Sedang mencari referensi kuliner pagi Surabaya untuk sarapan? Kami sudah menyiapkan beberapa tempat kuliner dan sarapan terbaik di Surabaya. Dimana Sedulur dijamin tidak akan kebingungan untuk menemukan menu yang cocok disantap.

Surabaya sendiri memang menjadi kota yang tidak pernah kehabisan kekayaan kuliner. Mulai dari yang ringan sampai berat, pedas sampai manis, semuanya ada. Agar Sedulur bisa memiliki sarapan yang tepat, yuk simak rekomendasi kuliner pagi Surabaya berikut inI!

BACA JUGA: 12 Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Enak dan Legendaris

1. Bubur Ayam Mang Endut

Kuliner pagi Surabaya
Unsplash/Lampos Aritonang

Ada tempat makan bubur ayam kaki lima di Surabaya. Bubur Ayam Mang Endut menjual bubur ayam menggunakan gerobak di daerah Jalan Kedungsari Nomor 43, Kedungdoro. Buka selama 24 jam.

Menu bubur ayam Jakarta yang bisa kamu coba diharga mulai dari Rp 10.000-16.000. Selain bubur ayam, kamu bisa memiliki menu pendamping seperti sate puyuh, sate usus,telur ayam kampung setengah matang dan emping.

2. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Masih dengan menu nasi pecel, kamu bisa mampir ke Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin yang berada di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Genteng. Buka dari pukul 06.00-20.00 WIB. Ada aneka menu lauk pauk yang bisa kamu pesan sebagai pendamping nasi pecel.

Ada menu empal goreng, ayam goreng, paru goreng, telur asin, otak telur, hingga sate. Harga per lauknya dihargai mulai dari Rp 3.000-15.000. Sementara itu, harga per porsi nasi pecelnya dihargari sebesar Rp 15.000.

3. Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon buka dalam dua waktu yaitu 08.00-14.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Pengampon II Nomor 3, Bongkaran, Pabean Cantian. Ada menu nasi empal yang disajikan dengan bumbu khas dilengkapi tempe dan tumis kacang panjang.

Harga per porsinya sekitar Rp 35.000. Selain nasi empal, ada nasi babat dengan harga yang sama. Ada juga menu bubur ayam, mie, bakwan kuah, hingga siomay kuah dengan harag mulai dari Rp 25.000.

4. Nasi Pecel Bu Joyo

Nasi Pecel Bu Joyo berlokasi di Jalan Pandegiling Nomor 318A, Wonorejo, Tegalsari. Buka dari pukul 05.50-09.00 WIB. Tempat makan di Surabaya ini sudah buka sejak 1950.

Ada seporsi menu nasi pecel yang memasak nasi dan sayurannya dengan menggunakan kayu bakar. Ada menu nasi pecel dengan aneka lauk, seperti empal dan telur asin dengan harga mulai dari Rp 12.000.

5. Warung Kuning

Warung Kuning berlokasi di Jalan Kalibokor Selatan, Baratajaya, Gubeng. Buka dari pukul 07.00-20.00 WIB. Ada aneka menu rumahan seperti sayur asem, sayur bening, oseng pepaya, lodeh manisa, lodeh nangka, lodeh terong, botok alur, hingga perkedel yang bisa kamu coba di sini.

Sedulur juga bisa mencoba banyak jenis sambal untuk jadi teman menyantap nasi kuning. Beberapa jenis sambal yang tersedia adalah sambal pencet atau mangga muda, sambal bawang, dan sambal terasi.

BACA JUGA: Resep 5 Minuman Dingin Khas Surabaya Paling Menyegarkan!

6. Pecel Bu Kus

pecel punten kediri
Freepik/Freepik

Pecel Bu Kus berlokasi di Jalan Barata Jaya XX Nomor 110, Baratajaya, Gubeng. Buka dari pukul 06.00-19.30 WIB. Masih dengan tempat makan enak di Surabaya yang buka sejak pagi hari.

Walaupun dari nama warungnya kita tahu menu andalan dari Bu Kus adalah Pecel. Tapi Sedulur juga bisa menikmati beberapa menu lain yang tak kalah lezat seperti nasi rawon, nasi garang asem, dan nasi lodeh dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsinya.

7. Bubur Ayam Spensix Bang Salim

Bubur ayam merupakan salah satu menu andalan dalam sarapan. Hampir di tiap kota pasti ada penjual makanan ini, termasuk Surabaya. Di ibukota Jawa Timur ini, ada satu tempat yang menyajikan bubur ayam lezat.

