pantai kedung tumpang

Jika Sedulur sedang mencari destinasi wisata pantai yang sangat indah dan juga unik di Jawa Timur, maka dapat coba berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang yang ada di Kabupaten Tulungagung. Ya, tempat wisata yang satu ini menawarkan pesona pantai yang menakjubkan dengan karang dan tebing.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa menikmati kolam-kolam alami yang terbentuk di bagian atas karang. Penasaran dengan objek wisata di Tulungagung satu ini? Langsung saja, simak dulu beberapa informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pesona Sungai Maron Pacitan, Nuansa Amazon di Jawa Timur

Pantai Kedung Tumpang

pantai kedung tumpang
Unsplash/Nuril Ahsan

Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu pantai karena yang lokasinya berada di pesisir Selatan Jawa Timur. Nama dari pantai sendiri ini diambil dari kata “kedung” yang artinya kolam atau lubuk, serta “tumpang” yang berarti bertingkat.

Hal itu menggambarkan jika kondisi pantai tersebut memang mempunyai kolam-kolam yang terbentuk secara alami di atas karang-karang bertingkat. Ya, bisa dibilang salah satu objek wisata Jawa Timur terbaru ini masih alami dan belum terlalu banyak dikembangkan sebagai tempat wisata.

Maka dari itu, para wisatawan dapat merasakan suasana pantai yang terasa, asri, tenang, dan sepi. Akan tetapi, tentu saja Sedulur juga harus siap dengan fasilitas yang masih sangat minim serta jalur akses yang cukup sulit.

Kendati demikian, akses yang sulit tersebut tidak juga menjadi penghalang bagi para wisatawan yang penasaran dengan keindahan pantai ini. Mungkin begitu pun juga dengan Sedulur, bukan?

Lokasi Pantai Kedung Tumpang

Alamat atau lokasi dari objek wisata pantai yang satu ini berada di Area Perkebunan Dan P. Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Ya terbilang cukup jauh dari pusat Kota Tulungagung.

Rute Menuju Lokasi

Rute yang harus dilewati untuk bisa sampai ke Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Jawa Timur ini, yakni dapat Sedulur mulai dari Kota Tulungagung menuju arah Selatan sampai ke Desa Pucanglaban. Setelah itu, Sedulur dapat menggunakan bantuan petunjuk arah dari Google Maps untuk menuju pantai ini.

Apabila menggunakan transportasi umum, maka Sedulur dapat menaiki bus jurusan Tulungagung-Blitar maupun Tulungagung-Kediri, dan nantinya turun di Terminal Pucanglaban. Setelah itu, silahkan naik ojek atau angkot hingga bisa sampai ke kawasan pantai ini.

BACA JUGA: Keindahan Waduk Selorejo, Wisata Alam Sejuk di Malang

Jam Buka dan Jam Tutup

pantai kedung tumpang
Unsplash/Jenny Marvin

Wisata Pantai Kedung Tumpang ini buka setiap hari full selama 24 jam. Dengan begitu, Sedulur bisa berkunjung kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Hanya saja, disarankan untuk datang saat pagi atau sore hari, supaya dapat menikmati pemandangan pantai yang lebih indah dan menawan.

Jika Sedulur ingin menginap di objek wisata ini, maka dapat mendirikan tenda di area parkir maupun menyewa penginapan di sekitar pantai. Kemudian soal kuliner, tak perlu cemas karena di wilayah ini ada banyak warung yang menjual aneka sajian makanan khas ala Jawa Timur yang terkenal lezat dan nikmat.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan dari pantai ini, Sedulur perlu membayar tiket masuk Pantai Kedung Tumpang dengan harga yang sangat murah. Tiket ini sudah termasuk dengan paket ke dua pantai lainnya, yakni Pantai Molang dan Pantai Pacar.

