Pantai teluk asmara

Malang memang tak pernah kehabisan tempat wisata alam. Belum lama ini, salah satu destinasi yang viral dan banyak mencuri perhatian adalah Pantai Teluk Asmara. Memiliki hamparan pasir putih yang cantik, pantai ini kerap disamakan dengan pantai-pantai di Lombok bahkan Raja Ampat di Papua.

Jika Sedulur sedang ingin mencari tempat liburan yang estetik tapi juga memberikan kedamaian, maka Pantai Teluk Asmara bisa jadi pilihan tepat. Di sini, Sedulur bisa benar-benar melepas penat dan merasakan deburan ombak yang menenangkan.

Nah, kalau Sedulur ingin pergi ke sana. Sebaiknya simak baik-baik ulasan kali ini ya, karena kami akan membahas secara lengkap mulai dari rute, harga tiket, dan keunikan apa saja di Pantai Teluk Asmara.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

-->

Pantai Teluk Asmara

Pantai teluk asmara
Instagram/reniramadhani

Pantai Teluk Asmara termasuk tempat wisata pantai baru yang ada di Kabupaten Malang. Dulunya pantai ini masih sangat tersembunyi dan belum banyak diketahui serta dikunjungi orang. Tempat ini baru dibuka untuk wisatawan pada tahun 2017 dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Pemandangan indah bukit-bukit kecil serta pulau kecil di sekitar pantai terlihat seperti keindahan pantai Raja Ampat di Papua. Berkat keindahan nya itulah, Pantai ini seringkali disebut sebagai Raja Ampatnya Malang. Hamparan pasir putih luas dengan pepohonan rindang sekitarnya menjadi tempat yang pas untuk berbagai aktivitas.

Mitos dan Legenda

Dengan keindahannya, Pantai Teluk Asmara mampu mendatangkan banyak sekali wisatawan. Namun dibalik itu, ternyata ada larangan di teluk asmara yang berkembang. Sepakat tidak sepakat, karena hal tersebut bagian dari budaya masyarakat setempat, sepantasnya para pengunjung mematuhi hal tersebut.

Jadi, mitos Pantai Teluk Asmara mengatakan bahwa daerah ini masuk dalam kekuasaan Nyi Roro Kidul. Sehingga sebagaimana daerah laut selatan lainnya, pengunjung harus menghindari baju warna hijau bila sedang berada di area pantai.

Selain itu, sudah menjadi larangan yang banyak diketahui bahwa bila berkunjung ke sini tidak boleh bersama pasangan yang belum sah. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

Lokasi Pantai Teluk Asmara

pantai pacar
Unsplash/Constanze Marie

Pantai Teluk Asmara terletak di sisi selatan Kabupaten Malang tepatnya di desa Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang. Jaraknya sekitar 75 km dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam.

Ada beberapa rute umum yang bisa Sedulur pilih, namun rute terbaik bisa Sedulur dapatkan melalui Google Maps. Sedulur bisa mendapatkan jalan tercepat menuju Pantai ini dari titik manapun Sedulur berada.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Teluk Asmara Sedulur akan diminta biaya untuk Pantai Teluk Asmara tiket masuk. Tiket masuknya sekitar Rp 10 ribu per orang. Sedulur juga akan diminta biaya untuk parkir. Untuk kendaraan roda dua, Sedulur akan diminta biaya sekitar Rp 5 ribu. Untuk kendaraan roda empat, Sedulur akan diminta biaya sekitar Rp 15 ribu.

Pantai ini juga buka 24 jam nonstop. Sedulur dapat berkunjung pada jam berapapun yang Sedulur mau. Jika di malam hari, penerangan juga tersedia dan cukup namun tentunya sebagian fasilitas sudah tutup.

BACA JUGA: Pantai Coro Tulungagung: Pesona, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Rekomendasi Aktivitas

pantai banyu meneng
Pexels/Asad Photo Maldives

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Asmara. Agar Sedulur bisa mempersiapkan dengan baik sebelum berlibur ke sana, simak beberapa aktivitas ini ya!

1. Bermain di pantai

Hidden gem di Malang Selatan ini memiliki suasana tenang dan jauh dari keramaian. Cocok banget bagi pengunjung yang mencari kedamaian, supaya mudah meraih kebahagiaan, sehingga pulang dari sini bisa membawa hati yang plong dan bebas penat serta stres.

