pantai prigi

Seperti yang telah diketahui, setiap pantai pasti punya keindahan masing-masing yang mampu menarik para wisatawan. Pantai yang disebut indah, tidak selalu pantai yang berpasir putih. Bahkan pantai dengan pasir cokelat pun juga cukup menarik, seperti halnya Pantai Prigi yang ada di Trenggalek.

Salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Timur ini, menawarkan keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Hamparan pasir coklat, menjadi ciri khas dari pantai yang ramah untuk para wisatawan ini. Terlebih lagi, fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini juga terbilang lengkap.

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai, tetapi juga kekayaan budaya dan tradisi lokal yang khas. Nah, berikut ini beberapa informasi dari Pantai Prigi yang bisa Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Pantai Teluk Hijau: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Pantai Prigi

pantai prigi
Unsplash/David Sager

Pantai Prigi Trenggalek bisa menjadi destinasi wisata dan rekreasi yang menarik bagi semua wisatawan dari berbagai kalangan dan usia. Pantai yang satu ini mampu memberikan ketenangan yang mungkin tidak akan bisa ditemukan di tempat wisata lainnya.

Sepanjang garis pantainya benar-benar mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Hal ini karena pasir warna coklatnya terlihat sangat unik dan tidak ada yang menyamai. Area bibir pantai yang landai serta luas, tentu membuat nyaman para wisatawan bisa leluasa bermain air dan pasir.

Bahkan ombak pantai juga cukup tenang, sangat aman untuk berenang di area perairannya. Secara letak, memang pantai ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung. Namun faktanya, secara administratif Prigi merupakan pantai milik Trenggalek.

Lokasi Pantai Prigi

Lokasi dari Pantai Prigi ini, ada di Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Jika Sedulur berencana untuk memanfaatkan pantai ini sebagai destinasi liburan, tidak perlu khawatir akan rute atau aksesnya.

Rute Menuju Lokasi

Dari Trenggalek, jaraknya kurang lebih 40 KM atau 1 jam perjalanan dengan menaiki kendaraan. Aksesnya pun sudah jalan beraspal yang halus, sehingga kendaraan bisa melaju dengan mulus tanpa kesulitan. Rute dapat dimulai dari Trenggalek, ke arah ke Watulimo.

Nah, dari Watulimo, lokasi pantai ini sebenarnya sudah dekat. Sedulur hanya perlu mengikuti papan penunjuk arah yang berada di jalan raya yang mengarah ke pantai. Untuk memudahkan perjalanan, Sedulur juga bisa menggunakan bantuan Google Maps.

Harga Tiket Masuk Pantai Prigi

Untuk bisa berkunjung dan menikmati keindahan yang ada di pantai ini, Sedulur tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Harga tiket masuk dari Pantai Prigi terbilang sangat terjangkau. Hanya, saja tarif tiket ini belum dengan termasuk biaya parkir, biaya toilet, serta penyewaan ban pelampung.

Nah, berikut ini kisaran tarif retribusi tiket masuk serta parkir kendaraan yang terbaru untuk objek wisata Pantai Prigi.

  • Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp3.000 per kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp5.000 per kendaraan

Perlu untuk diketahui, bahwa tarif yang tertulis di atas sifatnya tidak permanen. Bisa saja besaran tarif tersebut berubah kapanpun sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola. Kendati demikian, misalnya saja ada kenaikan tarif, selisih kenaikannya mungkin juga tidak besar.

BACA JUGA: Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang: Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik Pantai Prigi

pantai prigi
Unsplash/Camille Minouflet

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yang bahkan tidak bisa ditemukan di objek wisata lain. Nah, berikut ini beberapa daya tarik yang dimaksud.

1. Keindahan alam

Pantai Prigi menawarkan pemandangan pantai dengan pasir yang berwarna putih dan gradasi air laut yang biru. Ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai, berjemur, atau sekadar menikmati pemandangan.

2. Aktivitas air

Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas air seperti berenang, snorkeling, atau hanya bermain air. Meskipun ombak di sini tidak terlalu besar, selalu penting untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk keamanan.

3. Pelabuhan Prigi

Berdekatan dengan pantai ada Pelabuhan Prigi, salah satu pelabuhan perikanan terbesar di Jawa Timur. Sedulur bisa melihat kegiatan sehari-hari nelayan, mulai dari turun kapal hingga pelelangan ikan.

4. Pasar ikan

Kunjungi pasar ikan di dekat pelabuhan untuk melihat atau bahkan membeli berbagai jenis ikan segar yang baru ditangkap. Ini juga merupakan kesempatan untuk mencicipi kuliner laut segar lokal.

5. Festival dan kegiatan lokal

Pantai Prigi sering menjadi lokasi berbagai festival lokal dan acara budaya, termasuk upacara larung sesaji dan festival layang-layang. Tentunya ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Sedulur yang ingin menikmati suasana Pantai Prigi.

6. Wisata kuliner

Jangan lewatkan mencicipi kuliner khas pantai seperti ikan bakar, sate kerang, atau seafood segar lainnya yang dijual oleh pedagang di sekitar pantai. Dengan bahan baku yang masih sangat fresh, dijamin menu-menu kuliner di sini sangat lezat.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Prigi telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung, termasuk area parkir, toilet, kios makanan dan minuman, serta beberapa penginapan sederhana di sekitar area pantai bagi pengunjung yang ingin menginap.

Pantai Prigi menawarkan kombinasi menarik antara keindahan alam, kebudayaan lokal, dan petualangan kuliner yang menarik bagi semua jenis wisatawan, dari yang mencari ketenangan hingga yang mencari kegiatan yang lebih aktif di alam.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Pantai Prigi.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!