Belakangan ini, desain ruang tamu simple elegan sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Ya, hal ini tentu berkaitan erat dengan desain rumah minimalis yang sedang naik daun. Jadi setiap ruangan di dalamnya termasuk ruang tamu, akan mengikuti desain utama rumah yang dibangun.

Seperti yang kita tahu, ruang tamu menjadi hal pertama yang harus diperhatikan saat membangun rumah. Bagaimana tidak, ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah, pastinya Sedulur akan menjamu mereka di ruang tamu.

Dengan begini, Sedulur harus membuatnya menjadi senyaman mungkin meskipun ukurannya kecil. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi desain ruang tamu minimalis elegan, mungkin bisa melihat daftar yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Sofa Minimalis Terbaik, Cocok untuk di Rumah

1. Nuansa biru pastel yang menenangkan

Instagram/@amaliahfaozi_11zon

Apa Sedulur tahu dengan menggunakan warna yang terang, akan membuat desain ruang tamu minimalis mewah di rumahmu terlihat lebih luas lagi? Coba gunakanlah sofa berwarna biru pastel untuk mendapatkan kesan yang tenang dan juga damai.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa menambahkan karpet dengan warna yang senada agar menambah tingkat kenyamanannya. Kemudian, cobalah untuk mengaplikasikan cat dinding berwarna putih supaya ruangan terlihat bersih.

Tambahkan juga aksesoris berwarna putih dengan sedikit aksen kayu, maka suasana di dalam ruangan akan terasa lebih hangat.

2. Nuansa hijau yang memberi kesan alami

Rukita

Bagi Sedulur yang suka dengan warna hijau, maka desain ruang tamu yang satu ini bisa dicoba. Nah, Sedulur bisa mengecat beberapa bagian dinding ruang tamu dengan warna hijau pastel yang terasa tenang. Selain itu, gunakan juga sofa berwarna netral seperti putih, abu-abu, atau bisa juga krem.

Untuk menambahkan sedikit keramaian dalam ruangan, letakkan juga beberapa bantal sofa yang bermotif. Jangan lupa untuk menambahkan juga beberapa hiasan atau aksesoris dengan tema yang alami atau natural untuk mempermanis.

Dengan begitu, pasti ruang tamu di rumah Sedulur akan jauh lebih segar, nyaman, dan juga terasa lebih luas dari sebelumnya.

3. Nuansa coklat dengan tambahan kursi bulat juga sangat nyaman

Instagram/@desi_surya321_11zon

Ruang tamu minimalis modern yang bisa memberi kesan hangat, tentu saja akan membuat siapa saja yang ada di dalamnya merasa nyaman. Nah, warna coklat bisa Sedulur gunakan untuk sofa dan juga beberapa perabotan lainnya di ruang tamu tersebut.

Sedulur juga bisa menambahkan dekorasi atau tanaman hias di beberapa sudut ruang tamu yang dimiliki. Selain itu, tambahkan pula kursi bulat minimalis agar tampilan ruang tamu terlihat lebih cantik lagi. Kursi bulat tersebut juga dinilai mampu memberi lebih banyak tempat duduk ketika tamu Sedulur cukup banyak.

4. Nuansa ochre yang terang dan berenergi

Instagram/@deko.moden

Bisa dibilang ochre merupakan warna yang berenergi. Jadi, gunakanlah warna yang satu ini jika Sedulur ingin menciptakan suasana yang semangat dalam ruang tamu. Meskipun begitu, Sedulur juga harus mempertimbangkan aspek-aspek yang ada di dalamnya.

Nah, Sedulur dapat memilih sofa serta gorden dengan warna ochre ini. Untuk mengimbangi ornamen-ornamen yang ada, tambahkan juga beberapa bantal yang empuk dengan warna yang netral, seperti abu-abu, krem, atau putih.

Setelah itu, tambahkan pula hiasan seperti tanaman hias di bagian sudut ruangan serta bingkai foto pada dindingnya. Dengan suasana seperti ini, maka kegiatan bincang-bincang bersama tamu pasti akan terasa jauh lebih seru.

