pantai boom banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang memiliki banyak sekali wisata pantai. Salah satu yang memiliki pemandangan mempesona dan wajib banget untuk dikunjungi adalah Pantai Boom Banyuwangi.

Tak hanya memiliki pemandangan yang apik, Pantai Boom Banyuwangi juga memiliki sejarah penting dalam perkembangan Indonesia. Sejak zaman Belanda atau tepatnya pada tahun 1925, pantai ini sudah dijadikan sebagai pantai pelabuhan terbesar di Pulau Jawa. Jadi tidak heran bila namanya sudah begitu terkenal.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mencoba berwisata ke Pantai Boom Banyuwangi. Mari simak informasi lengkap tentang hal menarik apa saja yang ada di sana.

BACA JUGA: Pesona dan Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan yang Unik!

Mengenal Pantai Boom Banyuwangi

pantai boom banyuwangi
Unsplash/Elizeu Dias

Pantai Boom Banyuwangi merupakan wisata alam baru baru yang sedang naik daun di Banyuwangi. Apalagi setelah pemerintah setempat bersama PT Pelindo III melakukan renovasi dan revitalisasi pada area pantai di tahun 2013 silam.

Memiliki tampilan yang lebih modern dan kekinian, siapa sangka pantai ini memiliki sejarah yang begitu panjang. Pada tahun 1925, Pantai Boom Banyuwangi dijadikan salah satu pelabuhan utama untuk persinggahan kapal nelayan dan kapal pengangkut kopra dari luar negeri.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya gudang-gudang kopra dan bekas tempat pelelangan ikan yang ada di sekitar pantai. Sebelum ramai menjadi destinasi wisata pantai Boom sering dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat memancing.

Pantai Boom Banyuwangi mulai mendapat perhatian sekitar tahun 2004 dimana pantai ini dipilih menjadi lokasi pembuatan kapal Umbul-umbul Blambangan. Sayangnya kapal yang hendak dijadikan ikon promosi pariwisata Banyuwangi tersebut justru tenggelam.

Akhirnya pada tahun 2012 untuk menarik para wisatawan diadakan parade tari Gandrung Sewu yang dilakukan di atas Pasir Pantai Boom Banyuwangi.

Lokasi Wisata

Lokasi Pantai Boom Banyuwangi sangatlah mudah dijangkau. Hal ini lantaran tempatnya ynang berada dekat dengan kota. Sedulur cukup menuju ke wilayah Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Para wisatawan bisa memulai perjalanannya dari Simpang Lima Banyuwangi menuju Jl. Dr. Sutomo dan Taman Blambangan. Saat menemukan pertigaan, belok ke kiri untuk masuk ke Jl. R.A. Kartini dan lanjutkan sampai tiba di Jl. Nusantara serta Jl. Ikan Cucut.

Setelah sampai di jalan tersebut, nantinya akan ada tugu yang bertulisan Pantai Boom, sehingga wisatawan bisa belok ke arah kiri dan ikuti jalan sampai Pantai Boom terlihat di bagian kanan jalan.

Jam Buka dan HTM

Sementara itu, wisata alam satu ini memiliki jam operasional yang cukup panjang. Dimana pengelola membuka pantai sejak pukul 05.00 sampai 21.00 pada setiap hari. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah Rp5 dan berlaku untuk hari kerja maupun akhir pekan.

Jadi, bisa menikmati beragam aktivitas menyenangkan di atas hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp5 ribu saja. Murah meriah dan menarik sekali bukan.

Spot Unik di Pantai Boom Banyuwangi

Selain karena keindahan pantainya, Pantai Boom juga terkenal karena memiliki banyak spot foto menarik bagi para wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah jembatan wisata Pantai Boom yang memiliki arsitektur modern dan unik.

Jembatan ini selalu ramai oleh wisatawan yang ingin mengambil gambar di area jembatan baik pagi, sore, maupun malam hari. Bahkan tidak jarang sesi foto prewedding atau foto bersama bisa Sedulur lakukan di spot ini.

