Wisata

Berwisata ke Kediri Eco Park, Liburan Seru Sambil Belajar

Bagi sebagian orang, objek wisata edukasi selalu punya daya tarik tersendiri. Sebab sesuai namanya, wisata edukasi menawarkan fasilitas rekreasi yang tak sekadar menyenangkan tapi juga sekaligus dapat menjadi media pendidikan. Beruntung saat ini ada banyak pilihan destinasi wisata edukasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Satu di antaranya adalah Kediri Eco Park.

Wisata edukasi ini memiliki konsep yang unik karena menggabungkan wahana edukatif dengan suasana wisata alam yang ramah anak dan keluarga. Kediri Eco Park pun bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin berwisata bersama keluarga sembari melepas penat dari hiruk-pikuk kota yang sibuk.

Tertarik untuk berkunjung ke Kediri Eco Park? Tak ada salahnya Sedulur menyimak rangkuman informasi seputar Kediri Eco Park pada artikel berikut ini.

BACA JUGA: Saygon Waterpark Pasuruan: Tiket, Jam Buka, dan Wahananya

Kediri Eco Park

kediri eco park
Pexels/RDNE Stock Project

Kediri Eco Park merupakan salah satu objek wisata yang populer di Kediri, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, objek wisata satu ini menawarkan konsep eco park, yaitu tempat rekreasi berbasis alam. Oleh karena itu, Sedulur bisa menikmati pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Sekadar informasi, Kediri Eco Park sempat dikabarkan mengalami kemerosotan jumlah pengunjung hingga terbengkalai akibat pandemi Covid-19 yang menghantam pada 2020 silam. Akan tetapi, saat ini pihak pengelola disebut telah melakukan pembaruan agar tempat ini semakin nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat.

Daya Tarik

Tak sekadar memanjakan mata maupun dapat menyegarkan pikiran dengan suguhan pemandangan alam yang memukau, Kediri Eco Park juga memiliki daya tarik berupa beragam fasilitas edukasi berbasis rekreasi.

Di tempat ini, Sedulur dapat mengenal sekaligus mencoba budidaya jamur, mengenal tanaman hydroponic dan aquaponic, membuat pupuk kompos, hingga berinteraksi dengan binatang. Beragam kegiatan tersebut tentu bisa menjadi pilihan rekreasi yang menarik sekaligus edukatif, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Daya tarik Kediri Eco Park tidak berhenti sampai di situ, lo, Sedulur. Pasalnya objek wisata ini juga dilengkapi dengan beragam wahana maupun fasilitas yang dapat menunjang kegiatan rekreasi Sedulur.

Lokasi

Kediri Eco Park berlokasi di sebelah timur pusat kota Kediri atau tepatnya di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. Sedulur cukup menempuh jarak sekitar 7 km atau 15 menit dari pusat kota Kediri untuk sampai ke lokasi ini.

Jam Buka

Sebelum berkunjung, Sedulur tentu perlu mengetahui jam buka objek wisata ini. Kediri Eco Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Harga Tiket

Kediri Eco Park bisa menjadi pilihan destinasi wisata edukasi sekaligus terjangkau. Pasalnya, Sedulur cukup merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu untuk mendapatkan tiket masuk per orang.

BACA JUGA: Boon Pring Malang: Daya Tarik, Lokasi, Tiket, dan Aktivitas

Kegiatan dan Wahana yang Bisa Dicoba

kediri eco park
Pixabay/Oleksandr Pidvalnyi

Berikut beberapa wahana yang bisa Sedulur temukan sekaligus coba saat berkunjung ke Kediri Eco Park.

  • Arena outbound

Outbond telah lama menjadi kegiatan bermain sekaligus rekreasi yang disukai banyak orang. Pasalnya, kegiatan outbond disebut dapat melakukan fisik, mental, hingga kecerdasan. Nah, di Kediri Eco Park Sedulur bisa menemukan arena outbond yang dilengkapi dengan beragam wahana. Di antaranya ada flying fox, mini tubing, dan sky bridge yang menantang.

