pantai watu leter

Pantai Slopeng menjadi salah satu daya tarik wisata terbaik yang dimiliki Kabupaten Sumenep, Madura. Di sini, Sedulur bisa menikmati keindahan alam pantai berpasir putih dengan garis pantai yang begitu panjang.

Pantai ini juga sangat ramah untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Apalagi arus ombaknya termasuk bersahabat dan tidak terlalu ganas. Nah, kalau Sedulur tertarik untuk datang ke sana. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Pantai Klayar Pacitan: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Mengenal Pantai Slopeng

pantai watu leter
Pexels/Tamilleesesposito

Pantai Slopeng merupakan pantai pasir putih yang terletak di pesisir Pulau Madura kawasan Sumenep. Dengan garis pantai yang membentang sepanjang 6 kilometer, pantai ini seperti hamparan gurun pasir yang begitu cantik. Jadi tidak heran kalau banyak wisatawan tertarik untuk datang ke sini.

Suasana Pantai Slopeng juga sangat teduh dan nyaman karena di bibir pantainya tumbuh ratusan pohon kelapa yang berjajar rapi di tepi pantai. Arus lautnya juga cukup tenang, serta pemandangan langitnya indah banget bikin kamu betah berlama-lama di sini.

Terdapat banyak spot seru yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa berkuda, bermain ayunan sambil menyantap rujak dan es kelapa ditemani hembusan angin yang sepoi-sepoi.

BACA JUGA: Air Terjun Nglirip: Harga Tiket, Rute, Lokasi, dan Daya Tarik

Lokasinya

pantai coro
Unsplash/Caleb George

Objek wisata tersebut memiliki alamat di Jalan Raya Ambunten KM 17 atau tepatnya berada di kawasan Desa Samaan, Kecamatan Dasun, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai Slopeng sendiri memiliki jarak tempuh sekitar 22 Km dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.

Apabila Sedulur melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, maka pantai ini bisa didatangi dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit. Selain itu, akses rute  yang dimiliki oleh destinasi wisata alam ini sudah cukup baik, dan bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti halnya motor ataupun mobil.

Jam Buka dan HTM

Pantai Slopeng mematok tarif biaya tiket masuk yang sangat ramah dengan kantong dompet Sedulur, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang terkasih.

Dimana destinasi wisata pantai ini memiliki harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu saja, dengan biaya parkir kendaraan motor senilai Rp5 ribu dan parkir mobil sebesar Rp10 ribu saja, cukup terjangkau bukan? Jadi tak perlu khawatir ya Sedulur.

Sementara itu, untuk jam buka atau operasional pantai ini dimulai dari pagi sampai sore. Atau tepatnya mulai buka pada pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB setiap Senin hingga Minggu.

Rute ke Pantai Slopeng

Apabila Sedulur ingin berkunjung ke Pantai Slopeng. Rute paling mudah yang bisa dilewati adalah dengan menggunakan titik berangkat dari Surabaya. Di sini, Sedulur akan menempuh perjalanan sekitar 145 kilometer dari Jembatan Suramadu.

Setelahnya bisa langsung menuju ke pusat Kota Sampang lalu ke Jalan Raya Ketapang. Nah, jika sudah berada di jalan ini, hanya sekitar 60 kilometer atau 90 menit saja untuk tiba di Pantai Slopeng dengan mengikuti petunjuk yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Daya Tarik

Unsplash/Kimson Doan

Ada beberapa daya tarik yang membuat pantai ini begitu menarik. Berikut ini diantaranya:

1. Spot berenang dan bermain air

Memiliki ombak yang relatif bersahabat, pantai ini memang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air. Airnya yang jernih juga menambah keseruan saat berwisata ke Pantai Slopeng. Hanya saja, pastikan untuk selalu berhati-hati karena kondisi dan cuaca di alam bisa berubah kapan aja.

2. Berkeliling naik kuda

Menunggang kuda di Pantai Slopeng menjadi salah satu kegiatan yang menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan bagi para pengunjung. Aktivitas ini tidak hanya menambah keseruan berada di pantai, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan pantai dengan cara yang berbeda.

3. Sunset cantik

Momen matahari tenggelam atau sunset menjadi daya tarik utama dan paling ditunggu di Pantai Slopeng. Menjelang matahari tenggelam, langit di sekitar pantai akan berwarna oranye dengan hamparan pasir pantai yang memantulkan sinar matahari.

Bagi para pecinta fotografi, pemandangan ini akan jadi harta karun saat berkunjung ke Slopeng.

Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Slopeng cukup lengkap. Mulai dari warung makan sekaligus toko oleh-oleh yang menyediakan menu-menu terjangkau dan pernak pernik pantai seperti topi dan baju pantai. Area parkir yang dijaga oleh petugas keamanan sehingga kendaraan aman.

Gazebo-gazebo disediakan agar pengunjung bisa berteduh dengan nyaman. Maka dari itu, gazebo ini sering penuh dipakai para pengunjung. Toilet dan mushola juga tersedia dan terawat dengan baik agar pengunjung nyaman berada di Pantai Slopeng.

Tips Sebelum ke Slopeng

Sebelum berkunjung ke Pantai Slopeng, ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur untuk mempersiapkan perjalanan agar lebih menyenangkan dan lancar. Berikut beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan.

  • Apabila ingin menyaksikan matahari terbit, Sedulur bisa datang lebih pagi. Namun jika ingin menikmati matahari terbenam, maka datang antara pukul 4 sampai 5 sore.
  • Bawa baju ganti dan gunakan tabir surya jika ingin berenang dan bermain air di area tepi pantai.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen di spot-spot yang menawan.
  • Bila ingin camping, alangkah baiknya siapkan peralatan camping pribadi.
  • Selalu jaga kebersihan agar lingkungan di sekitar pantai tetap terjaga dan lestari.

Nah, demikian tadi informasi lengkap tentang Pantai Slopeng di Sumenep. Surga cantik tersembunyi ini, memang wajib jadi salah satu destinasi wisata saat Sedulur berkunjung ke Jawa Timur.

Oia, supaya menikmati suasana pantai ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral ya.

Pirlo

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.