Pantai Pasur: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Ingin berlibur ke pantai yang belum banyak diketahui orang? Sedulur bisa mengunjungi Pantai Pasur di Blitar, Jawa Timur. Dibandingkan dengan pantai=pantai di Blitar lainnya, Pantai Pasur terbilang masih alami dan belum banyak mengalami pengembangan.

Tak hanya itu, pantai satu ini juga bisa dibilang sebagai salah satu hidden gem karena belum banyak wisatawan yang datang tapi memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai populer lainnya yang ada di Blitar.

Jadi wajar saja kalau pantai ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang menginginkan wisata pantai dengan suasana tenang dan tak terlalu ramai. Lantas, seperti apa pesona Pantai Pasur? Sebelum berkunjung langsung ke sana, yuk, simak terlebih dahulu rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Bukit Banyon: Daya Tarik, Harga Tiket, Aktivitas, dan Rute

Pantai Pasur Blitar

pantai pasur
Unsplash/Nikhil Jain

Pantai Pasur merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa pantai yang berada di Blitar, Jawa Timur. Sebelumnya, pantai ini menjadi lokasi tambang pasir besi sebelum akhirnya dikunjungi wisatawan.

Kendati demikian, hingga kini Pantai Pasur belum secara resmi menjadi salah satu destinasi wisata yang dikembangkan di Blitar. Hal ini sekaligus menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini cenderung masih sepi dari pengunjung, terlebih jika dibandingkan dengan pantai=pantai lainnya yang ada di Blitar, seperti Pantai Pangi.

Lokasi

Pantai Pasur berlokasi di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Tepatnya, pantai tersebut terletak di ujung barat Blitar. Pantai ini berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Blitar atau membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka

Lantaran belum ada pengelolaan secara resmi, tidak ada batasan ataupun aturan mengenai jam buka pantai ini sehingga Sedulur bisa berkunjung kapan saja. Akan tetapi, sebaiknya Sedulur berkunjung pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik agar lebih nyaman saat bermain di pantai.

Tiket Masuk

Biaya terkait tiket masuk juga belum ditetapkan bagi pengunjung yang datang. Dengan kata lain, Sedulur bisa menikmati keindahan Pantai Pasur secara gratis.

Daya Tarik Pantai Pasur Blitar

Kendati terbilang sebagai destinasi wisata baru dan tidak sepopuler pantai lainnya, Pantai Pasur tetap menarik untuk dikunjungi. Bahkan, keasrian alam Pantai Pasur yang belum banyak diubah malah menjadi daya tarik tersendiri terlebih bagi wisatawan yang menggemari wisata alam.

Kondisi pantai yang terbilang sepi dan tidak banyak pengunjung juga bisa disebut sebagai salah satu keunggulan pantai tersebut. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati setiap sudut pantai tanpa khawatir harus berdesakan dengan pengunjung lainnya. Sedulur juga bisa berfoto ria termasuk mengabadikan keindahan pesona alam pantai tanpa harus kesulitan mencari angle yang menarik dan sepi.

Adapun selain pemandangan laut lepas maupun langit biru yang memukau, Pantai Pasur juga dihiasi dengan pepohonan cemara udang yang mulai tinggi di sisi timur. Gundukan tanah dengan rumput-rumput liar yang tumbuh subur saat musim hujan juga memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini.

BACA JUGA: Pantai Jolosutro: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

pantai pasur
Unsplash/Joshua Sazon

Pantai Pasur memiliki bentang garis pantai kurang lebih 1 km yang membuatnya menjadi pantai terpanjang kedua di Blitar setelah Pantai Jolosutro. Oleh karenanya, Sedulur bisa menikmati pemandangan laut yang seolah tak terbatas di tempat ini.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa Pantai Pasur berbatasan langsung dengan samudera hindia. Hal ini membuat ombak di pantai tersebut cukup besar dan berbahaya untuk berenang. Oleh karena itu, pengunjung tidak disarankan berenang maupun bermain di laut.

Kendati demikian Sedulur tidak perlu bersedih tidak bisa bermain air di pantai ini. Pasalnya, di sisi barat Pantai Pasur terdapat muara sungai yang indah. Muara sungai ini juga menjadi spot favorit bagi wisatawan yang datang untuk berenang atau sekadar bermain air karena terbilang aman dibandingkan berenang di laut. Tak hanya itu, jika beruntung Sedulur juga bisa mengarungi sungai dengan bantuan nelayan lokal di sana.

Fasilitas

Kondisi pantai yang belum sepenuhnya dikelola sebagai tempat wisata juga membuatnya tidak memiliki cukup fasilitas yang memadai. Kondisi ini tentu juga perlu menjadi pertimbangan Sedulur saat akan berkunjung terlebih jika mengajak keluarga.

Kendati begitu, di sekitar pantai terdapat warga yang membuka usaha di rumah mereka, seperti berjualan makanan. Selain itu, warga setempat juga menyediakan lahan parkir dengan biaya tertentu.

Rute Yang Bisa Dilalui

Ada beberapa rute yang bisa Sedulur lalui untuk sampai ke Pantai Pasur. Rute pertama dimulai dari Blitar Kota menuju Kademangan, lalu ke Bakung, kemudian dilanjutkan ke desa Bululawang dan terakhir mengarah ke Pantai Pasur. Jika melewati rute ini, Sedulur akan melewati sejumlah objek wisata yang tak kalah menarik, misalnya Monumen Trisula.

Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa kondisi jalan menuju pantai ini tidak terlalu baik terlebih saat mendekati daerah pantai. Selain itu, Sedulur juga akan melewati jalur berkelok dan naik turun. Untuk itu, ada baiknya menyiapkan kondisi kendaraan dengan sebaik-baiknya agar perjalanan dapat berjalan lancar sampai ke tujuan.

Tips Berkunjung Ke Pantai Pasur

Agar kunjungan Sedulur makin menyenangkan, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tip berikut.

  • Sebaiknya Sedulur menyiapkan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena tidak ada transportasi umum yang bisa digunakan untuk mencapai Pantai Pasur.
  • Parkir di lahan yang sudah disiapkan karena area pantai diselimuti pasir tebal yang dapat menyulitkan kendaraan berjalan.
  • Siapkan bekal terutama air minum dan makanan pengganjal lapar karena tidak banyak warung ataupun pedagang di sekitar pantai.
  • Selalu gunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar matahari mengingat tidak banyak tempat berteduh yang tersedia di sana.

Fakta Seputar Pantai Pasur

Sebagai tambahan, berikut ada beberapa fakta menarik seputar Pantai Pasur yang sayang untuk dilewatkan.

  • Di pesisir pantai terdapat deretan pohon cemara udang yang sengaja ditanam untuk mencegah abrasi.
  • Lantaran berada di lokasi terpencil dan jauh dari pusat kota, sinyal di Pantai Pasur biasanya sangat lemah. Umumnya, pengunjung akan naik ke atas bukit untuk mencari sinyal.
  • Kondisinya yang masih asli dan belum ramai didatangi wisatawan bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam yang menenangkan.

Itu dia rangkuman informasi seputar Pantai Pasur yang berada di Blitar, Jawa Timur. Siapa sangka, Blitar rupanya memiliki pantai tersembunyi yang menyimpan pesona keindahan yang memukau.

Oia, biar menikmati suasana pantai indah ini makin asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.