wagos gresik

Liburan ke pedesaan yang damai, alami, dan tenteram tentu saja terasa sangat menarik. Bagi Sedulur yang mendambakan liburan semacam itu, maka berkunjung ke objek Wisata Alam Gosari atau yang biasa disebut sebagai Wagos Gresik.

Salah satu objek wisata alam di Gresik yang sedang hits ini, dijamin mampu memberikan para pengunjung pengalaman liburan di tengah pedesaan yang terasa nyaman dan menenangkan. Ya, benar-benar cocok untuk beristirahat dan juga menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Di tempat wisata yang satu ini, Sedulur dapat menjelajahi bukit kapur dan taman bunga. Tidak hanya itu, kuliner khas daerah Gresik yang tersedia juga akan membuat liburan terasa lebih sempurna. Jika mulai tertarik, silahkan simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Sendang Asmoro: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Wisata Alam Gosari Gresik

wagos gresik
Unsplash/Tantan Wiguna

Wisata Alam Gosari atau yang sering disebut sebagai Wagos Gresik, adalah sebuah objek wisata yang menghadirkan nuansa pedesaan yang khas. Hasil kerjasama dari pemuda sekitar dan BUMDes ini, dibangun pada lahan dengan luas sekitar 1.500 meter persegi.

Pihak pengelola dari tempat wisata tersebut menyebutkan, bahwa mereka terinspirasi oleh panorama pedesaan yang sederhana tetapi benar-benar menakjubkan. Bukan hanya itu, tempat ini juga menyajikan nilai-nilai kebudayaan yang terasa kental dan khas.

Lokasi Wagos Gresik

Sesuai dengan namanya, Objek Wisata Gosari Gresik ini berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat kota Gresik, bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan yang dilakukan pun nantinya akan memakan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit saja. Nah, Sedulur bisa mengambil Jalan Daendels, kemudian gunakan aplikasi peta seperti Google Maps untuk bisa sampai ke lokasi dengan lebih mudah.

Jam Buka dan Jam Tutup

Objek Wisata Alam Gosari ini buka setiap hari dari pagi hari sampai sore menjelang petang. Jam operasional tersebut, tentu saja memungkinkan Sedulur untuk datang kapan saja sesuai dengan hari libur atau waktu luang yang dimiliki.

Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati keindahan dan ketenangan yang ada di tempat wisata ini. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jam buka dan jam tutup dari Wagos Gresik.

  • Senin: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Kamis: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Jumat: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Sabtu: 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Minggu: 07.30 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Ketika Sedulur sudah sampai lokasi dan hendak masuk ke dalam objek wisata tersebut, nantinya akan dikenakan biaya untuk tiket masuk. Akan tetapi, biaya tersebut hanya berlaku untuk tiket masuk saja, tidak dengan berbagai wahana yang nantinya dimainkan.

Selain itu, bagi Sedulur yang memutuskan untuk menginap di dalam homestay yang telah tersedia, juga harus menyiapkan biaya tambahan. Langsung saja, di bawah ini adalah rincian biaya yang perlu untuk dipersiapkan sebelum berkunjung.

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp10.000
  • Tiket Masuk Anak: Rp5.000
  • Wahana permainan: Rp10.000 sampai Rp20.000
  • Kuda Tunggang: Rp20.000 sampai Rp30.000
  • Homestay: Mulai dari Rp150.000 per malam

BACA JUGA: Wisata Dermaga Rindu: Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitas

Daya Tarik yang Dimiliki

wagos gresik
UnsplashBbiddac

Wisata Alam Gosari menawarkan serangkaian daya tarik alam yang mempesona yang cocok untuk para pengunjung. Selain menghabiskan waktu berkualitas di tengah keindahan alam yang asri, berikut ini beberapa daya tarik utama dari Wagos Gresik tersebut.

1. Berfoto di Taman Cakra Dewi

Pada saat sampai di lokasi wisata, Sedulur langsung masuk ke area Taman Cakra Dewi yang berupa taman bunga yang indah. Bukan hanya bunga warna-warni saja, taman ini juga menyediakan beberapa ornamen yang menarik dan cocok untuk berfoto.

Misalnya saja seperti terowongan berbentuk hati yang seringkali menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung. Terowongan tersebut juga diperindah dengan bunga rambat warna-warni yang membuatnya terlihat semakin cantik.