Bubur Ayam Spensix adalah tempat makan itu. Di sini, kamu bisa menyantap bubur ayam dengan topping ati ampela yang lezat. Selain sarapan, bubur di tempat makan ini juga cocok dijadikan santapan di kala sore atau malam. Satu porsi bubur ayam lengkap dengan toppingnya diharga mulai dari Rp 15.000.

8. Nasi Kuning Avon

Selain bubur ayam, nasi kuning adalah makanan lainnya yang lazim dijadikan sarapan. Khusus di Surabaya, kamu bisa menyambangi Nasi Kuning Avon untuk menikmati lezatnya nasi kuning di Surabaya.

Di tempat yang sudah ada sejak 1972, nasi kuningnya betul-betul pulen dan wangi. Aromanya bisa kamu cium sesaat setelah kamu memasuki tempat sarapan ini.

Nasi kuning tersebut lantas diberi sejumlah lauk pauk, mulai dari ikan teri, kering tempe, dan ayam. Di atasnya, diberi siraman bumbu merah khas tempat sarapan ini. Kamu juga bisa tambah keripik usus sebagai pelengkapnya. Harga per porsinya mulai dari Rp 12.000-27.000 WIB.

9. Rawon Pak Pangat

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang cocok dijadikan sarapan. Dan salah satu tempat recommended untuk menyantapnya adalah Rawon Pak Pangat. Ada tiga varian menu rawon yang tersedia di tempat sarapan ini yaitu nasi rawon suwir, nasi rawon campur, dan nasi rawon krengsengan.

Di antara tiga varian itu, Nasi Rawon Krengsengan merupakan rekomendasi menu yang wajib Sedulur cicipi. Varian rawon itu tercipta dari nasi putih yang diberi krengsengan dan empal yang disuwir. Setelahnya, diberi kuah rawon yang berwarna hitam pekat.

10. Buryam Bang Rossi

Buryam cocok jadi salah satu menu kuliner pagi Surabaya. Buryam merupakan kepanjangan dari bubur ayam. Sedulur bisa merasakan kelezatan bubur ayam dari Bang Rosi yang membuka warungnya di Jalan Raya Menganti Nomor 8, Jajar Tunggal, Wiyung.

Buryam Bang Rossi sendiri disebut sebagai bubur ayam paling enak di Surabaya dengan ratusan orang yang datang setiap hari. Untuk bisa mencicipi dan enikmati satu porsi menu bubur ayam, Sedulur cukup mengeluarkan uang Rp 12.000 saja. Itu sudah mendapatkan satu porsi buryam lengkap dengan suwiran ayam, cakwe, parsley, kuah, kerupuk, sambal dan taburan bawang goreng.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Terbaik, Buka 24 Jam!

11. Nasi Kuning Ambon POKA

Kuliner pagi Surabaya
Unsplash/Visualsofdana

Masih dengan menu sarapan nasi kuning di Surabaya. Kamu bisa mampir di Nasi Kuning Ambon POKA yang berlokasi di Jalan Raya Tenggilis Mejoyo Nomor 10, Kali Rungkut. Buka dari pukul 06.00-13.00 WIB.

Harga nasi kuning ditawarkan mulai dari Rp 8.000-32.000. Tentu saja, harga satu porsinya tergantung pada pilihan lauk. Lauknya ada telur, ikan, ayam, daging, hingga perkedel.

12. Bubur Candilsari

Selain menu makanan berat, kamu juga bisa mengisi perut dengan bubur manis di pagi hari. Mampir saja ke Bubur Candilsari yang berlokasi di Jalan Tenggilis Timur VII, Blok HH-2, Tenggilis Mejoyo.

Buka dari pukul 06.00-18.00 WIB. Kamu bisa menikmati bubur madura yang terdiri dari bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur mutiara, santan kanil, bubur candil, dan gula jawa.

13. Lontong Mie Babah HOI

Kuliner pagi Surabaya yang menarik untuk dicoba adalah lontong mie. Dimana salah satu yang terbaik adalah Lontong Mie Babah HOI. Lontong Mie Babah HOI berada di Jalan Kapas Krampung Nomor 124 H, Ploso, Tambaksari. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati lontong mie yang diracik tanpa menggunakan petis udang. Rasa dan aroma udangnya didapatkan dari rebusan udang untuk membuat cita rasa masakan yang khas.

