cara mengawinkan ikan cupang

Trend memelihara ikan hias memang sedang populer belakangan ini. Banyaknya orang yang mulai menggemari ikan hias, membuat harganya juga turut naik. Nah, dari sekian banyak ikan hias yang ada, salah satu yang sering menjadi pilihan adalah ikan cupang blue rim.

Ya, sebenarnya ada banyak jenis ikan cupang dengan warna yang sangat cantik dan beragam. Namun jenis blue rim ini menjadi cupang yang paling banyak diburu sehingga harganya sangat mahal. Bahkan ada juga cupang blue rim harga 12 juta yang pernah direview oleh seorang flogger.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan ikan cupang blue rim termahal ini, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

Ciri-ciri ikan cupang blue rim

ikan cupang blue rim
aquapedia

Sama halnya seperti jenis ikan cupang yang lain, jenis blue rim ini juga memiliki ciri khusus. Ciri khusus yang dimaksud adalah perpaduan antara warna putih dan biru di bagian tubuhnya. Untuk warna putih adalah warna dominasi, sedangkan untuk biru mengelilingi sepanjang sirip, ekor, serta pinggir badannya.

Tentu saja tampilan dari ikan blue rim ini nampak sangat cantik layaknya warna langit dengan hiasan berupa awan. Ikan yang satu ini sangat cocok untuk Sedulur jadikan sebagai peliharaan, karena mampu memberikan kesenangan dan juga ketenangan setelah larut dalam keelokannya.

BACA JUGA: 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

Jenis-jenis ikan cupang blue rim

ikan cupang blue rim
icalofish

Bisa dikatakan jika cupang ble rim ini dikenal sebagai salah satu jenis cupang yang cukup susah dibudidayakan, baik itu dari pemeliharaan sampai peranakan. Dari ratusan telur, mungkin hanya sekitar 5 sampai 10 persen saja yang bisa menetas.

Jadi tidak heran jika harga ikan cupang blue rim ini sangat mahal, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

1. Cupang blue rim panda

ikan cupang blue rim
cupangbetta

Ikan cupang blue rim panda ini memiliki warna perpaduan antara putih dan biru tua. Kemudian matanya terlihat lebih besar karena warna di sekitarnya hitam mengkilat. Oleh sebab itu, jenis blue rim ini disebut sebagai cupang blue rim panda.

Kemudian untuk penyebaran warna biru tua pada ikan tersebut cukup bervariasi. Ada yang warna biru tuanya di sepanjang ekor dan siripnya saja. Namun ada juga yang warna bir tuanya tersebar di hampir sebagian besar tubuhnya.

2. Cupang marble blue rim

ikan cupang blue rim
zonaternak

Yang berikutnya ada cupang marble blue rim. Jenis cupang yang satu ini memiliki warna putih dan biru yang acak di seluruh bagian tubuhnya. Untuk warna dominannya tidak tentu, tergantung dari indukan yang digunakan pada kawin silangnya.

Selain itu, ada yang memiliki warna dasar putih dengan bintik berwarna biru, dan ada juga yang tubuhnya warna biru jauh lebih mendominasi bagian tubuhnya. Namun kebanyakan dari jenis marble blue rim ini, tubuhnya didominasi oleh warna putih.

3. Cupang blue rim Thailand

ikan cupang blue rim
karousell

Cupang blue rim Thailand memiliki warna dasar tubuh krem atau putih dengan balutan warna biru tua di bagian ekor dan tepi sirip. Namun tidak sedikit juga blue rim Thailand yang seluruh sirip dan ekornya berwarna biru.

Tentu saja harga cupang blue rim Thailand ini lebih mahal, karena import atau didatangkan secara langsung dari luar negeri. Untuk harganya sendiri berpatok pada warna tubuh yang dimiliki. Semakin putih, bersih dan warna garis biru di ekor dan siripnya rapi, tentu akan semakin mahal pula harganya.

4. Cupang fancy blue rim

gdmagri

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Sedulur akan mengiranya sebagai ikan cupang blue rim bocor. Namun ternyata itulah keunikan dan kecantikan yang ditampilkan oleh ikan cupang fancy blue rim ini. Ya, tubuh dari ikan ini memiliki warna kombinasi putih dan biru, dengan warna putih yang mendominasi.

Kemudian untuk warna birunya, terletak secara acak di bagian tubuh dan ekornya. Selain itu, ukuran dari sirip dan ekornya juga sedikit lebih besar dari jenis blue rim lainnya.

5. Giant blue rim

bettaid

Bisa dikatakan jika giant blue rim adalah jenis cupang blue rim yang sangat susah dicari. Dengan perpaduan warna biru tua dan putih, serta adanya garis warna lain di bagian ekor, membuatnya terlihat sangat cantik.

Sebagian tubuh, ekor, dan siripnya berwarna biru. Sementara pinggiran sirip dan ekor dihiasi oleh warna putih.

6. Blue rim yellow body

carousell

Berbeda dengan beberapa blue rim yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis ikan cupang blue rim yellow ini memiliki tubuh dengan warna kombinasi antara kuning dan biru. Namun ada juga beberapa yang memiliki tambahan warna putih di bagian tubuhnya.

Ya, banyak yang mengatakan jika jenis blue rim yang satu ini sangat langka. Oleh sebab itu, harga blue rim yellow body ini juga sangat mahal.

Cara merawat ikan cupang blue rim

weddingcards

Keindahan utama yang ditampilkan oleh cupang blue rim ini berasal dari ekor dan siripnya. Akan tetapi, kedua anggota tubuh tersebut sangat rapuh. Jadi jika Sedulur memelihara ikan ini, maka harus tahu beberapa hal sebagai berikut.

Perhatikan kualitas air

Jika ingin ekor dan siripnya tetap terlihat cantik, maka Sedulur harus mengganti airnya setiap beberapa hari sekali secara rutin. Menurut rekomendasi dari komunitas hobi cupang, disarankan untuk mengganti air 2 hari sekali. Usai mengganti air, endapkan dulu air tersebut paling tidak selama 3 jam.

Penambahan antibiotik alami

Kebanyakan sirip ekor blue rim ini rusak karena terserang penyakit atau jamur. Maka dari itu, Sedulur perlu mencegahnya dengan menggunakan antibiotik alami. Caranya cukup mudah, yakni dengan menambahkan daun ketapang agar airnya menjadi lebih sehat.

BACA JUGA: 10 Jenis Ikan Komet dan Cara Merawatnya dengan Baik

Perawatan untuk blue rim ini memang harus dilakukan secara teliti karena fisiknya yang rapuh dan harganya yang cukup mahal, terutama cupang blue rim mutasi. Namun dijamin, kerepotan yang dialami tersebut akan terbayarkan dengan tampilan tubuh, sirip, dan ekor yang sangat menawan.

Oh iya, ada satu hal lagi yang perlu Sedulur ketahui ketika memelihara cupang blue rim. Pastikan jangan sampai ikan tersebut merasa stres. Jika hal itu terjadi, tentu saja sirip dan ekornya bisa rusak.