lontong kikil di surabaya

Banyak dari Sedulur pasti sudah tahu dengan kuliner lontong kikil di Surabaya. Sajian masakan asli Jawa Timur yang satu ini terkenal sangat lezat terutama bagi para pecinta daging sapi. Hidangan satu ini umumnya disajikan dengan kuah yang kental dan pedas. Untuk bisa menemukan lontong kikil di Surabaya  sebenarnya cukup mudah dan tidak sulit.

Ada beberapa spot yang sudah terkenal untuk mencicipi lontong kikil di Surabaya seperti Kikil Sapi Waru Jaya dan Lontong Kikil Bu Sugeng. Namun apabila Sedulur malas untuk mengantri dan ingin mencoba rasa lainnya, maka ada beberapa tempat lain yang bisa jadi rekomendasi untukmu.

Nah, biar Sedulur tidak penasaran dan bisa langsung mencoba kelezatan lontong kikil di Surabaya. Mari simak daftar rekomendasi kuliner berikut ini ya!

BACA JUGA: 9 Kuliner Banyuwangi Malam Terbaik, Mulai dari Nasi Hingga Lontong!

1. Kikil Sapi Waru Jaya

lontong kikil di surabaya
Unsplash/Eiliv Aceron

Tempat makan lontong kikil ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Kikil Sapi Waru Jaya ini juga sudah ada sejak tahun 1975, yang terkenal dengan kikilnya yang lembut dan tidak keras, serta kuahnya yang terasa segar dan tidak berbau.

Tak hanya itu, bumbu-bumbu yang ada di warung ini juga memberikan cita rasa kikil yang berbeda dari yang lain. Tempat makan kikil populer ini memang tidak terletak di pusat kota Surabaya, melainkan di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo.

Terletak persis di Jalan Raya Waru Nomor 18, Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Untuk informasi lengkapnya Sedulur bisa membuka akun Instagram @kikilsapiwarujaya_official. Tempat makan legendaris ini buka mulai pukul 10.00 hingga 22.30 WIB. Satu porsi lontong kikil harganya sekitar Rp30.000.

2. Lontong Kikil Bu Sugeng

Lontong kikil Bu Sugeng tidak pernah kehabisan pembeli sejak dibuka. Jika Sedulur datang terlambat, bersiaplah untuk kehabisan karena selalu diserbu pelanggan. Potongan kikil di sini cukup besar dan kuahnya sangat pedas. Rempah-rempahnya juga meresap sempurna ke dalam kikil.

Harga seporsi kikil sapi plus seporsi lontongo mulai dari Rp30.000 saja. Porsinya besar dan pastinya mengenyangkan. Jika beruntung, Sedulur juga bisa mendapatkan sumsum tulang atau balungan. 

Alamatnya berada di Jalan Ngagel, Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Buka pada hari Selasa sampai Minggu pukul 03.00 sampai 09.00 WIB.

3. Lontong Kikil Gembong Kapasari

Jika ingin menyantap lontong kikil yang murah tapi enak, lontong kikil Gembong Kapasari adalah solusinya. Seporsi lontong kikil di sini hanya berkisar Rp23 ribu saja. Rasanya tak perlu diragukan lagi, dengan resep yang diwariskan secara turun temurun, lontong kikil ini sudah dijual selama kurang lebih 40 tahun.

Saat pertama kali menggigit, terasa nikmatnya bumbu meresap ke dalam potongan kikil yang sangat lembut. Sedulur tidak akan menemukan kikil yang keras dan berbau di sini. Lontong Kikil Gembong Kapasari identik dengan sambal merah, jadi rasanya agak pedas.

Alamatnya berada di Jalan Kapasari Gembong Kinco, Kapasari, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Jam Buka setiap hari pukul 18.00 sampai 23.00 WIB.