Harga per porsinya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Selain lontong mie, ada aneka menu kue tiram. Ada kue tiram mini, kue tiram premium, kue tiram original, hingga kue tiram spesial cumi. Harga kue tiram dijual dengan kisaran Rp 7.000 sampai Rp 15.000.

14 Bubur Madura Putri Ayu

Jika Sedulur bosan dengna menu bubur gurih, maka bisa mencoba bubur manis dari Madura. Bubur ini merupakan salah satu menu sarapan paling ikonik di kawasan Surabaya bagian utara dengan hidangan utama seperti bubur sagu, bubur kacang ijo, dan bubur merah.

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi bubur madura adalah Bubur Madura Putri Ayu. Sedulur juga bisa membeli beberapa jajanan pasar di tempat makan ini. Bubur Madura Putri Ayu sendiri berlokasi di Jalan Ngagel Rejo Nomor 20, Ngagelrejo. Buka dari pukul 07.00 sampai 16.30 WIB. 

15. Warung Mbak Asih

Warung Mbak Asih menjual menu makanan enak surabaya seperti lontong ceker, lontong mie, penyetan ayam, dan penyetan lele. Spesialnya, di sini kamu bisa tambah ceker pada sajian lontong mie. Hidangan di warung Mbak Asih memang cukup sederhana, tapi Sedulur akan merasakan rasa yang istimewa dari menu-menunya untuk sarapan pagi.

Harga per porsi lontong mie warung Mbak Asih juga sangat terjangkau. Sedulur bisa merasakan kelezatan makanan yang cuma dihargai sebesar Rp 10.000 per porsinya. Murah meriah banget ‘kan!

16. Lontong Balap Pak Gendut

lontong mie surabaya
Endeus TV/Lontong Mie Surabaya

Lontong Balap Pak Gendut adalah tempat sarapan legendaris yang ada di Surabaya. Tempat sarapan ini sudah ada di Kota Pahlawan sejak 1958, serta sudah punya beberapa cabang.

Dari dulu sampai sekarang, cita rasa Lontong Balap di sini tidaklah berubah. Lontong balap di sini dibuat dari potongan lontong, lentho, tahu goreng dan taburan tauge yang melimpah.

Pada bagian atas lontong lalu disiram dengan kuah, kecap dan bumbu petis. Lalu, ditaburi bawang goreng di bagian atasnya. Kamu bisa menyantapnya langsung atau bersama dengan sate kerang.

17. Sego Meduro Bu Ana

Tempat sarapan pagi ini menyediakan nasi campur khas Madura. Nasi campur di sini lazim disantap dengan beragam pilihan lauk, mulai dari cumi, babat, hingga tongkol dan daging. Selain lauk, sepiring nasi campur di sini juga dilengkapi dengan sambal pencit. Sambal berbahan dasar mangga muda yang segar sekaligus pedas.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba hidangan Sego Maduro Bu Ana, bisa langsung berkunjung ke kawasan Suramadu untuk singgah langsung ke warungnya.  Akses jalannya juga tidak terlalu rumit sehingga Sedulur akan sangat mudah menemukan warung ini.

18. Soto Lamongan Cak Har

Tak mesti ke Lamongan untuk merasakan sensasi sarapan dengan soto Lamongan. Di Surabaya pun kamu juga bisa melakukan hal itu. Untuk melakukannya, kamu tinggal datang ke Soto Lamongan Cak Har.

Di tempat itu, tersedia soto Lamongan dalam beragam isian. Mulai dari daging ayam hingga kulit ayam. Bagian kuahnya berwarna kuning, serta bertekstur kental. Warna dan tekstur tersebut tercipta karena adanya penggunaan kemiri dan kunyit.

Alamat warung soto ini ada di Jalan Arief Rahman Hakim, Keputih, Surabaya. Dimana Sedulur bisa datang mulai dari jam 06.00 sampai 21.00 WIB. Namun, harga soto di sini lumayan ya karena dibanderol Rp 21.000 per porsi.

19. Rawon Kalkulator

Kalau Sedulur sedang berjalan-jalan pagi di daerah Taman Bungkul, maka tidak ada salahnya untuk mampir e Rawon Kalkulator untuk sarapan. Dimana Sedulur bisa merasakan kesegaran rawon daging dengan menikmati suasana pagi Surabaya yang syahdu.

Bagi masyarakat Surabaya, rawon kalkulator memang sudah sangat terkenal. Bahkan, bisa dibilang masuk ke dalam hidangan legendaris di Kota Pahlawan karena sudah ada sejak tahun 1975.

