pantai srau

Bagi masyarakat Jawa Timur, pastinya sudah asing lagi dengan kecantikan pantai-pantai yang ada di Pacitan. Objek wisata Pacitan ini memang menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai, salah satunya yakni Pantai Srau.

Dilihat secara letak geografisnya, bagian selatan dari Kabupaten Pacitan ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi tidak heran wilayah ini mempunyai deretan pantai berwarna putih yang sangat indah dan juga menawan.

Hal itu juga berlaku untuk Pantai Srau, pantai di Pacitan yang seringkali dijuluki sebagai surganya pasir putih di Jawa Timur ini. Ya, pantai yang satu ini mampu memikat perhatian wisatawan domestik dari berbagai daerah di Indonesia, lho!

BACA JUGA: Keindahan Pantai Prigi Trenggalek, Cocok Jadi Liburan Keluarga!

Lokasi Pantai Srau

pantai srau
Unsplash/Arif Hida

Lokasi dari Pantai Srau sendiri berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika diukur dari pusat kota Pacitan, maka jarak antara pantai yang satu ini dengan Kabupaten Pacitan, yakni sekitar 23 km.

Rute Menuju Lokasi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jarak tempuh untuk menuju ke Pantai Srau dari pusat Kabupaten Pacitan sendiri sekitar 23 kilometer, dengan waktu tempuh selama kurang lebih satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat kota, maka perjalanan bisa dimulai dari Jalan Laksamana Yos Sudarso, kemudian ambil Jalan Tentara Pelajar. Setelah itu, ambil Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gatot Subroto, Jalan WR Supratman, Jalan Raya Tompak Rinjing, dan terakhir Jalan Dadapan Watukarung.

BACA JUGA: Keindahan Waduk Selorejo, Wisata Alam Sejuk di Malang

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai srau
Unsplash/Teodor Kuduschiev

Bicara tentang Pantai Srau, tentu saja ada banyak hal yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini.

1. Pasir putih dengan air laut jernih

Bisa dibilang jika pantai ini merupakan pantai yang indah dan masih “perawan”. Para wisatawan yang suka dengan hamparan pasir putih di pinggir pantai dengan air laut yang jernih, maka pantai ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi.

Pasir putih di Pantai Srau benar-benar lembut dan tidak lengket di kulit. Terasa sangat nyaman ketika diinjak, dan juga sangat sesuai digunakan untuk bermain air.

2. Kawasan pantai yang luas

Pantai Srau merupakan kawasan yang sangat luas, sehingga bisa menampung banyak wisatawan. Ada tiga bibir pantai yang bisa dikunjungi, dan yang bagian tengah biasanya menjadi tempat favorit untuk bermain air.

Untuk kawasan bagian tengah ini, memang hanya berupa hamparan pasir pantai saja tanpa ada batu karang. Jadi memang cocok digunakan untuk bermain.

3. Spot foto karang unik

Selain itu, ada juga karang berlubang di Pantai Srau yang diberi nama Pantai Wayang. Spot ini sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang berfoto. Hanya saja, wisatawan tidak boleh bermain air di sekitar karang karena arus laut yang kuat serta dasar lubang terdiri dari lumpur.

Jadi memang spot yang satu ini hanya sebatas digunakan untuk mengambil foto dan juga mengabadikan momen saat di tempat ini.

4. Duduk santai menikmati pemandangan

Ketika sudah lelah bermain air, tentu saja para wisatawan ingin duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai, lengkap dengan angin dan desiran ombak, bukan? Nah, jika tidak ingin bermain air, maka dapat menikmati suasana pantai atau pemandangan yang indah.

Hal ini bisa dilakukan di gazebo yang sudah disediakan. Gazebo tersebut dapat digunakan untuk duduk-duduk sambil melihat deburan ombak.

5. Menjelajahi bukit

Sedulur juga bisa menjelajahi bukit-bukit yang ada di kawasan Pantai Srau. Pemandangan pantai dengan pasir putih, terlihat dengan jelas dan indah dari ketinggian. Ya, pantai ini memang paling cocok dikunjungi ketika pagi atau sore, karena Sedulur bisa melihat sunset atau sunrise dari bibir pantai.

Bibir pantai yang luas juga bisa dimanfaatkan untuk camping untuk bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai dalam waktu yang lebih lama.

BACA JUGA: 10+ Wisata Religi Jawa Timur yang Wajib Banget Dikunjungi

Jam Buka dan Jam Tutup

pantai srau
Unsplash/Allphoto Bangkok

Seperti halnya sebagian besar objek wisata pantai yang ada di Pacitan, objek wisata pantai yang satu ini juga selalu beroperasi setiap harinya, termasuk juga pada saat hari libur nasional dan hari besar. Tidak ada batasan jam buka dan jam untuk Pantai Srau, alias pantai ini selalu buka selama 24 jam penuh.

Akan tetapi untuk warung-warung wisata yang ada di sekitar, biasanya hanya buka hingga sore atau malam saja, tidak buka selama 24 jam penuh. Maka dari itu, jika Sedulur ingin camping di pantai ini, pastikan membawa logistik yang cukup.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan dari salah satu pantai yang ada Pacitan ini, parlu membayar tiket masuk. Namun tidak usah khawatir, biaya tiket masuknya sangat terjangkau, kok. Harga tiket masuk Pantai Srau sendiri akan dibedakan untuk pengunjung dewasa serta anak-anak.

Akan tetapi, biaya ini di luar untuk tarif parkir, biaya untuk wisatawan yang ingin camping, serta biaya menyewa tikar. Nah, berikut info harga tiket masuk untuk Pantai Srau yang terbaru.

  • Tiket Masuk – Anak: Rp5.000,00
  • Tiket Masuk – Dewasa: Rp10.000,00

Fasilitas yang Tersedia

Terdapat beberapa fasilitas yang sudah dapat langsung digunakan oleh para pengunjung di objek wisata ini. Diantaranya, yakni seperti area parkir dengan lahan yang luas, penyewaan tikar, toilet, dan juga penginapan.

Selain itu, para pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas mushola, camping ground, gazebo, dan juga warung wisata dengan sajian yang sangat lengkap. Hanya saja, di sini belum menyediakan fasilitas berupa pusat oleh-oleh khas.

Jadi jika Sedulur ingin berbelanja buah tangan untuk keluarga di rumah, maka perlu singgah di area kota yang memang menawarkan banyak sekali toko oleh-oleh khas Pacitan Jawa Timur yang terkenal.

Tips Ketika di Lokasi

Nah, ketika Sedulur berada di area pantai ini diharapkan selalu berhati-hati. Hal ini karena karena tipikal ombak yang ada pantai Pesisir Selatan Jawa memang terkenal cukup besar dan kurang sesuai untuk aktivitas berenang. Dengan begitu, maka tidak disarankan untuk berenang sampai ke tengah laut.

Pantai Srau memang telah menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi Sedulur yang mencari suasana pantai yang alami dan masih asri di wilayah Jawa Timur. Jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam list tempat yang harus dikunjungi!