5. Serba pink yang super lucu

desain ruang tamu minimalis
Instagram/@erghenamustika_11zon

Siapa nih yang suka dengan warna-warna “unyu” seperti pink? Ya, warna yang satu ini seringkali menjadi pilihan favorit, khususnya bagi para perempuan. Tentu saja, warna pink dinilai mampu menunjukkan sisi feminim dan juga terkesan imut.

Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan berbagai perabotan dengan warna pink dengan aksen gold serta pencahayaan yang hangat. Ruang tamu feminim ini pasti bisa membuat kumpul bersama teman-teman terasa lebih hangat.

6. Nuansa kuning yang menyegarkan

Instagram@enji_monica

Pastinya Sedulur sepakat jika kuning adalah warna yang cerah dan juga menyegarkan, layaknya matahari pagi kan? Nah, Sedulur bisa mencoba nuansa kuning tersebut di ruang tamu minimalis rumah yang dimiliki. Jangan luap gunakan gorden, sofa, dan juga rak dengan warna kuning senada, ya.

Kemudian tambahkan beberapa bantal empuk bermotif di bagian sofa. Karena desainnya yang unik, jam dinding raksasa yang ditempelkan di bagian dinding juga akan menambah tingkat estetika ruang tamu Sedulur.

Tidak hanya ceria dan semangat saja, dengan ini maka ruang tamu Sedulur pasti lebih hangat dan nyaman saat digunakan untuk berbagai aktivitas.

7. Kombinasi putih dan krim memang tidak pernah mengecewakan

desain ruang tamu minimalis
Instagram/@evita_laz_11zon

Desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 yang terbentuk dari kombinasi warna putih dan krim ini, dijamin akan membuatnya tampak lebih bersih dan luas, loh. Untuk mendukung kesan tersebut, Sedulur bisa juga menggunakan perabotan yang berwarna serba putih dan krim.

Selain itu, tambahkan pula sedikit aksen kayu dan juga tanaman hias untuk memunculkan kesan natural. Dengan desain dan tatanan seperti ini, dijamin tamu Sedulur pasti akan betah berlama-lama mengunjungi rumah.

8. Tema rustic dengan aksen merah muda

Ruparupa

Banyak yang mengatakan jika tema rustic juga mampu memberikan kesan aesthetic sekaligus nyaman bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Jadi tidak heran jika tema yang satu ini sedang cukup populer beberapa waktu belakangan.

Ya, Sedulur bisa menerapkan tema rustic tersebut di bagian ruang tamu rumah dengan menambahkan sedikit aksen warna merah muda. Kemudian untuk mempercantik ruang tamu, Sedulur juga bisa menambahkan beberapa hiasan dinding atau ornamen yang unik.

9. Kursi rotan dan selendang dapat menambah kenyamanan dan estetika

desain ruang tamu minimalis
Instagram@ist_tie_11zon

Apa Sedulur mempunyai beberapa selendang yang sudah tidak terpakai lagi? Letakkan saja di bagian sofa ruang tamu Sedulur. Nah, untuk memperbanyak tempat duduk di dalam ruang tamu tersebut, gunakan juga kursi yang terbuat dari bahan rotan.

Selain itu, Sedulur bisa menambahkan beberapa tanaman hias dan juga bingkai foto abstrak di dinding ruangan. Jadi tidak hanya natural saja, namun ruang tamu juga akan terasa lebih estetik dan membuat obrolan di ruang tamu terasa jauh lebih nyaman.

10. Ruang sempit tetap terlihat luas dengan konsep open space

Instagram/@ga.apato

Desain rumah jaman sekarang memang banyak yang berukuran kecil, sehingga kita harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ruang yang ada. Nah, untuk desain ruang tamu minimalis ukuran 3×4, maka Sedulur bisa menggunakan konsep open space.

Konsep open space dalam hal ini, yakni dengan menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang makan di dalam rumahmu tanpa adanya sekat apapun. Hal ini tentu saja akan membuat ruang tamu di rumah Sedulur terasa lebih luas, meskipun ukuran rumahnya cukup sempit.

Namun tidak hanya sampai disitu saja, jangan lupa gunakan perabot seperti sofa, meja makan, dan kursi makan dengan desain minimalis ya, untuk mendukung konsep open space tersebut.

