hadiah untuk hari ibu

Hari Ibu sudah di depan mata, nih. Sudah siapkan hadiah untuk Hari Ibu apa yang cocok buat sosok berarti dalam hidupmu ini? Pilihannya banyak, tetapi kamu masih galau tentukan mana yang paling tepat dengan karakter dan preferensi sang penerima. Kalau sudah kepepet, alhasil kadonya bakal berkutat pada bunga atau makanan. Siapa yang sering begini? 

Sedulur bisa gunakan puluhan inspirasi hadiah untuk Hari Ibu yang sudah dikurasi di bawah in sebagai alternatif. Tentunya jangan lihat harga, tetapi makna dan perhatian yang kamu tujukan untuk mereka. Yuk, langsung saja simak referensi di bawah ini. 

BACA JUGA: 30 Ide Kado Untuk Bayi Baru Lahir yang Unik & Bermanfaat

1. Camilan sehat 

kado untuk hari ibu 2021
instagram.com/shuangys_kitchensink

Takut kalau barang yang kamu pilih untuk hadiah Hari Ibu kurang cocok atau pas dengan preferensi mama? Coba yang aman boleh, lho. Makanan misalnya. Daripada tart, ada baiknya Sedulur coba membelikan camilan sehat untuk mereka. Apalagi kalau kamu tahu sang mama mengidap penyakit tertentu dan harus jaga kesehatan, camilan sehat bisa mereka nikmati tanpa rasa bersalah. Contoh camilan sehat bisa buah-buahan, biskuit gandum tanpa gula, multigrain, kurma, dan lain sebagainya. 

2. Voucher staycation

unsplash.com

Memanjakan sang ibu di hari spesial bisa Sedulur lakukan dengan mempersembahkan paket liburan gratis. Booking hotel dengan pemandangan yang indah dan udara sejuk, bekali pula dengan transportasi yang menunjang, pokoknya ibu hanya tinggal modal badan, deh. Tiket atau voucher staycation bahkan bisa kamu beli secara daring. Praktis buat si pemberi, tapi efeknya besar buat si penerima. 

3. Tanaman hias yang sedang mereka buru

ide kado untuk orang tua
instagram.com/bunkebunbun

 Kalau mama ibu Sedulur adalah tipe orang yang menghabiskan waktu luangnya berkebun, tanaman hias bisa jadi hadiah yang cocok untuk Hari Ibu tahun ini. Belikan mereka bibit tanaman beserta paket pot dan pupuk atau langsung datang ke rumahnya dan persembahkan satu pot tanaman hias cantik yang sedang mereka buru. Pasti bakal berkesan banget, momennya pas pula. 

4. Teko penyiram tanaman

hadiah untuk hari ibu yang murah meriah
instagram.com/hygge_loft

Mamamu tipe orang yang sudah punya segala macam tanaman hias? Tenang, Sedulur bisa memilih teko penyiram tanaman sebagai kado untuk ibu dibawah 100 ribu. Pilih yang bahannya lebih awet dan kokoh, serta desainnya lebih elegan. Bisa nih jadi pengganti teko sang ibu yang berbahan plastik. Dengan begitu, beliau pun termotivasi untuk makin rajin berkebun. 

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

5. Madu premium 

instagram.com/justhoneyaf

Selain paket masker dan hand sanitizer yang sudah umum, kado untuk Hari Ibu 2021 bisa kamu wujudkan dalam bentuk sumber makanan yang kaya nutrisi dan khasiat. Misalnya madu premium, nih. Di usia yang sudah senja, menjaga kesehatan mungkin jadi prioritas mereka.

Ini bisa jadi bentuk perhatianmu pada sesuatu yang jadi prioritas mereka saat ini. Madu premium ada di harga Rp200-400 ribuan per botolnya. Tak jauh beda dengan harga pil suplemen kesehatan, tetapi tentu madu bisa jadi pilihan yang lebih sehat karena bebas efek samping. 

