Mendekati kelulusan SMA/SMK pada bulan Mei dan Juni, mungkin Sedulur mulai sibuk mencari tempat kuliah yang sesuai dengan jurusan dan minat. Baik itu jurusan kuliah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) atau IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Kuliah menjadi jenjang pendidikan terakhir setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA atau SMK, sebelum kemudian melanjutkan ke jenjang pekerjaan sesungguhnya.  Membahas kuliah, kita pasti sering dihadapkan dengan jurusan apa yang cocok untuk di dalami dan diambil.

Buat Sedulur dari jurusan IPS pasti berminat mencari jurusan kuliah IPS. Hal serupa juga pasti di alami dari jurusan IPA, yang mana ingin mencari jurusan kuliah di bidang IPA. Penasaran dengan jurusan kuliah IPS yang jarang diminati dan apa saja jurusan kuliah untuk anak IPA, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 serta Syarat & Cara Pendaftaran

1. Ilmu Komunikasi

jurusan kuliah ips
Sindonews

Jurusan kuliah IPS di UI yang pertama adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Sekarang ini Jurusan Ilmu Komunikasi mulai banyak diminati. Meski sebagian calon mahasiswa baru yang berasal dari  jurusan IPS masih banyak mengambil jurusan Akuntansi, Manajemen hingga Ekonomi Bisnis. Bahkan tak jarang, Hukum masih menjadi jurusan paling difavoritkan untuk anak-anak IPS.

Jurusan Ilmu Komunikasi punya prospek menjanjikan. Sebab, Ilmu komunikasi tak hanya mempelajari tentang cara berkomunikasi dengan baik dan benar. Namun juga mengarahkan calon mahasiswa dapat menjadi seorang Jurnalis, Fotografer dan masih banyak lagi. Selain itu, jurusan ini mempunyai peluang menjadi bagian Corporate Comunication pada sebuah perusahaan.

Dalam jurusan ini, masih dibagi lagi menjadi beberapa konsentrasi sesuai dengan bakat dan minat Sedulur. Misalnya Komunikasi Massa, Public Speaking, Jurnalisme, Penyiaran dan Periklanan. Tentunya pemilihan konsestrasi dari jurusan ini disesuaikan dengan bakat dan minat dari si mahasiswa itu sendiri.

2. Manajemen

jurusan kuliah ips
The Columnist

Jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan manajemen. Manajemen tak selalu berhubungan dengan hitung menghitung uang. Sebab jurusan Manajemen masih mempunyai beberapa konsentrasi lagi yang bisa Sedulur pilih. Mulai dari Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Perhotelan dan masih banyak lagi.

Nantinya jika Sedulur yang bingung menentukan jurusan kuliah IPS, maka Manajemen adalah jurusan paling sesuai. Selain masih populer dan difavoritkan banyak anak jurusan IPS, ternyata Manajemen juga mempunyai prospek kerja bagus. Sebab, orang-orang yang mengambil jurusan Manajemen nantinya bisa langsung bekerja menjadi staf HRD di perusahaan besar atau bahkan bisa mengambil profesi sebagai Business Development.

Profesi Bussines Development hanya berlaku jika Sedulur mengambil jurusan Manajemen Bisnis di tempat kuliah Sedulur. Dikutip dari laman Lifepal, untuk kamu yang masih Fresh Graduate akan digaji sebesar Rp 6 Juta hingga Rp 8 juta per bulan. Gimana mantapkan. 

3. Jurusan Hubungan Internasional

jurusan kuliah ips
Kumparan

Suka dengan isu-isu internasional, NGO dan politik luar negeri, maka untuk kamu yang sedang mencari jurusan kuliah IPS maka bisa mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasiona atau biasa dikenal denga HI. Secara, mata kuliah ini akan mendorong Sedulur  lebih memahami lagi tentang hal-hal persoalan di atas secara objektif. Lantas juruan IPS bisa kerja apa untuk Sedulur yang mengambil jurusan HI? Ada banyak sekali profesi dari jurusan HI dan salah satu yang paling menonjol adalah Profesi Duta Besar, Mentri Luar Negeri, Wartawan, Konsultan Internasional bahkan menjadi staf ahli.

BACA JUGA: Apa itu Magang: Pengertian, Jangka Waktu & Manfaatnya

4. Hukum

Unisbank

Selanjutnya jurusan kuliah IPS yang sangat banyak diminati di tingkat perguruan adalah jurusan Hukum. Hampir semua perguruaan tinggi di Indonesia sudah menyediakan jurusan ini. Mengingat Hukum mempunyai prospek kerja yang sangat banyak dan selalu difavoritkan banyak anak-anak IPS. Jika Sedulur mengambil jurusan Ilmu Hukum maka nantinya Sedulur akan diarahkan menjadi seorang Lawyer, Notaris, HRD bahkan menjadi Staf Legal.

