek tagihan PDAM online yang bisa kita lakukan. Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara bayar dan cek tagihan PDAM, ada baiknya kita bahas dulu sekilas mengenai PDAM. Yuk, langsung saja kita simak.

Apa Itu PDAM?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air merupakan sumber utama kehidupan umat manusia. Tanpa air, manusia akan kesulitan menjalankan kehidupan sehari-hari. Air merupakan sumber utama manusia untuk bertahan hidup.

Namun, tidak semua masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia dalam upaya untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan air, mendirikan sebuah Lembaga khusus yang bernama PDAM.

PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan sebuah unit kerja daerah yang memiliki tugas untuk menyediakan air bersih dan air minum bagi masyarakat di setiap daerah. Dengan harapan setiap masyarakat bisa mendapatkan akses air yang sama rata.

Tidak serta merta berdiri begitu saja, PDAM juga memiliki sejarah perjalanannya sendiri. Yuk, mari kita simak bagaimana sejarah berdirinya PDAM.

Sejarah Berdirinya PDAM

Sejarah Berdirinya PDAM

Pada awal tahun 70an, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan, terutama pembangunan sarana dan prasarana air bersih. Pembangunan system penyediaan air bersih merupakan salah satu fokus pembangunan.

Pada tahun 80an hingga 90an, PDAM dibentuk untuk menyediakan air bersih dan didistribusikan kepada setiap rumah masyarakat agar dapat memiliki air bersih yang siap pakai. Terlepas dari segala kesulitan dan tantangan yang dihadapi, PDAM hingga saat ini telah menyediakan air bersih yang siap pakai bagi masyarakat.

Layanan PDAM

Layanan PDAM

Layanan PDAM memiliki keunggulan yang bisa kita rasakan, salah satunya adalah kualitas air bersih yang disediakan. PDAM menentukan standar kualitas air yang dialirkan kepada masyarakat. Tidak serta merta begitu saja dialirkan, namun kualitas air pun diperhatikan.

Oleh karena itu, menggunakan layanan PDAM tentu saja berbeda dengan menggunakan layanan air lainnya atau menggali air sendiri. Hal tersebut dikarenakan PDAM telah menjamin kualitas air yang dialirkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat HP – Mudah Ga Ribet!

Cara Berlangganan PDAM

Cara Berlangganan PDAM

Kita sebagai masyarakat bisa dengan mudah untuk menggunakan layanan PDAM, kita hanya perlu menyediakan KTP dan fotokopinya sebanyak dua lembar dan langsung dating ke kantor PDAM yang ada di daerah kita.

Sampaikan maksud kita untuk mendaftarkan diri ingin berlangganan PDAM. Kita akan diberikan formulir pendaftaran untuk diisi. Setelah itu, tunggu beberapa saat karena aka nada petugas PDAM yang berkunjung ke rumah kita untuk melakukan survey dan pemasangan saluran air.

Selanjutnya kita tinggal menikmati layanan air bersih dengan kualitas tinggi dari PDAM di rumah kita. Namun jika kita ingin berhenti berlangganan, terdapat beberapa prosedur juga yang harus kita tempuh.

Cara Berhenti Berlangganan PDAM

Cara Berhenti Berlangganan PDAM

Sama seperti saat kita mendaftar di PDAM, untuk berhenti berlangganan kita juga harus mengunjungi kantor layanan PDAM dan menyampaikan maksud kita untuk berhenti berlangganan. Kita akan diminta kartu identitas kita oleh petugas PDAM.

Seperti KTP, bukti pembayaran rekening PDAM dan juga surat pernyataan untuk berhenti berlangganan. Permohonan untuk berhenti berlangganan akan kita dapatkan setelah proses yang kita tempuh selesai.

