usaha jus buah

Salah satu ide bisnis yang tepat dengan modal sedikit adalah usaha jus buah. Meskipun modal yang dikeluarkan tergolong sedikit, keuntungan yang didapatkan bisa besar dan banyak. Pembuatannya pun cukup gampang dan menjualnya bisa memperoleh keuntungan sebanyak 15 hingga 30% dari harga buah yang akan dibuat jus.

Di samping pembuatan yang mudah, alat yang diperlukan pun tidak banyak dan mudah untuk didapatkan. Contoh alat yang digunakan adalah gelas, meja, kursi, gerobak, serta alat pembuat jus seperti blender. Buah-buahan yang sudah dijadikan jus mampu meredakan rasa haus yang menyerang, terutama pada cuaca Indonesia yang panas.

Lantas, bagaimana rincian modal usaha jus buah yang bisa menguntungkan? Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memulainya? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: Peluang Usaha Roti Bakar, Begini Tips Memulainya dari Nol!

1. Memperhatikan lokasi usaha

lokasi usaha
kawnpost

Perhatikan terlebih dahulu lokasinya sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis. Pilih lokasi yang ramai sehingga bisa diminati oleh konsumen. Sedulur juga bisa menjalankan usaha jus buah di rumah agar tidak mengeluarkan uang lebih untuk menyewa lahan atau stand.

Namun, harus diperhatikan bahwa rumah tersebut bisa dijangkau oleh konsumen yang menjadi target pasar. Misalkan, rumahmu berada di dekat sekolah. Maka, bisnis ini cocok untuk dijalankan di rumah karena konsumennya yaitu anak sekolahan bisa menjangkau lokasi dengan mudah.

Jika lokasi yang ditentukan tidak tepat, maka usaha yang dijalankan akan sia-sia karena tidak bisa menjangkau konsumen dengan mudah. Semakin lokasi tersebut ramai, maka semakin besar pula peluang usaha yang akan dijalankan.

2. Tentukan target pasarnya

usaha jus buah di rumah
pexels

Jika lokasi sudah dipilih dan ditentukan, langkah berikutnya adalah menentukan siapa saja yang menjadi target pasarnya. Misalnya jika lokasi berada di area dekat kampus, maka target pasarnya adalah anak kuliahan. Hal ini juga berlaku ketika berjualan jus di dekat gedung olahraga, pasti target pasarnya adalah orang yang sering berolahraga di sana. 

Ketika sudah menentukan target pasar, maka sesuaikan dengan harga serta porsi yang tepat. Jika lokasi berada di sekitar sekolah dasar, maka sesuaikan dengan harga yang bisa dijangkau oleh anak SD.

Keuntungan usaha jus buah akan semakin besar jika berada di komplek perumahan karena target pasarannya beragam. Mulai dari anak kecil sampai dewasa, semuanya akan menjadi target pasarnya. Prospek besar dapat dicapai jika bisnis berada di komplek perumahan, apalagi jika ada ibu rumah tangga yang ingin hidup sehat.

BACA JUGA: Tips Membuka Usaha Gorengan, Rincian Modal & Untungnya

3. Memikirkan ide kreatif yang berbeda dari lainnya

keuntungan usaha jus buah
pexels

Seseorang harus memiliki sesuatu yang berbeda dari kompetitor jika ingin membangun sebuah bisnis. Pikirkan ide kreatif yang belum pernah dimiliki oleh kompetitor agar usaha semakin dikenal secara luar. Contohnya adalah dengan membangun usaha jus buah kekinian dengan berbagai macam menu yang lengkap, menarik, inovatif, serta memiliki kemasan yang berbeda.

Terdapat banyak bisnis serupa yang menawarkan berbagai macam menu yang tidak sekedar minuman saja. Menu tersebut bisa dikombinasikan dengan berbagai kudapan yang menjadi topping seperti ice cream, pudding, boba, dan coklat.

Tak hanya itu, mereka juga menawarkan kemasan yang menarik dan komunikatif seperti diberi tulisan notes yang berisi kalimat sesuai dengan permintaan pembeli. Biasanya, catatan tersebut bisa berupa motivasi penyemangat, gombalan, serta berbagai kata-kata spesial lainnya.

4. Memperkirakan modal

modal usaha jus buah
pexels

Hal yang paling penting dan harus dipikirkan oleh setiap pengusaha adalah memperkirakan modal. Setelah mengetahui lokasi usaha dan ide apa yang bisa membuat bisnis semakin berkembang, perhitungan perkiraan modal usaha jus buah yang sesuai dengan budget. Misalnya adalah sewa tempat jika diperlukan, biaya kebersihan, pegawai, dan listrik. Peralatan seperti kulkas, blender, gelas, dan pisau juga harus dipikirkan. Tak lupa juga biaya promosi yang harus dikeluarkan.

Usaha yang satu ini memang tergolong memiliki modal sedikit jika tidak disertai dengan biaya sewa lahan atau tempat. Tentunya, memiliki usaha yang lokasinya di rumah bisa menjadi salah satu poin plus untuk menekan modal. Dengan asumsi biaya Rp500 ribuan saja, Sedulur sudah bisa membuka bisnis sederhana yang satu ini. Tidak memerlukan lahan yang cukup luas, cukup sekitar 2×2 meter saja bisa digunakan sebagai peluang bisnis yang satu ini.

