bahasa pemrograman

Bahasa komputer atau bahasa pemrograman adalah suatu set pemrograman yang digunakan dalam sebuah program komputer. Terdapat berbagai bahasa komputer yang saat ini digunakan seperti dBase, BASIC, Pascal, Clipper, Fortran, C++, Java, COBOL, Delphi, C#, APC, Prolog, Simula, dan lain-lain.

Dalam prosesor CPU komputer, ada sejumlah perintah terbatas yang disebut sebagai kode mesin. Nah, kode-kode bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi dengan data yang ada di dalam perangkat tersebut, misalnya saja komputer. Jadi, bisa dibilang jika bahasa pemrograman komputer ini merupakan instruksi standar untuk memberikan perintah kepada komputer, dalam menghimpun aturan semantik dan sintaks.

BACA JUGA: Apa Itu Developer? Pengertian, Tugas, & Skill yang Diperlukan

Tingkatan bahasa pemrograman

bahasa pemrograman
Proxsis Surabaya

Bahasa ini digunakan para programmer untuk menentukan secara persis data yang akan diolah dalam komputer, penyimpanan data, serta jenis langkah yang akan diambil dalam proses pemrograman. Ada tiga tingkatan bahasa pemrograman yang saat ini digunakan, di antaranya:

Bahasa pemrograman tingkat rendah

Bahasa komputer ini menggunakan bahasa yang terbilang jauh dari bahasa manusia, misalnya saja bahasa assembly.

Bahasa pemrograman tingkat menengah

Untuk tingkat menengah ini, bahasa tersebut dapat digolongkan ke dalam bahasa tingkat rendah maupun bahasa tingkat tinggi. Dalam tingkatan ini, bahasa pemrograman contoh seperti bahasa C.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Kemudian yang selanjutnya ada bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dibilang sebagai bahasa tingkat tinggi karena bahasa tersebut sudah mendekati seperti bahasa manusia. Maka dari itu, ini adalah bahasa pemrograman untuk pemula yang paling cocok.

Macam-macam bahasa komputer

bahasa pemrograman
UNAIR

Bahasa-bahasa pemrograman di bawah ini sering digunakan oleh para programmer hingga sekarang.

1. Java

bahasa pemrograman
Medium

Java adalah bahasa pemrograman web yang sangat populer. Bahkan persentase pencariannya total di Google mencapai 19.03%. Tidak hanya berfungsi dalam pembuatan aplikasi desktop, Java juga sering digunakan untuk membuat berbagai aplikasi mobile.

Bahasa ini pertama kali dikembangkan tahun 1991. Dirilis pada 23 Mei 1995, Java langsung naik dan menjadi bahasa komputer yang banyak digunakan. Java dinilai mampu memberikan nuansa yang baru dalam perkembangan dunia teknologi informasi. Sampai saat ini, Java masih menjadi bahasa pemrograman yang wajib diketahui dan digunakan oleh para pengembang. Ya, bisa dibilang kebanyakan website atau aplikasi yang ada saat ini menggunakan bahasa Java dalam pemrogramannya.

2. Python

bahasa pemrograman
Veanti’s World

Bahasa pemrograman Phyton ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam pengembangannya. Beberapa perusahaan yang diketahui menggunakan bahasa ini seperti Google, Yahoo, Instagram, Reddit, NASA, dan YouTube.

Apabila dikategorikan dalam tingkatan bahasa, maka bahasa Pyhton tergolong ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, sama halnya seperti Java. Oleh sebab itu, Phyton juga sering digunakan untuk membangun aplikasi dari web maupun mobile. Jika Sedulur baru memulai belajar mengenai pemrograman, Python menjadi salah satu bahasa yang cukup mudah dipelajari. Selain itu, ada beberapa kelebihan dari Python seperti sintaks yang digunakan tergolong sederhana.

3. C#

bahasa pemrograman
Yuka Code

Pada akhir periode 1990-an, Microsoft membuat sebuah program Microsoft Visual J++ sebagai langkah percobaan berupa penggunaan bahasa Java pada sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka pada Microsoft Component Object Model (COM).

