kolam renang blitar

Blitar merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sering menjadi destinasi para wisatawan. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa ditemukan di kota ini, termasuk wisata air yang sangat seru. Sedulur bisa mengunjungi banyak kolam renang Blitar ketika berada di sini.

Blitar sendiri dijuluki sebagai Kota Proklamator, karena merupakan kota asal kelahiran presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Sudah pasti tempat wisata yang paling terkenal di Blitar yakni makam serta perpustakaan milik Bung Karno.

Namun, di balik itu ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat wisata kolam renang yang seru untuk dicoba. Kolam renang Blitar ini dapat menjadi tujuan wisata Sedulur dan keluarga saat berlibur. Untuk itu, langsung saja berikut ini beberapa rekomendasi kolam renang Blitar yang harus diketahui!

BACA JUGA: Banyuwangi Park: Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Serunya!

1. Water Park Sumber Udel

kolam renang blitar
Unsplash/Aiman Hussein

Rekomendasi kolam renang Blitar yang pertama adalah Water Park Sumber Udel. Ini adalah objek wisata kolam renang favorit bagi warga sekitar. Masyarakat Blitar biasa menghabiskan liburan bersama dengan keluarga atau teman-teman di tempat ini. Hal ini karena suasananya yang asri serta airnya jernih.

Kolam renang yang satu ini memiliki beberapa wahana menarik, entah itu untuk anak-anak atau orang dewasa. Terdapat wahana seluncuran, ember tumpah, dan air mancur. Fasilitas pendukungnya juga cukup memadai. Mulai dari kamar mandi, shower, kamar bilas, mushola, dan juga kantin.

  • Alamat: Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000 (weekday) / Rp15.000 (weekend)

2. Kolam Renang Sumber Dandang

Kolam Renang Sumber Dandang bisa jadi tempat alternatif untuk liburan bersama keluarga. Setiap akhir pekan alias weekend, kolam renang yang satu ini tidak pernah sepi oleh ramai pengunjung. Hal ini karena tempatnya yang asyik dengan fasilitas yang terbilang cukup memadai.

Untuk kolamnya, terdapat 3 jenis kolam yang berbeda, yakni untuk anak-anak, remaja, serta dewasa. Bukan hanya sekadar kolam renang, Sumber Dandang juga mempunyai tempat karaoke dan juga wifi gratis bagi pengunjung. Selain itu, fasilitas lain yang tersedia seperti tujuh kamar mandi, mushola, dan kantin.

  • Alamat: Centong, Purworejo, Sanankulon, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 06.00 – 17.00 WIB
  • HTM   : –

3. Telaga Nirmala Klampok

Telaga Nirmala Klampok mempunyai kondisi air yang jernih serta menyegarkan. Di tempat wisata air ini, hanya terdapat dua tempat kolam renang untuk anak-anak serta dewasa. Tempatnya juga terasa sangat nyaman, karena masih dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Kendati harganya sangat ekonomis, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Di antaranya seperti kamar bilas, toilet, mushola, dan juga kantin. Namun sayangnya, di sini tidak tersedia wahana permainan. Akan tetapi, Telaga Nirmala Klampok tetap menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk liburan.

  • Alamat: Jl. Halmahera No.131, Klampok, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM   : Rp5.000

4. Kolam Renang Penataran

Jika Sedulur berkunjung ke Blitar, jangan lupa untuk berkunjung ke Kolam Renang Penataran. Di sini tersedia tiga buah kolam renang, dan salah satunya mempunyai kedalaman lebih dari 2 meter. Wahana seluncuran air serta ember tumpah jadi yang paling favorit bagi anak-anak untuk bermain.

Setiap akhir pekan, tempat ini selalu ramai oleh para pengunjung untuk berlibur. Dekat dengan kolam renang, Sedulur bisa menemukan beberapa tempat bermain anak, seperti ayunan dan juga jungkat-jungkit. Fasilitas pendukung yang tersedia juga cukup lengkap, seperti kamar bilas, mushola, toilet, dan kantin.

  • Alamat: Jl. Raya Penataran No.11, RW.06, Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

5. Bisham Water Park Chenoa

Bisham Water Park Chenoa adalah sebuah kolam renang yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Hal ini karena di sini tersedia berbagai wahana menarik, ditambah lagi dengan bola-bola kecil yang ada di kolam renang. Tempatnya aman dan nyaman bagi anak untuk bermain air dan belajar berenang.

Menariknya lagi, setiap minggunya di Bisham Water Park Chenoa terdapat orkes dangdut untuk menghibur para pengunjung. Fasilitas lain yang tersedia adalah kamar bilas, kantin, toilet, dan mushola. Sayangnya objek wisata ini tidak memiliki lahan parkir, dan para pengunjung harus parkir di lahan warga sekitar.

  • Alamat: Jl. Mastrip, Salam, Kedawung, Nglegok, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

BACA JUGA: Pantai Cemara Banyuwangi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

6. Laguna Thematic Park

atlantis land surabaya
Unsplash/Brandon Hoogenboom

Laguna Thematic Park adalah kolam renang Blitar yang lebih cocok untuk buah hati. Di sini terdapat beberapa pilihan kolam renang yang aman untuk anak-anak. Wahana permainan yang ada, seperti halnya seluncuran dan ember tumpah. Airnya juga jernih, menyegarkan, dengan tempat yang juga cukup luas.