11. Cermin bulat dan rak-rak dapat mempercantik ruang tamu kamu

desain ruang tamu minimalis
Instagram/@novita_ken_suwarno_11zon

Sedulur bisa membuat ruang tamu terasa lebih enak untuk dipandang dengan menambahkan rak, loh. Tidak hanya enak dilihat saja, namun rak-rak tersebut juga bisa membantu ruang tamu Sedulur terlihat lebih rapi dan juga tertata.

Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan cermin bulan yang unik dan bisa menjadi pemantul cahaya di dalam ruang tamu kamu. Ya, jika dibandingkan dengan konsep yang sebelumnya, konsep yang satu ini memang lebih “penuh”.

Namun meskipun begitu, dijamin ruang tamu Sedulur akan terasa benar-benar nyaman digunakan untuk mengobrol dengan teman-teman.

12. Tema bohemian dengan aksen tanaman sangat cozy

Instagram/@ga.apato

Bagi orang-orang yang suka dengan hal-hal yang berbau estetik, tema bohemian juga sering menjadi pilihan yang paling tepat. Dalam hal ini, Sedulur bisa menggunakan berbagai perabotan yang dibuat dari rotan, yang menunjukkan sisi naturalisme dalam ruangan.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa memilih barang-barang dengan warna netral, seperti putih, abu-abu, atau cokelat juga boleh, kok. Tentu saja, ruang tamu Sedulur akan terasa menjadi lebih nyaman dengan tema seperti ini.

Menariknya, Sedulur tidak membutuhkan ukuran ruangan yang luas untuk mewujudkan tema bohemian tersebut.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Meja TV Minimalis Agar Hunian Tambah Indah

13. Warna netral dengan aksen kayu untuk mempermanis

Instagram/@puputfakih_home_11zon

Pemilihan warna-warna netral memang kerap menjadi pilihan yang tepat untuk memunculkan kesan nyaman dalam sebuah ruangan, termasuk juga dengan ruang tamu. Selain nyaman, warna netral juga dinilai mampu memberikan rasa nyaman bagi orang-orang yang ada di dalamnya.

Namun tidak hanya sebatas penggunaan warna netral saja, Sedulur juga perlu menambahkan aksen kayu pada dekorasi ruang tamu dan juga beri beberapa lampu cantik di bagian sudutnya. Ornamen-ornamen tersebut, tentu saja akan mempermanis konsep minimalis yang diusung.

Sebenarnya untuk pemilihan warna ornamen, Sedulur bisa menyesuaikan dengan keinginan sendiri. Namun disarankan untuk menggunakan warna yang agak terang.

14. Kolase foto dan rak dinding membuat terlihat nyaman

Instagram/@puandinaphia

Memajang beberapa kolase foto dan juga menggunakan rak dinding di ruang tamu Sedulur bisa membuat ruangan tersebut jauh terasa lebih hangat dan nyaman, lho. Tidak hanya itu, coba gunakan pula perabotan dengan warna yang netral di bagian ruang tamu supaya lebih enak dipandang oleh para tamu.

Nah, untuk konsep yang satu ini, Sedulur bisa memilih rak minimalis dan mengisinya dengan beberapa ornamen yang simpel seperti vas bunga kecil. Kemudian untuk kolase fotonya, Sedulur dapat mengisinya dengan foto-foto Sedulur bersama keluarga.

Jadi selain memberikan kenyamanan bagi para tamu, hal ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menunjukkan keharmonisan dalam rumah tangga Sedulur.

15. Nuansa down to earth dengan sekat putih dan daun rambat

Instagram/@rumah.nella_11zon

Untuk saat ini, konsep “down to earth” nampaknya juga cukup populer di dunia interior. Sedulur bisa mengaplikasikan konsep tersebut di ruang tamu rumah, lho. Untuk bisa memisahkan antara ruang tamu dengan ruang di rumah yang lain, Sedulur dapat menggunakan sekat minimalis yang berwarna putih.

Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan tanaman rambat di bagian sekat tersebut untuk menambah tingkat estetikanya. Kemudian untuk pemilihan warna, cobalah untuk menggunakan warna putih pada dinding, agar terkesan bersih.

Lalu untuk sofa, Sedulur dapat menggunakan sofa yang berwarna cokelat muda. Pemilihan warna ini akan membuat ruang tamu terasa lebih nyaman.

