pecel gudeg khas jember

Pada umumnya, pecel dan gudeg merupakan dua hidangan yang dinikmati sendiri-sendiri. Namun di Jember, terdapat perpaduan antara pecel dan gudeg yang jadi favorit. Pecel gudeg khas Jember ini juga memiliki isian yang lengkap, mulai dari sayuran sampai krecek, lho!

Ketika Sedulur berkunjung ke Jember, rasanya akan kurang lengkap jika belum mencicipi hidangan pecel gudeg. Pasalnya sajian kolaborasi yang satu ini hanya dapat dijumpai di Jember, tepatnya di Warung Nasi Gudeg Lumintu.

Nah, bagi yang baru pertama kali mendengar, tentu saja penasaran tentang makanan, bukan? Langsung saja, simak dulu informasi terkait pecel gudeg khas Jember berikut ini!

BACA JUGA: Wisata Gunung Gambir Jember, Panaroma Kebun Teh

Pecel Gudeg khas Jember

pecel gudeg khas jember
Jemberterbina.com/Yudha Agung

Bisa dibilang jika pecel gudeg merupakan kreasi yang sangat brilian. Memadukan dua kuliner lintas daerah, sehingga menciptakan “kuliner baru” dengan citarasa yang istimewa. Pantas saja jika kreativitas ini berbuah menjadi berkah dan apresiasi dari masyarakat berupa penerimaan oleh publik.

Dalam satu porsi pecel gudeg, terdapat pecel berupa kacang panjang serta kecambah yang disiram sambal kacang yang cukup pedas, telur, sepotong daging ayam, gudeg nangka muda yang diolah gurih, sambal goreng krecek, serta sambal. Tidak lupa, juga dilengkapi lauk rempeyek kacang.

Citarasa gudeg dalam hidangan ini telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah masyarakat Jawa Timur. Rona gudeg di dalamnya memang tidak secoklat gudeg Jogja, dengan rasa yang sudah disesuaikan. Jadi gudeg dalam pecel gudeg khas Jember ini cenderung gurih-asin.

Rekomendasi Pecel Gudeg khas Jember

Warung pecel gudeg yang direkomendasikan adalah Nasi Gudeg Lumintu. Warung yang satu ini menawarkan lebih dari sekedar makanan biasa, yakni pecel gudeg. Selain gudeg dan pecel, warung yang dirintis Ibu Laksono ini juga menawarkan menu lainnya, seperti soto ayam.

Hanya saja, pecel gudeg tetap menjadi yang paling diburu oleh para pengunjung. Menariknya gudeg di sini masih dimasak di atas tungku kayu bakar, seperti halnya proses memasak gudeg di Yogyakarta. Proses memasaknya dilakukan selama sehari penuh, sebelum akhirnya disajikan.

Dengan begitu, sudah pasti bumbunya benar-benar telah meresap. Dalam satu hari, sekitar 10 panci besar gudeg bisa habis terjual. Ya, menikmati perpaduan dari pecel dan gudeg memang tidak hanya mengenyangkan perut.

Akan tetapi juga, memberikan pengalaman perpaduan budaya yang sangat mendalam. Menikmati pecel gudeg di Jember, di mana hidangan ini berasal, sering kali menghadirkan suasana yang baru yang tidak bisa ditemukan di luar kota.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun 7 Bidadari, Surga Tersembunyi di Jember

Sejarah Pecel Gudeg

pecel gudeg khas jember
Unsplash/Mufid Majnun

Sosok yang disebut-sebut sebagai pencetus pecel gudeg khas Jember, yakni Ibu Laksono, seorang yang merantau dari Wonogiri, Jawa Tengah. Sejak tahun 1968 silam, Ibu Laksono telah merintis kuliner pecel gudeg ini di Jember.

Beliau melakukannya, setelah sebelumnya sempat malang melintang di dunia kuliner dengan berjualan jamu keliling di Bondowoso pada sekitar tahun 1958. Hingga pada akhirnya, Ibu Laksono berhasil memadukan dua hidangan khas dari dua daerah yang berbeda menjadi kuliner baru yang lezat.