6. Buku fiksi atau non fiksi 

hadiah yang cocok untuk hari ibu
instagram.com/greeniebabybooklogue

Jika ibumu tipe kutu buku yang suka banget menghabiskan waktu luang dengan membaca, buku bisa jadi ide kado untuknya. Sebelum beli, coba riset apakah mereka penggemar buku fiksi atau non fiksi. Perhatikan pula genre yang mereka suka, kemudian cari rekomendasi buku yang tepat buat sang mama. Tidak harus buku tentang parenting atau bertema ibu, kok. Sesuaikan dengan preferensi si calon penerima hadiah. 

7. Lilin aromaterapi atau diffuser 

instagram.com/wienerwohnsinn

Hadiah untuk Hari Ibu yang berkesan lainnya adalah lilin aromaterapi. Sepele sih, tetapi kalau mereka tipe orang yang suka mendekam di rumah sambil menyesap teh dan nonton televisi, lilin aromaterapi atau diffuser bakal membuat mereka makin betah di rumah. Harganya pun masuk akal, kok. Cukup ramah di kantong. 

8. Sabun dan shampo organik 

hadiah untuk hari ibu yang berkesan
instagram.com/zerowastemvmt

Begitu pula dengan sabun dan shampo organik, selama ini ibu mungkin sudah malas membeli segala tetek bengek skincare. Mereka cenderung membeli apa yang sudah mereka pakai sedari lama. Kamu boleh memperkenalkan mereka dengan pilihan skincare yang sedang tren. Mulai dari sabun dan shampo organik dulu, deh. Selain lembut dan aman di kulit dan rambut, biasanya produk-produk macam ini punya kemasan dan bentuk estetik, jadi mudah buat dikemas jadi kado. 

BACA JUGA: 15 Pilihan Mainan Anak 1 Tahun yang Dukung Perkembangan Otak

9. Travel mug

instagram.com/ecoraliving

Ibu mungkin punya banyak cangkir dan mug di rumah, tetapi mungkin mereka belum punya nih travel mug yang bisa dibawa ke mana-mana. Cocok kalau suatu saat mereka akan melakoni perjalanan jauh atau sekedar staycation. Mug jenis ini dilengkapi insulasi yang baik sehingga kehangatan minuman bakal terjaga dan tak akan mudah tumpah. 

10. Alat masak yang materialnya aman untuk kesehatan

hadiah untuk hari ibu
instagram.com/rootsandbootshome

Tak perlu yang canggih, kadang mama cuma butuh panci baru yang bahannya lebih kokoh dan aman untuk kesehatan. Panci berbahan keramik atau skillet iron bisa Sedulur persembahkan sebagai ide kado untuk orang tua di rumah.

Selain tampilannya anggun, alat masak dengan bahan aman pastinya disukai orang tua yang mulai memprioritaskan kesehatan saat ini. Apalagi kalau sang mama terkenal suka masak, kado ini pasti bisa membuat mereka tersenyum senang. 

11. Buku resep 

instagram.com/nelthewhichcraftsbooks

Buat sang mama yang suka masak, buku kumpulan resep bisa jadi harta karun berharga buat mereka. Apalagi untuk mamamu yang masuk usia paruh baya dan mulai malas membuka resep yang tertera di layar komputer, buku resep yang kamu persembahkan sebagai kado pun bakal sangat disyukurinya. Ini juga hadiah untuk hari ibu tanpa mengeluarkan biaya berlebih. 

12. Alas kaki buat jalan-jalan 

hadiah untuk hari ibu
instagram.com/birkenstock

Sandal atau sepatu olahraga cocok untuk tipe ibu yang aktif dan rutin olahraga ringan di sekitar rumah. Tentunya Sedulur wajib pilih yang benar-benar empuk dan nyaman buat dipakai, ya. Bahkan yang sederhana, tanpa banyak ornamen bunga yang feminin juga boleh, kok. Utamakan kenyamanan dibanding ornamen pokoknya. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Orang Tua Beserta Artinya, Harus Diamalkan

13. Alat olahraga 

instagram.com/bigliamofficial

Selain alas kakinya, perkenalkan alat olahraga untuk latihan ringan di rumah. Bisa barbel, yoga mat, atau fitness roller, nih. Semuanya cocok untuk olahraga di dalam ruangan. Kamu juga bisa memberikan mereka yoga pants yang nyaman dipakai olahraga ringan di luar maupun dalam ruangan. 

