wisata perahu kalimas

Kota besar yang punya banyak ragam wisata menarik adalah Surabaya. Dengan dukungan pemerintah kota yang ingin menciptakan periwisata yang murah dan berorientasi pada lingkungan, terciptalah wisata Perahu Kalimas Surabaya.

Wisata ini cukup unik lantaran mengkombinasikan beberapa referensi seperti wisata air di Venice serta kisah sejarah penggunaan Kalimas sebagai moda transportasi air di zaman kolonialisme Belanda. Jadi tidak heran jika area wisata ini cukup ikonik dan populer. 

Kalu Sedulur tertarik untuk mencoba wisata satu ini. Yuk simak informasi lengkap tentang wisata perahu Kalimas Surabaya secara lengkap dalam ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: Taman Suroboyo: Lokasi, Daya Tarik, dan Jam Buka

Sekilas Tentang Wisata Kalimas

wisata perahu kalimas
Unsplash/Ha Jang

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari banyak pulau. Maka, tidak heran jika Indonesia memiliki banyak potensi pengembangan objek wisata yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Semakin beragam tradisi, budaya, dan kekayaan alam di wilayah tersebut, maka semakin besar pula potensi yang dapat digali dari wilayah itu.

Salah satunya adalah Jawa Timur. Pulau yang banyak orang kenal dengan wisata alam dan budayanya ini ternyata memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk Sedulur kunjungi. Salah satu contohnya adalah spot-spot wisata yang ada di Surabaya.

Terkenal dengan tugu Sura dan Baya serta beberapa pantainya yang indah, Surabaya kini juga memiliki objek wisata yang tidak boleh Sedulur lewatkan yaitu wisata Kalimas. Wisata Kalimas merupakan salah satu objek wisata yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Surabaya.

Selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kalimas, wisata ini juga gencar pemerintah kembangkan untuk memancing daerah di sekitarnya untuk membuat dan mengelola objek wisata serupa.

Lokasi Wisata Perahu Kalimas

Surabaya memiliki banyak pilihan jenis wisata, namun kini ada yang baru yaitu Wisata Perahu Kalimas. Tak seperti wisata lain yang dibuka pada siang hari, Wisata Perahu Kalimas justru beroperasi dari sore hingga malam hari.

Walau begitu, hal ini tak menyurutkan minat wisatawan untuk mencoba menyusuri Kalimas dan menikmati keindahannya. Warga dan wisatawan di Surabaya ingin menikmati wisata malam yang romantis dengan menaiki perahu di Kalimas. Untuk lokasinya berada di Jalan Ketabang Kali, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Harga Tiket Wisata Perahu Kalimas

Bagi wisatawan yang ingin mencoba, harga tiket Wisata Perahu Kalimas sangat terjangkau yaitu Rp 4.000 per orang dari Taman Prestasi dan Rp 10.000 dari Monumen Kapal Selam (Monkasel). Untuk tiket dari Monumen Kapal Selam (Monkasel) sudah termasuk akses ke Monumen Kapal Selam dan Museum Pendidikan.

Sementara untuk tiket dari Taman Prestasi hanya mencakup Wisata Perahu Kalimas saja. Pemesanan tiketnya cukup mudah, yaitu dengan mengakses website tiketwisata.surabaya.go.id. untuk memilih tanggal dan jam kunjungan.

BACA JUGA: 12+ Destinasi Wisata Kenjeran Surabaya yang Wajib Dikunjungi!

Cara Memesan Tiket Wisata Perahu Kalimas

wisata perahu kalimas
Unsplash/Toomas Tartes

Untuk memesan tiket, buka website resmi Tiket Wisata Surabaya di tiketwisata.surabaya.go.id. Pada halaman utama website, Sedulur akan menemukan kolom “Destinasi Wisata”. Klik dan pilih “Wisata Perahu Kalimas Rute Taman Prestasi – Museum Pendidikan”.

Setelah memilih wisata Perahu Kalimas, pilih hari dan jam keberangkatan yang Sedulur inginkan. Wisata perahu buka setiap hari Kamis dan memiliki dua sesi keberangkatan, yaitu sesi sore pada pukul 15.00 dan sesi malam pada pukul 18.00.

Kalau sudah selesai pilih, klik “Pesan Tiket”. Tiket Wisata Perahu Kalimas juga bisa dibeli 30 menit sebelum perahu beroperasi, so pastikan Sedulur standby agar dapat tiket. Setelah selesai memilih pilihan destinasi, Sedulur akan diminta untuk mengisi data diri dan memilih metode pembayaran.

Isi data diri Sedulur dengan lengkap dan benar. Mulai dari nama lengkap, kewarganegaraan, nomor HP, jumlah orang, dan email. Ada dua pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih, tunai dan menggunakan QRIS.

Setelah melakukan pembayaran, Sedulur akan menerima email konfirmasi yang berisi kode booking dan detail pemesanan. Simpan email ini dengan baik untuk ditunjukkan saat check-in di dermaga. Pastikan Sedulur datang 30 menit sebelum perahu berangkat, ya.

Jam Operasional Wisata Perahu Kalimas

Wisata Perahu Kalimas beroperasi mulai pukul 15.00 sampai pukul 21.00 WIB. Dalam sehari, akan ada beberapa sesi di tiap rute yang dibuka dan dapat dipilih oleh wisatawan.Dalam satu rute setiap sesinya saat ini Wisata Perahu Kalimas bisa mengakomodasi hingga 24 wisatawan.

