taman suroboyo

Di Kota Surabaya, Terdapat sebuah objek wisata berupa ruang terbuka hijau yang bernama Taman Suroboyo. Tempat wisata yang satu ini memang sering dijadikan sebagai destinasi wisata gratis bagi banyak orang di Surabaya.

Selain murah, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Nah, pastinya Sedulur penasaran dengan objek wisata ini, bukan? Untuk itu, langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Kebun Binatang Surabaya: Lokasi, Wahana dan Harga Tiket

Taman Suroboyo

taman suroboyo
Unsplash/Mike Benna

Taman Suroboyo merupakan sebuah taman kota di Surabaya yang mempunyai ciri khas berupa adanya ikon Kota Surabaya. Ya, tentu saja Sedulur sudah familiar dengan ikon yang dimaksud, bukan? Ya benar, ikon Kota Surabaya yang dimaksud yakni patung Suro dan Boyo.

Dalam Bahasa Indonesia sendiri, Suro itu berarti hiu dan Boyo adalah buaya. Dari patung tersebut, kedua hewan ini terlihat seolah sedang bertarung. Selain adanya ikon Surabaya, taman kota ini juga identik dengan Pantai Kenjeran, karena lokasi dari pantai tersebut ada tepat di belakang taman.

Keberadaan dari objek wisata pantai ini membuat taman tersebut tidak pernah sepi oleh pengunjung. Terutama pengunjung dari Waterpark Kenjeran Surabaya Timur, karena jaraknya kurang lebih hanya 10 menit saja dari pantai.

Lokasi Taman Suroboyo

Lokasi dari Taman Suroboyo ini, berada di Jalan Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Posisi wisata Surabaya ini juga terbilang cukup dekat dengan Sentra Ikan Bulak serta Jembatan Suroboyo.

Rute Menuju Lokasi

Rute yang harus dilalui untuk bisa menuju ke Taman Suroboyo, yakni bisa melalui Jalan Kedung Cowek dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Sedulur bisa mengecek aplikasi Google Maps untuk memastikan rute yang perlu diambil.

Mungkin perjalanan memang akan terasa lebih nyaman dan mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Opsi lain jika tidak punya mobil pribadi, yakni dengan sewa mobil atau jenis kendaraan lain sesuai dengan kebutuhan kapasitas serta budget yang dimiliki.

BACA JUGA: 11+ Spot Food Court Surabaya Paling Worth It, Wajib Dikunjungi!

Jam Buka dan Jam Tutup

Unsplash/Ananda Putra

Untung saja, tidak ada ketentuan terkait dengan jadwal dan juga jam operasional untuk taman kota yang satu ini. Dengan kata lain, area Taman Suroboyo bisa dikunjungi oleh masyarakat umum maupun wisatawan kapan saja.

Taman Suroboyo ini buka selama 24 jam penuh. Bahkan semakin larut, biasanya taman kota ini justru semakin ramai dikunjungi.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika tidak ada tiket masuk untuk ke Taman Suroboyo. Para pengunjung yang datang tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis. Di tempat ini, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk retribusi parkir dan juga menaiki wahana saja.

Nah, berikut ini daftar biaya yang telah berhasil dirangkum.

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Parkir Mobil: Rp5.000 sampai Rp10.000 per kendaraan
  • Parkir Motor: Rp2.000 sampai Rp3.000 per kendaraan
  • Sewa Skuter Mini: Rp10.000 per anak
  • Sewa Mobil-Mobilan: Rp10.000 sampai Rp15.000 jika 2 anak
  • Sewa Perahu: Rp10.000 per anak

Jika ingin Sedulur ingin masuk ke kawasan Kenjeran Park, Waterpark Kenjeran, dan juga Pantai Kenjeran maka nantinya akan dikenakan biayanya sendiri.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lontong Balap Surabaya Terbaik, Wajib Mampir!