Di samping, Sedulur juga diharuskan harus membayar biaya parkir kendaraan roda dua maupun roda empat dan retribusi lingkungan dengan tarif yang juga tidak kalah murah, kok. Retribusi lingkungan tersebut hanya akan dibebankan kepada wisatawan yang ingin turun dan menikmati kolam-kolam alami di panti.

Nah, untuk rincian daftar harga tiket masuk serta tarif retribusi lingkungan terbaru, berikut ini informasi secara lebih rincinya.

  • Tiket Masuk: Rp8.000 per orang
  • Biaya Parkir: Rp5.000 per kendaraan
  • Retribusi Lingkungan : Rp2.000 per orang

Murah sekali, bukan biaya yang dibutuhkan untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Kedung Tumpang ini? Ya, biaya tiket yang murah ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi para wisatawan karena dapat berlibur dengan hemat, tanpa menguras kantong dalam.

Budget yang tersisa juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan yang lainnya. Misalnya saja seperti memborong buah tangan yang ada di pusat oleh-oleh Jawa Timur terkenal dan murah.

Daya Tarik Pantai Kedung Tumpang

Pantai cantik yang ada di Tulungagung ini mempunyai beberapa daya tarik yang mampu membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Nah, berikut ini beberapa daya tarik yang dari pantai tersebut.

1. Kolam alami

Pertama ada kolam-kolam alami dengan air biru toska yang sangat jernih, dimana kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, berendam, dan juga sekedar bersantai oleh para pengunjung.

2. Bebatuan karang

Daya tarik yang berikutnya berasal dari batu-batuan karang yang eksotis, yang mana akan terasa sangat cocok dijadikan sebagai spot foto dengan tema alami.

3. Tebing tinggi

Selanjutnya adalah tebing-tebing alami dengan ketinggian antara 20 hingga 30 meter dari atas permukaan laut, yang menawarkan panorama pantai lepas dari ketinggian. Cocok untuk tempat bersantai.

4. Ombak laut besar

Ombak laut yang besar yang menghantam dinding karang, tebing, dan kolam-kolam alami seperti di Pulau Bintan, Kepri.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Prigi Trenggalek, Cocok Jadi Liburan Keluarga!

Fasilitas yang Tersedia

pantai kedung tumpang
Pexels/Lachlan Ross

Bisa dibilang jika Pantai Kedung Tumpang ini merupakan pantai yang masih alami dan belum banyak dikembangkan sebagai objek wisata. Maka dari itu, fasilitas yang ada di sini masih sangat minim dan juga sederhana. Kurang lebih, berikut ini fasilitasnya.

  • Lahan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat
  • Mushola
  • Penginapan murah
  • Spot foto
  • Tempat sampah yang tersebar di sejumlah lokasi
  • Toilet dan kamar mandi
  • Warung-warung wisata

Mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi, objek wisata ini akan mulai dikembangkan, terutama dari segi fasilitasnya, seiring dengan seiring dengan bertambahnya jumlah pengunjung.

Tips Ketika Berkunjung

Sedikit catatan penting bagi Sedulur yang ingin berlibur di objek wisata ini, usahakan untuk membawa properti liburan sendiri karena. Hal ini karena di tempat ini memang belum tersedia berbagai macam fasilitas pendukung wisata.

Misalnya saja seperti perlengkapan snorkeling, pelampung, dan lain sebagainya. Ya, kolam-kolam alami yang ada di pantai ini masih benar-benar alami dan memukau. Seakan-akan mengajak para wisatawan untuk terjun dan menjelajahinya.

Beberapa hal seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack juga menjadi tips selanjutnya. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas termasuk pantai karena akan memberikan kesegaran alami tambahan saat berjalan-jalan.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!

Itulah ulasan seputar Pantai Kedung Tumpang, yang mana merupakan salah satu pantai paling indah di Jawa Timur. Walaupun fasilitasnya masih cukup minim, tapi sudah cukup memadai. Jadi jangan kaget jika tempat ini cukup ramai setiap harinya.