sate ponorogo

Sate Ponorogo menjadi salah kuliner terbaik di Jawa Timur. Tak kalah dengan Sate Madura, hidangan ini memiliki pesona daging ayam yang dibakar hingga harum dan taburan bumbu kacang yang sangat gurih.

Selain itu, yang membuat Sate Ponorogo begitu beda dengan jenis sate lain di Indonesia adalah teknik potongannya. Dimana para pembuat sate menggunakan daging ayam yang dipotong pipih dan kecil bebas lemak.

Nah, kalau Sedulur tertarik untuk mencicipi Sate Ponorogo, berikut ini beberapa rekomendasi terbaiknya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Restoran Terbaik di Ponorogo, Enak tapi Murah

Keunikan Sate Ponorogo

sate ponorogo
Unsplash/Akharis Ahmad

Sate ponorogo ini berasal dari Kota Ponorogo Jawa Timur yang khas dengan beberapa keunikannya. Tidak seperti sate dari daerah lain yang disajikan dengan daging dipotong kecil-kecil berbentuk seperti dadu, sate ponorogo ini disajikan dengan daging yang dipotong pipih memanjang sehingga lebih lembut dan mudah dikunyah.

Dengan penyajian dan teknik potong yang berbeda, daging, kulit, dan juga bagian lemaknya dapat dipisahkan dengan baik.

Selain itu, bumbu dan rempah-rempah yang digunakan pun juga berbeda. Sebelum dibakar, daging sate ponorogo ini direndam terlebih dahulu dengan bumbu bacem agar bumbu dan rasanya dapat meresap ke dalam daging. Setelah warnanya menjadi kecoklatan, daging yang telah direndam itu kemudian dibakar di atas tungku pembakaran yang terbuat dari tanah liat dengan lubang di setiap sisinya.

Terkadang, asap yang mengepul dari tungku pembakaran ini membuat kelezatan dari sate berhasil mengundang setiap orang yang lewat untuk mampir dan mencicipi sate khas Ponorogo ini. Setelah daging mulai matang, bumbu sambal kacang pun siap dihidangkan.

Bumbu satenya pun juga berbeda dengan sate pada umumnya. Bumbu ini dibuat dari kacang pilihan yang ditumbuk kemudian dicampur dengan air tanpa ditambahkan kecap agar cita rasa kacangnya tetap kental. Lontong pun juga tak lupa untuk dihidangkan sebagai pelengkap.

BACA JUGA: 12 Kedai Lontong Kikil di Surabaya Terbaik, Bikin Ketagihan!

Rekomendasi Sate Ponorogo

Setelah mengetahui dan mengenal keunikan kuliner Jawa Timur ini, berikut beberapa rekomendasi spot sate ponorogo yang bisa Sedulur coba.

1. Sate Ponorogo Pak Nandir

sate ponorogo
Unsplash/Eka P Amdela

Tempat makan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Menariknya, cita rasanya yang lezat tak pernah berubah. Di sini, Sedulur bisa memilih makan sate dengan lontong maupun dengan nasi agar lebih kenyang. Potongan daging di tempat ini cukup besar dengan siraman bumbu kacang yang gurih, manis, dan pas di lidah.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada No. 11, Bangunsari, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
  • Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap hari
  • Harga mulai dari Rp20 ribuan per porsi 

2. Sate H. Tukri Sobikun

Tempat makan ini sangat populer di Ponorogo karena sudah berdiri sejak tahun 1975. Yap, sate ayam ini legendaris! Meski begitu, rasanya tetap tak berubah. Bahkan, beberapa presiden Indonesia suka langganan di tempat ini.

Dalam seporsi sate ayam, kita akan mendapat daging yang diiris tipis, lebar, dan panjang dengan siraman bumbu kacang. Sedulur akan bisa merasakan gurihnya bumbu dengan empuknya daging ayam yang sudah dibakar dengan sempurna.

  • Alamat: Jalan Lawu Gang Sate No. 43K, Hasanudin, Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo
  • Jam buka mulai pukul 06.00 sampai 22.00 WIB dari Senin sampai Minggu
  • Harga mulai dari Rp25 ribu per porsi

3. Sate Ayam Pak H. Saikun

Letaknya yang strategis membuat banyak masyarakat lokal maupun wisatawan banyak berkunjung ke Sate Ayam Pak H. Saikun. Dengan harga sekitar Rp25 ribu saja, kita sudah bisa mendapatkan sate yang empuk, lontong lunak, dan sambal kacang lezat.

