boonpring malang

Berkunjung ke Malang rasanya memang tidak lengkap jika belum menikmati wisata alam yang ada di sana. Ya, pemandangan yang indah dijamin akan membuat Sedulur terpukau. Salah satu objek wisata alam wajib dikunjungi adalah Boonpring Malang.

Sesuai dengan namanya, Boonpring Malang merupakan sebuah ekowisata yang mana Sedulur dapat menikmati keindahan dari hutan bambu. Di hutan bambu yang berdiri di lahan seluas 36,8 hektar ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai hal menarik.

Nah, bagi Sedulur yang mulai tertarik untuk berkunjung ke Boonpring Malang, jangan terburu-buru. Simak dulu beberapa informasi penting mengenai objek wisata alam tersebut di bawah ini!

BACA JUGA: Coban Pelangi Malang: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Pesona Boonpring Malang

boonpring malang
Instagram/boonpringandeman

Boonpring Malang menawarkan pesona alam yang memikat bagi para pengunjung yang mencari kedamaian dan keindahan alam. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin melarikan diri sejenak dari kesibukan perkotaan.

Boonpring menawarkan pemandangan yang memesona dengan hamparan bambu yang menghijau. Saat berjalan-jalan di antara rumpun bambu yang tinggi, pengunjung dapat menikmati udara segar dan nuansa alam yang tenang.

Suasana ini sangat cocok untuk melepaskan penat dan menikmati momen santai bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, objek wisata ini juga menjadi spot yang ideal untuk berbagai aktivitas seperti piknik atau sekadar bersantai di tengah kehijauan alam.

Keindahan alamnya yang masih asri dan suasana yang damai menciptakan latar yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen istimewa. Pengunjung biasa mengambil foto-foto indah di tengah hamparan bambu atau di spot-spot menarik lainnya yang tersedia.

Lokasi Boonpring Malang

Boonpring Malang yang terkenal dengan kebun bambunya, terletak di Sanankerto, Turen, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sanankerto sendiri dikenal dengan pesonanya yang alami dan udara yang segar.

Selain itu, daerah ini juga cukup terkenal sebagai objek wisata alam terkenal di Malang. Sementara Boonpring menambah daya tariknya dengan hamparan kebun bambu yang hijau dan rimbun, menciptakan suasana tenang dan damai yang cocok untuk berbagai kegiatan rekreasi dan relaksasi.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Boonpring Malang, harga tiket masuknya adalah Rp5.000 per orang. Bisa dibilang ini adalah tarif yang terjangkau untuk menikmati keindahan alam dan berbagai aktivitas yang ditawarkan di tempat ini.

Oleh karena itu, jangan lupa siapkan uang tunai dalam nominal tersebut untuk pembayaran tiket masuk saat mengunjungi Boonpring.

Jam Buka dan Jam Tutup

Jam operasional Boonpring Malang adalah setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Pastikan untuk mengatur rencana kunjungan Sedulur sesuai dengan jam operasional ini agar dapat menikmati semua aktivitas dan keindahan yang ditawarkan tempat ini dengan optimal.

Rute Menuju Lokasi

Jarak antara Kecamatan Turen dari pusat kota Malang sendiri kurang lebih sejauh 40 kilometer. Silahkan Sedulur menuju ke Kecamatan Turen terlebuh dahulu. Jika sudah sampai di kecamatan tersebut, Sedulur bisa langsung menuju perjalanan ke arah Boonpring.

Nah, jarak objek wisata alam Boonpring dari pusat Kecamatan Turen adalah sekitar 8 kilometer. Jika Sedulur merasa kesulitan, bisa bertanya kepada warga sekitar atau bisa juga menggunakan bantuan dari aplikasi peta seperti Google Maps.

BACA JUGA: Pantai Watu Leter di Malang: Pesona, Harga Tiket, dan Rute

Aktivitas yang Menarik di Boonpring Malang

boonpring malang
Instagram/boonpringandeman

Ada berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Boonpring Malang. Dengan melakukan aktivitas yang menarik seperti di bawah ini, Sedulur dapat benar-benar merasakan keindahan alam Boonpring!

  • Pesona hutan bambu yang cantik

Pesona rerumpunan bambu dari berbagai jenis di Boonpring menawarkan pengalaman yang memukau bagi para pengunjung yang mencintai keindahan alam. Di tengah hamparan hijau yang menghijau, pengunjung dapat menjelajahi kebun bambu yang rimbun dan eksotis.

Setiap jenis bambu menampilkan karakteristiknya sendiri, mulai dari tinggi dan ramping hingga yang lebih gemuk dengan batang yang kuat.

Hal ini menciptakan lanskap yang menenangkan dan memikat, sempurna untuk berjalan-jalan santai atau sekadar duduk bersantai di bawah naungan alami yang disediakan oleh rumpun bambu yang tinggi. Suara daun yang berdesir angin memberikan latar belakang yang tenang.

  • Menikmati enam mata air alami

Menikmati enam mata air alami di Boonpring adalah pengalaman yang memukau bagi para pengunjung yang mencari kesegaran alam dan keindahan alami yang unik. Keenam mata air ini menawarkan berbagai kegiatan menarik dan kesempatan untuk menikmati keindahan alam secara langsung.

