Membuat kue untuk hidangan keluarda dan tamu  yang berkunjung di rumah merupakan salah satu pilihan yang bisa kita lakukan. Selain itu, membuat kue juga bisa dijadikan media untuk melepas penat setelah bekerja seharian. Dari sekian banyak  jenis kue, yang cukup mudah dibuat dan tidak perlu proses pembuatan yang lama adalah kue dari tepung beras.

Kue dari tepung beras juga sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai teknik maupun bahan memasak lainnya. Misal, kue ini bisa dicampur dengan beberapa bahan lain tepung kanji, sagu atau juga kelapa. Agar Sedulur memiliki banyak referensi, berikut ini beberapa resep olahan tepung beras yang bisa dibuat sendiri di rumah. Ada juga olahan tepung beras minimalis namun kaya variasi. Penasaran apa saja resep kue dari tepung beras yang bisa dibuat? Yuk, langsung simak ulasannya berikut!

BACA JUGA: 10 Resep Nasi Goreng Sederhana Paling Enak, Spesial & Praktis

Daftar Resep Kue dari Tepung Beras yang Mudah Dibuat

Tepung beras merupakan salah satu tepung yang dapat diolah menjadi bermacam-macam hidangan nikmat dan penuh varian rasa. Salah satu hidangan yang bisa Sedulur coba adalah dengan membuat kue dari tepung beras. Belum tahu banyak mengenai kue-kue tersebut? Jangan khawatir! Coba simak ulasan resepnya di bawah ini.

1. Kue Lapis

kue dari tepung beras
Sajian Lezat

Kue dari tepung beras yang pertama adalah kue lapis. Untuk membuat kue lapis Sedulur membutuhkan beberapa bahan, diantaranya 250 gr tepung kanji, 125 gr tepung beras, 250 gr gula pasir, 4 gelas santan yang setiap gelasnya sebanyak  200 ml, ½ sdt garam dan ½ sdt vanili.

Jangan lupa juga Sedulur sediakan pewarna makanan, bisa berwarna merah muda, ungu, atau merah hati. Sesuaikan warna makanan sesuai kebutuhan. Cara membuatnya sangat mudah,  pertama campurkan semua bahan yang telah disediakan, aduk-aduk hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata.

Lalu selanjutnya, bagi adonan menjadi dua bagian. Adonan pertama biarkan menjadi warna putih dan adonan dibagi menjadi tiga bagian dan berikan warna merah hati, merah muda, dan ungu dengan pewarna makanan.

Selanjutnya oles loyang persegi 14×14 cm dengan minyak untuk mencegah adonan lengket pada loyang dan jangan lupa juga untuk melapisi dengan plastik. Tuang adonan pertama warna merah hati sebanyak satu setengah sendok lalu  kukus 5 menit sampai atasnya matang.

Setelah itu, timpa dengan adonan warna putih lalu kukus kembali selama 5 menit, setelah itu angkat dan ditimpa lagi dengan adonan terakhir yang berwarna ungu dan kemudian kukus kembali selama 5 menit. Lakukan cara ini secara berurutan dan lalu kukus kembali hingga semua adonan matang. Kue dari tepung beras pertama pun siap disajikan.

BACA JUGA: 18 Resep Olahan Tahu Putih yang Lezat dan Mudah Dibuat

2. Kue Cucur

kue dari tepung beras
Selerasa

Kue dari tepung beras selanjutnya adalah kue cucur. Kue cucur merupakan kue dari tepung beras dan gula merah, selain itu kue cucur juga merupakan jenis kue kering dari tepung beras.

Untuk membuat kue cucur, kita membutuhkan bahan diantaranya 250 gr gula merah, 420 ml air,  100 gr tepung terigu, 200 gr tepung beras, ¼ sdt garam, 3 lembar daun pandan. Setelah bahan tersedia, kita tinggal langsung membuatnya.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, Sedulur masak gula merah, daun pandan, dan air sampai mendidih dan secara bersamaan. Setelah matang, saring dan tiriskan. Selanjutnya kita campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, campurkan air gula ke dalam campuran tepung terigu, sambil terus diaduk secara perlahan hingga adonan halus. Sedulur bisa mengaduk secara manual menggunakan tangan atau menggunakan alat mixer dengan kecepatan sedang.

Setelah adonan diaduk secara merata, diamkan adonan di suhu ruang yang sedang. Lalu kita tinggal menggoreng adonan sebagai langkah terakhir. Cara menggorengnya pun tidak sembarangan.

