doa keselamatan

Sebagai seorang muslim, memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Memanjatkan doa keselamatan sendiri, menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar diberikan keselamatan, baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Sebenarnya memohon kepada Allah supaya terlindung dari berbagai petaka itu bisa diucapkan di dalam hati dengan niat yang tulus. Namun akan terasa lebih baik lagi jika Sedulur turut mengamalkan beberapa doa mohon perlindungan dan keselamatan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

1. Doa keselamatan dunia dan akhirat

doa keselamatan
pexels

Doa keselamatan dunia akhirat ini dapat Sedulur baca dalam berbagai kondisi dan juga situasi. Sedulur bisa memohon dengan tulus kepada Allah agar dilindungi dari siksa api neraka, serta dilimpahkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Berikut ini bacaan doa dan artinya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati.”

2. Doa agar dilindungi dari siksa api neraka

doa keselamatan
pexels

Hampir sama seperti yang pertama, doa keselamatan pendek ini juga mengandung permohonan kepada Allah agar memberikan kebaikan di dunia dan akhirat. Doa ini dapat Sedulur panjatkan secara rutin usai menjalani sholat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar

Artinya: “Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat serta lindungilah kami dari siksa neraka.”

3. Doa kesehatan dan keselamatan keluarga

doa keselamatan
pexels

Tidak hanya untuk diri sendiri, namun kesehatan dan keselamatan keluarga juga sangat penting. Nah, ada berbagai cara untuk mendapat ampunan dan keselamatan dari Allah. Untuk itu, Sedulur bisa memanjatkan doa keselamatan keluarga seperti yang ada di bawah ini.

رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Rabbij ‘alnii muqiimas Salaati wa min zurriyyatii Rabbanaa wa taqabbal du’aaa’

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku.”

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Seseorang Merindukan Kita, Yuk Amalkan!

4. Doa memohon ampunan dan rahmat-Nya

pexels

Tidak hanya memohon ampunan, Sedulur juga bisa meminta rahmat Allah dengan membaca doa berikut ini usai menjalankan shalat. Jika Sedulur meminta dengan sungguh-sungguh, tentu saja Allah senantiasa melimpahkan rahmat serta karunia yang baik.

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Rabbana amanna faghfirlana warhamna wa anta khairur-rahimin

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi Rahmat Yang Paling Baik.”

5. Doa keselamatan perjalanan

pexels

Seperti yang kita ketahui, musibah itu bisa datang kapan saja bahkan secara tiba-tiba. Untuk itu, meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah itu sangat penting, terutama sebelum memulai perjalan atau berkendara. Nah, berikut ini doa keselamatan berkendara yang bisa Sedulur baca.

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ

Qul huwallahu ahad. Allahus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad.

Artinya: “Katakanlah, Dia-lah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”

BACA JUGA: Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup, Harus Diajarkan pada Anak

Nah, itulah beberapa doa keselamatan arab, latin, dan artinya yang bisa Sedulur amalkan. Perlu Sedulur ketahui, keselamatan, kesehatan, dan ampunan yang sebenarnya itu hanya datang dari Allah. Jadi meminta kepada-Nya adalah hal paling bijak yang wajib untuk dilakukan.

Silahkan hafalkan doa keselamatan kaum muslimin di atas, dan jangan lupa untuk selalu mengamalkannya. Semoga kita senantiasa mendapat keselamatan, kesehatan, dan ampunan dari Allah SWT.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.