Fasilitas yang bisa ditemukan seperti mushola, kamar bilas, kamar mandi, dan juga tempat jajan makanan. Kolam renang yang ada di Jalan Benteng Blorok ini, memang selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah. Kemudian bicara soal harga, renang di sini juga terbilang cukup ekonomis.

  • Alamat: Jl. Banteng Blorok No.157, Yosowinangun, Rejowinangun, Kec. Kademangan, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp4.000

7. Kolam Renang Tirto Wulung

Kolam Renang Tirto Wulung tentu saja dapat bersaing dengan tempat wisata menarik yang lainnya, karena mempunyai air yang jernih dan suasana yang menyenangkan. Ada dua tempat kolam renang dengan ukuran berbeda, yaitu khusus untuk anak-anak serta orang dewasa.

Tempatnya juga cukup asri dengan beberapa pepohonan yang ada di berbagai sudut kolam renang. Objek wisata air yang satu ini memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai, yaitu kamar bilas, toilet, mushola, dan kantin.

  • Alamat: Gang Bendowulung, RT.4/RW.1, Cepoko, Bendowulung, Kec. Sanankulon, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 05.00 – 17.00 WIB ( Senin dan Jumat Tutup)
  • HTM: Rp5.000

8. Kolam Renang Tlogo Tirto

Jika Sedulur sedang berada di daerah Kanigoro, maka dapat langsung berkunjung ke Kolam Renang Tlogo Tirto. Kolam renang Blitar yang satu ini memang sering menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar karena airnya yang masih alami tidak menggunakan kaporit.

Ada empat buah kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda. Nah, di sini Sedulur juga dapat menyewa pelampung jika belum lancar berenang atau karena memang ingin memakainya. Fasilitas yang tersedia terbilang lengkap, seperti kamar mandi, tempat, ibadah, dan warung makan.

  • Alamat: Jl. Raya Tlogo – Serut No.16, Tlogo 1, Tlogo, Kec. Kanigoro, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB (Senin, Rabu-Jumat, Minggu) / 05.00 – 16.00 WIB (Selasa dan Sabtu)
  • HTM: Rp5.000

9. Kolam Renang Tirtorejo

JIka Sedulur ingin berenang di dalam air yang terasa sejuk dan jernih, maka dapat berkunjung ke Kolam Renang Tirtorejo. Hal ini karena air dari kolam renang Blitar ini berasal dari sumber mata air asli yang benar-benar terjaga. Dengan begitu, anak-anak bisa bermain air dengan aman.

Selain itu, suasana di sekitar kolam renang ini juga masih sangat asri dan hijau. Hal yang paling menyenangkan ketika berada di sini, yakni adanya wifi gratis bagi pengunjung. Fasilitas lainnya yang juga tersedia di sini adalah kamar mandi, kantin, dan mushola.

  • Alamat: Jalan Raya Karangrejo RT.01/RW.,09, Ringinrejo, Karangrejo, Kec. Garum, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB (Jumat 13.00 – 16.00 WIB)
  • HTM: Rp5.000

10. Kolam Renang Kendedes

Kolam Renang Kendedes menyediakan tiga buah kolam renang dengan ukuran berbeda, yakni 70 cm, 130 cm, serta 150 cm. Karena kolam ini terletak di sekitar gunung, maka tentu saja airnya terasa dingin dan juga mampu menyegarkan tubuh. Wahana permainan yang ada di sini yaitu seluncuran dan ember tumpah.

Tidak jauh dari kolam renang, Sedulur bisa menemukan area permainan anak seperti ayunan serta jungkat-jungkit. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Mulai dari kamar bilas, kamar mandi, mushola, dan tempat untuk jajan makanan. Sementara soal harga, tentunya terjangkau untuk semua kalangan.

  • Alamat: Sragi, Kec. Talun, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 06.30 – 17.30 WIB (Rabu dan Kamis Tutup)
  • Tiket Masuk: Rp5.000

11. Danau Nirmala Klampok

Jika Sedulur mencari kolam renang Blitar dengan suasana yang berbeda dari kolam renang lainnya, maka Di Danau Nirmala Kamplok ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Di sini, para pengunjung dapat menikmati beragam wisata air yang seru.

Mulai dari kolam renang dengan air yang jernih, hingga berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Ya, suasana yang asri mampu membuat pengunjung betah. Panorama yang ada di sekitar danau juga sangat indah.

  • Alamat: Jl. Halmahera Klampok, Kec. Sananwetan, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000

12. Kolam Renang Telaga Nirmala

kolam renang surabaya
Unsplash/Jesper Stechmann

Rekomendasi kolam renang Blitar yang terakhir adalah Kolam Renang Telaga Nirmala Klampok. Kolam renang yang satu ini memiliki fasilitas dan juga wahana bermain air yang seru. Hal ini termasuk kolam renang untuk anak-anak, lengkap dengan beragam wahana bermain air, payung, kursi, serta gazebo.

  • Alamat: Jl. Halmahera No.131, Klampok, Kec.Sananwetan, Blitar, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.30 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp7.000

Mungkin hanya itu sederet kolam renang Blitar yang direkomendasikan kali ini. Jadi jika Sedulur sedang berkunjung ke Blitar dan sekitarnya, jangan lupa untuk berkunjung ke kolam renang yang sudah disebutkan ada di atas, ya!