Pantai Bandaran

Sadar atau tidak, ternyata ada banyak objek wisata pantai yang terhampar di sepanjang jalur Pantura.  Salah satunya di Kabupaten Probolinggo, dimana Sedulur bisa menemukan pantai yang bernama Pantai Bandaran atau yang juga dikenal sebagai Pantai Dringu.

Sama seperti kebanyakan pantai yang lainnya, pemandangan yang ada di sini benar-benar menarik. Selain itu, suasana di sekitar juga cocok bagi Sedulur yang ingin melepas penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan.

Oleh sebab itu, bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Probolinggo atau sedang melewati daerah ini, jangan lupa untuk mampir. Namun sebelum itu, pastikan untuk mengetahui informasi tentang Pantai Bandaran berikut ini!

BACA JUGA: Wagos Wisata Alam Gosari Gresik: Lokasi, Pesona dan Harga Tiket

Pesona Pantai Bandaran

Pantai Bandaran
Unsplash/Sooraj Varma

Pantai Bandaran merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam yang memikat hati. Pantai ini menawarkan pemandangan yang benar-benar menakjubkan, dengan garis pantai yang panjang dan pasir coklat yang lembut.

Kejernihan air laut yang biru dan tenang menciptakan suasana yang damai dan menyegarkan, membuat siapa saja yang berkunjung merasa rileks dan terpesona oleh keindahan alam yang masih alami. Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan adalah panorama matahari terbit dan terbenam yang spektakuler.

Selain itu, di Pantai Bandaran para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru seperti berenang, bermain pasir, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri garis pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kejernihan air laut memungkinkan wisatawan untuk melihat kehidupan bawah laut dengan mata telanjang.

Bahkan, salah satu pantai di bagian utara pulau Jawa ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memancing. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan sensasi menarik ikan di perairan yang kaya akan biota laut.

Lokasi Pantai Bandaran

Pantai Bandaran sendiri berlokasi di Jalan Bandar Segara, Gandean Ngemplak, Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Apabila Sedulur memulai perjalanan dari Surabaya, silahkan ambil Jalan Tol Surabaya – Gempol. Lanjutkan perjalanan di Jalan Tol Gempol – Pasuruan. Setelah melewati Pasuruan, teruskan perjalanan di Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo.

Setelah itu, Sedulur bisa keluar dari tol di pintu keluar Probolinggo Timur. Dari sini, lanjutkan perjalanan di Jalan Raya Probolinggo – Situbondo menuju ke arah timur. Jika sudah mencapai Probolinggo, ikuti rambu-rambu menuju Kecamatan Dringu.

Nah, dari situ Sedulur bisa mencari plang penunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Bandaran atau Pantai Dringu. Jika merasa kesulitan, bisa coba bertanya pada penduduk sekitar atau menggunakan bantuan dari aplikasi peta seperti Google Maps.

Harga Tiket

Dapat dibilang jika Pantai Bandaran merupakan destinasi wisata di Probolinggo yang sangat murah. Bagaimana tidak, para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini tidak akan dipungut biaya sekali, alias gratis. Hanya saja, Sedulur harus menyiapkan uang untuk membayar retribusi parkir.

Namun tidak perlu khawatir, karena tarif parkir tersebut juga terbilang sangat murah. Untuk satu kendaraan, hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.000 saja. Namun biaya ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan dari pihak pengelola.

Jam Buka dan Jam Tutup

Sama halnya seperti kebanyakan pantai yang ada di wilayah Jawa Timur, Pantai Bandaran ini buka mulai dari pagi hari sampai sore hari. Jadi memang sangat cocok dijadikan tempat untuk menyaksikan keindahan panorama matahari terbit dan matahari terbenam.

Nah, untuk jam operasional pantai secara lebih pasti, berikut ini informasinya!

  • Senin: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Selasa: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Rabu: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Kamis: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Jumat: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB – 18.00 WIB
  • Minggu: 06.00 WIB – 18.00 WIB

BACA JUGA: Pantai Slopeng: Lokasi, Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Peraturan yang Berlaku

pantai kalanganyar
Unsplash/Susmita Saha

Pantai Bandaran di Probolinggo memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kelestarian lingkungan. Berikut adalah beberapa peraturan umum yang berlaku di pantai ini.

  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Tidak merusak flora dan fauna
  • Tidak mengambil batu atau pasir
  • Mematuhi aturan berenang
  • Tidak membuat kebisingan yang berlebihan
  • Berpakaian sopan

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Bandaran menawarkan sejumlah fasilitas yang dirancang untuk kenyamanan dan kebutuhan pengunjung. Meskipun fasilitasnya sederhana, tapi cukup memadai untuk memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia.

  • Area parkir kendaraan yang cukup luas
  • Tempat beribadah
  • Toilet umum dan kamar bilas
  • Gazebo serta pendopo untuk bersantai
  • Warung dan orang berjualan makanan
  • Tempat sampah

Tips Sebelum Berkunjung

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin akan membantu Sedulur dalam merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan lancar ke Pantai Bandaran.

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi dan kenakan topi atau payung.
  • Jaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya dan hindari merusak lingkungan sekitar.
  • Perhatikan dan ikuti petunjuk dari penjaga pantai atau papan informasi terkait area berenang yang aman dan aktivitas yang diperbolehkan.
  • Bawa uang tunai yang cukup untuk keperluan mendadak.

Dengan pesona alam yang memikat dan suasana yang tenang, Pantai Bandaran merupakan destinasi yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam di Probolinggo.

Oia, biar menikmati suasana pantai ini makin asik saat bersama teman-teman, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru di alam.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.