pantai jolosutro

Wilayah Jawa Timur khususnya Blitar, ternyata menyimpan banyak destinasi pantai yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Jolosutro yang terletak di Desa Ringinsari, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.

Seperti yang telah diketahui, salah satu cara terbaik untuk melepaskan penat usai menjalani rutinitas yang melelahkan adalah berkunjung ke pantai. Menikmati udara sejuk dan angin sepoi-sepoi benar-benar mampu menjernihkan pikiran.

Nah, bagi Sedulur yang bertempat tinggal atau sedang berkunjung ke daerah Blitar, Pantai Jolosutro bisa menjadi obat untuk merefresh ulang pikiran dan mengembalikan semangat. Namun sebelum memutuskan untuk berkunjung, ada baiknya Sedulur menyimak sedikit informasi berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Taman Pacitan: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pesona Pantai Jolosutro

pantai jolosutro
Pixabay/Thomas Sinousxl

Pantai Jolosutro menyajikan pesona alamnya yang masih alami dan asri. Hamparan pasir hitam yang eksotis membentang luas, menciptakan kontras yang memukau dengan ombak biru yang bergulung-gulung.

Pasirnya yang lembut dan bersih sangat nyaman untuk berjalan kaki atau bermain bersama keluarga maupun keluarga. Dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menjulang tinggi, pantai ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata dan memberikan kesan tenang dan damai bagi setiap pengunjung.

Selain itu, Pantai Jolosutro juga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat senja tiba, langit di atas pantai berubah menjadi kanvas warna-warni dengan semburat oranye, merah, dan ungu yang memukau.

Pemandangan matahari terbenam di pantai ini adalah salah satu yang paling menakjubkan di antara pantai-pantai lain yang ada di Blitar. Pantai ini menawarkan momen yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang mengabadikannya melalui lensa kamera.

Lokasi Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro terletak di Desa Ringinsari, Kelurahan Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini dapat dicapai dengan perjalanan darat dari pusat kota Blitar, yang memakan waktu sekitar satu jam.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti kebanyakan pantai yang ada di wilayah Jawa Timur, Sedulur juga harus menyiapkan sejumlah dana untuk membayar tiket masuk dan parkir kendaraan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini dana yang sekiranya harus disiapkan.

  • Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp 2.000 per motor
  • Parkir Mobil: Rp 5.000 per mobil

Oh iya, jangan lupa untuk membawa uang tunai untuk membayar parkir dan tiket masuknya saat berkunjung ke sana, ya!

Jam Buka dan Jam Tutup

Jam operasional Pantai Jolosutro adalah setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan Sedulur sesuai dengan jam operasional tersebut. Disarankan datang pagi hari saat udara masih sejuk, atau sore untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Pantai Jolosutro dimulai dari pusat kota Blitar, mengambil arah selatan menuju Kecamatan Wates. Perjalanan diawali dengan mengikuti Jalan Raya Blitar-Tulungagung hingga mencapai pertigaan Kademangan, lalu belok kanan menuju Wates.

Dari sini, ikuti jalan utama yang mengarah ke Desa Ringinrejo. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan sawah yang luas dan perbukitan hijau yang memanjakan mata. Setelah melewati desa-desa tersebut, ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Jolosutro.

Meskipun di beberapa bagian jalan terdapat tanjakan dan tikungan yang curam, kondisi jalan umumnya baik dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Tak jauh dari wisata Pantai Jolosutro, Sedulur juga bisa menemukan beberapa pantai indah lainnya yang juga bisa jadi opsi lho seperti Pantai Pangi Blitar yang menyimpan banyak keindahan alam menakjubkan.

Aktivitas Menarik Dilakukan

pantai jolosutro
Pixabay/Studio Iris

Terdapat berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Pantai Jolosutro. Kurang lebihnya, berikut ini beberapa aktivitas yang dimaksud.

  • Bermain air dan berenang

Bermain air dan berenang di Pantai Jolosutro adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Pasir yang lembut dan air laut yang jernih menambah keseruan saat bermain di tepi pantai.

Namun, penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda dan arahan dari penjaga pantai mengenai area yang aman dan berbahaya untuk berenang. Dengan tetap mengutamakan keselamatan, Sedulur dapat menikmati segarnya air laut yang ada di pantai ini.

  • Menikmati pemandangan alam

Dari saat tiba, mata Sedulur akan disuguhkan dengan panorama pantai yang luas dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai menambah keindahan alam yang menenangkan.

Berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati semilir angin laut yang segar adalah cara sempurna untuk melepas penat dan meresapi keindahan alam sekitar.

  • Melihat matahari terbenam

Menikmati matahari terbenam di sini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ketika senja, langit di atas pantai perlahan berubah menjadi kanvas yang dipenuhi dengan warna-warna indah, mulai dari semburat oranye hingga merah dan ungu.

Cahaya matahari yang mulai meredup dan memantul di permukaan air laut memberikan efek kilauan yang menakjubkan. Pemandangan ini menciptakan suasana yang romantis dan damai, ideal untuk diabadikan dengan kamera atau sekadar dinikmati dengan mata telanjang.

  • Spot mancing

Pantai di Blitar yang menawan ini juga menjadi tempat yang populer untuk memancing. Di beberapa titik yang aman, pengunjung dapat menemukan spot-spot memancing yang ideal. Dengan membawa peralatan memancing sendiri, Sedulur bisa menikmati waktu yang tenang sambil menunggu ikan menggigit umpan.

Aktivitas memancing ini tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan kedamaian yang ditawarkan oleh Pantai Jolosutro. Bagi para penggemar memancing, pantai ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Blitar.

  • Fotografi

Pantai Jolosutro adalah surga bagi para penggemar fotografi yang ingin menangkap keindahan alam yang memukau. Dengan pemandangan laut yang luas, ombak yang dramatis, dan pasir pantai yang bersih, setiap sudut pantai menawarkan latar belakang yang sempurna untuk berbagai jenis foto.

Saat senja, langit berubah menjadi kanvas warna-warni dengan semburat oranye, merah, dan ungu, menciptakan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Selain itu, formasi batu karang yang unik di beberapa bagian pantai menambah daya tarik visual.

Fasilitas yang Tersedia

Jika Sedulur berkunjung ke Pantai Jolosutro, tampaknya tidak perlu khawatir lagi terkait dengan fasilitas yang tersedia. Ya, bisa dibilang jika fasilitas yang ada di area pantai ini cukup lengkap, kurang lebih sebagai berikut.

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Kamar mandi umum untuk pengunjung
  • Gazebo dan tempat duduk untuk beristirahat
  • Mushola sebagai tempat untuk beribadah Umat Muslim
  • Warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman
  • Penginapan di sekitar pantai

Tentu saja keberadaan dari fasilitas-fasilitas tersebut akan sangat menunjang aktivitas dari para wisatawan yang sedang berkunjung ke pantai ini.

Peraturan yang Berlaku

Saat berkunjung ke Pantai Jolosutro, penting untuk mematuhi beberapa peraturan yang diterapkan demi menjaga keselamatan dan kelestarian lingkungan. Untuk itu, berikut beberapa peraturan yang perlu diperhatikan oleh para pengunjung pantai ini.

  • Tidak berenang di area yang berbahaya.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Gunakan tempat sampah yang telah disediakan untuk menjaga kebersihan pantai.
  • Tidak merusak atau mengambil tanaman, karang, atau hewan laut di sekitar pantai.
  • Jaga ketenangan dan kenyamanan dengan tidak membuat keributan.
  • Tidak melakukan tindakan yang mengganggu pengunjung lain.
  • Pastikan untuk keluar dari area pantai sebelum jam operasional berakhir demi keselamatan.

Tips Berkunjung

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti saat berkunjung ke Pantai Jolosutro untuk memastikan pengalaman yang aman dan menyenangkan. Dengan mengikuti tips-tips ini, kunjungan ke pantai ini akan menjadi lebih menyenangkan dan aman.

  • Sebelum berkunjung, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca.
  • Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman, serta alas kaki yang sesuai untuk berjalan di pasir.
  • Bawa pakaian ganti jika Sedulur berencana untuk berenang atau bermain air.
  • Jangan lupa membawa sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari, topi atau payung untuk berteduh, serta kacamata hitam.
  • Perhatikan dan patuhi semua peraturan yang ada di pantai, terutama terkait area berenang yang aman dan larangan merusak lingkungan.
  • Bawa kantong plastik atau tempat sampah sendiri untuk membuang sampah.
  • Jangan meninggalkan sampah di pantai agar keindahan alam tetap terjaga.
  • Ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Pantai Jolosutro menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan keindahan alamnya yang memukau dan berbagai aktivitas menarik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai ini dan merasakan pesonanya secara langsung.

Oia, biar suasana jalan-jalan dan menjelajah wisata alam makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan perjalanan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman bersantai menikmati suasana pantai, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.