Hantu sepertinya tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Keberadaannya dianggap mengganggu karena wujudnya yang menakutkan, tetapi tak sedikit yang justru mencarinya. Ada yang memang berniat membantu membersihkan energi negatif di satu tempat, tetapi kebanyakan hanya penasaran atau bahkan beberapa memanfaatkan mereka untuk berbagai kepentingan duniawi. Di Indonesia misalnya mereka sering dimanfaatkan untuk pesugihan hingga membalas dendam. 

Menariknya setiap daerah di Indonesia memiliki hantu khas mereka sendiri. Mungkin sedikit banyak mirip satu sama lain, tetapi punya julukan yang berbeda. Kenalan satu-satu, yuk! Berani? 

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

1. Kuntilanak 

Kastara

Siapa yang tak kenal dengan hantu kuntilanak? Namanya cukup terkenal seantero negeri dan identik dengan sosok perempuan bergaun putih lusuh dengan rambut panjang yang terurai berantakan. Disertai wajah pucatnya yang menyeramkan. Menurut pakar supranatural Sara Wijayanto, kuntilanak dapat namanya dari cara meninggalnya yang tak jauh-jauh dari kehamilan dan melahirkan. Biasanya mereka adalah perempuan yang meninggal di saat hamil dengan cara yang tidak alami, bisa karena mengakhiri hidup sendiri atau kecelakaan yang mengenaskan. 

2. Pocong

hantu seram
Obsession News

Pocong adalah manifestasi sosok manusia di waktu terakhirnya di dunia. Sesuai dengan tata cara Islam, manusia yang meninggal akan ditutup dengan sehelai kain kafan, tanpa bawaan apapun. Tanda bahwa manusia lahir tanpa membawa apa-apa dan akan pulang dalam keadaan yang sama pula. Perwujudan itu kemudian disontek atau diadopsi oleh jin dalam bentuk yang jauh lebih menyeramkan, seperti wajahnya yang hitam legam dan busuk, serta kafan yang lusuh karena sudah lama terkubur dalam tanah. 

Pocong dianggap sebagai salah hantu seram Indonesia yang paling ditakuti, bahkan jauh lebih ditakuti ketimbang petugas keamanan. Beberapa waktu lalu, sosoknya dipakai warga untuk menyamar guna mengurangi mobilitas warga selama pandemi, tetapi ada juga pihak nakal yang memanfaatkan sosok seram ini untuk melakukan operasi begal. Di Jawa Timur, muncul pula fenomena andong pocong, yaitu sebuah delman yang lewat di malam hari dan di atasnya terdapat sosok pocong. 

3. Banyu 

Aksara Kathulistiwa

Banyu adalah sosok hantu yang dipercaya masyarakat menghuni Sungai Musi di Sumatera Selatan. Keberadaannya katanya mengancam anak-anak dan orang dewasa yang menaiki perahu dan menyusuri atau melewati sungai tersebut. Ada dua versi legenda yang beredar di masyarakat. Satu tentang seorang perempuan yang nekat menceburkan diri ke Sungai Musi karena tak tahan dengan aroma Pangeran yang ia nikahi ternyata berbau amis. Satu lagi, sosok anak perempuan yang suka berenang saat air pasang dan akhirnya dikutuk orang tuanya menjadi hantu banyu. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

4. Kolong wewe

Kaskus

Kolong wewe atau oleh masyarakat Jawa dijuluki wewe gombel adalah sosok hantu perempuan bertubuh tinggi besar dengan rambut panjang yang suka menculik anak-anak. Ia bukan mitos belaka karena sudah ada beberapa kesaksian korban yang melihatnya sendiri. Biasanya anak-anak yang diculik akan diberi makanan yang tampak lezat, padahal ternyata sampah dan kotoran. Banyak orang tua yang menjadikan wewe sebagai senjata untuk segera pulang saat maghrib menjelang. Sisi baiknya, anak-anak jadi lebih tertib karena di malam hari bisa saja ada orang yang berniat buruk pada mereka. 

5. Genderuwo

hantu seram
Tirto

Genderuwo adalah sosok hantu seram banget yang sebenarnya cukup common ditemui di berbagai tempat. Tidak hanya di pepohonan rimbun, ia bisa saja ditugaskan menjaga sebuah bangunan. Ia sering diasosiasikan dengan hal-hal buruk, padahal kebanyakan tidak akan mengganggu bila manusia tidak pula mengotori atau berbuat hal buruk di satu tempat yang mereka jaga. Genderuwo memiliki penampakan seperti buto dalam mitologi Jawa dengan tubuh raksasa dan berbulu hitam lebat serta taring panjang dan mulut lebar. 

