banyon

Ada beberapa tempat wisata bukit alam di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Salah satu tempat wisata alam yang bisa Sedulur kunjungi adalah Bukit Banyon. Bukit dengan ketinggian 1.175 mdpl ini menyuguhkan panorama layaknya negeri di dongeng yang begitu cantik.

Bagaimana tidak? Dari puncak bukit ini, Sedulur bisa melihat pemandangan awan putih yang eksotis. Pemandangan awan menutupi desa, pepohonan hijau, dan pegunungan di kawasan Trenggalek akan membuat Sedulur memiliki pengalaman tak terlupakan.

Tempat wisata Trenggalek ini juga cocok untuk pecinta matahari terbenam dan matahari terbit.  Pasalnya, dari Bukit Banyon Trenggalek Sedulur dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau.

Jadi tidak heran kalau pemandangan indah dan panorama alam Bukit Banyon juga sering dijadikan lokasi berfoto. Selain itu, Bukit Banyon juga menawarkan daya tarik lainnya. Penasaran apa saja? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Bukit Gandrung Kediri: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Aktivitas

Lokasi dan Jam Operasional Bukit Banyon

banyon
Unsplash/Rowan Manning

Lokasi Bukit Banyon berada di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tempat wisata alam ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak sekali pelancong yang datang ke sini untuk menikmati keindahannya. 

Bukit ini buka 24 jam, jadi Sedulur bisa datang kapan saja. Saat Sedulur ke sini jangan lupa untuk berburu foto menarik, atau datang saat pagi hari untuk melihat sunrise yang begitu memukau.

Harga Tiket Masuk Bukit Banyon

Bagi Sedulur yang ingin menikmati panorama indah Bukit Banyon, perlu membayar tiket masuknya. Tapi tenang, harganya sangat terjangkau. Sedulur hanya perlu membayar tiket sebesar Rp5.000 saja.

Bahkan, harga tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Terlebih ketika musim liburan atau hari raya.

Rute Menuju Bukit Banyon

Akses menuju Bukit Banyon dari jalan raya cukup mudah menggunakan sepeda motor atau mobil. Jalannya terbuat dari semen dan memiliki beberapa lereng yang curam. Jalan menuju tempat ini sangat mulus hingga sampai di tempat parkir.

Jalan Bukit Banyon di beberapa titik cukup menanjak lumayan tinggi. Pengendara sepeda motor dan mobil harus berhati-hati saat menanjak jalanan terjal. Untuk mencapai puncak bukit, Sedulur bisa menggunakan sepeda motor untuk mencapai puncaknya. Namun Sedulur juga harus berhati-hati karena jalan menuju puncak bukit cukup terjal. 

Jarak Bukit Banyon dari pusat kota Trenggalek sekitar 19,7 kilometer. Waktu tempuh sekitar satu jam. Ada dua rute yang bisa dipilih yaitu Trenggalek dan Tulungagung. Berikut rutenya:

  • Dari pusat Trenggalek: Pilih jalur dari Kecamatan Gandusari-Kampak. Sesampainya di Pasar Gandusari, belok kiri sekitar 1 km lalu ikuti jalan ke selatan hingga ke puncak bukit.
  • Dari arah Tulungagung: Berangkat dari perempatan Kedunglurah. Sedulur akan melewati jalan kabupaten sepanjang 6 Kilometer hingga sampai di Desa Widoro, Kecamatan Gadusari. Setelah itu belok ke arah selatan hingga sampai puncak Bukit Banyon.

Fasilitas di Bukit Banyon

Berbicara fasilitas, di Bukit Banyon sudah cukup lengkap. Jadi, bisa mendukung kegiatan wisatamu lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di sini.

  • Area parkir
  • Warung wisata
  • Spot foto
  • Tempat duduk bersantai
  • Toilet
  • Camping ground
  • Gazebo dan lain-lain

BACA JUGA: Berlibur di Bukit Jaddih: Harga Tiket, Jam Buka, dan Lokasi

Daya Tarik Bukit Banyon

banyon
Unsplash/Robert Bye

Ketika di Bukit Banyon Sedulur bisa menikmati panorama yang indah. Terutama pemandangan saat matahari terbit, dan matahari terbenam. Awan putih yang berputar-putar menutupi perbukitan dan pegunungan di wilayah Trenggalek dan sekitarnya juga menjadi daya tarik lainnya. Berikut daya tarik dan aktivitas menyenangkan di Bukit Banyon.

1. Panorama negeri di atas awan

Bukit Banyon dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Dari ketinggian 1.175 meter, wisatawan disuguhkan eksotisme awan putih yang indah. Berada di kawasan ini seperti berada di atas awan. Fragmen awan tersebar di perbukitan, pegunungan, dan pemukiman penduduk. 

Ketebalan awan sangat bergantung pada cuaca. Jika hujan pada malam hari, kabut atau tutupan awan akan sangat tebal pada pagi hari. Jadi serasa berada di atas awan. Namun jika malam cerah, kabut pagi biasanya tipis. Meski begitu, Bukit Banyon tetap menawarkan keindahan yang memukau.

2. Menikmati panorama alam di sekitar bukit

Bukit Banyon menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Dari gunung ini wisatawan bisa menikmati hijaunya pepohonan dan pegunungan yang mengelilingi bukit. Di pagi hari, Bukit Banyon bagaikan bumi di atas awan.

Sementara itu, Sedulur akan disuguhi pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Trenggalek di malam hari. Apalagi saat cuaca cerah, pemandangannya jernih dan sangat indah.

3. Menikmati sunset dan sunrise

Kawasan wisata ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset dan sunrise. Wisatawan bisa melihat dengan mata kepala sendiri keindahan matahari terbit dari ufuk timur. Momen terbit atau terbenamnya matahari biasanya dinikmati sejak dini hari hingga sekitar pukul 05:30 WIB. 

Keindahan matahari terbit dipengaruhi oleh cuaca. Saat cuaca bagus, keindahan matahari terbit di Bukit Banyon sangat mempesona. Matahari bersinar di antara pegunungan dan perbukitan di sebelah timur Trenggalek. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam. Sunset biasanya bisa disaksikan sekitar pukul 17.30 WIB.

4. Camping

Bukit Banyon menyediakan tempat camping. Wisatawan bisa bermalam dan membawa perlengkapan berkemah dari rumah. Hal ini juga memudahkan bagi Sedulur yang ingin menikmati suasana matahari terbenam dan terbit di lokasi ini.

Tenang saja, Sedulur bisa menggunakan camping ground dengan nyaman karena areanya cukup luas dan bisa muat beberapa tenda.

5. Spot foto menarik

Bukit Banyon menjanjikan spot foto indah dan menarik. Salah satu spot paling elegan adalah latar belakang matahari terbenam atau matahari terbit. Atau berlatar belakang alam terbuka hijau yang eksotis dan hamparan awan putih serta masih banyak tempat menarik lainnya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai wisata di Bukit Banyon Trenggalek. Kalau Sedulur sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa mampir untuk sekedar melepas penat.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.