cara menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Dalam kondisi yang satu ini, risiko penyakit jantung dan stroke sangat meningkat. Selain rutin cek kadar kolesterol, Sedulur juga wajib tahu cara menurunkan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Everyday Health, normalnya kadar kolesterol total orang dewasa itu di bawah 200 mg/dL. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar kolesterol Sedulur ada di atas angka normal, maka itu saatnya kamu mulai berupaya untuk segera menurunkannya.

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa perlu minum obat. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

1. Oat

cara menurunkan kolesterol secara alami
pixabay

Cara menurunkan kolesterol dalam darah yang pertama adalah dengan oat. Disebutkan bahwa satu mangkuk oat mampu memberikan 1-2 gram serat larut bagi tubuh. Sedangkan para pakar nutrisi merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan serat antara 20-35 gram tiap harinya. Jadi agar kebutuhan serat tubuh bisa lengkap, Sedulur dapat menambahkan stroberi atau pisang ke dalam mangkuk oat.

2. Buah-buahan segar

cara menurunkan kolesterol tinggi
pixabay

Seperti yang telah diketahui bahwa hampir semua jenis buah-buahan mampu memberikan efek positif bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Termasuk menurunkan kadar kolesterol. Untuk khasiat tersebut, buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah apel, stroberi, anggur, dan juga jeruk.

Beberapa buah tersebut memiliki kandungan pektin yang sangat tinggi. Pektin sendiri merupakan jenis serat larut yang dinilai mampu menurunkan Low-Density Lipoprotein (LDL) atau pembawa kolesterol.

3. Minyak nabati

cara menurunkan kolesterol dengan cepat
pixabay

Sedulur ternyata juga bisa menggunakan minyak nabati cair untuk menurunkan kolesterol. Beberapa minyak nabati yang dapat digunakan seperti bunga matahari, canola, safflower, dan jenis lainnya. Kamu bisa menambahkan minyak nabati tersebut pada saat memasak. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, berhasil membuktikan bahwa minyak nabati dapat membantu menurunkan LDL yang ada di dalam tubuh.

4. Kedelai

cara menurunkan kolesterol dalam darah
pixabay

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi kedelai maupun makanan yang berbahan kedelai. Peneliti berhasil menunjukkan jika mengonsumsi 25 gram protein kedelai perhari akan menurunkan kadar kolesterol sebesar 5-6%.

5. Makanan yang mengandung sterol dan stanol

cara menurunkan kolesterol tanpa obat
pixabay

Sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman ternyata mampu menyerap kolesterol jahat yang yang terkandung di dalam sebuah makanan. Kedua zat tersebut, terkandung dalam berbagai jenis buah, sayuran, biji-bijian, minyak sayur, sereal dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi sterol atau stanol sebanyak 2 gram tiap harinya, maka kadar kolesterol LDL dalam tubuh bisa diturunkan hingga 10%.

6. Ikan

sayuran untuk menurunkan kolesterol
pixabay

Ternyata mengonsumsi ikan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu juga mampu menurunkan kolesterol. Nah, Sedulur bisa menjadikan ikan sebagai pengganti daging ayam dan sapi yang mengandung lemak jenuh penambah LDL.

Dalam daging ikan tersebut terdapat kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui, bahwa omega 3 dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah serta menjaga kesehatan jantung.

7. Jeruk nipis

cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis
pixabay

Bukan menjadi rahasia lagi jika jeruk nipis mampu memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Khasiat yang dimaksud tersebut, salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol tinggi yang ada di dalam darah.

Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis tersebut juga sangat mudah. Sedulur hanya cukup meminum paling tidak 500 ml air perasan jeruk nipis setiap hari dan langsung rasakan manfaat yang diberikan.

BACA JUGA: 10 Fakta Apel Fuji Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

8. Rempah-rempah

Rempah-rempah
pixabay

Beberapa rempah seperti bawang putih, lada hitam, temulawak, ketumbar, jahe, dan kayu manis juga dinilai mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini bisa terjadi karena berbagai zat dan senyawa yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, rempah-rempah juga dapat mencegah hasrat untuk makan berlebihan. Selain kadar kolesterol terjaga, berat badan Sedulur akan lebih terkontrol.

9. Sayuran hijau

Sayuran hijau
pixabay

Ada juga lho sayuran hijau yang mampu menurunkan kolesterol. Beberapa sayuran untuk menurunkan kolesterol seperti halnya kangkung, bayam, dan arugula yang terbukti mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah. Antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau tersebut mampu mengikat asam empedu yang dibuat dari kolesterol. Dengan ini, maka terakumulasinya kolesterol dalam darah bisa dicegah.

10. Cokelat

Cokelat
pexels

Cokelat adalah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam waktu singkat. Kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalamnya, dinilai berkaitan erat dengan penurunan kolesterol jahat.

Akan tetapi, Sedulur perlu mempertimbangkan jenis makanan yang satu ini jika sedang menjalani diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena cokelat tergolong sebagai makanan yang tinggi kalori.

11. Minyak udang

Minyak udang
pexels

Minyak udang atau yang sering disebut sebagai minyak krill, menjadi salah satu generasi baru penghasil Omega 3. Minyak ini mengandung asam emak esensial yang juga ditemukan pada minyak ikan.

Tidak hanya itu, minyak udang juga memiliki kandungan asam lemak lain yang berasal dari astaxanthin serta fosfolipid yang tinggi antioksidan. Menurut sebuah penelitian, minyak udang ini lebih efektif diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan minyak ikan karena DHA dan EPA yang dikandungnya terikat dengan fosfolipid.

14. Teh hijau

teh hijau
pixabay

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang terakhir adalah dengan teh hijau. Jenis teh ini memang kaya akan antioksidan sehingga kolesterol jahat bisa dibasmi. Bahkan teh hijau menjadi jenis teh dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis teh lain. Sedulur bisa mengonsumsi the hijau secara rutin tiap hari untuk membuat kolesterol menjadi lebih stabil dan juga membuat tubuh lebih sehat lagi.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa Sedulur coba. Tentu saja Sedulur sudah tahu, jika penggunaan bahan-bahan alami itu jauh lebih aman ketimbang menggunakan obat-obatan kimia.

Namun Sedulur tetap harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai menggunkan barang yang sudah tidak layak, dan justru mendatangkan penyakit baru. Untuk itu, langsung saja download Aplikasi Super, dan dapatkan penawaran harga termurah dengan kualitas terbaik di dalamanya.