pantai banyu meneng

Pantai Banyu Meneng adalah destinasi wisata alami yang berada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini cukup berdekatan dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Kondang Merak dan Pantai Selok.

Namun, bagi para pecinta wisata, Pantai Banyu Meneng memiliki pesona alam yang berbeda dengan pantai lainnya. Apalagi untuk Sedulur yang menyukai suasana pantai tenang dan tidak berombak besar. Agar lebih mengenal pantai ini, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah!

BACA JUGA: Wisata Air Terjun Jagir: Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Sejarah Pantai Banyu Meneng

pantai banyu meneng
Pexels/Asad Photo Maldives

Pantai memiliki jarak sekitar 62 kilometer dari Kota Malang ini mempunyai kisah mitos yang cukup melegenda. Dimana pada masa penyebaran agama Islam oleh Wali Songo, para wali menemukan pantai ini bersama beberapa pantai lain.

Namun, khusus di Pantai Banyu meneng, para wali melakukan ritual berdiam diri (Jumeneng). Bahkan, Sunan Geseng meninggalkan rangka pisaunya yang dikenal dengan nama eklek atau selok tak jauh dari Pantai Banyu Meneng. Kini, pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Selok.

Pantai Banyu Meneng ini juga memiliki nama yang sesuai dengan karakter pantainya. Berada di antara dua tanjung, membuat pantai ini menjorok jauh ke dalam. Alhasil, ombak yang menerpa bibir pantai tidak besar dan cenderung tenang.

Rute Menuju Pantai Banyu Meneng

Untuk bisa menemukan pantai ini, Sedulur membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Malang. Awal mula perjalanan menuju Pantai Banyu Meneng bisa dimulai dari titik keberangkatan dari Kota Malang lalu mengarah selatan menuju Gadang.

Sesampainya di Gadang, ikuti arah menuju Bululawang dan sesampainya tiba di pertigaan Krebet, ikuti petunjuk menuju Gondaglegi. Ketika sampai di persimpangan Jalur Lintas Selatan Balekambang, belok kanan dan lanjutkan perjalanan di Jalan Makadam sejauh 5 kilometer hingga menjumpai tulisan “Pantai Kondang Merak”.

Lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 100 meter ke arah barat hingga sampai di Pantai Banyu Meneng. Sedulur akan sangat mudah menemukan pantai ini karena jalannya juga sudah bagus.

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Harga Tiket dan Jam Buka

pantai banyu meneng
Pexels/Bayu Jefri

Pantai ini buka selama 24 jam. Namun, petugas akan berada di lokasi pantai dari sekitar pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara itu, untuk biaya yang diperlukan untuk dapat masuk ke dalam pantai ini sebanyak Rp10 ribu per orang pada hari biasa dan Rp15 ribu pada hari libur.

Sedulur juga tidak perlu khawatir, karena sudah ada area parkir khusus di tempat wisata ini. Untuk biaya parkir kendaraan sendiri dikenakan Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

Keunikan Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng memiliki banyak keunikan. Salah satunya adalah pohon-pohon besar dan rindang yang berada di pinggir pantai membuat suasana pantai ini sangat sejuk. Meskipun garis pantainya tak terlalu panjang. Akan tetapi, keindahannya tak kalah dengan pantai yang mempunyai garis pantai panjang seperti Balekambang.

Pasir putih yang dipadukan dengan air laut yang berwarna kehijauan membuat gradasi warna yang indah. Pantainya yang belum terlalu sering dikunjungi juga membuat pasir pantainya masih bersih.

Aktivitas Menarik

Pantai Banyu Meneng menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati baik oleh wisatawan solo, pasangan, maupun keluarga. Berikut ini beberapa aktivitas yang menarik Sedulur lakukan saat berkunjung ke objek wisata ini.

1. Menikmati pemandangan alam

Pantaiini terkenal dengan bentuk hatinya yang unik, dan merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan laut yang memukau. Datanglah saat matahari terbenam untuk pengalaman yang paling romantis.

2. Berfoto

Karena bentuk dan pemandangannya yang unik, Pantai Banyu Meneng adalah lokasi yang ideal untuk fotografi. Banyak pasangan yang memilih tempat ini untuk sesi foto pre-wedding mereka atau mencari spot indah sebagai koleksi fotografi.

3. Piknik

Bawa makanan dan minuman untuk menikmati piknik di area tepi. Tempat ini menawarkan suasana yang tenang dan menyenangkan untuk bersantai bersama teman dan keluarga. Sedulur bisa menggelar tikar dan menikmati suasana pantai yang syahdu.

4. Berkemah

Jika Sedulur ingin menikmati keindahan Pantai Banyu Meneng lebih lama, beberapa area di sekitar pantai memungkinkan pengunjung untuk berkemah. Menghabiskan malam di sini bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan suara ombak dan bintang di langit malam.

5. Susur pantai

Jelajahi area sekitar Pantai Banyu Meneng untuk menemukan lebih banyak pantai cantik dan pemandangan alam. Jawa Timur kaya akan lokasi-lokasi alam yang menarik untuk dijelajahi dengan cara menyusur sekitar pantai.

6. Bersantai

Sedulur bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar pantai ini di beberapa gazebo yang sudah disediakan. Gazebo ini tentu akan membuat kegiatan piknik lebih mudah.

BACA JUGA: 20 Wisata Lumajang dengan Alam yang Indah, Wajib Dikunjungi!

Fasilitas yang Tersedia

Pantai teluk asmara
Unsplash/Evan Krause

Sedulur juga bisa menikmati banyak fasilitas karena wisata ini sudah dikelola dengan baik. Berikut ini beragam fasilitas yang bisa dirasakan.

  • Camping ground

Jika Sedulur ingin merasakan petualangan yang lebih mendalam, Pantai Banyu Meneng menyediakan fasilitas untuk berkemah. Sedulur dapat bermalam di sini dengan teman-teman Sedulur, sambil membakar hasil tangkapan ikan.

Pengelola pantai juga menyewakan tenda dan matras dengan harga yang terjangkau. Tenda besar untuk hingga 6 orang dapat disewa seharga Rp 35 ribu, sementara tenda untuk 4 orang seharga Rp 25 ribu, dan matras seharga Rp 5 ribu.

  • Tempat parkir

Meskipun akses jalan menuju pantai cukup sempit, pengelola pantai telah menyediakan area parkir yang memadai. Jadi, jika Sedulur menggunakan kendaraan pribadi, Sedulur dapat dengan mudah memarkirkan mobil atau sepeda motor Sedulur.

  • Mushola

Fasilitas pendukung lainnya adalah mushola. Sedulur dapat melakukan ibadah di mushola ini ketika berlibur di Pantai Banyu Meneng, menjadikan kunjungan Sedulur lebih berarti. Tentunya keberadaan fasilitas ini bisa membantu para pengunjung khususnya umat Muslim untuk tetap bisa beribadah tepat waktu.

  • Kamar mandi

Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih dan terawat. Ini sangat membantu para wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah bermain di air laut atau pasir.

  • Warung makan

Setelah seharian beraktivitas di pantai, Sedulur mungkin akan merasa lapar. Jangan khawatir, di sekitar area wisata Pantai Banyu Meneng, terdapat warung-warung yang menjual makanan lezat. Ini adalah kesempatan bagi Sedulur untuk mencicipi hidangan lokal dan juga membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Pantai Banyu Meneng di Malang. Semoga informasi ini bisa membantumu menemukan tempat bersantai di akhir pekan dan berlibur bersama keluarga ya!

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!