Aktif dalam kegiatan organisasi atau sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi, pastinya tak lepas dari membuat laporan bukan? Sebagai seorang mahasiswa atau karyawan, pasti membutuhkan laporan sebagai bukti bahwa setiap agenda atau kegiatan bisa berjalan dengan baik. Meski demikian, membuat laporan ternyata harus sesuai kaidah-kaidah yang berlaku.

Mulai dari latar belakang, judul, isi, hingga penutup. Namun semuanya juga disesuaikan dengan jenis laporan yang Sedulur buat. Penasaran seperti apa cara membuat laporan yang baik dan benar supaya tidak banyak mendapat revisi? Yuk simak ulasan selengkapnya penjelasan tentang cara membuat laporan sesuai bidang yang sedang dikerjakan.

BACA JUGA: Media Massa: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, dan Jenisnya

1. Pengertian laporan

cara membuat laporan
Lifepal

Laporan merupakan dokumen yang berisi tentang sebuah keadaan atau kegiatan yang sudah atau akan dilaksanakan secepatnya. Dalam laporan berisi tentang fakta, agenda atau kronologi suatu keadaan sebagai bentuk rasa pertanggungjawaban. Sehingga laporan merupakan suatu bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai keadaan ataupun kegiatan.

Pada dasarnya, suatu fakta yang tertulis dalam laporan adalah bentuk pertanggung jawaban yang ditugaskan kepada si pelapor. Sementara fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan dari sebuah informasi yang dibutuhkan dan dikumpulkan menjadi satu. Pengumpulan data fakta ini berdasarkan dari suatu objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor atau dilihat, didengar, dirasakan sendiri.

Setiap instansi atau organisasi pasti membuat pertanggungjawaban melalui sebuah laporan. Baik itu instansi kampus, swasta, hingga organisasi. Sehingga cara membuat laporan pun juga disesuaikan dengan bidang yang ditekuni. Misalnya sebagai mahasiswa, pihak kampus atau dosen pasti Sedulur diwajibkan membuat laporan tugas akhir berupa skripsi ataupun membuat tugas laporan magang.

Sementara di bidang instansi pemerintah, pasti juga membuat laporan agenda yang akan atau sudah dilakukan. Sehingga laporan selalu dikerjakan oleh siapa pun dengan latar belakang apapun sesuai bidang dan konteks pekerjaannya.

BACA JUGA: Sederhana dan Mudah, Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong

2. Pengertian laporan menurut ahli

cara membuat laporan
Paper

Menurut Prajudi Admosudirjo

Menurut Prajudi, pengertian laporan adalah setiap bentuk tulisan yang isinya berasal dari hasil pengelolaan suatu data atau informasi ang sudah didapatkan secara nyata.

J.C Denyern

J.C Denyern pengertian laporan adalah sebuah media komunikasi tempat pembuat laporan membuat beberapa kesimpulan atau keadaan setelah melakukan penelitian.

Menurut Keraf

Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana si pembuat laporan menyampaikan berita atau informasi kepada seseorang atau organisasi karena adanya suatu tanggung jawab yang telah dibebankan.

3. Fungsi laporan

cara membuat laporan
Gobiz

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat laporan berdasarkan profesi dan instansi, maka ada baiknya kita mengetahui fungsi dari keberadaan laporan. Laporan adalah dokumen yang berisi tentang fakta, tanggung jawab tentang sebuah acara atapun agenda lainna. Maka dari itu, yuk simak beberapa fungsi dari laporan itu sendiri:

  • Menjelaskan latar belakang kegiatan
  • Penjabaran tugas dan tanggung jawab pembuat laporan
  • Menjelaskan detail acara atau program yang telah dilaksanakan, termasuk keputusan dan pemecahan masalah
  • Bahan untuk dokumentasi
  • Sumber informasi

4. Tujuan laporan

cara membuat laporan
Akuntanonline

Setiap kali akan membuat laporan, sering kali kita dihadapkan dengan tujuan terlebih dahulu. Tujuan laporan ini diketahui sebelum si pembuat mulai menulis laporan. Namun intinya keberadaan laporan adalah bentuk tanggung jawab atas sebuah agenda yang sudah dijalankan. 

  • Sedulur harus tahu masalah mengapa membuat laporan
  • Memberikan semacam maklumat atau fakta
  • Selain maklumat dan fakta, juga penyelesaian sebuah masalah
  • Mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan
  • Membuat kesimpulan
  • Menilai sesuatu penyelidikan atau aktivitas
  • Rekaman sesuatu peristiwa
  • Menganalisis aktivitas perniagaan
  • Menguraikan peristiwa, prosedur, tindakan, dan lain-lain.