Sedulur perlu untuk menuang satu sendok adonan ke minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, biarkan hingga serat adonan keluar. Selanjutnya siram bagian atas adonan dengan minyak yang ada di penggorengan hingga matang. Resep kue dari tepung beras kedua pun selesai dilakukan dan dapat disajikan ke Sedulur dan anggota keluarga.

3. Kue Apem Selong atau Kue Ape

kue dari tepung beras
IDN Times

Resep kue dari tepung beras ketiga adalah kue apem selong, atau di beberapa daerah disebut dengan nama kue ape. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah 250 gr tepung beras, 200 gr gula pasir, 400 ml santan kental, 5 gr ragi instan (fermipan), 200 ml air kelapa dihangatkan, 2 butir telur, ½ sdt garam dan nangka secukupnya yang telah dipotong dadu.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama aktifkan ragi dan sediakan gelas yang berisi air kelapa hangat, jangan terlalu panas karena akan membuat ragi instan mati. Selanjutnya tuangkan ragi instan, dan beri sepucuk sendok gula pasir lalu aduk secara merata.

Diamkan selama 5 menit hingga ragi mengeluarkan busa, tandanya ragi telah aktif. Masukan ke dalam baskom dan campurkan gula pasir, telur dan garam. Lalu aduk hingga larut menggunakan mixer. Selanjutnya masukkan santan kental, aduk lagi hingga rata.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan tepung beras, aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggerindil. Kemudian tutup adonan dengan serbet bersih, diamkan adonan selama 1 jam. Setelah itu kita tinggal panaskan cetakan, oles sedikit dengan minyak.

Kemudian Sedulur tuang adonan sebanyak satu sendok dan harus ditekan dengan sendok agar terbentuk renda di pinggirannya. Kemudian setelah setengah matang, beri potongan nangka. Resep kue dari tepung beras pun selesai dan siap disajikan.

BACA JUGA: Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan yang Dijamin Enak

4. Kue Mangkuk

kue dari tepung beras
Sweetrip

Kue dari tepung beras selanjutnya adalah kue mangkuk. Kue satu ini sering kita jumpai dalam acara seminar atau kegiatan pelatihan sebagai suguhan snack. Terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan membuat kue mangkuk.

Sedulur akan membutuhkan beberapa bahan-bahan, yaitu 50 gram terigu protein sedang, 65 ml air hangat, 2 sendok teh ragi, 125 gr tape yang telah dibuang sumbunya, 225 gr gula pasir, 150 gr tepung beras, 50 gr sagu, 75 gram terigu protein rendah, 1 butir telur, ¼ sdt garam, 200 ml santan hangat, dan pewarna makanan.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama campurkan bahan hingga rata dan diamkan selama 30 menit. Lalu masukkan tepung beras, sagu, terigu, dan tape, aduk hingga rata. Selanjutnya masukan telur ke dalam adonan dan aduk rata.

Jangan lupa untuk tambahkan garam dan gula sambil diaduk hingga rata secara perlahan. Jangan pula terlewat untuk menuangkan santan sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk menggunakan mixer selama 20 menit. Setelah itu, jangan langsung dikukus namun diamkan selama 90 menit.

Setelah 90 menit berlalu, adonan siap dikukus menggunakan api besar. Kukus kue mangkuk selama 15 menit dan kue mangkuk pun siap dinikmati.

5. Kue Serabi Solo

kue dari tepung beras
Uzone

Kue dari tepung beras selanjutnya adalah kue serabi Solo. Bahan yang dibutuhkan adalah 100 gr tepung beras, 1 sdm tepung terigu, 350 ml santan kental, 25 gr gula pasir, ½ sdt vanili bubuk, ½ sdm ragi instan, ¼ sdt baking soda, ¼ sdm garam, dan jangan lupa daun pisang dan pandan secukupnya.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama masak santan dengan daun pandan dan lalu aduk hingga mendidih. Sisakan sedikit santan untuk topping, lalu campurkan semua bahan kering dan aduk secara merata. Tuang adonan dengan santan sedikit demi sedikit.

