umbul bening banyuwangi

Sedulur sedang mencari tempat wisata yang menyenangkan sekaligus menyegarkan di Banyuwangi? Jika ya, tentu saja Sedulur tidak boleh melewatkan Umbul Bening Banyuwangi, sebuah taman air yang menawarkan berbagai macam wahana dan juga fasilitas yang lengkap.

Umbul Bening Banyuwangi merupakan salah satu objek wisata favorit di Banyuwangi, baik itu untuk keluarga, pasangan, ataupun teman-teman. Namun, sebelum Sedulur berkunjung ke objek wisata air ini, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu.

Informasi yang dimaksud yakni seperti alamat, harga tiket masuk, hingga jam bukanya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini penjelasannya!

BACA JUGA: Banyuwangi Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Serunya!

Umbul Bening Banyuwangi

umbul bening banyuwangi
Unsplash/Action Crawford

Umbul bening park merupakan sebuah taman air yang telah dibuka sejak tahun 2018 silam. Sejak saat itu, objek wisata ini menjadi salah satu andalan di kawasan Banyuwangi. Tempat rekreasi ini mempunyai luas sekitar 2 hektar, dan menyediakan berbagai macam wahana air yang seru serta menantang.

Salah satu keunggulan yang dihadirkan yakni sumber airnya yang berasal secara langsung dari mata air alami Gunung Raung yang terkenal jernih dan segar. Air tersebut dipompa dari dalam tanah, kemudian disalurkan ke kolam-kolam renang menggunakan sistem sirkulasi yang baik.

Tidak hanya itu, objek rekreasi hits Banyuwangi ini juga membawakan konsep desain yang unik dan fotogenik. Para pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto yang menarik di objek wisata ini, mulai dari rumah-rumah kayu, patung-patung hewan, sampai jembatan danau.

Lokasi Umbul Bening Banyuwangi

Umbul Bening berlokasi di Salamrejo, Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya memang cukup mudah untuk dijangkau, baik itu dari pusat kota Banyuwangi maupun dari arah Jember.

Jaraknya dari kota Banyuwangi sekitar 35 km dan dari kota Jember yakni sekitar 70 km. Sedulur dapat datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk bisa menuju ke objek wisata air ini.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari arah barat yaitu Jember, maka rute yang perlu ditempuh adalah Jember – Kalibaru – Glenmore – Umbul Bening. Nah, perjalanan ini mungkin akan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam.

Sementara jika dari arah timur atau Kota Banyuwangi, maka waktu yang dibutuhkan lebih singkat yaitu hanya sekitar 1 jam perjalanan saja. Hal ini dilakukan dengan rute tempuh berupa Banyuwangi – Rogojampi – Genteng – Glenmore – Umbul Bening.

Apabila Sedulur datang menggunakan bus, maka bisa harus turun di pertigaan Glenmore. Setelah itu lanjut perjalanan dengan naik ojek langsung menuju ke lokasi. Sedangkan jika naik kereta api, Sedulur bisa turun di Stasiun Setail dan melanjutkan perjalanan dengan ojek.

BACA JUGA: Jember Mini Zoo : Lokasi, Harga Tiket, hingga Wahana 2024

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

umbul bening banyuwangi
Unsplash/Renan Florindo

Seperti yang sudah dikatakan, jika ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di objek wisata Umbul Bening. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Bermain di kolam renang
  • Bermain berbagai wahana di waterboom
  • Hunting foto di beberapa spot foto menarik
  • Terapi ikan

Harga tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan di Umbul Bening Banyuwangi memang cukup terjangkau, yakni Rp25.000 per orang. Namun khusus untuk hari besar, maka biaya yang dikenakan sedikit naik, yakni di angka Rp30.000. Oh iya, bagi yang datang dengan mobil pribadi, jangan lupa sediakan uang untuk parkir sebesar Rp10.000.

Jam Buka dan Jam Tutup

Sama halnya seperti kebanyakan objek wisata Banyuwangi, Umbul Bening ini juga buka setiap hari mulai dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

Tips dan Informasi Penting Lainnya

  • Khusus untuk anak-anak dibawah usia 4 tahun, tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.
  • Para pengunjung diperbolehkan membawa makanan ringan dari luar.
  • Hindari berkunjung pada saat liburan sekolah, karena biasanya lokasi sangat ramai dan kolam renang menjadi sesak oleh para pengunjung.
  • Jangan lupa mengabadikan momen liburan bersama keluarga, karena di Umbul Bening ini terdapat banyak sekali spot foto yang menarik.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai Umbul Bening Banyuwangi yang perlu diketahui sebelum mengunjungi objek wisata tersebut. Oh iya, jangan lupa pastikan bahwa kondisi fisik benar-benar fit sebelum berkunjung, ya!