16. Kursi dengan motif kain perca tambal ternyata sangat aesthetic

Instagram/@ruangtamumungil

Mungkin Sedulur tidak akan menyangka jika kain perca sisaan bila di sulam secara bersamaan bisa menjadi kursi yang sangat menarik dan juga aesthetic. Nah, Sedulur bisa coba menerapkannya di dalam ruang tamu rumah, lho.

Padukan sulaman kain perca tersebut dengan sofa dan juga perabotan yang berwarna netral. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan beberapa hiasan yang lainnya agar tampilannya terlihat jauh lebih cantik lagi dari sebelumnya.

17. Tanaman di beberapa sudut akan sangat menyegarkan

Instagram/@rumahazkaa_11zon

Untuk yang berikutnya ini, Sedulur bisa coba menggunakan perabotan berwarna krem dan juga mengkombinasikannya dengan tanaman hias di beberapa sudut ruang tamu tersebut. Jangan lupa gunakanlah tanaman rambat di bagian dinding ruangan untuk menambah kesan kesegarannya.

Walaupun terkesan mudah dan sederhana, namun Sedulur tidak bisa sembarang dalam memilih warna dinding, lho. Nah, agar terkesan tetap cantik dan nyaman, Sedulur bisa menerapkan cat berwarna putih bersih.

Kemudian Sedulur juga bisa menambahkan kursi rotan di satu sudut ruangan untuk menambah kesan estetik yang dimiliki. Penambahan karpet halus juga bisa Sedulur lakukan, agar kegiatan bercengkrama dengan teman atau tamu terasa lebih nyaman dan hangat.

18. Ruang tamu ala Korea

Instagram/@rumah_yuriko

Sudah pasti tren Korea telah menjamur di berbagai negara di dunia, termasuk juga di Indonesia. Selain drama dan juga kulinernya, interior ala Korea juga menjadi pilihan favorit untuk saat ini. Nah, Sedulur bisa mengaplikasikannya di dalam ruang tamu rumahmu juga, lho.

Hal ini bisa dilakukan dengan memilih perabotan berwarna putih, krem maupun coklat muda. Setelah itu, gunakan juga perabotan yang terkesan sederhana atau simpel. Yang paling penting, ruangan jangan sampai terlihat terlalu ramai.

Ya, seperti saat Sedulur menonton drama atau film-film Korea, kebanyakan ruang tamu mereka menggunakan konsep minimalis, sederhana, dan juga elegan.

19. Nuansa oranye yang segar sekaligus hangat

Instagram/@rumamusyen_11zon

Perlu untuk diketahui, warna lainnya yang akan membuat ruang tamu Sedulur terasa segar adalah oranye. Dengan mengkombinasikan warna oranye dan perabotan ruang tamu yang simpel, maka akan mendapatkan kesan yang hangat dan juga nyaman bagi tamu yang datang.

Namun warna oranye dalam hal ini bukan untuk cat dindingnya, lho. Melainkan untuk aspek-aspek kecil, seperti bantal kursi misalnya. Jadi walaupun menggunakan warna yang sifatnya “ngejreng”, ruang tamu akan terlihat simpel.

Tidak hanya sampai disitu saja, Sedulur juga bisa menambahkan dekorasi berupa bunga cantik di bagian meja ruang tamu. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman hias di beberapa sudut ruangan, agar terasa lebih natural.

20. Meja bulat extension dan kerajinan eceng gondok yang unik

Ruparupa

Apa Sedulur ingin lebih menghemat tempat? Maka Sedulur bisa menggunakan meja ruang tamu yang mempunyai extension, sehingga jika ada banyak barang yang ingin diletakkan di atas atau dalam meja, maka Sedulur hanya perlu menggeser meja extensionnya saja untuk memperlebarkannya.

Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan beberapa dekorasi berupa eceng gondok yang unik agar ruang tamu tampak lebih cantik. Dengan ini, tentu saja tamu Sedulur akan semakin betah ngobrol dan berbincang di rumah.

21. Ruang tamu bernuansa cool tone

Rumah unik

Seperti gambar ruang tamu minimalis di atas, warna cool tone sangat cocok untuk desain ruang tamu minimalis yang elegan. Hal ini karena warna tersebut memang identik dengan desain yang elegan, bahkan seringkali dipandang sebagai warna yang mewah dan glamor.

