urutan hair care

Selain wajah, rambut harus bisa dirawat dengan baik agar tidak timbul berbagai permasalahan. Permasalahan yang umumnya terjadi tersebut diantaranya adalah rambut rontok, kusam, mengembang, serta berketombe. Untuk mendapatkan rambut yang bagus, mencucinya saja tidaklah cukup. Sedulur harus melakukan urutan hair care yang tepat agar hasilnya maksimal.

Mencuci rambut saja tidaklah cukup karena shampoo mengandung detergen yang lebih banyak daripada nutrisi. Seringkali kita akan merasa bingung bagaimana urutan perawatan rambut yang tepat agar hasilnya efisien. Untuk mengetahuinya, berikut adalah informasi mengenai urutan hair care yang bisa diikuti oleh Sedulur. 

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Telurnya, Ampuh!

1. Menggunakan hair oil sebelum mencuci rambut

urutan hair care routine
pexels

Sebelum mencuci rambut, pastikan Sedulur mengaplikasikan hair oil terlebih dahulu. Fungsi dari hair oil adalah untuk memperkuat akar, mempercepat pertumbuhan rambut, meningkatkan sirkulasi darah, serta menjaga kelembaban pada rambut. Kutikula pada rambut juga akan membaik karena adanya kandungan minyak seperti minyak almond, zaitun, peppermint, ataupun minyak kelapa. 

Saat mengaplikasikan urutan hair care routine ini, lakukan pijatan lembut ke bagian kulit kepala selama beberapa menit. Hal ini digunakan untuk memaksimalkan penyerapan kandungan hair oil pada rambut.

Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih sampai tidak ada lagi minyak yang tersisa. Untuk Sedulur yang memiliki rambut berminyak, sebaiknya skip langkah ini agar tidak menimbulkan lepek yang berlebihan pada rambut.

2. Jangan lupa untuk menyisir rambut

urutan hair care yang benar
pexels

Terkesan sepele, namun kita harus bisa membiasakan diri untuk menyisir rambut minimal satu kali sehari agar rambut tidak menjadi kusut. Menyisir rambut merupakan urutan hair care yang benar agar minyak alami yang terkandung dalam rambut dapat tersebar dengan baik, dari ujung rambut sampai ke akarnya. Sehingga, rambut akan tampak lebih berkilau, sehat, serta tidak kusut.

BACA JUGA: 12 Model Rambut Sebahu Kekinian yang Hits di Tahun 2022

3. Keramas dengan shampoo yang tepat

shampoo yang tepat
pexels

Sebaiknya pilih shampoo yang tepat sebelum memutuskan untuk mencuci rambut. Hal ini dikarenakan setiap jenis rambut memiliki waktu mencuci rambut yang berbeda pula. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Untuk hair care rambut kering dan kasar serta terasa rapuh, cukup mencuci rambut setiap tiga hari sekali
  • Jika rambut cenderung berminyak, sebaiknya keramas lebih sering terutama saat rambut terasa lepek
  • Sedulur bisa keramas dua hari sekali jika memiliki rambut yang tidak terlalu berminyak dan cenderung normal

Jika sudah mengerti berapa hari sekali sebaiknya keramas, selanjutnya adalah pemilihan shampo yang tepat. Pilih shampoo yang mempunyai kandungan keratin yang bisa membuat rambut tidak mengembang dan lurus dengan sempurna. Bersihkan rambut dengan seksama dan merata dari kulit kepala sampai ujung rambut dan lakukan pijatan secara perlahan agar shampo dapat terserap dengan baik di rambut.

4. Gunakan conditioner sesudah membilas rambut

conditioner
unsplash

Ketika rambut masih dalam keadaan basah setelah mencucinya dengan shampo, jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner. Setelah mengoleskannya secara merata dari ujung hingga akar rambut, diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya dibilas.