Menariknya, kalau membelinya untuk dibawa pulang, sate ayam di tempat ini akan dikemas dengan besek tradisional. Tentunya ini bisa memberikan pengalaman tersendiri karena Sedulur bisa merasakan suasana jadul dari sate ayamnya.

  • Alamat: Jalan Lawu No. 41A, Hasanudin, Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.
  • Jam buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB
  • Harga mulai dari Rp25 ribu per porsi

4. Sate Pak Kaderi

Sate Ayam Pak Kaderi ini termasuk legendaris karena sudah berdiri dan sudah eksis sejak 20 tahun yang lalu. Jenis sate yang dijual di tempat ini termasuk jenis sate Purbosuman dengan bentuk daging yang dibuat pipih.

Selain itu, dalam seporsi sate ayam akan disiram dengan bumbu kacang yang halus dan tak lupa diberi kecap. Sedulur juga bisa menambahkan sambal jika ingin merasakan sensasi pedas. Namun, sambal di sini biasanya berupa irisan cabe rawit yang pedesnya nampol banget.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada RT 01 RW 7, Kranjeng Bangunsari, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
  • Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB setiap hari
  • Harga mulai dari Rp25 ribu per porsi

BACA JUGA: 8 Tempat Makan Sate Kambing di Surabaya yang Paling Enak

5. Sate Ponorogo Pak Imun

rumah makan magetan
Unsplash/Gema Saputera

Tempat makan sate ayam Ponorogo di sini juga cukup populer dengan bumbu kacangnya yang lezat dan pas di lidah. Sedulur bisa memilih makan sate dengan lontong maupun dengan nasi agar lebih kenyang. Dengan harga sekitar Rp22 ribu saja, kita sudah bisa mendapatkan sate yang lezat dengan porsi yang pas.

  • Alamat:Jalan Soekarno Hatta No.240, Banyudono, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo
  • Jam buka mulaipukul 08.00 sampai 00.00 WIB di setiap hari
  • Harga mulai dari Rp22 ribu per porsi

6. Sate Pak Mesiran

Sate di sini terkenal karena bumbu kacangnya juga lembut dan halus tanpa terkecuali. Apalagi tak hanya menyediakan sate daging ayam, Sate Ayam Pak Mesiran juga menyediakan sate kulit ayam dan sate ayam daging dan kulit.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada No.11 Ngepos Bangunsari, Ponorogo
  • Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB
  • Harga mulai dari Rp25 ribu per porsi

7. Sate Ayam Pak Setono

Seperti sate ayam khas Ponorogo yang lainya, Sate Ayam Pak Setono ini memiliki bentuk yang pipih dan dilengkapi dengan bumbu kacang yang sangat halus serta ditambahkan kecap. Harganya juga sangat terjangkau dan cocok jadi pilihan menu saat berkunjung ke sana.

  • Alamat: Kompleks Makam Bathoro Katong, Kecamatan Setono, Ponorogo
  • Jam buka mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB
  • Harga sekitar Rp20 ribu per porsi

8. Sate Ponorogo Pak Yatno

Selanjutnya ada Sate Ponorogo Pak Yatno. Karakter sate di sini terbilang mirip dengan sate lainnya. Namun, perbedaannya ada pada resep bumbu kacangnya. Sate Ponorogo Pak Yanto terkenal dengan ciri khas bumbu kacangnya yang menggunakan kecap.

  • Alamat: Jalan Pilangsari 55 Purbosuman, Ponorogo
  • Jam buka pada pukul 07.00 sampai 19.00 WIB
  • Harga sekitar Rp18 ribu per porsi

9. Sate Pak Kisul

contoh promosi makanan sate
Unsplash/Kelvin Zyteng

Sate ayam ini sudah turun temurun, dan kini sudah sampai empat generasi, serta terkenal dengan sate ayam jenis Setono. Ciri khas dari sate ayam Setono adalah dikeringkan terlebih dahulu dan memiliki bentuk yang pipih namun tidak sepanjang kedua jenis sate ayam Ponorogo lainya.

  • Alamat: Jalan Barito No. 30, Jenangan, Ponorogo
  • Jam buka pada pukul 16.00 sampai 21.00 WIB
  • Harga sekitar Rp20 ribu per porsi

Nah itu tadi beberap rekomendasi sate ponorogo terbaik yang bisa Sedulur coba. Ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!