Fakta Seputaran Tagihan PDAM

Fakta Seputaran Tagihan PDAM

Sebelum masuk ke pembahasan cara bayar PDAM online dan juga cara cek tagihan PDAM online, berikut terdapat beberapa fakta seputar PDAM yang perlu kita ketahui. Pertama perihal waktu pembayaran, kita bisa melakukan pembayaran kapan saja kecuali hari libur nasional.

Kedua, terdapat beberapa fakta yang menyebabkan tagihan PDAM kita bisa membengkat, pertama biasanya diakibatkan kebocoran pipa saluran air, kedua pemakaian air yang berlebihan, ketiga kita mendapatkan kecurangan dari beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Segera laporkan jika tagihan PDAM kita membengkak.

Baca Juga: Kini Bayar BPJS Bisa Lewat Aplikasi Super!

Berbagai Daftar Cara Bayar PDAM Online

Cara Bayar PDAM Online

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membayar tagihan PDAM. Bisa melalui aplikasi cek tagihan PDAM, atau juga bisa cek tagihan online, termasuk bayar PDAM lewat HP dan bayar PDAM online secara langsung. Yuk simak cara bayar PDAM online yang bisa kita lakukan.

1. Cara Bayar PDAM Online

Cara Bayar PDAM Online

Kecanggihan teknologi saat ini telah membuat kita bisa membayar PDAM secara online. Banyak layanan e-commerce yang bisa kita gunakan untuk membayar PDAM, salah satunya Aplikasi Super, selain bisa belanja dengan mudah kita juga bisa bayar PDAM di Aplikasi Super.

2. Cek Tagihan PDAM Melalui SMS

Cek Tagihan PDAM Melalui SMS

Jika kita belum bisa melakukan bayar online, kita juga bisa melakukan bayar dan cek tagihan PDAM online namun via SMS. Terdapat beberapa format yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan tagihan PDAM kita.

Ketika TAGIHAN*KODEPRODUK*IDPELANGGAN*PIN dan kirim kita ke nomor berdasarkan provider berikut ini:

  • Telkomsel : 082244823999
  • XL: 087759011112
  • Indosat: 085606527999

3. Cek Tagihan dan Bayar PDAM Ke Kantor PDAM

Cek Tagihan dan Bayar PDAM Ke Kantor PDAM

Kita juga bisa cek tagihan PDAM online dengan langsung mendatangi kantor layanan PDAM. Kita juga bisa melakukan pembayaran langsung ke kantor PDAM jika melakukan pembayaran secara online atau langsung sulit untuk dilakukan.

4. Cara Hitung Tagihan PDAM

Cara Hitung Tagihan PDAM

Sebenarnya kita bisa melakukan sendiri hitungan tagihan PDAM untuk mempersiapkan sejumlah uang sebelum melakukan pembayaran. Caranya sangat mudah, kita tinggal melihat meteran air PDAM yang terpasang, dan kita hitung langsung.

Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu langganan PDAM yang kita gunakan. Hal ini akan mempengaruhi hitungan tarif PDAM per meter kubik air yang kita gunakan. Namun, saat ini juga telah banyak situs online yang menyediakan layanan menghitung tagihan PDAM yang jauh lebih mudah dan simpel.

5. Bayar PDAM di Aplikasi Super

Bayar PDAM di Aplikasi Super

Salah satu rekomendasi untuk bayar PDAM online adalah dengan menggunakan Aplikasi Super. Selain mudah, kita juga bisa melakukan pembayaran hanya melalui smartphone. Tanpa harus pergi ke luar hanya untuk membayar PDAM.

Selain itu juga Aplikasi Super yang merupakan platform digital yang berbasis sembako, setelah bayar PDAM kita bisa langsung belanja kebutuhan sembako di rumah. Banyak barang yang tersedia beserta dengan berbagai kategorinya.

Selain itu, barang yang disediakan pun sudah pasti memiliki harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang sangat baik. Segera kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini. Dan juga jangan lupa download Aplikasi Super sekarang juga bagi yang belum memiliki Aplikasi Super.