Belilah perlengkapan usaha yang berkaitan dengan harga terjangkau seperti blender, termos es, etalase, kursi, gerobak, dan berbagai macam buah-buahan. Dengan asumsi perkiraan tersebut, Sedulur sudah bisa balik modal dengan cepat. Hal ini bisa terjadi jika lokasi dan target pasar yang ditentukan juga sudah tepat.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Konveksi, Perhitungan Modal dan Untungnya

5. Lakukan promosi yang menarik sesuai target pasar

strategi pemasaran
pixabay

Penting dalam sebuah usaha melakukan promosi agar produk semakin dikenal, terutama untuk target pasar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha, seperti menyebar brosur, pamflet, atau iklan di berbagai sosial media seperti facebook dan instagram. 

Jika memilih untuk promosi secara online, modal yang dikeluarkan juga bervariatif. Untuk mempromosikan usaha jus buah dengan cara iklan, maka modal yang dikeluarkan akan lebih besar daripada melakukannya secara offline. Namun, hal tersebut lebih bisa menjangkau masyarakat luas dan keuntungan juga akan berlipat.

Gunakan foto atau gambar dengan deskripsi yang menarik dalam melakukan promosi melalui media sosial. Keluarkan bahasa promosi yang menarik dan mudah dicerna oleh target pasar. Pelajari dan gunakan bahasa yang bersifat persuasif, agar konsumen bisa tertarik. Lakukan juga berbagai macam promo seperti beli satu gratis satu selama periode tertentu atau bisa juga memberikan harga pada menu tertentu.

Memberikan kupon ketika pembeli sudah mencapai target pembelanjaan tertentu juga dinilai efektif agar pembeli melakukan repeat order. Contohnya adalah jika pembeli sudah melakukan transaksi sebanyak lima kali di toko anda, maka pembelian selanjutnya bisa didapatkan secara gratis. Promosi yang seperti itu cocok dilakukan dengan target pasar mahasiswa atau pelajar.

Perlu diperhatikan untuk selalu menjaga kualitas rasa yang enak agar para pembeli bisa melakukan repeat order atau pembeli bisa merekomendasikan produk ke teman atau rekan terdekatnya. Sehingga, mereka tidak akan segan untuk datang kembali dan membeli dagangan jus buah milik Sedulur.

6. Selalu perhatikan kebersihan bahan baku dan perlengkapan

perlengkapan usaha jus buah
gobiz

Kualitas jus buah yang dijual juga harus diperhatikan di samping keunikan dari rasa serta kemasan yang menjadi daya tariknya. Semua perlengkapan usaha jus buah juga harus diperhatikan kebersihannya. Pilih air mineral dengan kualitas terbaik untuk menjaga kebersihannya.

Cuci blender yang sudah digunakan sebelumnya dengan air yang mengalir dan bersih setiap selesai melayani satu porsi jus atau satu pembeli. Jika pelaku bisnis bisa menjaga kebersihan dengan baik, maka kepercayaan para konsumen atau pembeli akan bisa meningkat. Sehingga, mereka akan merasa nyaman dan aman ketika membeli dagangan Sedulur.

BACA JUGA: Cara Bisnis Aquaspace Modal Tipis Omzet Berlapis, Cocok Untuk Pemula

7. Mulailah berjualan

bisnis
anteraja

Apabila semuanya sudah siap, mulai dari modal sampai inovasi yang dilakukan, maka saatnya untuk Sedulur membuka usaha tersebut dengan mulai berjualan. Jangan lupa untuk mengetahui setiap karakter buah dan cara menyimpannya agar tidak mudah rusak dan membusuk. Jika buah membusuk atau rusak, maka pelanggan akan kecewa dan tidak mau lagi membeli jus di tempat Sedulur. Selain itu, kerugian juga akan diterima oleh pemilik usaha. 

Selain itu, jaga selalu kebersihan dari tempat usaha. Jangan biarkan sampah dari kulit buah sisa jus berserakan di lantai. Hal itu juga akan menjadi salah satu penilaian konsumen yang akan diterima nantinya. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik agar di mata pelanggan ada kesan yang baik pula. 

8. Gunakan layanan pesan antar

layanan pesan antar
suara

Ketika sudah memulai berjualan, jangan lupa untuk mengaktifkan layanan pesanan antar. Di era digital seperti sekarang ini membuat para pengusaha bisa menjalankan usaha dengan mudah dengan cara tersebut. Hal ini didukung oleh kemunculan berbagai macam aplikasi yang berguna untuk memudahkan pengusaha dalam mengelola usaha jus buah dan semakin mudah menjangkau pembeli.

Itu dia beberapa cara untuk memulai bisnis bermodal kecil ini dengan mudah dan tepat. Perlu diingat bahwa setiap usaha juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan usaha jus buah adalah ketika sudah memasuki musim hujan, penjualannya cenderung mengalami kemerosotan. Konsumen akan jarang membeli minuman dingin karena cuaca yang sudah dirasa dingin.

Tak hanya itu, bahan baku juga akan cepat membusuk. Untuk mengatasinya, sesuaikan stok buah sesuai dengan kebutuhan dalam satu hari saja. Hindari penggunaan pemanis buatan karena konsumen atau pembeli juga bisa menilai dari rasanya. Tambahkan pula beberapa menu lainnya selain jus agar semakin bervariatif dan untung menjadi lebih banyak. Semoga berhasil!