6. Sundel bolong 

hantu seram
Portal Majalengka

Mungkin saat membicarakan sundel bolong, Sedulur akan teringat pada sosok hantu yang direpresentasikan aktris Suzanna dalam film-filmnya. Sosok hantu Suzanna memang sangat ikonik dan pernah menghantui anak-anak di tahun 1980-1990-an. Merujuk Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya yang ditulis Agustiningsih dan Rostiyati, nama sundel atau sundal diambil dari istilah yang merujuk pada perempuan yang melakukan pergaulan bebas. 

Di film-film sosoknya saat masih hidup digambarkan sebagai penari ronggeng, sinden, atau model yang suka berganti-ganti pasangan. Kemudian, bolong sendiri merujuk pada luka di punggung hantu tersebut. Meski banyak versi tentang luka di punggung, sebenarnya luka busuk tersebut bisa saja berasal dari posisi jenazah yang terbaring telentang sehingga secara medis akan menimbulkan livor mortis atau terkumpulnya darah di satu tempat dan akhirnya memunculkan lebam dan luka busuk di tubuh yang posisinya dekat berada di gravitasi.   

BACA JUGA: Apa itu Kuyang: Pengertian, Sejarah, Mitos & Legendanya

7. Banaspati 

hantu seram
Intisari

Banaspati bisa dibilang salah satu hantu yang seram sekali. Bentuknya memang bola api yang tampak dari kejauhan. Namun, ia memiliki misi yang jahat. Banaspati diidentikan dengan pulung gantung di sebuah desa di Yogyakarta yang kabarnya menghasut manusia untuk mengakhiri hidup. Namun, di daerah lain sosok bola api ini dikabarkan mengincar bayi. Orang percaya bahwa banaspati adalah roh jahat yang memiliki ilmu tinggi dan wajib diwaspadai.

8. Kuyang atau palasik

hantu seram
Kompas Entertainment

Mirip dengan banaspati, kuyang dipercaya adalah sosok jahat yang memburu tumbal. Biasanya bayi yang baru lahir. Ia dilihat warga dengan wujud kepala perempuan yang terbang di malam hari dengan organ dalamnya yang masih melekat jantung dan hati. Sosok ini dikenal sebagai siluman, yaitu manusia yang mempelajari ilmu sesat untuk kepentingan pribadi. Mereka bisa mengelabui korbannya dengan mengetuk pintu dan menyamar sebagai manusia biasa. Tidak hanya di Indonesia, kuyang kabarnya juga ada di beberapa negara Asia Tenggara lain. Nama lain dari kuyang adalah palasik. 

BACA JUGA: Tomino’s Poem, Puisi Kematian Jepang yang Bikin Merinding

9. Lampor 

Digtara

Lampor tidak begitu terkenal dibanding nama-nama lain. Ia adalah sosok gaib yang berbentuk seperti keranda terbang. Dipercaya masyarakat, lampor bisa menculik penduduk dan membawanya pergi ke alam lain. Bila berhasil kembali pun, si korban akan pulang dalam keadaan linglung. Lampor sendiri sudah pernah difilmkan oleh sineas Guntur Soeharjanto pada 2019 lalu. Ia terinspirasi oleh kepercayaan warga Temanggung, tempatnya pernah tinggal. 

10. Leak 

hantu seram
GNFI

Leak adalah hantu seram asli Bali yang wujudnya sering kita lihat dalam bentuk topeng bermata besar, bergigi taring dengan lidah panjang yang menjulur. Mengutip jurnal Atmadja dkk. dalam Jurnal Komunitas Universitas Negeri Semarang leak adalah sosok yang dipercaya warga Bali sebagai manusia yang mempelajari ilmu durgaisme hingga memungkinkannya mengubah bentuk menjadi binatang dan wujud menyeramkan leak.

Dalam kepercayaan masyarakat Bali, penganutnya kebanyakan perempuan. Ini mengamini sistem patriarki di Bali yang menganggap perempuan lebih lemah dan mengganggu tatanan. Namun, ada pula yang menganggap leak ada sebagai representasi keinginan perempuan untuk bebas dari tekanan sosial yang memojokkan mereka. 

Tak kalah dengan hantu seram Jepang dan Thailand, hantu Indonesia juga punya bentuk yang sangat beragam dan latar belakang dan sejarah cerita yang mencengangkan. Namun, ada pula nih yang menyoroti sosok hantu di tanah air yang kebanyakan berwujud perempuan yang membalas dendam atau mempelajari ilmu tertentu guna kepentingan pribadinya. Dengan backstory yang tragis dan menunjukkan betapa kuatnya sistem patriarki di negara ini. Bagaimana menurutmu, Sedulur?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!