makanan khas situbondo

Selama ini, Ponorogo terkenal akan kesenian khasnya, yaitu reog. Tak heran daerah tersebut pun mendapat julukan sebagai Kota Reog atau Bumi Reog. Namun tidak hanya soal budaya, ternyata daya tarik dalam bidang kuliner juga begitu terkenal karena kelezatan restoran di Ponorogo.

Bahkan ada banyak restoran di Ponorogo yang cukup terkenal dan menjadi andalan warga maupun wisatawan yang berkunjung ke sana. Penasaran dengan pesona kuliner khas Ponorogo? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe di Bondowoso yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Rumah Makan di Ponorogo

Selain kesenian reog yang telah terkenal bahkan hingga ke mancanegara, Ponorogo juga menyimpan kekayaan kuliner yang menarik untuk dikulik. Apalagi ada banyak restoran di Ponorogo yang tak hanya menyajikan hidangan lezat nan menggugah selera.

Namun kuliner juga menyimpan cerita dan cita rasa khas yang mungkin tidak Sedulur jumpai di daerah lainnya. Bahkan tak sedikit rumah makan yang telah menjadi langganan wisatawan saat berkunjung ke daerah yang juga dikenal sebagai Kota Santri itu.

Spesial untuk Sedulur yang berencana berkunjung ke Ponorogo, berikut sudah dirangkum 10 rekomendasi restoran di Ponorogo.

1. Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun

sate ayam contoh promosi makanan sate
Unsplash/Nita Anggraeni Goenawan

Selain dikenal dengan kesenian reog, Ponorogo juga memiliki kuliner khas, yaitu sate ayam. Salah satu rumah makan sate ayam yang cukup terkenal di Ponorogo adalah Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun atau juga biasa disebut Sate Ayam Tukri.

Rumah makan ini terbilang cukup legendaris karena sudah buka sejak 1960-an silam. Sate ayam di sini disajikan dalam porsi besar dengan guyuran bumbu kacang yang gurih. Selain itu, Sedulur juga bisa memesan lontong sebagai pelengkapnya. 

  • Alamat: Jalan Lawu Gang Sate Nomor 43K, Hasanudin, Nologaten, Ponorogo
  • Jam buka: 06.00 – 20.00 WIB
  • Harga: Rp 34 ribu – Rp 37 ribu per porsi

2. Sate Ayam Ngepos Ponorogo

Selain Sate Ayam Tukri, Sedulur juga bisa mencicipi hidangan sate ayam khas Ponorogo di Sate Ayam Ngepos. Salah satu ciri khas di tempat ini adalah daging ayamnya tidak dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar.

Dengan kata lain, daging ayam dibakar dalam keadaan mentah dengan dilumuri bumbu yang terbuat dari campuran aneka rempah dan kecap manis.

  • Alamat: Gang Sate Ngepos, Kelurahan Purbosuman, Ponorogo
  • Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Rp 20 ribu per porsi

3. Warung Makan Mbok Mingkem

Rekomendasi restoran di Ponorogo selanjutnya adalah Warung Mbok Mingkem. Tak hanya jadi tujuan wisata kuliner, tempat ini juga cocok dipilih untuk bersantap bersama keluarga.

Restoran ini menyajikan berbagai menu yang bisa memenuhi selera anggota keluarga. Sedulur bisa mencicipi bebek goreng, bebek bakar, ayam setan, nila acar, hingga lele penyet. Selain itu, ada juga beragam pilihan sambal sebagai pelengkapnya.

  • Alamat: Jalan Kumbokarno, Surodikraman, Ponorogo
  • Jam buka: 10.00 – 21.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 25 ribu per porsi

4. Rumah Makan Banyu Bening

Pilihan restoran keluarga berikutnya adalah Rumah Makan Banyu Bening. Restoran ini menawarkan suasana santai dengan bangunan berupa teras yang dilengkapi dengan akuarium yang menambah kesan asri.

Adapun menu yang ditawarkan juga cukup beragam. Mulai dari olahan gurame, nila, hingga ayam kampung. Sedulur juga bisa mencicipi kuliner tradisional seperti garam asem dan lontong kikil yang dijamin akan menggoyang lidah.