Bahasa ini lebih banyak ditemukan dalam platform Windows dan berjalan pada platform .NET. Karena tidak jauh dari C++ atau C, bahasa ini juga banyak digunakan dalam pengembangan berbagai macam game video.

Adanya banyak operator dan juga fleksibilitas penulisan program, terkadang membingungkan pengguna, sedangkan pemula pun umumnya merasa kesulitan untuk menggunakan pointer. Nah, jadi C# ini memiliki beberapa kelebihan seperti powerful, flexible, dan easy to use.

4. Javascript

bahasa pemrograman
Kindpng

JavaScript pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1994, pada saat internet dan website sedang mengalami perkembangan sangat pesat. Saat itu, umumnya website dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PERL yang prosesnya hanya dapat dilakukan pada sisi web server saja. Nah, saat ini ada banyak website yang menggunakan Javascript dalam kode program di dalamnya.

Tidak heran lagi karena awalnya Javascript memang dikembangkan dengan tujuan utama membuat website. Netscape menjadi perusahaan teknologi yang paling beruntung, karena bisa mengembangkan Javascript yang berguna bagi para pengembang hingga saat ini. Bukan hanya untuk membuat website saja, namun penggunaan Javascript juga mengarah pada pengembangan aplikasi mobile, desktop, dan game.

5. C

bahasa pemrograman
Alterra Academy

Belakangan ini, bahasa C masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang mengembangkan website maupun aplikasi lainnya. Sosok dibalik terciptanya bahasa C ini adalah Dennis Rithcie, pada sekitar tahun 1972 untuk Sistem Operasi Unix dalam Bell Telephone Laboratories.

Ya, bahasa C ini sebenarnya memang sudah lama eksis, bahkan beberapa pengguna menyebutnya sebagai bapak dari bahasa komputer yang lain. Kelebihan dari bahasa C ini, misalnya ada banyak operator yang bisa ditemui dan dapat digunakan untuk manipulasi data.

Bahasa C ini bersifat terstruktur sehingga sangat mudah dikembangkan dan dipahami. Sedangkan kekurangannya, bahasa ini sedikit membingungkan karena sifatnya yang terlalu fleksibel, baik dalam penulisan maupun operasinya.

6. PHP

bahasa pemrograman
Hikmah Sharing

Semenjak dikembangkan pada tahun 1994 lalu, PHP menjadi salah satu bahasa komputer yang populer di kalangan web developer. Bisa dibilang jika ada banyak website besar yang menjadikan bahasa ini sebagai salah satu komponennya.

Ya, Content Management System (CMS) seperti Joomla dan WordPress dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dasar PHP. Selain itu, Wikipedia dan Facebook juga menjadi salah satu pengguna bahasa ini.

PHP merupakan sebuah bahasa script yang tidak membutuhkan kompilasi dalam penggunaannya. Web server yang mendukung PHP juga cukup mudah ditemukan, misalnya pada IIS, Apache, Xitami, sampai Lighttpd dengan konfigurasi lebih mudah.

BACA JUGA: Apa itu Software: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Contohnya

7. Objective-C

Kindpng

Objective–C adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan tahun 1983 oleh Tom Love dan Brad Cox. Karena orientasinya pada objek, terkadang bahasa ini juga digunakan dalam pembuatan website. Nah, jadi Objective-C ini menjadi bahasa yang awalnya digunakan oleh Apple untuk mengembangkan berbagai perangkatnya. Itulah mengapa sampai saat ini pengembangan iOS menggunakan jenis bahasa Objective-C.

Bahasa komputer ini menjadi bahasa utama yang digunakan Apple dalam pengembangan sistem operasi OS X dan iOS, serta Application Programming Interfaces (API) dari perusahaan tersebut. Walaupun demikian, bahasa pemrograman ini hanya bisa digunakan untuk membuat sesuatu yang terbatas saja. Bahkan, ada banyak platform tidak bisa dikembangkan dengan menggunakan Objective-C, misalnya Android.