Untuk saat ini, Warung Nasi Gudeg Jember Lumintu telah dikelola oleh generasi kedua, yakni anak dari Ibu Laksono yang bernama Rohan. Dia merupakan anak yang ke-11 dari 14 bersaudara. Bersama dengan ketiga adiknya, setiap hari Rohan mengelola warung makan yang telah dirintis oleh orang tuanya.

Kini Warung Nasi Gudeg Lumintu bukan hanya masih eksis, tetapi juga menjadi salah satu pilihan untuk wisata kuliner di Kabupaten Jember. Popularitas pecel dari pecel gudeg Lumintu, benar-benar tidak bisa diragukan lagi.

Lokasi Nasi Gudeg Lumintu

Warung Nasi Gudeg Lumintu ini berada di Jalan Kertanegara No.33, Kelurahan Jember Kidul, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Bagi Sedulur yang sedang berada di Jember, bisa langsung menggunakan bantuan Google Maps untuk bisa menemukannya dengan lebih mudah.

Jam Buka dan Jam Tutup

Warung Nasi Gudeng Lumintu buka dari hari Minggu sampai hari Jumat, dari pagi sampai siang hari. Dengan begitu, Sedulur yang Sedang berada di Jember bisa mengandalkan menu yang ada di sini untuk sarapan dan makan siang.

Hanya saja, untuk hari Sabtu warung ini tutup, sehingga Sedulur harus mencari hari yang lain. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jadwal jam operasional dari Warung Nasi Gudeg Lumintu, warung penjual pecel gudeg khas Jember yang terbaik!

  • Senin : 06.00–14.00 WIB
  • Selasa  : 06.00–14.00 WIB
  • Rabu : 06.00–14.00 WIB
  • Kamis   : 06.00–14.00 WIB
  • Jumat   : 06.00–14.00 WIB
  • Sabtu Tutup
  • Minggu : 06.00–14.00 WIB

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

Tips Menikmati Pecel Gudeg khas Jember

pecel gudeg khas jember
Unsplash/Pablo Merchan

Menikmati hidangan pecel gudeg khas Jember di Warung Nasi Gudeg Lumintu, memang memberi pengalaman kuliner yang memadukan rasa, tradisi, dan kehangatan budaya lokal. Namun ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur mendapatkan pengalaman terbaik seperti berikut ini!

1. Datang awal hari saat buka

Gudeg sering kali dijual mulai pagi hari dan bisa habis dalam beberapa jam. Walaupun warung yang satu ini buka sampai siang hari, namun disarankan untuk datang saat pagi. Ya, Sedulur bisa mendapatkan gudeg yang paling segar dan lengkap dengan semua pelengkapnya.

2. Coba menu paling lengkap

Untuk pengalaman yang paling kaya, pesanlah Nasi Gudeg Lumintu dengan semua pelengkapnya, termasuk krecek, tahu, tempe, telur, dan ayam. Pelengkap ini tidak hanya menambah rasa tetapi juga tekstur yang beragam ke dalam hidangan.

3. Perhatikan tingkat kepedasan sambal

Sambal adalah bagian penting dari hidangan pecel gudeg, namun tingkat kepedasannya bisa saja bervariasi. Jika Sedulur tidak terbiasa dengan makanan pedas, mintalah sambal terpisah sehingga bisa menambahkannya sedikit demi sedikit sesuai dengan selera yang dimiliki.

4. Nikmati masakannya dengan tenang

Pecel gudeg di Warung Nasi Gudeg Lumintu ini adalah hidangan yang kaya rasa dan tekstur. Oleh sebab itu, nikmati setiap suapan secara perlahan untuk merasakan berbagai komponen dan bagaimana mereka berpadu dalam satu porsi.

Nah, itulah informasi terkait pecel gudeg khas Jember dan juga rekomendasi warung pecel gudeg yang wajib untuk Sedulur kunjungi. Bagi beberapa orang, mungkin membayangkan perpaduan antara kedua hidangan tersebut terasa aneh.

Namun karena telah mendapat sedikit sentuhan modifikasi, dijamin Sedulur akan ketagihan begitu mencobanya untuk yang pertama kalinya. Oia, etika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya.

Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.