Namun, nama unik warung ini bukan berasal dari menunya tapi karena kebiasaan pemiliknya. Sedulur bisa melihat langsung sang penjual menghitung dengan cepat tanpa harus menggunakan kalkulator. Selain itu, menu-menu di sini juga sangat murah meriah. Sedulur bisa menyantap satu porsi rawon daging dengan harga Rp 30.000 saja.

20. Sate Karak

Wisata kuliner pagi di Surabaya selanjutnya adalah Sate Karak. Jika berkunjung di kawasan Ampel, sangat direkomendasikan untuk menjajal sate karak ini. Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. 

Bahan utama sate karak berupa jeroan sapi terutama usus dan ada dagingnya juga yang diberi bumbu spesial, bahkan ukurannya pun cukup besar.  Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah karena hidangan pendampingnya.

Biasanya, sate sering disajikan dengan lontong. Namun, sate karak dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur dari ketan hitam yang disajikan tidak lengket, sehingga mudah untuk dinikmati. Bukan sambal kacang yang digunakan untuk melumuri satenya, tetapi parutan kelapa yang diberi bumbu atau biasa disebut dengan serundeng bercita rasa manis dan gurih.

Terdapat pula tambahan bubuk kedelai pedas yang ditabur di atasnya yang menambah kekayaan cita rasa sate karak. Sate Karak ini juga bisa dijadikan makanan malam yang menggugah selera.

BACA JUGA: Pecel Gudeg Khas Jember, Sajian Legendaris yang Wajib Dicoba

21. Nasi Madura Suramadu

Kuliner pagi Surabaya
Unsplash/Fikri Nyzar

Hidangan di Surabaya memang tidak bisa lepas dari kehadiran masakan-masakan Madura. Sedulur pun bisa menemukan dengan mudah nasi Madura ketika berada di sana, khususnya saat berjalan-jalan di kawasan Suramadu.

Salah satu rekomendasi terbaik yang patut Sedulur coba adalah Warung Nasi Madura Suramadu. Tempat makan ini ada Jalan Kalibutuh Nomor 6, Bubutan, Surabaya. Dengan banyaknya pilihan menu mulai dari daging ayam, daging bebek, empal, dan jeroan, dijamin Sedulur tidak akan menyesal.

Belum lagi adanya menu sambal yang sangat lengkap seperti sambal matang, sambal terasi, dan sambal hitam khas Madura akan membuat Sedulur ketagihan. Jadi jangan sampai terlewat untuk mencicipinya sebagai menu sarapan ya!

22. Penyetan Bang Ali

Umumnya orang akan menjadikan menu penyetan sebagai hidangan makan malam. Tapi kalau Sedulur ingin mencicipi menu ini di pagi hari. Maka tidak ada salahnya untuk datang ke Penyetan Bang Ali.

Warung spesialis penyetan ini buka 24 jam dan siap menjadi teman sarapan Sedulur di pagi hari. Menu nasi dengan berbagai macam lauk mulai dari ayam hingga ikan bisa ditemukan dengan mudah. Belum lagi sambal pelengkapnya juga sangat komplit.

Dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak menguras dompet, Penyetan Bang Ali tentu jadi pilihan menarik untuk kuliner pagi Surabaya. Kalau Sedulur ingin mencobanya, langsung saja datang ke warung yang berada di Jalan Simpang Darmo Permai Utara Nomor 22 Surabaya.

23. Nasi Babat Gosyen

Kalau Sedulur ingin sarapan nasi dengan menu yang agak berat, maka Warung Nasi Babat Gosyen bisa jadi pilihan tepat. Tempat makan satu ini sudah buka mulai pukul 06.00 WIB dan akan tutup saat menunya habis.

Namun, walaupun sudah buka dari pagi, sebaiknya Sedulur jangan kesiangan kalau ingin mencicipi kelezatan menu-menunya. Karena sekitar jam 10, biasanya sudah banyak menu yang habis.

Warung Nasi Babat Gosyen sendiri memiliki banyak menu mulai babat, ati ampela, iso, daging ayam, daging bebe, hingga empal. Tak lupa, ada juga serundeng yang membuat menu-menu tadi semakin gurih ketika disantap. Harganya juga sangat murah meriah mulai dari Rp15.000 saja!

Nah, itu tadi deretan rekomendasi kuliner pagi Surabaya yang cocok untuk jadi menu sarapan Sedulur. Hidangan yang disajikan juga sangat beragam, jadi Sedulur bisa memilih menu-menu yang pas seperti menu makan berat atau ringan.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!