mr queen

Mr Queen adalah salah satu drama bertema kerajaan yang mendapatkan rating tinggi di channel TV kabel di Korea Selatan. Serial yang disutradarai oleh Yoon Seongsik ini tayang di tvN pada akhir Desember 2021 hingga pertengahan Februari 2021 lalu. Berkolaborasi dengan penulis naskah Park Kye-ok dan Choi A-il, cerita yang diadaptasi dari webdrama China berjudul Go Princess Go ini hadir dalam 20 episode.

Drakor Mr. Queen ini mampu mencuri perhatian penonton sejak episode pertamanya mengudara. Jajaran pemainnya juga menunjukkan totalitas dalam berakting dan berhasil membuat ceritanya semakin terasa komedi dan melankolisnya. Selain itu, adanya kontroversi tidak membuat rating yang diraih menurun tajam. Justru popularitas drama dan cast-nya jadi semakin meroket.

Penasaran apakah Mr Queen season 2 akan diwujudkan? Sebelumnya simak dulu tentang pemain hingga kontroversi yang sempat membuat mereka semakin ramai untuk diperbincangkan? Berikut fakta dan ulasannya.

BACA JUGA: Drama & Film Park Bo Young yang Wajib Kamu Tonton!

1. Mr Queen cast 

Mr Queen cast
Hancinema
  • Choi Jinhyuk sebagai Jang Bonghwan
  • Shin Hye Sun sebagai Kim Soyong atau ratu Mr. Queen
  • Kim Junghyun sebagai Raja Cheoljong
  • Seol Ina sebagai Jo Hwajin
  • Na Inwoo sebagai Kim Byeongin
  • Yoo Minkyu sebagai Pangeran Youngpyeong
  • Cha Chunghwa sebagai Dayang Choi
  • Kim Inkwon sebagai  juru masak Manbok

BACA JUGA: Profil Lengkap Lee Yi Kyung, Artis Kocak yang Tajir Melintir

2. Mr. Queen sinopsis 

Mr. Queen sinopsis
Hancinema

Cerita Dramaqu Mr Queen dibuka dengan seorang chef muda dan tampan bernama Jang Bonghwan. Karena mengeluarkan statement yang menyerang pihal pemerintah, dia langsung dikejar oleh banyak orang. Saat dikejar, dirinya pun mengalami kecelakaan. Saat terbangun, dirinya berada di dalam kolam yang dalam dan diselamatkan oleh Raja Cheoljong.

Saat benar-benar sadar, dia mendapati rohnya berada di tubuh Kim Soyong, calon ratu yang akan dinikahi oleh Raja Cheoljong. Dia pun selalu ditemani oleh Dayang Choi. Sembari memantau situasi, Bonghwan pun menyadari bahwa Sang Ratu adalah pribadi yang pendiam dan tidak banyak protes. Dirinya memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan hal sesuka hatinya. 

Sang Raja yang awalnya tidak suka dengan Sang Ratu pun dibuat jatuh cinta dengan perubahan sikap tersebut. Kekasih Raja yang bernama Jo Hwajin menyadari hal ini dan iri dengan Ratu. Setiap harinya, selalu ada kejadian tak terduga yang membuat Raja terkejut dengan aksi Ratu yang tidak bisa ditebak. Sikapnya yang dingin dan suka tarik ulur semakin membuat Raja mencoba untuk menyelesaikan teka-teki ini. 

Tak hanya cinta segitiga antara Raja, Ratu, dan Hwajin yang semakin intens dan panas, ada selingan hubungan asmara antara Dayang Choi dan jurumasak istana Manbok yang kocak dan mampu menjadi selingan hiburan. 

Selain urusan percintaan, masalah perebutan tahta kerajaan di istana juga tak kalah seru. Kehadiran Kim Byeongin yang punya obsesi untuk menduduki tahta selanjutnya membuat politik istana jadi semakin keruh.

Mulai menikmati tinggal di tubuh Ratu, Bonghwan juga memikirkan cara agar bisa kembali ke tubuhnya yang tengah koma di rumah sakit. Apakah kehidupannya sebagai Ratu bisa membuat keadaan di istana jadi lebih baik? Bagaimana akhir dari perjalanan hidupnya agar kembali menjadi chef di zaman asalnya.

BACA JUGA: Drama Lee Je-Hoon yang Wajib Kamu Tonton, Taxi Driver Salah Satunya

3. Kontroversi Mr Queen

Kontroversi
Hancinema

Mr Queen ini diadaptasi dari webdrama asal Tiongkok berjudul Go Princess Go yang ditayangkan pada 2015 silam. Versi Chinanya ini juga diangkap dari novel berjudul sama karangan Xian Chen. Drama Korea ini juga mendapatkan kritik keras di awal penayangan episodenya. 

Pertama adalah karena versi drama Chinanya memberikan kesan negatif kepada Korea dari kontennya. Sang produser Yoon Seongsik langsung menyampaikan permintaan maaf sekaligus memberikan klarifikasi bila pihak timnya tidak terlalu aware dengan sang penulis novel aslinya. 

Kontroversi yang kedua adalah menyoal Veritable Records of the Joseon Dynasty atau Joseon Wangjo Sillok sebagai catatan sejarah dari 25 raja yang memerintah Dinasti Joseon. Di epidose 2, sillok ini muncul dan disebut sebagai tabloid dan diperlakukan bukan seperti benda penting. Tercatat ada sekitar 700 orang yang melaporkan complain ke Komisi Standar Komunikasi Korea atau Korea Communications Standards Commission.

Terlepas dari pro dan kontranya, Mr. Queen rate atau rating hingga 17,371% pada penayangan episode terakhirnya. Angka ini membuat dramanya menduduki urutan ke-7 di sepanjang sejarah drama TV kabel Korea. tvN sebagai stasiun TV yang menyiarkan juga mendapatkan rekor karena memiliki drama dengan rating TOP 5 hingga saat ini.

Kamu bisa menyaksikan Mr Queen Dramaqu secara legal di beberapa situs yang resmi. Sebut saja Viu dan kanal lainnya. Saksikan dan ikuti keseruan ceritanya yang hadir dalam 20 episode. Kamu akan mengetahui perjalanan cinta Raja Cheoljong dan Ratu serta kelanjutan nasib dari Bonghwan di waktu asalnya. Bila masih sulit move on, ada episode spesial yang menayangkan bloopers dan disaksikan langsung oleh jajaran pemainnya.