taman bermain anak di Surabaya

Surabaya tidak hanya dikenal sebagai pusat perdagangan, namun juga menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Kota besar ini juga dikenal sebagai pusat bisnis Jawa Timur. Selain sebagai pusat kegiatan perekonomian, Surabaya juga merupakan kota dengan berbagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Menggabungkan sejarah, budaya dan fasilitas modern, Surabaya menawarkan berbagai destinasi wisata yang memenuhi keinginan dan kebutuhan anak-anak. Kota ini menawarkan kenangan tak terlupakan mulai dari taman bermain edukasi, museum interaktif hingga taman bermain.

Bagi orangtua menghabiskan waktu bersama teman adalah kesempatan yang sulit. Alasannya sebagian besar karena mereka sibuk mengurus anak dan khawatir tidak ada yang menjaganya. Oleh karena itu, saat ini salah satu pilihan bagi para orangtua yang ingin jalan-jalan adalah dengan mengajak anaknya keluar rumah untuk bermain!

Bagi masyarakat yang tinggal di Surabaya, banyak sekali tempat playdate anak kota ini. Berikut ini beberapa rekomendasi taman bermain Surabaya yang bisa dicoba!

BACA JUGA: Taman Wisata Tawun: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

1. NAWA: Fantasia

taman bermain anak di Surabaya
Pixabay/Cherylt23

Rekomendasi taman bermain di Surabaya yang pertama adalah NAWA: Fantasia. NAWA bukanlah tempat hiburan biasa, NAWA: Fantasia adalah sebuah immersive exhibition yang begitu indah dan disukai anak-anak.

Pameran seni yang diselenggarakan oleh LZY Visual akan memberikan Sedulur dan anak pengalaman baru yang tak terlupakan. Di sini Sedulur dapat menikmati ruangan berbeda dengan gambar interaktif dan menarik serta berfoto di booth foto We Light You.

  • Harga Tiket Masuk: Weekday Rp50.000, weekend Rp60.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, mulai pukul 14.00 WIB
  • Lokasi: Pakuwon City Mall Lantai 2M

2. Kidzooona Surabaya

Lalu ada taman bermain indoor yang bisa dijadikan arena bermain anak-anak dan orangtua bersama teman di sini. Namanya Kidzooona! Di sini anak-anak bisa bersenang-senang sambil bermain dan belajar.Tersedia puluhan kategori wahana permainan dan puluhan variasi permainan yang menarik dan mendidik. 

Selain itu, taman bermain ini juga memiliki sudut tersendiri yaitu Toy Master Corner. Di pojok ini terdapat Toy Master Specialist yang membimbing anak-anak belajar, bermain, dan berkompetisi dengan permainan edukatif. Berkat banyaknya staf yang ramah, Sedulur tidak perlu khawatir dan Sedulur bisa berkumpul dengan sahabatmu sepuasnya!

  • Harga Tiket Masuk: Mulai Rp70.000 – Rp180.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
  • Lokasi: Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Ciputra World Surabaya, dan Galaxy Mall 1

3. KiDZiLLA Grand City Mall Surabaya

Cara anak berkomunikasi yang paling tepat tentu saja dengan mengajaknya bermain. Sedulur bisa mengajak buah hatimu bermain di taman bermain indoor Grand City Mall Surabaya bernama KiDZiLLA.

Si kecil pasti tidak akan bosan bermain di sini. Intinya ada banyak permainan yang berbeda dan aman untuk balita seperti mandi bola, rumah bata, dan banyak lagi.

  • Harga Tiket Masuk: Weekday Rp70.000, weekend Rp90.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
  • Lokasi: X-Tropolis Fun World, Grand City Mall Level 2, Surabaya

4. Kidzania Surabaya

Di mana lagi di Surabaya yang ada tempat nongkrong asyik bersama anak-anak, kalau bukan Kidzania! Terletak di pusat kota Surabaya, Kidzania merupakan tempat yang cukup luas, sehingga anak-anak bisa bereksplorasi sepuasnya dengan banyaknya aktivitas yang ditawarkan.