14. Robot vacuum cleaner 

hadiah untuk hari ibu
instagram.com/enther.official

Kado ini pas untuk ibu yang tinggal sendirian di rumah. Alat pembersih debu otomatis untuk lantai ini bisa meringankan beban mereka yang mulai renta. Sederhana, tetapi menunjukkan perhatianmu pada sang mama. Harganya ada di kisaran Rp1-2 jutaan. 

15. Skincare untuk ibu baru 

instagram.com/fableandmane

Tak hanya untuk ibu yang sudah berpengalaman, Sedulur boleh lho mengapresiasi ibu-ibu baru di sekitar kalian. Misalnya sahabat, kerabat, atau bahkan pasangan sendiri yang baru saja memasuki babak baru menjadi ibu. Biasanya mereka dihadapkan pada masalah seperti kerontokan rambut, rasa perih pada puting saat menyusui, selulit, dan lain sebagainya.

Boleh kok memberikan perhatian dalam bentuk skincare seperti hair serum, minyak esensial, sampai nipple cream. Benda-benda ini sering banget terlupakan, karena mereka fokus untuk membeli kebutuhan bayi. 

16. Langganan streaming service 

unsplash.com

Hadiah sederhana lainnya yang bisa diberikan untuk Hari Ibu adalah langganan layanan streaming film dan serial. Ada banyak layanan sekarang ini, tinggal pilih sesuai preferensi sang penerima dan tentunya ketersediaan danamu. Suka Korea atau lebih suka film-film Barat dan Indonesia? Semua ada, tinggal lakukan riset sebentar. 

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Mengajarkan Si Kecil Menghormati Orang Tua

17. Portable speaker 

hadiah untuk hari ibu
instagram.com/bangolufsen

Ibu yang suka nonton film atau mendengarkan musik pasti suka, nih. Apalagi kalau sudah dilengkapi personal assistant seperti Alexa atau Siri tentunya bakal meringankan tugas harian mereka. Cocok buat sosok ibu muda yang aktif, tetapi tak menutup kemungkinan diberikan pada ibu yang berusia lebih tua, kok. 

18. Alat pemijat kulit kepala 

instagram.com/minimeandluxury

Alat ini bisa jadi hadiah untuk Hari Ibu yang murah meriah. Dengan dana kurang dari Rp 50 ribu, kamu bisa mendapatkan alat pemijat kulit kepala yang bagus kualitasnya. Ia bisa dipakai untuk membantu penggunanya rileks sejenak. Murah dan pasti terpakai. Langsung bungkus jadi kado. 

19. Hobby kit 

hadiah untuk hari ibu
instagram.com/threadedbytatum

Perhatikan deh hobi apa yang sedang digandrungi sang mama. Bisa saja mereka sedang gemar melukis, merajut, menyulam, atau bahkan lainnya. Dari situ kamu bisa membeli paket hobby kit yang sesuai. Bisa berupa perlengkapan melukis, menjahit, dan lain sebagainya. 

20. Dompet untuk kartu 

instagram.com/avrynco

Di masa kini, dompet makin tipis karena orang lebih sering belanja dengan kartu ketimbang uang tunai. Kalau mamamu tipe yang seperti ini, membelikan mereka dompet gepeng dengan banyak slot kartu adalah langkah tepat. Harganya beragam mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung desain dan bahan yang dipakai. Silakan tentukan sendiri. 

Ada banyak kado Hari Ibu yang bisa Sedulur berikan pada sosok ibu. Tak melulu bunga dan kue, kado-kado di atas mungkin bakal meninggalkan kesan yang lebih dalam. Namun, bukan berarti memberikan kado tiap tahun adalah kewajiban. Kamu bisa memberikan hadiah dalam bentuk perhatian yang rutin pada mereka, kok. Sesederhana hubungi mereka secara rutin kalau kalian tinggal berjauhan. Pssst! Beberapa rekomendasi kado di atas bisa didapatkan di Aplikasi Super, lho. Buruan unduh dan pakai aplikasinya.