Daya Tarik Wisata di Taman Suroboyo

alun-alun surabaya
Unsplash/Rasyid Maulana

Sebagai salah satu objek wisata populer yang ada di Surabaya, taman ini tentu saja memang tawarkan beragam aktivitas menyenangkan yang dapat Sedulur lakukan bersama dengan keluarga. Di antaranya, yakni beberapa aktivitas berikut:

1. Memandang Patung Suro dan Boyo Raksasa

Dapat dikatakan jika daya tarik utama dari ruang terbuka hijau ini adalah keberadaan dari patung Suro dan Boyo. Ya, patung yang satu ini memang telah menjadi ikon dari Kota Surabaya.

Di Kota Surabaya sendiri, memang ada beberapa tempat yang mempunyai patung Suro dan Boyo. Sementara patung yang ada di sini adalah yang paling besar, dengan ukuran mencapai sekitar 25,6 meter dengan diameter 15 meter, serta dudukan setinggi 5 meter.

Perlu diketahui jika patung raksasa ini adalah karya seorang seniman ternama, I Wayan Winten yang dari Bali dan baru dirilis tahun 2019.

2. Bersantai di taman

Taman yang satu ini memang menjadi tempat yang sangat tepat untuk bersantai, terutama pada sore hari. Ada banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung dan menikmati pemandangan di tempat ini.

Sebelum menjadi taman, dulunya lokasi ini memang kurang terawat. Namun usai berubah menjadi ruang terbuka luas yang hijau, banyak bunga dan juga tanaman lainnya yang tumbuh di tempat ini.

Selain itu, banyak bangku taman di setiap sudutnya. Sedulur tentu dapat menikmati suasana dan view Kota Surabaya malam hari dari salah satu sudut yang ada di taman ini, lho!

3. Berjalan-jalan di Pantai Kenjeran

Taman Suroboyo letaknya bersebelahan dengan Pantai Kenjeran, sehingga para pengunjung tinggal berjalan kaki untuk dapat sampai ke kawasan pantainya. Dari pantai ini, Sedulur bisa melihat dengan jelas aktivitas dari para nelayan.

Menariknya lagi, Sedulur juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling di area laut sekitar pantai. Pada umumnya, para wisatawan datang untuk menikmati matahari terbit serta matahari terbenam. Kedua momen tersebut memang selalu dinantikan bagi para pengunjung.

4. Berbelanja di Sentra Ikan Bulak

Setelah berkunjung beberapa tempat di kawasan taman, Sedulur dapat langsung menuju ke Sentra Ikan Bulak. Di kawasan ini, Sedulur dapat membeli berbagai macam hasil laut yang tentu saja masih segar.

Sedulur bisa menjadikan hasil laut sebagai buah tangan yang tidak akan bisa ditemukan di sentra oleh-oleh Surabaya lainnya.

5. Wisata kuliner seafood

Tidak hanya sekadar membeli hasil laut segar, di kawasan ini juga ada banyak penjual makanan yang menjajakan ikan matang. Jadi jika Sedulur merasa lapar setelah berjalan-jalan di taman, bisa langsung menyantap seafood di sini.

Terdapat berbagai jenis olahan seafood yang lezat dan juga mampu menggoyang lidah. Tetapi bagi Sedulur yang tidak mengkonsumsi seafood, tidak usah khawatir. Masih ada banyak menu non-seafood lain yang tidak kalah lezat.

Fasilitas di Taman Suroboyo

Pihak pengelola taman pastinya telah melengkapi kawasan taman kota ini dengan beberapa fasilitas yang memadai dan menunjang kegiatan para pengunjung.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dari para pengunjung yang datang. Ya, di objek wisata yang satu ini telah tersedia sejumlah fasilitas penting, seperti halnya berikut ini.

  • Area parkir kendaraan
  • Area bermain untuk anak
  • Taman bunga
  • Pantai
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Perahu

Nah, itulah informasi singkat terkait Taman Suroboyo. Jangan pernah lewatkan untuk menjelajahi berbagai tempat menarik di Kota Pahlawan ini, ya!