Pada gambar di atas, ruangan tersebut berhasil terlihat mewah berkat permainan dari tekstur pada bagian interior. Ya, karpet bulu, sofa velvet, dan juga kehadiran gorden tebal, membuat ruang tamu tampak berisi dan juga tidak membosankan.

Belum lagi adanya percikan warna biru muda dan pink untuk bantal sofa yang turut menghidupkan udaran di dalam ruangan. Sangat cantik, bukan?

22. Sederhana tetapi modern

Ruparupa

Desain ruang tamu minimalis yang berikutnya ini, mengusung konsep yang cukup unik dan sederhana. Meskipun begitu, interiornya juga tetap terlihat cantik berkat adanya penataan ruang yang cerdas dan juga terampil.

Untuk bagian tengahnya dibiarkan kosong begitu saja, untuk menciptakan kesan ruang tamu yang lebih lapang. Sementara itu, warna-warna di dalam ruangan tersebut juga netral, yang mana merupakan ciri-ciri dari desain minimalis yang sering kita temui.

Setelah itu, gaya furnitur pun modern yang mengandalkan bentuk tegas serta model terbaru. Oh iya, jangan lupa gunakan karpet untuk menambah kenyamanan Sedulur dan juga tamu pada saat ngobrol santai, ya.

23. Warna krem yang santai

Theseprus

Tidak hanya menggunakan material kayu saja, namun ada juga cara lain untuk membuat ruang tamu di rumah Sedulur agar tampak hangat serta nyaman, lho. Nah, jadi caranya adalah dengan mengkombinasikan antara warna-warna earth tone dalam ruangan.

Nah, salah satu warna yang mampu menggambarkan nuansa yang hangat adalah beige atau krem. Warnanya yang bersifat netral, tentu saja akan membuatnya mudah untuk dikombinasikan dengan warna terang maupun warna yang gelap.

Selain itu, Sedulur juga dapat mengisi seluruh ruangan dengan warna ini, tanpa membuatnya terlihat seperti sesak, sempit, atau membosankan.

24. Desain skandinavia yang viral

Interior Design

Saat berbicara tentang desain ruang tamu minimalis, nampaknya kurang lengkap jika kita tidak memasukkan desain skandinavia yang baru-baru ini banyak diperbincangkan. Ya, memang nuansa elegan juga bisa Sedulur dapatkan dari desain Skandinavia.

Desain tersebut akan terasa sangat cocok untuk ruang tamu yang berukuran luas maupun sempit, tergantung dari cara Sedulur dalam menghias ruangan. Oleh karena itu, gunakanlah furnitur berbahan kayu supaya konsep skandinavia semakin terasa lebih nyata.

Namun yang paling penting, tetaplah gunakan warna-warna yang netral agar nuansa nyaman dan sejuk tetap bisa tercipta di dalam ruangan.

25. Ruang tamu elegan dan terbuka

Grid

Nah, untuk rekomendasi yang terakhir, ada desain ruang tamu yang elegan dan terbuka. Desain ruang tamu minimalis, bisa menjadi lebih modern apabila dibangun dengan konsep yang terbuka. Jadi, cahaya natural dari matahari yang masuk melalui jendela, akan membawa nuansa alami ke dalam ruang tamu.

Oleh karena itu, bangunlah beberapa jendela besar di sekitar ruang tamu. Jangan lupa gunakan roller blind atau tirai tipis supaya cahaya matahari tidak tertutup saat siang hari. Untuk memunculkan kesan modern, Sedulur bisa menggunakan kombinasi warna netral terang dan gelap, seperti hitam dan putih.

BACA JUGA: 12+ Model Tiang Rumah Minimalis untuk Hunian yang Modern

Ya, mungkin hanya itu beberapa rekomendasi desain ruang tamu minimalis yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Setelah Sedulur melihat beberapa rekomendasi di atas, apa sudah menemukan desain mana yang akan digunakan?

Sebenarnya, Sedulur tidak harus mencontoh persis desain-desain di atas. Sedulur bisa melakukan beberapa penyesuaian pada warna, item, dan juga ornamen yang digunakan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!