Nantinya dalam jurusan Ilmu Hukum mempelajari mata kuliah seperti Hukum Adat, Hukum Perburuhan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Hukum Internasional, Hukum Lingkungan dan Hukum Perundang-Undangan.

5. Jurusan psikologi

Rumah Belajar Daniel

Selanjutnya ada lagi jurusan kuliah IPS yaitu Ilmu Psikologi. Jurusan psikologi banyak dipilih anak-anak yang lulusan SMA . Jurusan ini banyak mempelajari tentang empati, emosional dan simpati. Namun umumnya jurusan psikologi berkaitan erat dengan pola prilaku atau mengenai kebiasaan manusia yang berpengaruh dengan kesehatan mental orang itu sendiri.

Misalnya mengenai Psikologi Klinis, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan Anak, Psikologi Budaya, Coaching dan Mentoring, Hambatan Perkembangan Anak dan Rema dan terakhir Psikologi Konsumen.

6. Jurusan akuntansi

Kuliah dimana

Selanjutnya ada jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi yaitu Akuntansi. Jurusan Akuntasi Banyak mempelajari mengenai ranah tentang ekonomi mulai dari bisnis dan perpajakan. Mengenai gambaran jurusan Akuntasi agar lebih jelasnya bisa melihat beberapa mata kuliah dari Jurusan Akuntasi Universitas Negeri Jakarta, seperti Matematika Ekonomi dan Bisnis, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Akuntansi Biaya, Akuntansi Pemerintah, Manajemen Keuangan Internasional, Komunikasi Bisnis dan Pemeriksaan Akuntasi Publik.

Jurusan IPS bisa kerja apa dari jurusan Akuntansi? Jika Sedulur mengambil juruan ini, maka Akuntansi nantinya dapat bekerja sebagai akuntan, staf keuangan bahkan sampai menjadi admin pelaporan di perusahaan.

BACA JUGA: Ulfah Aulia, Seorang Blogger Lulusan Sarjana Akuntansi

7. Jurusan kriminolog

Kuliahdimana

Selanjutnya jurusan kuliah IPS yang jarang diminati adalah Kriminolog. Kriminologi banyak mempelajari tentang kejahatan. Kata Krimininologi berasal dari bahasa latin dan merupakan gabungan dari kata Crimen artinya kejahatan dan logos artinya ilmu. Hanya ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini. Mulai dari kampus Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur dan Univesitas Islam Riau.

Jika di Universitas Indonesia Jurusan Kriminologi masuk jurusan kuliah Soshum. Dan jurusan Kriminologi termasuk jurusan pertama di Indonesia. Ada tiga konsentasi jurusan Kriminologi UI yang ditawarkan yaitu Penegakan Hukum, Jurnalistik dan Kejahatan Transnasional.

8. Jurusan sosiologi

Portal Berita Editor

Berlanjut ke jurusan IPS SMA di tingkat perguruan tinggi. Jurusan ini sudah sangat familiar sebab, jurusan kuliah Sosiologi untuk anak IPS ini juga dipelajari di sekolah. Saat kamu berada dibangku kuliah, kamu akan lebih dalam mempelajari sosiologi. Di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kamu akan banyak mempelajari mata kuliah seperti Sosiologi Gender, Sosiologi Fashion, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Pasar dan Konsumsi, Studi Urban dan Regional, Analisis Kriminalitas dan Korupsi.

9. Jurusan sastra

Rencanamu

Jurusan IPS SMA di tingkat perguruan tinggi maka bisa mengambil program studi Sastra dan Pendidikan Bahasa. Ada banyak sekali jurusan Sastra di tingkat perguruan tinggi di Indonesia seperti Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Belanda, Jawa dan Rusia. Inti dari pembelajaran di bidang sastra ini lebih banyak tentang kemahiran penggunaan bahasa yang dipelajari.

10. Jurusan ilmu politik

Unnes

Suka dengan hal-hal politik dari dalam negeri dan juga luar negeri, maka Sedulur bisa mengambil jurusan kuliah IPS yaitu Ilmu Politik. Jurusan ini di banyak perguruan tinggi masuk dalam jurusan kuliah Soshum. Harapannya jika Sedulur mengambil jurusan ilmu politik bisa menjadi manusia yang mengabdi di masyarakat dan ikut serta membangun sistem pemerintah di desa.

