taman wisata ngembag

Mendengar Ponorogo, mungkin banyak orang yang lebih mengenal budayanya, yakni Reog Ponorogo. Namun jangan salah, kabupaten di Jawa Timur ini juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Wisata Ngembag.

Objek wisata yang satu ini memang sering menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar untuk liburan di akhir pekan. Taman wisata ini memang didesain sedemikian rupa untuk menjadi sebuah objek wisata sekaligus tempat untuk rekreasi dan liburan.

Ada banyak hal menarik yang ditawarkan oleh Taman Wisata ini, mulai dari pesona alam, spot keren, hingga wahana ramah anak. Untuk lebih jelasnya lagi, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Menikmati Keseruan di Pantai Camplong Sampang yang Populer

Pesona Taman Wisata Ngembag Ponorogo

taman wisata ngembag
Unsplash/Bui Hoang

Taman Wisata Ngembag merupakan destinasi wisata keluarga yang menawarkan berbagai macam atraksi dan fasilitas yang menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia. Terletak di kawasan yang strategis, taman ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit bagi warga lokal maupun wisatawan.

Taman yang satu juga ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, dengan pepohonan hijau dan udara yang sejuk, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai serta menikmati waktu bersama dengan keluarga, teman-teman, atau pasangan.

Di Taman Wisata Ngembag, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang, area bermain anak, dan wahana permainan yang beragam. Taman ini juga menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat istirahat, kantin, dan area parkir yang luas.

Selain itu, terdapat juga jalur untuk jogging dan bersepeda bagi pengunjung yang ingin berolahraga sambil menikmati keindahan alam sekitar. Dengan banyaknya pilihan aktivitas yang tersedia, Taman wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan.

Lokasi Taman Wisata Ngembag

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika lokasi dari Taman Wisata Ngembag ini sangat strategis dan mudah untuk dijangkau. Lokasi tepatnya, yakni berada di Jalan Halim Perdana Kusuma, Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat kota Ponorogo, misalnya dari Alun-Alun Ponorogo, silahkan arahkan kendaraan ke barat menuju Jalan Jenderal Sudirman. Belok kiri ke Jalan Soekarno-Hatta dan terus ikuti jalan tersebut.

Setelah sekitar 2 kilometer, Sedulur akan mencapai perempatan besar, belok kanan ke Jalan Halim Perdana Kusuma. Terus ikuti Jalan Halim Perdana Kusuma hingga Anda mencapai Ronowijayan di Kecamatan Siman.

Nah, berikutnya Sedulur bisa mengikuti plang petunjuk jalan yang menuntun ke arah Taman Wisata Ngembag. Jika dirasa masih kesulitan, silahkan gunakan bantuan dari aplikasi peta semacam Google Maps untuk mempermudah perjalanan yang dilakukan.

BACA JUGA: Pemandian Bektiharjo: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Unsplash/Duy Tran

Taman Wisata Ngembag menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

  • Berenang di kolam renang

Kolam renang di sini adalah salah satu fasilitas utama yang banyak diminati oleh pengunjung. Dengan air yang jernih dan bersih, kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air, terutama bagi keluarga yang membawa anak-anak.

  • Bermain di taman anak

Taman ini memiliki area bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya.

  • Jogging dan bersepeda

Terdapat jalur jogging dan bersepeda yang sangat cocok untuk pengunjung yang ingin berolahraga sambil menikmati pemandangan alam. Jalur-jalur ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana segar dan alami.

  • Fotografi alam

Bagi penggemar fotografi, taman ini menawarkan banyak spot menarik untuk diabadikan. Pemandangan alam, bunga-bunga yang bermekaran, dan suasana taman yang asri bisa menjadi objek foto yang menawan.

  • Kebun binatang mini

Beberapa taman wisata seperti ini juga menyediakan kebun binatang mini atau area fauna di mana pengunjung bisa melihat berbagai jenis hewan. Ini bisa menjadi aktivitas edukatif bagi anak-anak sekaligus menambah daya tarik taman wisata.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Ngembag terbilang sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja. Akan tetapi, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola. Sebelum berkunjung, sebaiknya Sedulur memeriksa informasi terbaru tentang harga tiket melalui sumber resmi.

Jam Buka dan Jam Tutup

Taman wisata ini buka setiap hari, dari pagi sampai sore hari, yakni pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jam operasional ini memungkinkan Sedulur untuk bisa menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan taman sepanjang hari.

Akan tetapi, jam buka dan tutup tersebut bisa saja berubah tergantung pada situasi tertentu. Misalnya saja seperti acara khusus, perawatan taman, atau kebijakan lain dari pengelola.

BACA JUGA: Bukit Gandrung Kediri: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Aktivitas

Fasilitas yang Tersedia

taman wisata ngembag
Unsplash/Yoga Sukma

Taman Wisata Ngembag menawarkan berbagai fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi para pengunjung. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di taman tersebut.

  • Kolam Renang
  • Area Bermain Anak
  • Jalur Jogging dan Bersepeda
  • Area Piknik
  • Kantin dan Kios Makanan
  • Toilet Umum
  • Tempat Parkir
  • Kebun Binatang Mini

Tips Sebelum ke Sana

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Sedulur mempersiapkan kunjungan ke Taman Wisata Ngembag agar pengalaman dan liburan yang dilakukan terasa lebih menyenangkan dan lancar.

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca. Hindari hari-hari dengan cuaca buruk seperti hujan lebat atau angin kencang
  • Pakai pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Jika berencana untuk berenang, jangan lupa membawa pakaian renang dan handuk.
  • Bawa perlengkapan tambahan seperti tikar piknik, payung atau topi untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah.
  • Selalu bawa kantong plastik untuk sampah dan pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • Setiap taman wisata biasanya memiliki aturan tertentu yang harus diikuti oleh pengunjung.

Itulah sedikit informasi mengenai Taman Wisata Ngembag. Dengan berbagai hal yang dimiliki olehnya, objek wisata yang satu ini sangat layak menjadi destinasi yang sempurna untuk rekreasi, relaksasi, dan juga mengembalikan semangat sebelum menjalani rutinitas kembali.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati area Taman Wisata Ngambeg.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!