Dengan konsep role playing, ada sekitar 40 wahana yang bisa dicoba anak-anak satu per satu. Mereka dapat menjajal profesi dokter, arkeolog, teller bank, pemadam kebakaran, juru masak, bahkan pilot. Sambil menunggu anak bermain, orangtua tetap bisa bersenang-senang di restoran terdekat karena Kidzania terletak di mall Lagoon Avenue.

  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp200.000
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 10.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu & Libur Nasional 12.00-19.00 WIB 
  • Lokasi: Lagoon Avenue Mall, Jalan KH Abdul Wahab Siamin Surabaya, Grand Sungkono Lagoon, Kav. 9-10, Surabaya

5. Happy Time Galaxy Mall 2 Surabaya

Ini adalah salah satu taman bermain anak yang dibuka belum lama di Surabaya. Namanya Happy Time di Galaxy Mall 2. Ada beberapa wahana menarik yang bisa Sedulur coba seperti Bowling, VR World hingga Playground.

Taman bermainnya sendiri juga sangat luas, dijamin anak-anak akan betah berlama-lama di sini. Selain itu, ada perosotan seru dan kolam bola yang luas! Menariknya lagi, tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga bisa bermain di sini. Supaya para orangtua bisa bermain bersama si kecil!

  • Harga Tiket Masuk: Weekday Rp125.000, weekend Rp 150.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
  • Lokasi: Galaxy Mall 2 Lantai 3, Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya

BACA JUGA: Taman Wisata Ngembag: Harga Tiket, Aktivitas, dan Fasilitas

6. Wuffy Space Cafe Playground and Class

taman bermain surabaya
Unsplash/Zhilda Li

Lalu ada kafe yang cocok untuk anak-anak dan orangtua, yakni Wuffy Space Cafe Playground and Class! Di sini Sedulur dapat menikmati kopi dan makan enak bersama teman di kafe, dan anak-anak dapat dengan senang hati bermain di taman bermain.

Mainan di sini juga sangat lengkap dengan sensory play, role play dan kolam bola yang besar. Di sini, ada staf yang menjaga dan mengajak anak-anak bermain. Agar orangtua dapat me time dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dengan tenang!

  • Harga Tiket Masuk: Rp40.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-21.00 WIB
  • Lokasi: Jalan Raya Lontar No. 163, Lontar, Kecamatan Sambikerep, Surabaya

7. Caarousel Kids Cafe

Caarousel Kids Cafe juga merupakan tempat yang bagus untuk bermain bersama anak-anak. Soalnya ada cafe untuk orangtua dan arena bermain untuk anak. Tempatnya luas dan juga bersih, makanannya juga enak.

Untuk bermain di taman bermain,kamu hanya perlu membeli makanan atau minuman minimal Rp35.000. Jadi anak-anak bisa bermain di taman bermain hingga dua jam!

  • Harga Tiket Masuk: Rp35.000
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB
  • Lokasi: Jalan Ngagel No. 179-183, K20&21, Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya

8. Dulin Dulin Play Space

Jika Sedulur sedang mencari taman bermain anak yang juga bisa menjadi sekolah untuk anak, Sedulur bisa datang ke sini ke ruang bermain Dulin Dulin Play Space. Karena di tempay ini banyak kegiatan seru yang melatih motorik halus dan kasar serta konsentrasi anak.

Selain itu, setiap harinya banyak kelas lho! Kelas ini dibagi sesuai usia si kecil, ada kursus untuk balita dan 18-24 bulan. Anak-anak akan merasakan serunya belajar sambil bermain di sini! 

  • Harga Tiket Masuk: Rp150.000/kelas
  • Jam Operasional: Tergantung kelas yang dipilih
  • Lokasi: Jalan Opak No. 44, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya

9. Kiddy Lab by Rumah Kumbang

Kiddy Lab Rumah Kumbang merupakan ruang kelas indoor untuk balita. Oleh karena itu, Kiddy Lab menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu, logam, bambu dan bahan lainnya dalam pengajarannya.

Kegiatan di Kiddy Lab Rumah Kumbang sangat menyenangkan karena interaktif. Anak-anak juga pasti akan senang belajar dan bertemu teman baru. Selain itu, terdapat kelas yang juga dapat diikuti oleh anak-anak berusia 1-6 tahun.