Perihal laporan pun bisa dalam bentuk laporan yang pendek atau panjang. Disesuaikan dengan tugas-tugas yang diberikan. Sehingga tak ada aturan baku mengenai berapa banyak lembar untuk membuat laporan

5. Manfaat laporan

cara membuat laporan
Jurnal

Ada banyak sekali manfaat setelah membuat laporan. Namun laporan kegiatan adalah alat penting sebagai bentuk pertanggungjawaban. Sebelum nantinya laporan diserahkan ke atasan instansi Sedulur atau dosen pembimbing Sedulur. Namun supaya le

  • Penyusunan laporan ternyata bisa menjadi dasar untuk kebijakan dan pengarahan pimpinan.
  • Bahan susunan rencana kegiatan selanjutnya.
  • Informasi mengenai perkembangan atau peningkatan kegiatan.
  • Bisa menjadi semacam rekaman sejarah.

6. Struktur laporan

cara membuat laporan
Jubelio

Cover

Cara membuat laporan yang pertama dan Sedulur pikirkan adalah keberadaan Cover. Cover adalah halaman depan sebelum masuk ke inti atau isi laporan yang akan Sedulur buat. Jadi sama halnya dengan makalah di mana dalam cover sebuah laporan pastinya memuat judul, identitas dan keterangan si penulis laporan.

Kata pengantar

Poin berikutnya dalam contoh membuat laporan tugas kuliah yaitu adanya kata pengantar. Kata pengantar adalah bagian penting dan tidak boleh dilewatkan dalam membuat sebuah laporan. Bagian halaman ini nantinya mempunyai fungsi mengantarkan pembaca agar dapat memahami laporan seperti apa yang telah kamu buat.

Dalam membuat kata pengantar laporan, maka kamu bisa melihat terlebih dahulu contoh kata pengantar baik dan benar sebagai referensi menyusun sebuah laporan Sedulur.

Daftar isi

Setelah kata pengantar, cara membuat laporan kerja selanjutnya  adalah daftar isi. Sesuai namanya daftar isi adalah halaman yang di dalamnya memuat pemetaan halaman untuk setiap bagiannya. Mulai dari kata pengantar sampai dengan halaman terakhir yang harus ditulis.

Pendahuluan

Cara membuat laporan praktikum selanjutnya adalah tahapan pendahuluan. Pendahuluan adalah bagian awal dari laporan dan berisi beberapa sub- bab latar belakang dan tujuan kegiatan.

Latar belakang

Latar belakang selalu berisi tentang faktor apa saja alasan kamu membuat laporan tersebut. Namun biasanya latar belakang selalu meliputi jawaban dari “Apa yang membuatmu melakukan penelitian atau kegiatan tersebut?.

Tujuan

Bagian  tujuan menjelaskan mengenai apa yang sudah kamu buat di kegiatan atau penelitian dan sudah kamu lakukan.  Sebab, jika Sedulur tidak mencantumkan kata tujuan maka laporan di anggap tidak sah. 

Pembahasan

Cara membuat laporan keuangan berikutnya adalah pemabahasan. Pembahasan berisi tentang isi dalam membuat laporan, merupakan bagian inti dari sebuah laporan yang kamu buat. Pada tahapan pembahasan, sebisa mungkin Sedulur bisa menjelaskan secara datail dan mencakup tentang unsur rumus 5 W + 1 H.

Misalnya apabila laporan yang kamu buat merupakan laporan kegiatan. Sehingga Sedulur bisa mengisinya dengan menggunakan pertanyaan di bawah ini:

  1. Kegiatan apa yang kamu lakukan?
  2. Siapa saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut?
  3. Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan?

Penutup

Urutan selanjutnya cara membuat laporan penelitian adalah penutup. Penutup selalu berisi mengenai kesimpulan dan akhir dari sebuah kegiata dan laporan yang sudah dibuat. Kamu bisa menuliskan mengenai ringkasan mengenai hal-hal yang sudah kamu paparkan atau jelaskan sebelumnya. Bagian ini penutup ini harus dijelaskan secara gamblang dan rinci.

Selain itu, urutan cara membuat laporan praktikum di tahapan penutup bisa menambahkan saran untuk pihak terkait atau kendala yang kamu alami selama kegiatan berlangsung Sedulur.