Bersantai sambil mengedarkan pandangan dengan puas adalah keharusan. Air laut yang berwarna biru dihiasi karang, menyajikan debur ombak yang menggulung perlahan. Sedulur juga bisa dengan leluasa bermain di pesisir pantai karena pasirnya yang lembut dan bersih.

2. Snorkeling

Pantai Teluk Asmara memiliki ombak yang tenang dan tak terlalu besar. Sehingga tak perlu ragu berbasah-basah di sini. Berendam? Bisa. Atau berenang? Oke punya. Bahkan snorkeling pun bisa dilakukan.

Sebab di pantai Malang Selatan ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan dunia bawah laut. Karang beragam bentuk dan warna, tumbuh subur menjadi tempat bermain ikan-ikan yang tak kalah menarik hati.

3. Camping

Bila memiliki waktu lebih banyak, tak ada salahnya berlama-lama di Pantai Teluk Asmara. Menikmati liburan sambil berkemah. Dengan mendekatkan diri kepada alam, banyak hal menarik yang bisa didapatkan.

Saat malam akan nampak langit luas yang dipenuhi bintang. Ketika pagi menjelang, menyaksikan matahari terbit di tepian pantai jadi pengalaman yang menarik. Begitu juga ketika senja menjemput sang surya.

Lukisan langit tersebut akan menyebabkan jiwa yang tenang dan pikiran yang lapang. Rasa syukur atas segala nikmat kehidupan pun akan mudah terucapkan.

4. Menikmati sunset

Suasana romantis Pantai ini juga bisa  Sedulur saksikan saat matahari mulai terbenam di ufuk barat. Momen indah ini selalu menjadi incaran bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Ada banyak spot yang bisa menjadi tempat terbaik menyaksikan matahari di momen indahnya dan puncak bukit Teluk Asmara salah satunya. Dari ketinggian bukit, gugusan pulau kecil di tengah pantai jadi pemanis saat langit senja mulai berubah warna jingga.

Selain puncak bukit, pesisir Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah menawan. Pantulan sinar matahari di air laut yang tenang dengan pulau-pulau kecil yang terlihat menjadi view sunset yang paling menakjubkan.

Jika  Sedulur datang saat cuaca cerah, jangan sampai melewatkan momen indah satu ini. Landscape pantai saat matahari terbenam jadi pemandangan yang indah untuk menutup hari berlibur di Pantai Teluk Asmara.

5. Hiking dan menikmati pemandangan

Pemandangan unik Pantai ini menjadi salah satu daya tarik utama dari pantai ini. Banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihat langsung bagaimana indahnya ‘Raja Ampat’ Malang.

Gugusan pulau karang kecil yang menjulang di sekitar pantai memberikan pemandangan eksotis khas Raja Ampat yang bisa Sedulur nikmati. Deburan ombak pantai yang tidak terlalu besar dan air laut kebiruan menjadi pemanis pemandangan Pantai ini.

Keindahan ini juga bisa Sedulur nikmati dari gardu pandang di atas bukit dekat Pantai ini. Dari sini akan terlihat jelas eksotisnya Pantai Teluk Asmara yang menakjubkan.

Untuk menuju pantai ini, Sedulur harus melewati puluhan anak tangga turun ke area pantai. Meskipun terasa melelahkan, panorama indah dari Pantai ini sebanding dengan usaha yang Sedulur lakukan.

Fasilitas Pantai Teluk Asmara

Unsplash/Kimson Doan

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Teluk Asmara cukup lengkap. Mulai dari warung makan sekaligus toko oleh-oleh yang menyediakan menu-menu terjangkau dan pernak pernik pantai seperti topi dan baju pantai. Area parkir yang dijaga oleh petugas keamanan sehingga kendaraan aman.

Gazebo-gazebo disediakan agar pengunjung bisa berteduh dengan nyaman. Maka dari itu, gazebo ini sering penuh dipakai para pengunjung. Toilet dan mushola juga tersedia dan terawat dengan baik agar pengunjung nyaman berada di Pantai Teluk Asmara.

Nah, itu informasi lengkap tentang Pantai Teluk Asmara. Semoga ulasan di atas bisa memberikan gambaran terkait rencana liburan Sedulur ke sana ya. Semoga bermanfaat!

Oia, supaya menikmati suasana pantai ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.