the crowned clown

The Crowned Clown adalah salah satu drama Korea yang ceritanya cukup underrated. Ia tayang di tvN pada 2019 lalu sepanjang 16 episode. Rating-nya tidak seberapa buruk, bahkan tergolong baik dengan rata-rata 8% di setiap penayangannya. 

Sedulur sudah pernah nonton belum? Kalau ketinggalan, coba baca beberapa fakta menariknya di bawah. Siapa tahu jadi tergiur buat menamatkan belasan episodenya secara maraton. Baca dulu sembari siapkan camilan.

BACA JUGA: Hope, Kisah Pilu Korban Kekerasan Seksual pada Anak Kecil

Alur cerita 

the crowned clown sinopsis
Soompi

The Crowned Clown sinopsis dimulai pada masa dinasti Joseon, jauh sebelum Korea menjadi negara republik seperti sekarang. Saat itu, Jepang juga belum datang untuk menjajah. Tinggalah seorang pemuda yang dibesarkan oleh sekelompok orang yang berprofesi sebagai badut jalanan.

Ia kemudian diminta oleh Kerajaan untuk menggantikan sang putra mahkota yang terancam dibunuh. Ini karena sang pemuda bernama Ha Sun memang memiliki kemiripan dengan sang Raja Lee Hun. Namun, saat melakoni tugasnya menyamar sebagai sosok Raja,  Ha Sun justru jatuh cinta pada sang Ratu Yoo So Woon. Kisah kemudian berkutat untuk mencari jawaban apakah Ha Sun dan So Woon akan bersatu? 

Para pemain 

the crowned clown pemain
Soompi

The Crowned Clown pemain didominasi wajah-wajah yang cukup familiar. Ada Yeo Jin Goo sebagai Lee Hun dan Ha Sun sekaligus serta sang Ratu yang diperankan Lee Se Young. Yeo Jin Goo adalah aktor kelahiran 1997 yang suda berkiprah di dunia hiburan sejak kanak-kanak. Perannya sebagai aktor dewasa dimulai saat ia membintangi Orange Marmalade.

Jin Goo pernah membintangi The Moon Embracing The Sun dan The Royal Gambler. Setelah perannya di series ini, kariernya makin menanjak. Ia terlibat dalam Hotel Del Luna, Start Up, dan Beyond Evil yang kesemuanya hits di Korea Selatan dan Asia Tenggara.

Sementara Lee Se Young adalah aktris kelahiran 1992 yang pernah tampil di Plus Nine Boys, Vampire Detective dan A Korean Odyssey. Setelah The Crowned Clown, sang aktris terlibat dalam proyek lain seperti The Memorist ,Doctor John, dan The Red Sleeve. Selain keduanya, ada nama tenar lain seperti Kim Sang Kyung (Racket Boys, Memories of Murder) dan Jang Gwang (Silenced, Sinkhole, Melancholia)

BACA JUGA: Sinopsis Kill It, Kisah Pembunuh Bayaran & Detektif Handal

Penghargaan yang didapat 

award
VIU

Meski gaungnya tak sesanter serial yang tayang secara global di platform macam Netflix, performa Yeo Jin Goo, Kim Sang Kyung, dan Lee Se Young berhasil memukau para kritikus dan penonton. Mereka mendapatkan nominasi di Baeksang Arts Awards dan Korea Drama Awards. Hanya Se Young yang berhasil merebut piala di Korea Drama Awards dalam kategori Aktris Terbaik. Walau begitu, kerja keras mereka berbuah manis. Mentas dari series ini banyak dari mereka yang dapat tawaran baru.  

Apakah The Crowned Clown kisah nyata?

the crowned clown kisah nyata
Dramapanda

Drama ini bukanlah kisah nyata, melainkan cerita fiksi remake dari film Masquerade yang pernah tayang pada 2012 dengan durasi 2 jam. Film ini sendiri terinspirasi dari dongeng The Prince and the Pauper karya Mark Twain.

Keduanya sama-sama berkisah tentang seorang pemuda miskin yang memiliki kemiripan wajah dengan seorang anggota Kerajaan. Sebenarnya semua karakter dari dinasti Joseon ini adalah tokoh nyata kecuali Ha Sun. Ia satu-satunya tokoh fiktif yang diciptakan di versi film dan series. Namun, meski banyak tokoh nyata, alur ceritanya benar-benar fiktif belaka. 

BACA JUGA: Sinopsis Queen for Seven Days, Menjadi Ratu Dalam 7 Hari

Episode terakhir 

ending
Hancinema

The Crowned Clown ending membagi penonton dalam dua kubu. Kubu yang mendukung Ha Sun dan satu yang ingin Raja Lee Hun kembali ke tahtanya. Pada akhirnya tidak ada yang mendapatkan tahta Raja karena lain dan satu hal. Ini harus Sedulur cari tahu sendiri mengapa. Namun, untuk kisah cinta Ha Sun dan sang Ratu, Sedulur bisa bernapas lega karena mereka akhirnya bertemu kembali. 

Platform untuk menonton 

nonton drama korea gratis
Channel Korea

Sedulur bisa menikmati 16 episode drama Korea ini di Netflix, VIU, dan iQIYI. Silakan pilih salah satu, deh. Ada yang gratis dan ada yang berbayar tergantung pada keberadaan iklannya. Selamat maraton.

Sekarang Sedulur sudah punya satu rekomendasi tontonan untuk akhir pekan. Catat dan jadikan media hiburan di rumah. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.