BACA JUGA: Pantai Sendiki Malang: Pesona, Rute, Harga Tiket, dan Jam Buka

Rekomendasi Aktivitas

pasar malam
Unsplash/Sander

Para pengunjung tempat ini tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah sunset dari atas jembatan causeway saja, tapi mereka juga bisa melakukan berbagai jenis aktivitas liburan yang menyenangkan. Berikut adalah 5 aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Marina Boom.

1. Bermain di pasar malam

Awalnya, destinasi wisata ini adalah dermaga kapal pesiar yang dibangun oleh PT Pelindo sehingga ada beberapa wisatawan yang lebih mengenal tempat ini dengan nama Pantai Boom Pelabuhan Marina.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin dilengkapi dengan beragam jenis fasilitas yang dapat membuat para pengunjungnya betah untuk menghabiskan waktu di sana. Bahkan, destinasi wisata pantai ini juga menyediakan fasilitas pasar malam yang sangat menyenangkan.

Mulai dari permainan kincir angin, kora-kora, hingga beberapa jenis permainan pasar malam seperti ini lainnya akan tersedia di destinasi wisata Pantai Boom. Dengan begitu, pengunjung tidak akan merasa bosan ketika harus berlama-lama di tempat ini.

2. Camping

Bagi para wisatawan yang suka melakukan aktivitas camping, mereka juga bisa memanfaatkan fasilitas camping ground yang ada di tempat ini.

Pihak pengelola destinasi wisata pantai ini menyediakan sebuah tempat yang dapat memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk menghabiskan malam di sebuah tenda yang nyaman.

Karena tenda-tenda yang tersedia di tempat ini sudah tersusun dengan rapi, jadi para pengunjung tidak perlu mengaturnya lagi. Selain itu, area camping ground ini juga sudah dilengkapi dengan area kumpul bersama sehingga pengunjung bisa menikmati waktu bersama di depan api unggun yang hangat.

3. Bermain gokart

Permainan gokart tidak pernah gagal dalam memberikan keseruan kepada setiap orang yang memainkannya. Dalam hal ini, Pantai Marina Boom juga menyediakan permainan gokart yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pengunjungnya.

Biasanya, pengunjung anak-anak tempat ini selalu tertarik untuk memainkan permainan tersebut sehingga para orang tua harus mengawasinya dengan baik. Meskipun ukuran area bermain ini tidak terlalu luas, tapi para pengunjung tetap bisa merasa senang ketika memainkannya.

4. Menyeberangi jembatan lintas yang indah

Di setiap sisi jembatan lintas atau causeway ini akan terdapat begitu banyak spot foto yang menarik. Maka dari itu, tidak sedikit dari para pengunjung yang memanfaatkan area ini untuk berfoto ria bersama dengan keluarga atau teman-temannya.

Jika dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas lain yang ada di tempat ini, maka jembatan lintas yang satu ini bisa dibilang sebagai primadona dari Pantai Marina Boom Banyuwangi. Sebab, keindahan desainnya dapat membuat para wisatawan tertarik untuk melihatnya sendiri.

Jembatan ini memiliki desain yang menghubungkan sisi depan dengan area camping ground sehingga para pengunjung juga bisa melihat langsung pemandangan indah pada area tersebut.

Selain itu, jembatan ini juga dibuat dengan bagian atasnya yang berbentuk spiral. Maka dari itu, tidak mengherankan jika objek wisata satu ini memiliki kesan yang mewah dan estetik.

5. Menikmati festival internasional

Meski festival ini tidak selalu ada di Pantai Boom, tapi tak jarang pihak pengelola tempat ini menyelenggarakan acara-acara menarik yang bertaraf internasional. Hal ini bisa dilihat dari penyelenggaraan acara Banyuwangi Beach Jazz pada tahun 2021.

Acara musik yang bertaraf internasional ini diselenggarakan di Amphitheater Boom Eco Adventure Park yang ada di dalam tempat ini. Dengan adanya acara-acara menyenangkan seperti ini, pengunjung tidak akan merasa bosan untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Pantai Boom Banyuwangi. Destinasi wisata alam yang berada di pesisir timur Pulau Jawa ini memang tidak bisa dilewatkan karena tak hanya menyajikan pemandangan indah, tapi juga pengalaman wisata yang unik. Jadi selamat mencoba ya!