4. Lontong Kikil Kutai Jaya

Dibuka sejak tahun 1972, Lontong Kikil Kutai Jaya bisa dikatakan sebagai lontong kikil paling legendaris. Terbukti dengan cita rasa lezatnya yang tak pernah berubah. Satu porsi lontong kikil di sini dibandrol dengan harga Rp33.000, cukup mahal namun worth it karena rasanya yang lezat.

Kalau makan lontong kikil di Kutai Jaya, sambalnya wajib dicoba. Berbeda dengan sambal kikil pada umumnya, Lontong Kikil Kutai Jaya menggunakan sambal kacang yang lezat. Jadi kacangnya mempunyai rasa asin yang membuatnya semakin gurih. 

Alamatnya ada di Jalan Kutai Nomor 40, RW.05, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 21.30 WIB.

5. Kikil Sapi Lodoyo

Kikil Sapi Lodoyo memiliki area yang luas dan bisa disantap bersama teman atau keluarga. Tempat makan lontong kikil yang tak pernah sepi pelanggan ini mampu menghabiskan puluhan kilogram kikil setiap harinya. Di sini kuah kikilnya terkenal dengan rasanya yang lezat dan lontonganya juga sangat lembut. 

Jadi lumer di lidah saat disantap. Bagi yang tidak terlalu suka kikil, tersedia juga menu bakso. Meski hanya lauk pauk, namun baksonya rasanya juga juara. Satu porsi daging sapi kikil tanpa lontong di sini hanya seharga Rp30.000, pasti bikin kenyang.

Alamatnya di Jalan Ngagel Jaya No. 52, RT.002/RW.03, Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Jam buka setiap hari dari pukul 13.00 sampai 22.00 WIB.

BACA JUGA: Resep Lontong Tauco Sederhana, Dijamin Kuahnya Super Gurih!

6. Kikil Sapi Bronggalan

lontong kikil di surabaya
Unsplash/Alyssa Kowalski

Kikil Sapi Bronggalan berbeda dengan kebanyakan lontong kikil lainnya yang biasanya asin dan gurih. Lontong kikil Bronggalan memiliki rasa yang manis dan gurih. Kikilnya empuk, bumbunya meresap sempurna, bisa pilih dimakan dengan lontong atau nasi putih.

Kikil daging sapi dan sumsum tulang wajib dipesan oleh pecinta kikil kalau datang ke sini. Kalau dicoba pasti bakalan balik lagi. Harga menu di sini mulai dari Rp30.000 saja. Walaupun warung pinggir jalan, tapi tempat duduknya cukup banyak.

Lokasinya berada di Jalan Bronggalan Nomor 26, Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur. Jam buka setiap hari dari pukul 13.00 sampai 22.00 WIB.

7.  Kikil Sapi Cak Ratno

Kikil Sapi Cak Ratno bisa dikatakan sebagai pionir warung lontong Kikil Sapi di Surabaya. Nama Ria mencuat karena Ratno jualan dekat Bioskop Ria di Jalan Kombespol M. Kikil Sapi Cak Ratno sudah ada sejak tahun 80-an dan bertahan sampai sekarang. Memang di daerah ini banyak terdapat kikil sapi dengan spanduk bertuliskan “Ria”.

Faktanya, ada lebih dari lima kios yang menjual kikil di kawasan tersebut. Namun, Kikil Cak Ratno dagingnya yang sangat empuk dan saus dengan campuran yang tepat. Ada rasa pedas, gurih, dan asin yang berpadu dengan sempurna.

Lokasinya di Jalan Embong Blimbing 10, Genteng, Surabaya. Sementar itu jam operasional warung ini mulai dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Harga mulai Rp32.000.

8.  Kikil Sapi & Bakso Kikil Mbah Ratu

Kalau sedang ke Surabaya, tempat makan yang juga harus Sedulur coba adalah Kikil Sapi & Bakso Kikil Mbah Ratu. Meski warung ini merupakan warung pinggir jalan, tapi rasanya sama enaknya dengan yang lain. 