8. R

Bookdown

Bahasa R pertama kalinya dirilis pada tahun 1993. Namun kepopulerannya mulai meningkat pada beberapa tahun belakangan, khususnya untuk keperluan big data. Terkadang bahasa komputer ini digunakan dalam pengembangan website juga. Akan tetapi, bahasa R tidak bisa berdiri sendiri, melainkan dengan bantuan bahasa komputer yang lainnya. Hal ini karena bahasa R tergolong sebagai bahasa pemrograman berbasis interpreter.

Eksekusi untuk suatu aplikasi/fungsi yang ditulis dengan menggunakan bahasa R memerlukan program code yang panjang. Selain itu, proses eksekusi dengan bahasa komputer ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

9. Matlab

Hosteko

Berikutnya ada Matlab, sebuah bahasa program yang digunakan untuk melakukan analisis dan komputasi yang bersifat numerik. Matlab sendiri dibuat oleh Cleve Moler sekitar tahun 1970. Saat ini, Moler merancang bahasa komputer tersebut untuk memberikan akses mahasiswa dalam memakai EISPACK dan LINPACK tanpa perlu mempelajari Fotran terlebih dahulu. LINPACK sendiri merupakan library komputasi numerik yang ditulis dengan bahasa Fotran.

Ya, karya dari Cleve Moler ini langsung mendapatkan sambutan hangat dan menyebar ke berbagai universitas. Walau terkadang digunakan dalam pembuatan situs atau website, kebanyakan bahasa komputer Matlab digunakan dalam bidang statistika serta matematika.

10. Swift

Glints

Dalam event WWDC tahun 2014, bahasa Swift mulai dikenalkan dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer sampai saat ini. Selain itu, Swift juga menjadi bahasa komputer salah satu paling favorit bagi para pengembang.

Bahasa Swift ini adalah bahasa pengantar dalam pengembangan Mac dan iOS, serta menjadi bahasa utama dalam platform Apple. Sehingga bahasa Swift dirancang agar dapat terhubung dengan bahasa pemrograman Apple yang lainnya, yakni Objective-C.

Swift dianggap sebagai bahasa komputer aman karena mempunyai manajemen memori yang sangat bagus. Hal ini akan membuat para developer tidak perlu takut akan permasalahan dalam manajemen memori.

11. VBA

Achmad Suhaidi

VBA alias Microsoft Visual Basic for Applications, merupakan sebuah turunan dari Visual Basic yang dikembangkan pada tahun 1993 oleh Microsoft. VBA menjadi kombinasi yang terintegrasi antara bahasa pemrograman (Visual Basic) dengan lingkungan pemrograman (Visual Basic Editor). Sehingga, akan memudahkan para pengguna membangun dan mendesain program Visual Basic di dalam aplikasi utama Microsoft Office, yang ditujukan pada aplikasi-aplikasi tertentu.

Dalam bahasa pemrograman ini, biasanya memerlukan bantuan bahasa pemrograman lain, seperti .NET (dot NET) yang termasuk juga ke dalam keluarga Visual Basic (semua dokumentasi pengguna terdapat di dalam halaman Visual Basic Developer).

12. TypeScript

Ambrizals

Dalam platform Google, bahasa pemrograman TypeScript ini mempunyai tingkat kepopuleran dalam pencarian sebesar 1.79 %. Ya, mungkin tidak banyak yang mengenal bahasa komputer yang satu ini. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada pengembang yang menggunakan bahasa ini. TypeScript sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibangun berdasarkan pada bahasa komputer lain, yakni JavaScript.

Perbedaannya, dalam TypeScript ada penambahan fitur strong-typing dan konsep pemrograman OOP klasik (class, interface). Kemudian dalam dokumentasinya, bahasa ini disebut sebagai super-set dari JavaScript. Jadi, bisa dibilang jika kode JavaScript juga termasuk sebagai kode TypeScript.

BACA JUGA: Apa itu Perangkat Lunak: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

13. Scala

Wikipedia

Sejak didesain tahun 2001 lalu, Scala berhasil berkembang pesat hingga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer. Saat ini, Scala sudah digunakan di banyak platform website seperti Play Framework dan Akka. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Scala semakin berkembang. Salah satu buktinya seperti terbentuknya Apache Spark. Jadi, Apache Spark sendiri dibuat dengan Scala yang dijadikan sebagai aplikasi berbasis klaster untuk komputasi data.