Lampiran

Tak hanya penutup, dalam urutan cara membuat laporan kerja selalu ada lampiran. Lampiran adalah dokumen tambahan ke dokumen utama. Lampiran dalam sebuah surat pun bisa berupa teks ataupun gambar. Mulai dokumen pendukung atau seperti foto. Meski demikian dalam perkembangannya, lampiran surat bisa ditemukan dalam surat elektronik di  media massa.

BACA JUGA: Administrasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Ciri-ciri

7. Cara membuat laporan dan contohnya

cara membuat laporan
Bocahkampus

Setelah mengetahui urutan membuat laporan, maka berikutnya adalah contoh-contoh dalam membuat laporan. Bagian Ini Sedulur sudah bisa melihat laporan dari penulis sebelumnya. Sebelum akhirnya membuatnya sendiri sesuai dengan background profesi atau instansi yang Sedulur tekuni.

Laporan peristiwa/berita adalah laporan yang menyajikan tentang proses atau keadaan berlangsungnya sebuah peristiwa. Laporan ini dapat diolah melalui unsur 5W+1H, tetapi dimuat dalam bentuk deskriptif. Misalnya surat kabar, majalah, dan sebagainya.

 Contoh Laporan Peristiwa

 Peristiwa Banjir

 Tanggul waduk sermo di Dusun Sermo yang jebol dini hari pukul 21.00 WIB telah menyebabkan lebih dari 14 desa di Kabupaten Kulon Progo terkena banjir.

Sampai saat ini belum juga diketahui secara pasti apakah disana ada korban atau tidak, tetapi hal yang terjadi pada Jum’at (16/09) ini telah membuat banyak rumah di kabupaten Kulon Progo hancur.Hal ini terjadi akibat waduk tidak bisa lagi menahan debit air yang terlalu deras sehingga waduk jebol dan membanjiri desa-desa.

 Contoh laporan diskusi

Laporan hasil diskusi

 Kelas XII TKJ SMA N 1 Kota Magelang

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Ganja merupakan bagian dari bahan Adiktif Narkoba. Kata Narkoba sangat familiar sekali digunakan oleh aparat penegak hukum seperti Polisi, BNN (Badan Narkotika Nasional), Jaksa, dan Hakim.

Indonesia sebagai Negara yang beradab, hari ini sedang digerogoti oleh permasalahan yang cukup serius, yaitu penyalahgunaan narkoba khususnya Ganja. Sudah bukan rahasia lagi bahwa obat-obatan terlarang tersebut akan merusak sel-sel otak yang sangat jelas bahayanya bagi ummat manusia. Selain itu penggunaan obat-obatan terlarang ini sering disalahgunakan oleh remaja-remaja Indonesia.

Maka diskusi ini diselenggarakan untuk mencari solusi terhadap permasalahan bangsa ini.

Tujuan

  1. Menemukan solusi agar narkoba tidak disalahgunakan.
  2. Mencari cara agar masyarakat teredukasi tentang ganja
  3.   Merumuskan strategi agar generasi muda sibuk dengan hal positif

“Bahaya Penyalahgunaan Ganja bagi Remaja Indonesia”

Hari / tanggal: Senin 21 Januari 2019

Waktu: 09:30 s/d 10.00 WIB

Tempat: Lab F ruangan Ar Fachrudin 5

Judul Makalah: Bahaya Narkoba

 Contoh laporan kegiatan

Selanjutnya cara membuat laporan singkat pada acara kegiatan adalah pada kegiatan OSIS. Kegiatan OSIS SMP atau SMA kerap melakukan banyak acara sehingga dibutuhkan laporan kegiatan.

Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-Senin (Persami)

Dalam Rangka Menyambut Siswa Baru SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021

Latar Belakang

Perkemahan Sabtu-senin (Persami) adalah kegiatan perkemahan yang dilaksanakan oleh anggota pramuka, baik dari tingkat SMP hingga SMA. Persami bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, namun utamanya dilakukan untuk memperingati dan meresmikan kenaikan tingkat anggota pramuka.

Siswa baru yang diterima di SMA Negeri 4 Kota Magelang akan secara otomatis masuk sebagai anggota pramuka Penegak. Gugus depan SMA Negeri 4 Kota Magelang berkewajiban untuk menjalankan upacara peresmian tersebut dalam sebuah kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Kegiatan ini dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran dan memiliki beberapa tujuan serta manfaat khusus.
Tujuan Kegiatan

Melalui kegiatan Persami, maka diharapkan siswa baru kelas XII di SMA Negeri 4 Kota Magelang akan :

  • Mengenal lingkungan sekolahnya yang baru.
  • Memiliki jiwa patriotisme, pemberani, jujur, berakhlak mulia, dan mampu bekerja sama.
  • Menyiapkan calon-calon generasi penerus bangsa yang berkualitas dan siap terjun dalam masyarakat.