Diamkan adonan selama satu jam, dan sambil menyiapkan wajan anti-lengket. Setelah itu, masukan adonan ke dalam wajan dan setelah masak angkat dan sambil gulung dengan daun pisang agar mengeluarkan aroma yang semakin kuat.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kue Sarang Laba-Laba Enak & Praktis

6. Bubur Sumsum

Endeus TV

Olahan kue dari tepung beras selanjutnya adalah bubur sumsum. Kue dari tepung beras ini merupakan camilan yang dinikmati dengan kuah santan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras dan daun pandan.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama Sedulur campurkan semua bahan, yaitu tepung beras, santan instan, air putih biasa dan daun pandan, aduk di panci dengan api sedang. Setelah mendidih dan mengental, masukan gula aren, gula pasir, dan garam secukupnya. Bubur sumsum pun telah siap kita nikmati sebagai salah satu olahan kue dari tepung beras.

7. Nagasari

Fimela

Jajanan selanjutnya adalah nagasari. Ia merupakan jajanan tradisional yang biasa dinikmati dengan bajigur atau bandrek. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, buah pisang, tepung sagu, santan dan daun pandan.

Cara membuatnya adalah dengan melarutkan tepung sagu dan santan. Lalu campurkan santan kental sambil diaduk juga campurkan tepung beras. Jangan lupa tambahkan gula, garam dan juga daun pandan. Aduk lagi hingga rata dan adonan mendidih.

Setelah masak, angkat adonan dan campurkan larutan sagu yang telah disediakan dengan adonan. Aduk hingga rata dan cetak dengan daun pisang dan jangan lupa untuk memasukkan potongan buah pisang ke dalam cetakan. Kukus selama 20 menit, dan nagasari pun telah bisa kita nikmati.

BACA JUGA: 12 Resep Olahan Pisang Kepok, Enak, Manis & Mudah Dibuat

8. Klepon

Pinterest

Olahan selanjutnya adalah klepon. Olahan satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Klepon juga sempat viral beberapa saat yang lalu. Bahan utama yang dibutuhkan dalam membuat klepon adalah tepung beras, tepung ketan, dan gula Jawa.

Agar dapat lebih mengenal terkait klepon dan juga agar dapat membuat resep satu ini sempurna, simak cara membuat klepon yang super enak dan anti gagal dengan mencari resepnya di internet. Lengkap diulas berbagai macam cara membuat klepon dalam berbagai artikel tersebut.

9. Putu Mayang

Selerasa

Kue dari tepung beras selanjutnya adalah putu mayang. Bahan yang dibutuhkan adalah 150 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, ¼ sdt garam, 300 ml santan, pewarna makanan warna hijau secukupnya, dan daun pisang secukupnya.

Jangan lupa juga menyiapkan bahan untuk sausnya yaitu, 500 ml santan, 200 gram gula Jawa (1 sdm gula pasir dan ¼ sdt garam. Cara membuatnya sangat mudah. Aduk rata tepung beras, garam, dan santan.

Terus diaduk hingga menggumpal. Adonan diaduk di atas panci dengan api sedang. Aduk perlahan hingga halus. Setelah itu, masukkan tepung sagu sambil terus aduk hingga merata. Setelah matang, cetak adonan hingga berbentuk seperti putu mayang.

Setelah dicetak, kukus cetakan adonan selama 25 menit. Putu mayang pun siap disajikan menggunakan saus gula Jawa yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Resep satu ini pun telah siap kita nikmati.

10. Onde-onde

Fimela

Olahan selanjutnya adalah onde-onde, untuk membuat kue dari tepung beras ini kita membutuhkan bahan yaitu 200 gr tepung ketan, 1 sdm tepung beras, 50 gr kentang kukus, 3 sdm gula halus, ¼ sdt garam, 150 ml air hangat, pewarna makanan merah, kuning, hijau dan biru, 100 gr wijen dan minyak goreng.

Caranya sangat mudah, bahan yang telah disediakan dicampur dan diaduk hingga rata, setelah rata dan membentuk adonan, bentuk bulat sesuai selera. Bagi yang ingin menggunakan isian, bisa memasukkan kacang hijau, coklat atau apapun sesuai selera.

Adonan yang berbentuk bulat tersebut jangan lupa baluri menggunakan wijen. Setelah selesai, siapkan minyak dan goreng onde-onde hingga mengering. Resep kue dari tepung beras pun siap dinikmati.

Semoga aneka olahan kue dari tepung beras di atas bisa menambah pengetahuan mengenai aneka kue khas Indonesia. Jangan lupa, beli bahan untuk membuat kue dari tepung beras di atas di Aplikasi Super. Kunjungi laman Aplikasi Super dan pelajari Aplikasi Super lebih jauh!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.