Perusahaan besar seperti LinkedIn, Twitter, serta Netflix, menjadi beberapa perusahaan besar yang telah menggunakan bahasa komputer ini. Bahasa yang satu ini memang cukup populer, tetapi persentasenya sangat kecil jika dibandingkan dengan bahasa komputer yang lain.

14. Ruby

TeknoJurnal

Ruby ada bahasa pemrograman yang dibuat oleh programmer asal Jepang, Yukihiro. Tahun 1993, Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa scripting yang mempunyai kemampuan orientasi objek. Saat itu, pemrograman berorientasi objek sedang berkembang namun tidak ada bahasa scripting yang mendukung.

Nah, Ruby memiliki struktur sintaks yang sederhana sehingga banyak developer website yang memutuskan untuk menggunakan bahasa ini. Komunitas yang berkembang dengan dukungan dependency lengkap dan teknologi pihak ketiga, menjadi faktor lain yang membuat populernya bahasa Ruby.

15. COBOL

Quora

COBOL sendiri merupakan singkatan dari “common business oriented language”. Ini termasuk dalam bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, COBOL mempunyai fungsi untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang berhubungan dengan perdagangan.

Di dalam bahasa pemrograman yang satu ini, ada sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran perusahaan, dan segala macam hal yang erat kaitannya dengan jual beli atau bisnis. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menggunakan COBOL. Tidak hanya perusahaan yang berkaitan dengan jual beli saja, namun juga jenis perusahaan lainnya.

16. HTML

IDCloudHost

Awal mula terbentuknya bahasa HTML, berasal dari bahasa pemrograman lain yang bernama GML (Generalized Markup Language). Bahasa yang satu ini dikembangkan oleh IBM pada tahun 1980-an dan terus berkembang hingga menjadi SDML.

HTML sendiri termasuk bagian dari SDML yang dapat digunakan dalam kegiatan browsing di internet. HTML adalah singkatan dari “hypertext markup language”. Bahasa ini dapat digunakan untuk membangun website dengan mudah dan dalam waktu yang cukup singkat.

Dengan menggunakan HTML, maka pengembang bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks, sampai membuat obyek di dalam halaman website. Bahasa pemrograman ini terdiri dari element, tag, dan attribute, yang kemudian di susun oleh elemen lain.

17. Visual Basic

Tech Monitor

Visual Basic (VB) merupakan bahasa pemrograman yang menawarkan integrated development environment visual dalam pemrograman perangkat lunak dengan basis sistem operasi Microsoft Windows. Bahasa komputer yang satu ini menggunakan model pemrograman COM yang menjadi turunan bahasa pemrograman BASIC. Pemrograman BASIC tersebut mampu menawarkan pengembangan perangkat lunak berbasis grafik dengan sangat cepat.

18. Pascal

Febi Agil Ifdillah

Terakhir, ada bahasa pemrograman Pascal yang dibuat oleh Profesor Niklaus Wirth pada tahun 1971. Bahasa komputer yang satu ini dibuat sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep bahasa pemrograman kepada para mahasiswa. Tidak hanya itu, Profesor Niklaus Wirth juga membuat bahasa Pascal ini untuk melengkapi dan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada bahasa komputer lain pada saat itu.

Beberapa kelebihan dari Pascal seperti tipe data standar, user defined data types, dan juga terstruktur. Selain itu, bahasa ini juga memiliki struktur yang bersifat sederhana dan ekspresif. Dengan begitu, maka bisa dibilang jika bahasa komputer ini sudah mendekati bahasa manusia sehingga cukup mudah untuk dipahami dan dipelajari.

Nah, itulah beberapa bahasa pemrograman yang populer sampai saat ini. Setiap bahasa komputer di atas sejatinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, beberapa bahasa tersebut juga dibuat dengan tujuan yang berbeda. Jadi, sebelum Sedulur memilih jenis bahasa komputer yang akan dipelajari, Sedulur perlu menentukan tujuan utama terlebih dahulu. Oh iya, bagi Sedulur yang merupakan seorang pemula, disarankan belajar bahasa komputer yang sederhana terlebih dahulu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.