2. Bermain di Aloen-aloen Dolanan Wagos

Jika sudah puas foto-foto di Taman Cakra Dewi, Sedulur dapat langsung menuju ke Aloen-aloen Dolanan  Wagos. Di area ini, telah disediakan beragam wahana menarik yang dapat dinikmati bersama teman-teman atau keluarga.

Beberapa wahana yang dapat ditemui di sini seperti perahu, kuda tunggang, mini car, perahu angsa, mini trail, dan lain sebagainya. Seperti yang tadi sudah dikatakan, Sedulur perlu membayar tambahan biaya untuk dapat menikmati berbagai wahana tersebut.

3. Kirab Budaya Gosari

Di kawasan Gosari ini juga sering diadakan Kirab Budaya setahun sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan budaya asli dari desa tersebut. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam Kirab Budaya ini, yakni diawali dengan ruwat petirtaan, kemudian lanjut dengan ruwat rojokoyo.

Usai rangkaian kegiatan Kirab Budaya dilakukan, Sedulur dan keluarga pun dapat menikmati berbagai macam jajanan tradisional khas dari Jawa Timur yang tentu saja sangat lezat dan menggugah selera, seperti halnya legel dan juga ketan.

4. Pertunjukan Kebudayaan

Ada beberapa pertunjukan kebudayaan yang bisa Sedulur saksikan ketika berkunjung ke Wagos Gresik. Di antaranya seperti Pencak Silat Naga Wulung, pertunjukan yang diawali dengan peragaan gerakan dasar silat, lalu lanjut dengan pertarungan dengan dan tanpa senjata.

Pertunjukan budaya yang berikutnya adalah Tari Gerabah, tari yang mengisahkan mengenai kehidupan masyarakat di Desa Gosari di zaman Majapahit sampai saat ini. Ya, kedua pertunjukan tersebut diadakan sebulan 2 kali, dan bagi yang ingin menonton harus reservasi terlebih dahulu.

5. Menikmati Ragam Kuliner Khas Gresik

Jika Sedulur ingin menikmati kuliner dari Gresik dan sekitarnya, tidak perlu menunggu sampai Kirab Budaya Gosari diadakan. Hal ini karena di objek tempat wisata tersebut menyediakan restoran serta kafe yang menyajikan berbagai macam hidangan khas yang menarik untuk dicicipi.

BACA JUGA: Pantai Tampora: Lokasi, Pesona, Jam Buka, dan Harga Tiket

Fasilitas yang Tersedia

wagos gresik
Unsplash/Tantan Wiguna

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah pengunjung yang datang dan perkembangan objek wisata yang satu ini, membuat pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas. Ya, fasilitas-fasilitas tersebut tentu mampu menunjang aktivitas dari wisatawan yang datang. Berikut ini fasilitas yang ada di Wagos Gresik.

  • Area parkir kendaraan yang luas, untuk sepeda motor dan mobil.
  • Berbagai wahana permainan yang menarik dicoba.
  • Kolam renang untuk pengunjung umum.
  • Foodcourt dan restoran yang menyajikan makanan khas Gresik.
  • Mushola untuk beribadah bagi Umat Muslim.
  • Kolam ikan dan kolam perahu bebek.
  • Homestay yang tersedia bagi pengunjung untuk menginap.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berangkat ke Wisata Alam Gosari di Gresik, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Sedulur untuk pengalaman kunjungan yang lebih maksimal dan tentu saja aman. Langsung saja, berikut beberapa tips yang perlu untuk dipertimbangkan.

  • Selalu periksa prakiraan cuaca, agar liburan bisa datang di waktu yang tepat.
  • Bawa perlengkapan penting, seperti air minum, makanan ringan, krim tabir surya, topi, kacamata hitam, dan kit P3K.
  • Pastikan untuk mematuhi semua aturan yang ada.
  • Tidak meninggalkan sampah dan buang sampah pada tempatnya.
  • Selalu ikut menjaga lingkungan sekitar objek wisata.
  • Bawa kamera atau smartphone dengan baterai yang cukup.

Nah, mungkin hanya itu informasi mengenai Wagos Gresik yang bisa dibagikan. Wisata Alam Gosari dapat menjadi tempat yang ideal untuk menghilangkan stres, menikmati keindahan alam, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berjalan-jalan di sekitar Wagos.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!