  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp250.000
  • Jam Operasional: Setiap Rabu dan Kamis, dengan jam sesuai dengan kelas yang dipilih
  • Lokasi: Jalan Kayoon No. 60-62, Surabaya

10. Chipmunks Playland and Café

Meski biasanya cuaca di Surabaya lebih panas dibandingkan kota wisata lainnya, namun anak Sedulur tetap bisa bersenang-senang bermain di salah satu tempat wisata anak Surabaya ini, namanya Chipmunks Playland and Café. Mulai dari trampolin, flying fox hingga panjat dinding, taman bermain dalam ruangan ini pasti akan menyenangkan bagi anak.

Tempat wisata anak di Surabaya ini terbuka untuk anak-anak segala usia, bahkan dilengkapi dengan area khusus balita. Harap diperhatikan bahwa makanan dan minuman dari luar tidak diperbolehkan saat mengunjungi lokasi. 

Jika ingin bersantai sambil makan bersama anak, Sedulur bisa mengunjungi kafe yang ada di lantai 2. Tiket masuk tempat ini mulai dari Rp125.000 pada hari biasa dan Rp165.000 pada akhir pekan, sudah termasuk 2 tiket gratis untuk pendampingnya.

  • Harga Tiket Masuk: Weekday Rp125.000, weekend Rp165.000
  • Jam Operasional: Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB
  • Lokasi: Pakuwon Mall Surabaya, Jalan Mayjend. Jonosewojo No.2, Babatan, Wiyung, Surabaya

BACA JUGA: Taman Abhirama Sidoarjo: Daya Tarik, Jam Buka, dan Lokasi

11. Suroboyo Carnival Park

taman bermain surabaya
Unsplash/Annie Spratt

Kalau Jakarta punya Dufan, Surabaya punya Suroboyo Carnival Park. Tempat wisata keluarga andalan warga Surabaya ini berada di wilayah yang luas dan memiliki banyak wisata yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan umur. Selain menaiki bianglala dan komedi putar, anak bisa memperluas wawasannya dengan bermain di area Kidsplay.

Terdapat juga koleksi patung lilin yang bisa Sedulur gunakan untuk berfoto di sini. Terdapat spot-spot foto cantik yang membuat mengabadikan momen liburan semakin menyenangkan. Tiket masuk Suroboyo Carnival Park sekitar Rp60.000 pada hari biasa dan Rp70.000 pada akhir pekan. Tarif mulai dari Rp6.000 per wahana. 

  • Harga Tiket Masuk: Weekday Rp60.000, weekend Rp70.000, harga tiket per wahana mulai dari Rp6.000
  • Jam Operasional: Buka setiap hari 16.00 – 24.00 WIB
  • Lokasi: Jalan Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya

12. Kids Play Science and Waterpark

Anak dengan kecerdasan motorik tinggi biasanya mempunyai energi yang terlalu banyak. Bagi balita yang ingin mengeksplorasi kemampuan motoriknya, taman bermain adalah pilihan yang tepat untuk berlibur. Nah, salah satu rekomendasi tempat bermain Surabaya yang berkonsep playground adalah Kids Play Science and Waterpark.

Tersedia 12 wahana di objek wisata anak di Surabaya ini, cocok untuk anak berusia 5 hingga 12 tahun. Selain mengeksplorasi kemampuan motorik, si kecil juga bisa memperluas wawasannya dengan mengikuti berbagai aktivitas mulai dari berkebun, menjelajah di supermarket, apotek, hingga kolam renang.

Tempat wisata anak di Surabaya ini masih satu kawasan dengan Suroboyo Carnival Park. Jadi ketika Sedulur berkunjung ke taman hiburan Surabaya tersebut, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata anak yang satu ini. Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai dari Rp 60.000, belum termasuk Suroboyo Carnival dan tiket pendamping.

  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp60.000
  • Jam Operasional: Setiap hari 16.00 – 21.00 WIB
  • Lokasi: Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur

Itulah tadi informasi dan rekomendasi mengenai taman bermain Surabaya. Jadi, orangtua bisa mengajak teman untuk me time dan anak bisa bermain sepuasnya.

Oia, karena wisata satu ini memiliki banyak pilihan wahana yang penuh aktivitas melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur dan si kecil berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!