Pelayanannya juga dinilai ramah dan membuat pelanggan betah. Racikan kikil di sini juga istimewa yang empuk dan tidak alot. Kuahnya nikmat dan cocok ditambahkan dengan sambalnya. Harganya mulai Rp28.000.

Lokasinya di Jalan Demak 380, Krembangan, Surabaya dan jam buka 17.00 sampai 22.00 WIB. 

9. Cak Nang Lontong Kikil Sapi 

Jika Sedulur berada di Surabaya Selatan dan ingin mencicipi kuliner lontong kikil yang lezat, kunjungi ke warung Cak Nang. Kuah dan kikilnya yang nikmat pasti bikin Sedulur ketagihan.  Jika penasaran, kunjungi restoran ini mulai pukul 12.00 hingga 22.00 WIB. Harganya mulai Rp28.000 saja.

Lokasinya di Jalan Masjid Agung Timur 6, Pusat Kuliner Gayungan Stand 3, Surabaya.

10. Lontong Kikil Sapi Mbak Hermin

Jika Sedulur sedang mencari lontong kikil di Surabaya yang selalu ramai, Lontong Kikil Sapi Mbak Hermin mungkin bisa menjadi tempatnya untuk dikunjungi. Pasalnya, terkadang lontong kikil di sini sudah terjual habis padahal baru dibuka.

Kuah yang ditawarkan pedas dan kental. Tekstur kikilnya juga lembut sehingga tidak sulit dikunyah. Sedulur tidak perlu khawatir untuk makan di sini, karena porsi yang ditawarkan banyak dan harganya terjangkau. Selain lontong, Sedulur juga bisa menikmati lontong kikil dengan nasi.

Lokasinya di Jalan Mustika No.28, Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Buka pada Senin sampai Minggu, pukul 09.00 – 18.00. Harganya per porsi sangat terjangkau, yakni mulai Rp25.000 saja.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

11.  Kikil Sapi Asli Pak Said

kuliner banyuwangi malam
Unsplash/Chris Vanhove

Kuahnya yang segar dan gurih serta potongan kikil yang cukup besar dengan tekstur lembut serta kenyal membuat gerai Kikil Sapi Asli Pak Said di Surabaya ini banyak digemari para pelanggannya. Untuk menikmati kikil, Sedulur bisa memilih lontong atau nasi sebagai lauknya. 

Porsinya banyak dan pasti akan membuat Sedulur puas. Cocok banget untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Warung Kikil Sapi Asli Pak Said juga menawarkan teh panas/es dan jeruk panas/es untuk melepas dahaga. Dari segi harga, semua hidangannya cukup murah, jadi Sedulur tidak akan ragu untuk mampir lagi ke sini.

Lokasinya berada di Jalan Sepanjang Tani No. 37, Pagesangan, Jambangan, Surabaya. Buka pada hari Senin sampai Minggu, pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harganya mulai Rp25.000 per porsi.

12. Lontong Kikil Mbak Ulfa

Lontong kikil di Surabaya selanjutnya yang wajib dicoba adalah Lontong Kikil karya Mbak Ulfan. Kikil yang ditawarkan memiliki irisan cukup besar dengan tekstur lembut dan kenyal. Kuahnya biasanya kental dan pekat dengan aroma rempah yang kuat dan segar.

Sedulur bisa menikmati kikil dengan lontong atau nasi. Kikil lontong di Surabaya ini enak banget buat makan malam. Untuk minuman, Lontong Kikil Mbak Ulfa menyediakan teh panas/es, jeruk panas/es, dan kunyit asam. Harga semua makanan di sini sangat terjangkau. 

Jadi jangan ragu untuk mampir ke gudang lontong kikil di Surabaya ini yang berada di Jalan Raya Kalirungkut No. 114, Kalirungkut, Rungkut, Surabaya. Jam buka dari Senin sampai Minggu, pukul 17.00 – 23.00 WIB. Harga Rp25.000 per porsi.

Itulah tadi beberapa rekomendasi lontong kikil di Surabaya yang harus Sedulur coba. Oia, ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!