teluk hijau

Teluk Hijau atau yang sering juga disebut Green Bay, merupakan satu dari sekian banyak pesona wisata di Banyuwangi yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Bukan hanya Pantai Batu Banyuwangi saja yang mempunyai air laut jernih dengan warna biru, pantai yang satu ini juga begitu.

Bisa dibilang jika lokasi dari objek wisata ini cukup tersembunyi dengan akses yang cukup sulit. Hal ini membuat nama Teluk Hijau kurang dikenal di telinga para wisatawan. Namun karena daya tarik yang luar biasa, tidak menjadi masalah bagi para wisatawan berjuang untuk bisa sampai di pantai ini.

Tak heran pula, jika Green Bay ini termasuk ke dalam daftar tempat wisata Banyuwangi favorit, selain Kawah Ijen serta Pantai Plengkung. Nah, bagi Sedulur yang penasaran akan objek wisata tersebut, simak dulu informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Teluk Hijau

teluk hijau
Unsplash/Gabriel Affonso

Teluk Hijau yang sering disebut Green Bay, adalah sebuah teluk yang tersembunyi dan menakjubkan di kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi. Teluk ini memperoleh namanya dari air lautnya yang bersih dan memiliki warna hijau kebiruan yang indah.

Green Bay juga dikelilingi oleh hutan lebat dan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Teluk ini terkenal dengan pantainya yang berpasir putih yang sangat halus, air laut yang jernih dengan warna hijau kebiruan, dan lanskap alamnya yang masih sangat alami dan terjaga.

Lokasi Teluk Hijau

Teluk Ijo berada di Dusun Krajan, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi tersebut bisa dibilang cukup dekat dengan objek wisata Pantai Batu Banyuwangi. Ya, akses untuk bisa menuju ke Teluk Hijau cukup menantang.

Hal ini tentu saja yang membuatnya kurang ramai dan menjaga keaslian alamnya, memberikan suasana pantai yang lebih eksklusif dan pribadi bagi para pengunjung yang datang.

Rute Menuju Lokasi

Kita mulai titik perjalanan dari Pantai Rajegwesi, Sedulur dapat pesan ojek motor warga setempat dengan durasi sekitar 10 menit serta biaya sekitar Rp10.000 saja per orang. Selain itu, Sedulur juga dapat menuju pantai ini dengan menempuh jalur laut.

Nah, dari Pantai Rajegwesi Sedulur bisa memesan jasa perahu nelayan. Dengan tujuan Pantai Teluk Hijau, biaya yang dikenakan adalah Rp25.000 per orang sekali jalan, atau Rp35.000 per orang untuk PP (pulang pergi). Kapasitas satu perahu nelayan sekitar 6 sampai 8 orang dengan durasi sekitar 15 sampai 20 menit.

Jam Operasional Teluk Hijau

Untuk saat ini, Teluk Hijau telah dibuka untuk keperluan kunjungan wisata setiap hari alias dari hari Senin hingga Minggu, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Namun disarankan bagi Sedulur untuk datang saat weekdays alias hari biasa, karena objek wisata ini cenderung lebih sepi dari akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Teluk Hijau

Dulunya, pihak pengelola dari Green Bay ini tidak memungut biaya tiket masuk satu rupiah pun kepada para wisatawan yang berkunjung ke sini. Wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi parkir, bagi yang datang dengan menggunakan kendaraan.

Namun seiring dengan perkembangannya, kini para wisatawan sudah dikatakan biaya tiket masuk. Tapi tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuk yang dikenakan juga cukup terjangkau. Berikut ini info biaya masuk serta tarif retribusi parkir kendaraan dari objek wisata Green Bay ini.

  • Tiket Masuk : Rp5.000 (Weekdays), Rp7.500 (Weekend dan libur nasional)
  • Parkir Motor : Rp3.000
  • Parkir Mobil : Rp10.000
  • Sewa Perahu : Rp25.000 (One Way), Rp35.000,00 (pulang pergi)

Perlu untuk diketahui, bahwa tarif retribusi parkir serta biaya sewa perahu yang ada di atas tersebut adalah tarif normal. Biasanya tarif tersebut akan naik di waktu-waktu tertentu, misalnya saja seperti ketika libur akhir pekan dan high season tiba.

BACA JUGA: Puncak Ratu Pamekasan, Panorama Perbukitan di Jawa Timur

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

teluk hijau
Unsplash/Shlomo Shalev

Para pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas yang menarik di Teluk Hijau, seperti halnya berikut ini.

  • Snorkeling

Airnya yang jernih membuat Green Bay ideal untuk snorkeling, di mana pengunjung bisa melihat keindahan bawah laut langsung dari permukaan air.

  • Berjemur di pantai

Pantai dengan pasir putihnya yang lembut adalah tempat yang sempurna untuk Sedulur bisa berjemur di pinggir pantai. Sedulur juga bisa bermain atau berenang ringan di bibir pantai.

  • Hiking

Bagi yang suka petualangan, ada beberapa trek sekitar area yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan kesempatan untuk menjelajah lebih dalam ke hutan tropis di sekitarnya.

  • Menikmati air terjun

Tidak jauh dari pantai, terdapat sebuah air terjun kecil yang bisa dijadikan tempat yang menyenangkan untuk bermain air atau sekedar menikmati pemandangan.

  • Fotografi

Dengan latar belakang alam yang indah dan cahaya alami yang sempurna, Teluk Hijau adalah surga bagi para fotografer.

  • Berkemah

Menghabiskan malam di bawah bintang dengan suara ombak sebagai latar belakang adalah cara yang luar biasa untuk benar-benar terhubung dengan alam.

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

Tips Sebelum ke Teluk Hijau

teluk hijau
Unsplash/Colin Watts

Jika Sedulur tertarik untuk berkunjung ke Teluk Hijau, jangan terburu-buru. Ada beberapa tips penting yang perlu untuk diketahui. Tips-tips penting yang dimaksud, adalah seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Jangan lupa meminta izin kepada orang tua.
  • Pastikan untuk berdoa dulu sebelum berangkat.
  • Selalu perhatikan serta patuhi aturan yang ada, mengingat Sedulur sedang berwisata di alam.
  • Perhatikan kondisi kendaraan dan pastikan dalam kondisi baik, karena perjalanan cukup jauh.
  • Jangan lupa bawa sunblock, agar kulit Sedulur tidak terbakar oleh terik matahari.
  • Bawa topi serta kacamata untuk menambah kenyamanan selama berlibur sekaligus properti foto.
  • Kosongkan memori yang ada di kamera, karena Sedulur pasti akan mengambil banyak foto.
  • Jangan pernah membuang sampah sembarangan, dimana pun itu tempatnya.

Oia, karena perjalanan ke Teluk Hijau membutuhkan energi lebih dan cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke destinasi alam satu ini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!

Dengan perpaduan antara keindahan alam, ketenangan, dan berbagai aktivitas yang ditawarkan, Teluk Hijau Banyuwangi adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang mengunjungi Jawa Timur.