  • Alamat: Jalan Anggrek, Bangunsari, Ponorogo
  • Jam buka: 09.00 – 22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 10 ribu – Rp 40 ribuan

5. Joglo Manis

Rekomendasi restoran dengan suasana santai nan asri di Ponorogo yang berikutnya adalah Joglo Manis. Tak hanya menawarkan suasana yang memanjakan mata sekaligus membuat rileks, restoran ini juga memiliki beragam menu yang tak perlu diragukan kelezatannya.

Sedulur bisa menemukan banyak sekali menu mulai dari sup iga bakar, gurame pesmol, kepiting asam manis, hingga es teler durian yang dijamin akan memanjakan lidah.

  • Alamat: Jalan Sultan Agung No 52, Bangunsari, Ponorogo.
  • Jam buka: 10.00 – 22.00 WIB

BACA JUGA: Mengenal Es Pleret Khas Blitar Beserta Cara Membuatnya!

6. Rumah Makan Garang Asem Bu Parti

makanan khas situbondo
Unsplash/Paul Rogers

Garam Asem Bu Parti merupakan salah satu kuliner khas Ponorogo yang tak boleh Sedulur lewatkan. Tak hanya menyediakan menu garang asem dengan isian daging, rumah makan ini juga membuat menu garam asem dengan isian kepala ayam yang mungkin akan jarang Sedulur jumpai di rumah makan lainnya.

Selain itu, ada beberapa menu yang juga tidak boleh Sedulur lewakan seperti garam asem jeroan, mulai dari hati, ampela, hingga usus.

  • Alamat: Ngasinan, Jetis, Ponorogo
  • Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 19 ribu

7. Istana Lesehan

Sesuai namanya, restoran ini mengusung konsep lesehan sehingga Sedulur dapat menikmati hidangan dengan suasana santai. Menu yang ditawarkan sendiri cukup beragam. Mulai dari berbagai olahan ayam kampung, burung dara, lele, hingga aneka seafood.

  • Alamat: Jalan Ir H Juanda, Tonatan, Ponorogo
  • Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB

8. Restoran Pemancingan Ikan BETRI

Restoran satu ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang menggemari kegiatan memancing. Tak hanya itu, hasil pancingan Sedulur juga bisa langsung dinikmati karena ada layanan memasak dengan aneka pilihan cara pengolahan.

Sedulur bisa mencoba menu-menu ikan ini dengan berbagai teknik memasak seperti dari digoreng, dibakar, dipepes, hingga diberi bumbu asam manis yang segar. Selain ikan, Sedulur juga bisa mencoba aneka olahan ayam serta nasi dan mie goreng.

  • Alamat: Siman, Pabrik, Tranjang, Ponorogo
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 10 ribu – Rp 30 ribu per porsi

9. Rumah Makan Lesehan Tirto Wening

Restoran satu ini menawarkan kelezatan kuliner yang dipadu dengan konsep lesehan sehingga cocok untuk makan bersama keluarga ataupun berkumpul bersama teman. Menu yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari olahan ikan, steak, hingga aneka sayuran dan sambal.

  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta Nomor 282, Banyudono,
  • Jam buka: 09.00 – 22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 70 ribu 

10. Rumah Makan Kembar Jowo

sambal korek
Pexels/Cottonbro

Terakhir ada Rumah Makan Kembar Jowo yang menawarkan aneka hidangan tradisional, mulai dari sayur jantung pisang, sayur daun kelor, hingga aneka sambal seperti sambal kluwak dan sambal korek.

Tak hanya menyajikan hidangan yang lezat, rumah makan ini juga memiliki konsep unik yaitu nuansa tradisional berupa bangunan joglo dengan perabotan jadul.

  • Alamat: Jalan Parang Baris Desa Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo
  • Harga: mulai dari Rp 9 ribu

Itu dia 10 rekomendasi restoran yang bisa jadi pilihan saat berkunjung ke Ponorogo. Tak hanya mengisi perut, Sedulur juga bisa berwisata kuliner sembari menilik hidangan khas Bumi Reog tersebut.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!