Anggaran Dana

Kegiatan Persami yang dilaksanakan dan dipanitiai oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 4 Kota Magelang ini didanai dari:

  • Sumbangan bantuan operasional sekolah
  • Sumbangan dari seluruh siswa baru kelas XII.

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Persami penerimaan siswa baru dilaksanakan pada :

Hari                     : Sabtu-Minggu

Tanggal               : 19-21 Juni 2022

Tempat               : MA Negeri 4 Kota Magelang

Jumlah peserta : 115 siswa dari 5 kelas.

Hasil Kegiatan

Kegiatan Persami Penerimaan Siswa Baru telah diselenggarakan dengan baik dan lancar. Kegiatan dimulai dengan apel pembukaan pada hari Sabtu, 19 September 2020 pukul 17.00 WIB dan diakhiri dengan apel penutup pada hari Minggu, 21 September 2020 pukul 10.00 WIB.

Peserta Persami mengikuti instruksi dan jadwal kegiatan dengan tertib sesuai arahan dari panitia. Namun, masih banyak para peserta Persami yang tidak membawa kelengkapan yang dipersyaratkan dengan berbagai alasan. Kondisi ini menjadi tanda bahwa masih terdapat berbagai kendala kedisiplinan dalam diri siswa.

Kesimpulan

Kegiatan Persami yang dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Magelang sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, meskipun dengan anggaran dan kondisi yang terbatas. Siswa baru yang menjadi peserta Persami bisa mendapatkan berbagai manfaat, terutama kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, dan juga sifat berani.

Acara Persami ini diharapkan bisa menjadi ajang memupuk calon generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dalam segi akademik maupun non-akademik. Demikianlah laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia dan semoga bermanfaat bagi evaluasi penyelenggaraan kegiatan Persami berikutnya.

8. Cara membuat laporan yang baik dan benar

cara membuat laporan
Themoondoggies

Membuat laporan yang berisi tentang dokumen atau fakta-fakta memang tidak boleh asal. Sedulur harus mengetahui latar belakang, tujuan serta susunan dalam membuat laporan. Maka dari itu, berikut penjelasan mengenai langkah-langkah membuat laporan yang baik dan benar serta cara membuat laporan belajar.

Memilih topik

Susunan pertama adalah memilih topik sebelum membuat laporan. Menentukan topik bisa kamu usahakan sendiri ataupun meminta bantuan dosen pembimbing kamu. Bahkan bisa juga kamu memilih sendiri untuk melakukan peneitian atau kegiatan yang ada di sekolah atau kuliah kamu Sedulur.

Apabila Sedulur menggunakan topik dari usaha pemikiran sendiri, usahakan memilih topik yang kamu sukai. Harapannya supaya kamu mudah saat mencari data informasi di lapangan Sedulur.

Melakukan kegiatan penelitian

Setelah menentukan tema, selanjutnya adalah melakukan kegiatan penelitian. Selain penelitian dan kegiatan, Sedulur harus mencari berbagai referensi dan harus berhubungan dengan topik yang dipilih. Dengan demikian, kamu tidak akan kesulitan dalam mendapatkan informasi atau data.

Membuat kerangka laporan

Selanjutnya Sedulur juga harus membuat namanya kerangka laporan. Kerangka laporan bisa berisi tentang sekumpulan gagasan utama dan menggambarkan  inti dari laporan yang kamu buat. Tujuan dari kerangka ini adalah mempermudah pengaturann dan penyusunan sebuah laporan yang kamu buat supaya membuatmu cepat menyelesaikan tugas.

Menulis laporan

Cara membuat laporan yang baik dan benar selanjutnya adalah mulai menulis laporan. Tulis laporan dengan acuan struktur yang baik dan benar supaya tidak terjadi kesalahan sewaktu kamu mengumpulkannya. Pastikan saat menulis laporan gunakan bahasa baku dan jelas serta sesuai data ataupun fakta.

Menyunting laporan

Sebelum benar-benar diberikan ke atasan atau dosen pembimbing kamu, pastikan kamu melakukan penyuntingan laporan. Perhatian tulisan kamu apakah ada yang typo, kurang tanda titik ataupun tanda baca lain.

Demikian ulasan mengenai cara membuat laporan yang baik dan benar sesuai urutan. Semoga penjelasan ini membantu Sedulur yang sedang berencana ataupun sedang membuat laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas sebuah acara atau agenda.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.