Setiap daerah di Indonesia punya cerita mitos tentang hal-hal mistis. Termasuk salah satunya adalah Pulau Kalimantan. Kalimantan terkenal akan mitos hantu kuyang, lantas apa itu hantu kuyang? Hantu kuyang artinya hantu yang diwujudkan dalam bentuk kepala manusia dan terbang dengan organ dalamnya saja.

Dalam mitosnya, kuyang merupakan nama hantu sangat melegenda di Pulau Kalimantan. Biasanya mereka berwujud wanita. Apabila kuyang terbang saat malam hari, maka biasanya sering diiringi dengan cahaya merah atau api kecil lalu mengikutinya.

Masih penasaran dengan apa itu kuyang, yuk simak penjelasan sejarah kuyang asli dan mitos kuyang makan bayi.

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

Sejarah kuyang

apa itu kuyang
Kumparan

Kalimantan tak hanya terkenal akan Suku Dayak dan rumah adatnya saja. Sebab, di Kalimantan terkenal akan mitos hantu kuyang. Dalam mitosnya makhluk ini kerap menampakan diri dengan cara terbang ke sana kemari dengan perwujudan kepala dan organ dalamnya saja. Hantu kuyang Kalimantan diwujudkan sebagai sosok seorang wanita.

Saat siang hari kuyang sulit dikenali, sebab di waktu ini membaur dengan lingkungan. Sementara saat malam hari, kuyang Dayak bergentayangan dan membawa kepala serta organ dalamnnya saja. Dalam mitosnya, kuyang suka menghisap darah bekas dari ibu yang melahirkan.

Wujud dari wajah kuyang pun terbilang sangat menyeramkan. Sebab mempunyai dua taring pada bagian kiri dan kanan mulutnya. Di saat-saat tertentu, hantu terkenal di Kalimantan ini kerap berubah menjadi makhluk hidup seperti burung atau kucing.

Namun ada fakta lain dengan munculnya kuyang. Di mana kuyang asli ini sebenarnya merupakan manusia yang sedang menuntut ajaran ilmu hitam. Demi mencapai kehidupan abadi dan awet muda, maka sampai akhirnya orang tersebut berubah wujud menjadi kuyang dan sampai sekarang meneror wanita yang baru saja hamil.

Banyak orang di Kalimantan beranggapan bahwa hadirnya kuyang bisa menjadi simbol bahwa ada seseorang sedang melakukan ilmu hitam. Di Kalimantan mitosnya juga muncul sebuah minyak bernama miyak kuyang.  Minyak kuyang merupakan salah satu minyak paling banyak dicari orang. Mitosnya minyak ini berguna untuk ilmu kebal, tahan terhadap tebasan benda tajam, peluru bahkan pemiliknya bisa menghilang dengan cepat.

Selain di Kalimantan, di daerah lain seperti di Minangkabau, Sumatra Barat juga dikenal dengan nama Palasik. Palasik hampir sama dengan Kuyang, di mana mereka adalah hantu dengan kepala melayang dan tanpa badan. Palasik ini diketahui merupakan seorang perempuan yang mempelajari ilmu hitam dan kerap menghisap darah bayi.

Kuyang makan bayi

apa itu kuyang
kumparan

Fakta mengerikan datang di mana sebelumnya sempat heboh di media jika kuyang makan ari-ari bayi. Video mengerikan kuyang makan bayi pernah dipublikasikan oleh media ternama di Indonesia yaitu Liputan 6. Dalam video tersebut, kuyang di Kalimantan ditangkap tepatnya di daerah Balikpapan, oleh masyarakat pada tanggal 24 September 2018.  Banyak mitos beredar jika kuyang terbang pada malam hari dan mencoba mencari darah wanita setelah melahirkan atau ari-ari bayi.  

Kuyang Dayak diceritakan sering mendatangi seorang perempuan hamil besar dan kemudian mengusap perutnya. Dalam cerita orang Banjar, kuyang dicirikan sebagai perempuan dengan rambut panjang. Lalu saat berjalan di waktu malam hari kerap menutupi segala bekas guratan di leher. Hal ini dilakukan agar tidak merasa kepanasan dan terhindar dari sengatan matahari.

Orang Banjar percaya bahwa kuyang sangat takut dengan keberadaan bumbu-bumbu dapur. Seperti bawang merah, khususnya pada bawang merah tunggal. Bahkan makhluk jadi-jadian ini, diketahui sangat takut dengan benda tajam. Seperti pisau, sisir hingga cermin.

BACA JUGA: Tomino’s Poem, Puisi Kematian Jepang yang Bikin Merinding

Cara menangkal kuyang

apa itu kuyang
Selasar

Meski sudah menjadi mitos di masyarakat Kalimantan, bukan berarti kuyang tak bisa diusir atau dimusnahkan. Orang di Kalimantan kerap menggunakan beberapa peralatan dapur guna mengusir makhluk penghisap darah ini. Mulai dari penggunaan sisir, cermin, bawang merah, dan bawang putih hingga sapu lidi. Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah berdoa.

Demikian ulasan mengenai makhluk legendari asal Kalimantan bernama kuyang. Semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan pengetahuan kita akan mitos dan legenda yang masih berkembang di setiap masyarakat di Indonesia.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.