Namun jam operasional dan harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Rute Wisata Perahu Kalimas

Saat ini ada dua rute yang dibuka untuk wisatawan yang ingin mencoba sensasi Wisata Perahu Kalimas. Rute pertama dimulai dari Monumen Kapal Selam – Museum Pendidikan – SIOLA – Monumen Kapal Selam. Rute ini merupakan rute terpanjang yang akan melewati Air Mancur Patung Suroboyo, Taman Skate & BMX, dan Pasar Apung.

Rute kedua dimulai dari Taman Prestasi – Museum Pendidikan – Taman Prestasi. Rute ini lebih pendek dan akan melewati Taman Ekspresi dan Pasar Apung. Di sepanjang perjalanan, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang deretan lampion dan lampu-lampu cantik yang menghiasi tepi Kalimas.

BACA JUGA: 12 Tempat Nongkrong di Surabaya Outdoor, Bikin Lebih Nyaman!

Daya Tarik Wisata Perahu Kalimas

wisata perahu kalimas
Unsplash/Andy Hall

Bukan cuma naik perahu, obyek wisata ini memadukan konsep wisata kuliner, edukasi, belanja dan sejarah. Oleh sebab itu, selama menyusuri sungai, pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah destinasi wisata dan panorama Kota Surabaya. 

Hal itu meliputi, Taman Prestasi, Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pasar Apung. Menariknya lagi, tepi Sungai Kalimas sudah dipercantik dengan cat, lampu, dan lampion warna-warni. Untuk itu, berikut ini daya tarik Wisata Perahu Kalimas yang perlu Sedulur tahu.

1. Menyusuri Sungai Kalimas 

Saat menyusuri Sungai Kalimas pada malam hari, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan penataan lampu di sepanjang sungai tersebut. Belum lagi, armada perahu yang dihias sedemikian rupa sehingga tampak menarik.

Pengunjung juga tidak perlu ragu soal keamanan, sebab Pemerintah Kota Surabaya sudah mengatur debit air yang aman bagi pengunjung di Sungai Kalimas. Ketika musim kemarau tiba, pintu air Sungai Kalimas dibuka dan saat musim hujan pintu air ditutup. 

Perlu diketahi, Sungai Kalimas dulunya pernah menjadi pusat perdagangan di Kota Pahlawan. Dinamakan Kalimas, karena pelayaran di sepanjang sungai ini dulunya membawa barang-barang berharga. 

2. Sensasi Surabaya rasa Venice

Ide wisata perahu seperti yang ada di wisata Kalimas ini sebenarnya bukanlah ide yang baru. Terlebih lagi, sejak lama, salah satu kota yang sangat melejit namanya di dunia, yakni Venice, telah memiliki wisata yang serupa.

Wisata perahu sendiri adalah wisata menyusuri kota dengan sebuah perahu dan mengikuti rute sungai yang ada di kota tersebut. Hal inilah yang menginspirasi pemerintah Indonesia, khususnya Surabaya, untuk mengembangkan wisata serupa dengan potensi yang dimiliki.

Dengan banyaknya sungai yang banyak mengalir di pulau-pulau di Indonesia, tentu saja wisata perahu bukanlah hal yang sulit untuk dikembangkan. Maka, tidak heran jika wisata Kalimas kini banyak menjadi sorotan karena keberhasilannya untuk mengembangkan objek wisata lokal dengan rasa atau sensasi luar negeri.

3. Menikmati lampion-lampion raksasa

Selain itu, berbeda dengan wisata perahu di Venice yang hanya menghadirkan perjalanan menelusuri kota saja, wisata Kalimas menghadirkan lebih banyak kreasi dalam objek wisatanya.

Salah satu contohnya adalah saat malam hari, Sedulur dapat menikmati lampion-lampion raksasa yang indah dan berwarna-warni. Dengan kata lain, perjalananmu saat menyusuri Kota Surabaya dengan perahu Kalimas tidak akan membosankan.

Wisata Kalimas juga sangat cocok untuk Sedulur kunjungi bersama pasangan atau teman dekatmu. Pasalnya, wisata Kalimas memberikan sensasi yang unik karena Sedulur bisa santai di atas perahu sembari menelusuri Kota Surabaya.

Dengan demikian, Sedulur dapat menikmati momen kebersamaan dengan pasangan, sekaligus menilik lampu-lampu indah di pinggir Kalimas.

4. Wisata sejarah di Perahu Kalimas

Hal menarik lainnya dari wisata Perahu Kalimas adalah adanya spot-spot wisata bersejarah di dalam rutenya. Seperti yang telah umum orang ketahui, Kota Surabaya merupakan kotanya para pahlawan. Maka, tidak heran jika banyak objek wisata di Kota Surabaya yang berhubungan dengan sejarah perjuangan kemerdekaan di Indonesia.

Nyatanya, rute sungai yang akan di wisata Kalimas memiliki peranan penting saat zaman berkembangnya VOC di Indonesia. Pada zaman tersebut, sungai ini merupakan salah satu rute paling mudah untuk berkeliling Surabaya.

Hal ini membuat para pekerja VOC mengirim barang-barang dagangannya menggunakan perahu melalui sungai Kalimas. Dari sinilah muncul nama Kalimas, yakni kali (sungai) yang mengangkut berbagai barang berharga milik VOC, salah satunya adalah mas (emas).

Itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata Perahu Kalimas yang perlu Sedulur tahu. Apakah Sedulur tertarik berkunjung ke sini? Kalau tertarik, jangan lupa untuk persiapkan segala kebutuhan agar berwisata semakin nyaman.

Sedulur bisa mempersiapkan perbekalan air minum dan snack. Misalnya Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata agar tidak kecapekan dan kehausan. Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!