Membahasa program studi Ilmu Politik salah satu universitas di Indonesia tepatnya di Universitas Jendral Soedirman, kamu akan banyak mempelajari tentang Pemikiran Politik Indonesia, Pengantar Studi Demokrasi, Teori Gerakan Sosial, Kebijakan Publik, Militer dan Politik di Negara Berkembang.

11. Jurusan llmu administrasi

Universitas Brawijaya

Berhasrat ingin menekuni dunia administrasi di bidang bisnis dan negara, maka Sedulur bisa mengambil jurusan kuliah IPS dengan program studi Ilmu Administrasi. Di banyak kampus, jurusan Administrasi masih dipecah lagi beberapa konsentrasi. Misalnya pada kampus Universitas Indonesia ada Fakultas Ilmu Administrasi UI. Dalam fakultas ini tersedia tiga jurusan berbeda yaitu Ilmu Administrasi Negara, Fiskal dan Bisnis.

Tak hanya di Univesitas Indonesia, contoh lainnya ada di Universitas Brawijaya Malang. Di Unibraw ada dua jurusan Ilmu Administrasi tersedia Bisnis/Niaga dan Negara/Publik.

12. Ilmu kesejahteraan sosial

Rencanamu

Ingin belajar mengenai kesejahteraan sosial, maka bisa mengambil jurusan kuliah Ilmu Kesejahteraan Sosial. Ada salah satu kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau biasa disingkat (UIN Suka) di Yogyakarta. Di kampus UIN Suka program studi Kesejahteraan sosial masuk ke dalam Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Karena masuk dalam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, maka Sedulur akan banyak mempelajari tentang Manajemen Organisasi Pelayanan dan Kemanusiaan, Sistem Pelayanan Sosial, Supervisi Pekerjaan Sosial, Gerakan Sosial dan Advokasi Sosial. Prospek kerja jurusan kesejahteraan sosial ini Sedulur dapat bekerja di Dinas Sosial atau pun di lembaga-lembaga pemerintah.  

BACA JUGA: Cara Membuat Laporan Baik & Benar Beserta Contohnya

13. Jurusan ilmu sejarah

jurusan kuliah ips
Halo kampus

Menyukai pelajaran sejarah bangsa Indonesia, sejarah peradaban dan sejarah kolonialisme, maka tak ada salahnya mengambil jurusan IPS SMA di tingkat kuliah yaitu Ilmu Sejarah. Sejarah yang dipelajari akan beragam mulai dari militer Indonesia, agraria, birokrasi Indonesia hingga Diplomasi Indonesia. Jurusan Sejarah sekarang ini banyak ditemukan pada beberapa kampus seperti UI, UGM, UNY dan masih banyak lagi. Jurusan IPS bisa kerja apa jika Sedulur mengambil Prodi Sejarah? Ada banyak sekali profesi mulai dari peneliti, Wartawan atau Jurnalis, Dosen, Arkeologi, Sejarawan hingga Penulis Buku.

Jika Sedulur mengambil prodi ini maka harus punya keahlian dibidang kemampuan analitis konseptual dan teroritis, kemampuan dalam menulis, kemampuan dalam melakukan presentasi, kemampuan dalam menghapal, kemampuan dalam pemecahan masalah, kemampuan berpikir rasional dan kemampuan dalam melakukan observasional.

14. Kedokteran

Universitas Brawijaya

Punya cita-cita menjadi dokter dan ingin membuka klinik gigi, maka disarankan untuk mengambil jurusan Ilmu kedokteran. Ilmu Kedokteran merupakan program studi favorit untuk jurusan kuliah untuk anak IPA. Meski termasuk jurusan paling bergengsi dan mahal, namun peminatnya tak pernah sepi. Mengingat prospek kerja dari ilmu kedokteran sangat cerah dan banyak dibutuhkan banyak rumah sakit di Indonesia.

Namun jika benar-benar mau menjadi dokter, maka setiap mahasiswa kedokteran biasanya akan langsung melanjutkan ke Program Profesi Dokter jika sudah lulus dari jurusan Kedokteran. Setelah lulus dari Program Profesi Dokter, selanjutnya Sedulur dapat memperoleh gelar dr. Perjuangan Sedulur tak hanya sampai di sini, karena Sedulur harus mengikuti program magang atau internship.

Sedulur selanjutnya bisa membuka praktik dokter secara mandiri dan berhak atas profesinya sebagai dokter umum. Namun jika Sedulur kurang berminat membuka klinik sendiri, maka bisa mengambil dokter spesialis. Hanya saja Sedulur perlu kuliah lagi pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

15. Jurusan arkeologi

jurusan kuliah ips
Brain Academy

Menjadi penemu benda-benda bersejarah pasti mempunyai kepuasan tersendiri. Terlebih hasil penemuan tersebut, dapat berguna untuk pengetahuan dan kemajuan sejarah bangsa. Membahas tentang penemuan benda-benda bersejarah, maka Sedulur dapat mengambil jurusan IPS SMA seperti Arkeologi. Mata kuliah pada jurusan Arkeologi akan banyak mempelajari tentang Arkeologi Maritim, Permukiman dan Perkotaan Kuno, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, Museum dan Publik.