Menggunakan kondisioner menjadi urutan hair care routine untuk remaja yang tepat agar rambut senantiasa lembut dan sehat. Selain melembutkan, kondisioner juga bisa untuk melembabkan rambut serta membuat rambut lebih gampang untuk diatur.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik yang Bagus & Awet

5. Aplikasikan hair mask seminggu dua kali

hair mask
unsplash

Hair mask atau masker rambut tidak kalah penting dari penggunaan kondisioner. Dengan mengaplikasikannya secara teratur kurang lebih dua kali dalam seminggu, maka rambut akan menjadi lebih ternutrisi dan terhidrasi.

Ada berbagai macam masker rambut yang bisa dipilih oleh Sedulur sesuai dengan kebutuhan rambut. Urutan hair care untuk rambut kering dan mengembang bisa dengan mengaplikasikan masker rambut yang berbahan lidah buaya atau minyak zaitun. Untuk rambut yang diwarnai, bisa menggunakan hair mask berbahan coklat atau stroberi.

Selain menutrisi rambut, hair mask juga bisa digunakan untuk menghaluskan dan melembutkan rambut. Instruksi yang diberikan oleh setiap merk hair mask umumnya berbeda, namun biasanya cukup mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit sebelum akhirnya dibilas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Creambath rambut seminggu sekali

Creambath
pexels

Salah satu urutan hair care routine untuk remaja selain menggunakan conditioner adalah dengan melakukan creambath. Selain di salon, creambath juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Proses untuk melakukannya adalah kurang lebih satu jam, dengan urutan pemijatan kepala, pundak, dan leher secara lembut agar peredaran darah pada kepala akan semakin lancar.

Namun, creambath sebaiknya dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu agar kelembaban dapat terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk memilih produk yang cocok dengan permasalahan pada rambut agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

BACA JUGA: 8 Fakta Shampo Kuda Untuk Memanjangkan rambut, Beneran?

7. Gunakan serum rambut

urutan hair care untuk rambut kering dan mengembang
unsplash

Untuk Sedulur yang sering menggunakan catokan, pengeriting rambut, atau hair dryer, sebaiknya imbangi dengan menggunakan hair serum. Serum rambut cocok sebagai hair care rambut rontok dan kering yang biasanya dimiliki oleh seseorang yang terlalu banyak menggunakan catokan dan alat lainnya. Fungsi dari penggunaan hair serum sendiri adalah sebagai pengganti protein yang hilang karena penggunaan alat styling rambut.

Selain mengganti protein, hair serum juga akan menjadikan rambut semakin mudah ditata serta lebih halus. Ada berbagai macam pilihan serum yang bisa dipilih oleh Sedulur, mulai dari berbentuk kapsul maupun semprot. Oleskan serum setelah mencuci rambut dengan rutin agar kesehatan rambut dapat terjaga dengan baik.

8. Hair mist untuk aktivitas luar ruangan

hair care rambut rontok
pexels

Agar rambut tetap wangi saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan hair mist. Rekomendasi hair care ini bisa memberikan keharuman serta kesegaran pada rambut sepanjang hair. Dengan berbagai nutrisi yang menjadi formula produk ini, rambut akan menjadi mudah diatur serta terjaga keharumannya.

Setelah mengetahui berbagai urutan perawatan rambut di atas, tentunya Sedulur sudah memahami bahwa menjaga kesehatan rambut itu tidak kalah penting dengan wajah dan tubuh. Selain menjaganya dari luar, merawat rambut juga bisa dilakukan dari dalam. Dengan pemakaian dan urutan hair care alami dari dalam ini bisa berupa konsisten mengonsumsi makanan yang bergizi seperti vitamin, mineral, dan protein. 

Untuk mendapatkan nutrisi rambut dari dalam dengan cara menjaga pola makan, Sedulur bisa membeli kebutuhannya di Aplikasi Super. Selain lengkap, harga yang ditawarkan pun juga beragam. Segera unduh, ya!