  • Kolam renang

Pilihan kegiatan lain yang bisa dicoba adalah berenang. Tempat ini dilengkapi dengan kolam renang yang cukup besar tetapi tidak terlalu dalam. Oleh karenanya, anak-anak juga dapat menikmati wahana tersebut.

  • Area memancing

Sedulur juga dapat menyalurkan hobi memancing di tempat ini. Bahkan fasilitas memancing ini disebut dibuka hingga malam sehingag Sedulur bisa puas memancing. Akan tetapi, jangan lupa siapkan budget tambahan di luar tiket masuk jika ingin mencoba memancing.

  • Kolam terapi ikan

Selain memancing, Sedulur juga bisa menikmati fasilitas kolam terapi. Di area ini, Sedulur bisa merasakan sensasi seperti “dipijit” oleh ikan-ikan kecil yang memakan kulit mati di area kaki.

  • Fasilitas bersantai

Lelah melakukan berbagai aktivitas yang menguras energi, Sedulur bisa bersantai di gazebo ataupun hammock. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mengunjungi toko bunga yang tentunya dilengkapi dengan berbagai ragam pilihan jenis bunga.

Fasilitas yang Disediakan

Selain berbagai wahana rekreasi yang sudah disebutkan di atas, Kediri Eco Park juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang lainnya. Berbagai fasilitas ini tentu akan membuat kegiatan rekreasi Sedulur dan keluarga makin menyenangkan. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan di Kediri Eco Park.

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Musala
  • Food court atau pujasera
  • Toko oleh-oleh

Rute yang Bisa Dilalui

Agar Sedulur tidak bingung saat menuju ke Kediri Eco Park, berikut ada rekomendasi rute yang bisa dilalui. Perlu dicatat, rute berikut berangkat dari pusat Kota Kediri.

Disampaikan sebelumnya, rute menuju Kediri Eco Park dari pusat kota Kediri memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sedulur bisa memulai perjalanan dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Kabupaten Lama, lalu belok ke arah kanan atau ke Jalan Sultan Agung. Kemudian, dilanjutkan belok kanan ke arah Jalan Sam Ratulangi dan belok kiri ke Jalan Brigadir Jenderal Katamso terus ke Jalan Letjen. Mt Haryono.

Selanjutnya, Sedulur dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Letjend Suparman lalu belok kiri ke Jalan Raya Kediri-Pare dan belok kanan setelah toko aksesoris di sebelah kiri. Berikutnya, arahkan kendaraan belok kiri ke Jalan Mauni dan dilanjutkan belok kanan ke Jalan Raya Tugurejo, lalu belok kanan ke Jl Kelapa. Nantinya obyek wisata Kediri Eco Park akan berada di sebelah kanan jalan.

Tips Berkunjung ke Kediri Eco Park

Agar kegiatan rekreasi Sedulur makin menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti saat berkunjung ke Kediri Eco Park.

  • Cek update informasi mengenai jam buka dan harga tiket dengan mengunjungi website resmi ataupun akun media sosial resmi Kediri Eco Park. Dengan begitu, Sedulur tidak akan kecele dan bisa menyiapkan budget yang sesuai untuk berlibur.
  • Gunakan pakaian maupun alas kaki yang nyaman untuk beraktivitas mengingat banyak wahana yang menuntut aktivitas fisik.
  • Siapkan perbekalan yang cukup, misalnya air minum dan camilan.
  • Gunakan topi dan tabir surya agar kulit terlindung dari terik panas matahari.

Itu dia rangkuman informasi seputar Kediri Eco Park, obyek wisata edukasi yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi Sedulur dan keluarga. Jangan lupa ikuti saran yang sudah dipaparkan di atas agar kegiatan rekreasi makin menyenangkan.

Oia, biar suasana jalan-jalan dan menjelajah wisata edukasi Kediri Eco Park makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan selama berwisata ya. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman bersantai menikmati suasana wisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.