16. Jurusan filsafat

jurusan kuliah ips
Tirto

Suka dengan hal-hal berkaitan tentang filsafat, mungkin nantinya Sedulur bisa mengambil kuliah jurusan IPS dari Filsafat. Saat Sedulur mengambil jurusan Filsafat, maka akan didorong melakukan berpikir kritis tentang berbagai hal. Dengan demikian, Sedulur akan mulai terbiasa melakukan analisa sebuah masalah yang dihadapi dan mulai melakukan pertimbangan nilai objektivitas.

Mata kuliah jurusan Ilmu Filsafat banyak mempelajari tentang Filsafat Komunikasi, Filsafat Akal Budi, Filsafat Teknologi, Estetika, Etika, Kosmologi dan Metafisika. Soal jurusan IPS bisa kerja apa dari prodi Filsafat? Jurusan filsafat dapat menekuni bidang penulis buku, peneliti hingga menjadi seorang wartawan atau jurnalis.

17. Jurusan studi aktuaria

Kompas

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati adalah studi aktuaria. Program studi Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari menganai pengelolaan resiko mengenai keuangan di masa depan. Program studi ini banyak menggabungkan tentang peluang, matematika, statistika, keuangan dan pemrograman komputer. Meski demikian sampai saat ini belum banyak kampus membuka jurusann ini. Jurusa Aktuaria punya prospek kerja bagus, sebab setelah lulus dan menjadi sarjana Aktuaria, maka Sedulur tak perlu khawatir soal pekerjaan. Sebab, prodi Aktuaria punya kesempatan mendapat pekerjaan dengan gaji luar biasa.

18. Jurusan bisnis fashion

jurusan kuliah ips
Easy Uni

Dunia fashion selalu menarik untuk diulas dan berkembang setiap saat. Nah agar tak ketinggalan tentang dunia fashion, maka setelah lulus sekolah dari jurusan IPS, dapat langsung menekuni jurusan bisnis fashion. Jurusan Studi Bisnis Fashion cukup cocok untuk mahasiswa yang tidak terlalu suka dengan mata kuliah teori-teori.

Jurusan bisnis fashion akan mempelajari tentang seperti apa mengatur bisnis dan prilaku seorang konsumen pada setiap trend fashion yang berkembang saat ini. Prospek kerja Jurusan Bisnis Fashion ini nantinya bisa menjadi visual merchandiser, wirausaha fashion, menjadi seorang fashion stylist atau bahkan menjadi desainer terkenal.

19. Jurusan manajemen dan bisnis

jurusan kuliah ips
Hotcourse

Berikutnya ada lagi jurusan manajemen dan bisnis serta sekarang banyak dijumpai pada banyak kampus di Indonesia. Jurusan kuliah IPS SMA ini tak pernah sepi peminat dan tetap populer sampai saat ini. Ramainya peminat pada jurusan ini adalah karena jurusan ini punya prospek kerja cemerlang. Mulai dari analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan atau bahkan menjadi pebisnis handal.

20. Teknik informatika

Unpas

Terakhir ada jurusan kuliah saintek dan sangat cocok untuk Sedulur yang sebelumnya sekolah dengan jurusan IPA yaitu Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika banyak mempelajari mengenai teori dan algoritma, lalu mempelajari tentang kecerdasan buatan, pengembangan tentang perangkat lunak serta bagaimana pemrogramannya.

Jurusan ini semakin dicari banyak perusahaan sampai 10 tahun mendatang. Sebab, kebutuhan pengembangan web, aplikasi hingga konsultan IT masih terus dibutuhkan sampai sekarang. Prodi Ilmu Informatika mempunyai prospek kerja sangat baik dan mempunyai gaji besar. Untuk Sedulur yang masih Fresh Graduate atau baru lulus, banyak perusahaan memberikan gaji sebesar Rp 5 juta sampai Rp 8 juta.

Itulah jurusan-jurusan kuliah yang bisa diambil oleh Sedulur baik dari jurusan IPA ataupun IPS. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi untuk Sedulur yang sedang mencari jurusan pas saat kuliah nanti. Mengingat kelulusan tingkat SMA dan sederajat tinggal beberapa bulan lagi.   

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.