Sedulur dapat mengeksplorasi setiap mata air dengan jalan kaki melalui jalur-jalur yang terawat dengan baik, yang sering kali melewati hutan bambu yang rimbun dan hijau.

Tidak hanya pengalaman untuk menemukan sumber-sumber air yang jernih dan segar, hal ini tetapi juga untuk menikmati ketenangan dan keindahan alam sekitar. Menariknya, setiap mata air memiliki karakteristik yang unik, mulai dari ukuran dan bentuknya hingga lokasi yang tersembunyi di antara alam.

  • Berkeliling di tengah danau

Berkeliling di tengah danau yang ada di Boonpring Malang merupakan pengalaman yang menakjubkan bagi Sedulur yang mencari kedamaian dan keindahan alam. Danau ini dikelilingi oleh hamparan hijau kebun bambu yang rimbun, menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan.

Saat berjalan di sekitar danau, Anda dapat menikmati pemandangan air yang tenang, sambil mendengarkan gemericik air dan merasakan udara segar yang mengelilingi.

Pengalaman berkeliling di tengah danau ini juga memberikan kesempatan untuk mengamati kehidupan alam sekitar. Bagi para fotografer, momen ini juga sangat berharga untuk mengabadikan keindahan alam danau yang terpapar cahaya alami.

  • Berenang dan bermain

Selain menikmati keindahan alam dan rerumpunan bambu yang menakjubkan, di Boonpring Malang para pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seru seperti berenang dan bermain di area yang disediakan.

Boonpring sendiri menyediakan kolam renang yang nyaman dan bersih untuk para pengunjung yang ingin berenang. Kolam renang ini menjadi tempat yang ideal untuk berendam dan menikmati kesegaran air, terutama saat cuaca sedang cerah.

Dikelilingi oleh hijaunya alam sekitar, pengalaman berenang di Boonpring tidak hanya menyegarkan tapi juga menawarkan suasana yang tenang dan alami.

  • Memainkan berbagai wahana

Aktivitas lain yang tidak kalah menarik, yakni Sedulur bisa memainkan berbagai macam wahana yang sudah disediakan di area objek wisata ini. Ya, Boonpring Malang menawarkan pengalaman yang menyenangkan dengan berbagai wahana dan aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung.

Beberapa di antaranya adalah menyewa mobil ATV, perahu kayuh berbentuk angsa, balon air raksasa, flying fox, hingga getek istimewa.

Bisa dibilang jika Boonpring Malang adalah tempat yang sempurna untuk keluarga atau teman-teman menghabiskan waktu bersama sambil menikmati alam dan berbagai wahana yang menarik. Jadi jangan lupa untuk menikmati seluruh wahana yang ada di objek wisata satu ini.

Fasilitas yang Tersedia

Sebagai objek wisata yang dibuka untuk pengunjung secara umum, ekowisata yang satu ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Di antaranya seperti mushola, toilet, tempat sampah, area parkir, dan juga tempat duduk.

Semua fasilitas tersebut disediakan untuk kenyamanan para pengunjung dan juga menjaga kebersihan dari area objek wisata. Sementara itu, ada juga fasilitas lain yang meliputi berbagai spot foto estetis. Terdapat jembatan bambu dan patung-patung hewan yang melintang di atas danau.

Ada pula area dengan caping-caping rakasa dengan fungsi untuk meneduhkan orang-orang yang ada di bawahnya. Tidak usah khawatir, di sini juga telah tersedia beberapa warung makan. Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mengisi perut, mencoba makanan khas, hingga membeli oleh-oleh.

Tips Berkunjung

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Sedulur saat berkunjung ke Boonpring Malang. Dengan mengikuti tips-tips ini, Sedulur dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan dan berkesan ke Boonpring Malang.

  • Pastikan untuk memeriksa jam operasional Boonpring sebelumnya. Hal ini akan membantu Sedulur merencanakan waktu kunjungan agar sesuai dengan jadwal yang diinginkan.
  • Karena Boonpring terletak di area alam terbuka dengan banyak tanaman dan rerumpunan bambu, kenakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk berjalan-jalan di alam terbuka.
  • Jika berencana untuk piknik atau menghabiskan waktu di area rekreasi, bawa bekal dan perlengkapan piknik seperti tikar atau alas duduk untuk kenyamanan Sedulur.
  • Jika ingin mengabadikan momen-momen indah di Boonpring, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh dan memori yang cukup.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama kunjungan. Bantu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Sebelum pergi, periksa kondisi cuaca di Malang. Hindari kunjungan saat hujan atau cuaca buruk untuk memaksimalkan pengalaman wisata di Boonpring.

Boonpring Malang menawarkan pengalaman yang memikat di tengah keindahan alam Jawa Timur. Sebagai destinasi wisata alam yang terjangkau dari pusat Kota Malang, Boonpring memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati kedamaian serta keindahan alam yang istimewa.

Oia, biar menikmati suasana Boonpring makin asik saat bersama teman dan keluarga, Sedulur jangan lupa untuk membawa Liven Up ya. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini, bisa menjadi teman bertualang dan jalan-jalan yang seru.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.