Bagi yang menanyakan SBMPTN 2022 kapan, seleksi ini sudah dibuka sejak 14 Februari sampai 17 Maret 2022. Tentunya para peserta saat ini sudah melalui berbagai proses lanjutan yang harus ditempuh. Saat ini pembuatan LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2022 juga sudah ditutup. Itulah kenapa seharusnya bagi siswa yang lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022, sudah melakukan registrasi.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai SBMPTN, UTBK, cara mendaftarnya hingga syarat-syaratnya, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap. Semoga kamu juga bisa memiliki persiapan yang bagus nantinya.

BACA JUGA: Notaris: Pengertian, Tugas, Jenis & Kewenangannya

1. Apa itu SBMPTN?

bisnis.com

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan SNMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Biasanya beberapa orang memang suka terbalik antara dua singkatan itu. Namun keduanya memiliki arti yang berbeda.

-->

SBMPTN ini memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK untuk bisa mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. SBMPTN menggunakan pola seleksi ujian tertulis secara nasional.

Namun mulai tahun 2019, ujian ini dilakukan berbasis komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT sendiri menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

2. Apa UTBK-SBMPTN?

tirto.id

UTBK adalah kepanjangan dari Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer. Lalu UTBK-SBMPTN adalah salah satu cara masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melakui jalur seleksi dengan sistem tes atau ujian tulis. Seleksi ini sendiri bisa diikuti oleh lulusan pendidikan menengah atas dan lulusan paket C 2020, 2021, atau 2022, dengan maksimal usia 25 tahun. Kemudian untuk mengikuti UTBK-SBMPTN ini, seluruh peserta wajib melakukan registrasi akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

BACA JUGA: Cara Membuat KTP Online Mudah, Cepat & Bebas Antre

3. Dokumen untuk membuat akun LTMPT

tempo.co

Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya peserta menyiapkan beberapa dokumen sehingga proses registrasi nanti berjalan lancar tanpa ada kendala. Berikut ini dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), bisa kamu cek di laman nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), bisa kamu cek di laman referensi.data.kemdikbud.go.id.
  • Alamat email aktif.
  • Nomor NIK di KTP atau Kartu Keluarga (KK).
  • Tanggal lahir.
  • Pas foto ukuran 4×6 minimal file 80kb maksimal 300kb. Background foto bisa biru atau merah.

4. Cara daftar akun LTMPT-SBMPTN 2022

tribunnews.com

Setelah dokumen yang diperlukan lengkap, berikut ini adalah cara daftar SBMPTN LTMPT sekaligus cara pendaftaran SBMPTN 2022 untuk gap year. Simak langkah-langkahnya:

  1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pilih menu “Siswa”.
  3. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir.
  4. Masukkan email aktif dan password.
  5. Kemudian klik tombol daftar dan akan muncul notifikasi aktivasi akun.
  6. Lalu buka email kamu dan cek inbox/spam email untuk melakukan aktivasi akun.
  7. Setelah akun aktif, login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  8. Apabila pendaftaran berhasil akan muncul notifikasi aktivasi akun LTMPT sudah berhasil.

Setelah berhasil mendaftar, kamu perlu mengecek menu verifikasi dan validasi. Lihat apakah data diri kamu sudah benar. Kamu bisa melengkapi data yang diminta seperti nomor telepon, alamat, dan lainnya.

  1. Kemudian untuk peserta gap year bisa klik “Perbarui Data”.
  2. Lalu pilih tombol “Selanjutnya” untuk unggah pas foto.
  3. Setelah unggah foto, klik “Selanjutnya” untuk konfirmasi data.
  4. Jika datamu sudah benar, centang pernyataan dan klik “Simpan Permanen”.

BACA JUGA: Cara Daftar Akun LTMPT untuk Daftar UTBK-SBMPTN

5. Jadwal UTBK-SBMPTN 2022

detik.com

Berikut ini adalah jadwal UTBK-SBMPTN 2022 yang perlu kamu ketahui:

  • Registrasi Akun LTMPT: 14 Februari – 17 Maret 2022
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret – 15 April 2022
  • Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang I: 17 – 23 Mei 2022
  • Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang II: 28 mei – 3 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil SBMPTN: 23 Juni 2022
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK-SBMPTN: 25 Juni – 31 Juli 2022

6. Syarat pendaftaran UTBK- SBMPTN 2022

sindonews.com

Berikut ini adalah syarat pendaftaran SBMPTB 2022. Jadi jika kamu ingin ikut UTBK-SBMPTN tahun ini, harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Punya akun LTMPT permanen.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dan punya Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022. Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan kepala sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.
  6. Kemudian untuk persyaratan tes peserta:(1) Peserta yang memilih prodi Saintek harus mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek. (2) Peserta yang memilih prodi Soshum harus ikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum. (3) Peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) harus ikut TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek dan TKA Soshum.
  7. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.
  8. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  9. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  10. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  11. Membayar biaya UTBK sebesar Rp200.000 ribu untuk kelompok Saintek dan Soshum, serta Rp300.000 untuk kelompok campuran, melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

BACA JUGA: Cara Membuat SKCK: Syarat Lengkap, Biaya & Caranya

7. Cara pendaftaran UTBK- SBMPTN 2022

sindonews.com

Setelah kamu memenuhi syarat-syaratnya, berikut ini adalah cara mendaftar UTBK-SBMPTN 2022. Simak langkah-langkahnya:

  1. Registrasi Akun LTMPT: Calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih “Menu Verifikasi” dan “Validasi Data” untuk mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih “Menu Pendaftaran” UTBK-SBMPTN untuk melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan mendapatkan slip pembayaran.
  5. Membayar di bank mitra yaitu Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI, menggunakan slip pembayaran dan paling lambat dilakukan 1×24 jam.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN dengan cara login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, dan memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak kartu.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan tanggal yang tercantum di kartu peserta UTBK-SBMPTN.

8. Jumlah pendaftar SBMPTN 2022

kompas.com

Mengutip dari Kompas.com, data LTMPT per Minggu (13/3/2022), sudah mencapai 1.575.117 pendaftar. Lalu jumlah siswa baru dengan akun aktif 1.531.844 dan siswa baru dengan akun permanen, 1.304.198. Jika peserta ada yang mengalami kendala saat melakukan registrasi akun, bisa membuat tiket di Helpdesk LTMPT halo.ltmpt.ac.id. Atau, menghubungi Call Center LTMPT 0804 1 450 450.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai SBMPTN 2022. Kemudian untuk pengumuman SNMPTN 2022, mengutip Inews.id akan diumumkan pada Selasa, tanggal 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang mengikuti ujian seleksi ini ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.